FORMAT EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DAN RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) TERBARU

Posted by Aina Mulyana Minggu, 25 September 2011 1 komentar
Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah  adalah EDS/M adalah proses  Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah  yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar Penyusunan  RKS dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.
Proses Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah merupakan siklus, yang dimulai dengan pembentukan Tim Pengembang Sekolah (TPS), pelatihan penggunaan instrumen, pelaksanaan EDS di sekolah dan penggunaan hasilnya sebagai dasar penyusunan RPS/RKS dan RAPBS/RKAS. Sekolah melakukan proses EDS setiap tahun sekali. EDS/M dilaksanakan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas:  Kepala Sekolah, wakil unsur guru, wakil Komite Sekolah, wakil orang tua siswa, dan pengawas.


RENCANA KERJA SEKOLAH/MADRASAH (RKS)
Rencana Kerja Sekolah/Madrasah digunakan sebagai:
a)      Pedoman kerja (kerangka acuan) dalam mengembangkan sekolah/madrasah;
b)      Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah; serta
c)       Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.
Tujuan utama penyusunan  RKS/M adalah agar sekolah/madrasah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah/madrasah dapat dicapai. RKS/M juga menjamin bahwa semua program dan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan sekolah/madrasah sudah memperhitungkan harapan-harapan pemangku kepentingan dan kondisi nyata sekolah/madrasah. Oleh sebab itu, proses penyusunan RKS/M harus melibatkan semua pemangku kepentingan.

Ciri-ciri Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M) yang baik, adalah:
1)      Terpadu, yakni mencakup perencanaan keseluruhan program yang akan dilaksanakan oleh sekolah/madrasah;
2)      Multi-tahun, yaitu mencakup periode empat tahun;
3)      Multi-sumber, yaitu mengindikasikan jumlah dan sumberdana masing-masing program. Misalnya dari BOS, APBD Kabupaten/Kota, sumbangan dari masyarakat atau sumber lainnya;
4)      Disusun secara partisipatif oleh kepala sekolah/madrasah, komite sekolah/madrasah dan dewan pendidik dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya;
5)      Pelaksanaannya dimonitor dan dievaluasi oleh komite sekolah/madrasah dan pemangku kepentingan yang lainnya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: FORMAT EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DAN RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) TERBARU
Ditulis oleh Aina Mulyana
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ainamulyana.blogspot.com/2011/09/format-evaluasi-diri-sekolah-eds-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

kkpskabsemarang mengatakan...

Mkash, tambah ilmu, smg bermanfaat.

Poskan Komentar

Statistik Tayang

Jadwal Shalat Untuk Pandeglang dan Sekitarnya

Pendidikan Kewargegaraan | Copyright of PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

HALAMAN UTAMA ( BERANDA )

DAFTAR ISI BLOG