CONTOH PROPOSAL BLOCK GRANT DANA BANTUAN LANGSUNG PEMBERDAYAAN MGMP

Posted by Aina Mulyana Kamis, 25 Oktober 2012 0 komentar

BAB I
 PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (MGMP PKn) Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan forum yang sangat strategis untuk membahas berbagai hal yang berkenaan dengan masalah-masalah dibidang pendidikan, khususnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dewasa ini.
Perkembangan pendidikan di Indonesia dewasa ini, yang demikian cepat menuntut para pendidik untuk dapat meningkatkan kinerjanya dan lebih profesional, baik dalam tahapan persiapan belajar mengajar, seperti dengan menyiapkan perangkat administrasi guru maupun dalam tataran praktek cara mengajar, sehingga proses belajar mengajar tersebut dapat berlangsung efektif dan efisien dengan output (hasil belajar) dirasakan oleh peserta didik yang berupa aspek pengetahuan konsep, keterampilan, sikap, nilai-nilai yang direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari, juga benar-benar menempatkan siswa sebagai subyek pendidikan, sesuai dengan acuan kurikulum yang berbasis Contektual Teaching and Learning (CTL). 
Perubahan Kurikum Pendidikan, dari Kurikulum 1994 yang berbasis Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), yang lebih mengutamakan pencapaian target materi pembelajaran kurikulum. Kemudian Kurikulum 2004 yang disebut dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), pada Kurikulum 2004, diarahkan untuk lebih mencapai kompetensi siswa bukan kepada target materi pembelajaran, sehingga diharapkan siswa dapat lebih kompeten dan cerdas dalam membangun identitas budaya dan bangsa,  melalui dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, pengalaman belajar yang dapat membangun integritas sosial serta membudayakan dan mewujudkan karakter nasional.
Dalam perjalanannya Kurikulum KBK 2004, kemudian berubah nama dengan lahirnya kurikulum baru, yang dikenal dengan sebutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Tahun 2006. Pada prinsipnya Kurikulum KTSP tidak jauh berbeda dengan Kurikulum KBK, hanya saja pada KTSP tingkat satuan pendidikan atau Sekolah yang mempunyai kewenangan untuk menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan mengacu kepada Standar isi yang ditetapkan oleh Pemerintah atau Departemen Pendidikan, sedangkan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tidak jauh berbeda dengan Kurikulum KBK, yaitu dengan mengacu kepada belajar tuntas, artinya semua Kompetensi Dasar (KD) harus tuntas atau harus sampai dikuasi oleh peserta didik. Karena itu kemudian guru atau pendidik harus menentukan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) atau Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM). Dengan berpedoman kepada Kriteria penetapan SKBM/KKM/SKM yaitu dengan melihat kepada Tingkat Essensial, Daya Dukung, Intake Siswa atau tingkat rata-rata kemampuan siswa masing-masing Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (Lihat Pedoman Penentuan SKBM/SKM/KKM).
Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kami Pengurus MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang terus menerus mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  se- Kabupaten Pandeglang, sehingga diharapkan adanya persamaan persepsi dan pemahaman terhadap Kurikum KTSP tersebut, lebih dari itu dapat melaksanakannya sesuai dengan yang digariskan oleh Kurikulum KTSP dengan baik dan profesional, khususnya bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).



B. Dasar Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan proposal bantuan dana pengembangan karir PTK  Dikdas MGMP SMP, yaitu :          
1.    Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 : Pembukaan pada alenia 4, dan Bab XIII Pendidikan, pasal 31, ayat (1) dan ayat (2);
2.    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional, Bab XI Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, pasal 30 sampai pasal 44;
3.    Permen Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 tahun 2009 tentang Fungsional Jabatan Guru dan Angka Kreditnya.
4.    Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
5.    Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002;
6.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
7.    Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
8.    Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya;
9.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah;
10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
12. Edaran Pemberitahuan Disdik bidang PMP Kabupaten Pandeglang tanggal 4 Juni 2012, tentang usulan pengajuan proposal Blockgrant Pembinaan Karir melalui MGMP dari Direktorat PPTKPD Kemdikbud tahun 2012.

C.  Tujuan
1.    Tujuan diadakannya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP, adalah untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) baik dalam merencanakan ataupun melaksanakan proses pembelajaran serta mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil kegiatan pembelajaran.
2.    Memahami dan meningkatkan kinerja guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) serta meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan perubahan dunia pendidikan saat ini

D.  Sasaran
Sasaran Kegiatan Musyawarah Guru Mata  Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  SMP adalah  guru-guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  yang mengajar di SMP  wilayah  di  Kabupaten Pandeglang.
Mengenai Sasaran  Program Musyawarah Guru Mata  Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah peningkatan Profesinalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan memahami perkembangan dan perubahan Kurikulum yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006), dan mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan Belajar mengajar, sehingga benar-benar memperoleh output yang diharapkan oleh peserta didik.

E.  Hasil yang Diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP ini adalah  sebagai berikut:
  1. Peningkatan pemahaman Perencanaan Pembelajaran
  2. Peningkatan kualitas Pembelajaran
  3. Peningkatan kemapuan mengembangkan model-model pembelajaran
  4. Peningkatan kemampuan Pengembangan Inovasi Pembelajaran
  5. Mengembangkan bahan ajar
  6. Peningkatan kemampuan mengembangkan media pembelajaran.
  7. Peningkatan kemampuan mengembangkan evaluasi.

F. Manfaat Kegiatan
Manfaat kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah sebagai berikut:
a)  Manfaat bagi guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah:
1.    Terciptanya jalinan silaturahim antar pengurus, anggota, dan seluruh guru-guru Mata  Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di wilayah  di Kabupaten Pandeglang.
2.    Peningkatan kemampuan membuat dan menyusun program kegiatan belajar mengajar, seperti  mengembangkan inovasi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan Rencana Program Pengajaran (RPP), penetapan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan pengembangan bahan ajar.
3.    Peningkatan kemampuan atau kompetensi dalam pengelolaan proses pembelajaran dan evaluasi
4.    Peningkatan Profesionalisme guru secara menyeluruh.

       b).  Manfaat bagi Siswa/Peserta didik adalah :
1.    Mendapatkan pengajaran yang baik dari guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) secara profesional
2.    Dapat menyerap semua materi pelajaran dengan baik, sesuai dengan aturan yang digariskan oleh kurikulum
3.    Dapat melaksanakan dan mempraktikkan materi yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari-hari

c).  Manfaat Bagi Sekolah/Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
1.    Memperoleh tenaga pengajar/guru yang profesinal sesuai dengan bidangnya
2.    Adanya pemahaman yang sama terhadap perubahan pendidikan, dengan lahirnya model-model pembelajaran.
3.    Sekolah bersama-sama dengan perangkatnya dapat merumuskan dan menjabarkan perubahan kurikum ditingkat satuan pendidikan.
4.    Sekolah dapat merumuskan visi dan misi sekolah sesuai dengan perkembangan dan perubahan dunia pendidikan

G. Dampak
Dampak yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan MGMP pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan
1)    Meningkatkan frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar      pikiran dan pengalaman antara anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)     Kabupaten Pandeglang;
2)    Meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang dibuktikan   dengan melalui perubahan prilaku, kreativitas, dan inovasi dalam    pengembangan karir;
3)    Meningkatkan keberdayaan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten   Pandeglang;
4)    Meningkatnya pengajuan kenaikan pangkat, golongan, ruang, dan      jabatan fungsional guru SMP kabupaten Pandeglang;
5)    Meningkatnya karir guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
6)    Meningkatnya kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten      Pandeglang;
7)    Meningkatnya kinerja guru dan kebermaknaan pendidikan;
8)    Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.


BAB  II
DESKRIPSI  PELAKSANAAN PROGRAM DALAM
1 TAHUN TERAKHIR


A.  Rekapitulasi dan Deskripsi Program satu Tahun Terakhir
1.   Peserta
            Peserta MGMP adalah guru-guru mata pelajaran PKn Kabupaten Pandeglang berjumlah 20 orang peserta.

2.   Tempat dan Tanggal Kegiatan
Kegiatan MGMP ini dilaksanakan sebanyak 10  kali pertemuan.
Tempat Pertemuan 1 s.d. 10        :      SMP Negeri 1 Kadu Hejo  Kabupaten Pandeglang
Waktu Pelaksanaan Kegiatan     :    Juni 2011 – Maret 2012

3.   Kepengurusan
Penanggungjawab             :     Kabid Pendidikan Menengah Pertama
Pelaksana Teknis                :     MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP  Kabupaten  Pandeglang
Ketua MGMP                        :     Mujiarso, M.Pd.
Sekretaris                              :     Maman Haeruman, S.Pd.
Bendahara                            :     Jajuli, S.Pd.
Anggota                                 :     Sumarmo
     

4.   Materi
Materi Kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pandeglang tahun 2011 – 2012 adalah sbb:
·         Pemahaman tentang pendidikan karakter dan budaya bangsa
·         Penyusunan Silabus Kelas VII yang bermuatan pendidikan karakter dan budaya bangsa.
·         Penyusunan Silabus Kelas VIII  dan Kelas IX yang bermuatan pendidikan karakter dan budaya bangsa.
·         Penyusunan RPP Kelas VII dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
·         Penyusunan RPP Kelas VIII  dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
·         Penyusunan RPP Kelas IX dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
·         Presentasi Hasil kegiatan

5.   Metode dan Teknik
1)   Metode yang digunakan dalam kegiatan MGMP ini adalah : Tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual.
2)   Teknik yang digunakan pengamatan langsung dan diskusi panel

6.   Kehadiran Peserta
Tingkat kehadiran peserta mengikuti kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sangat baik yakni 98%

B.  Rincian Pengeluaran Dana
Rincian Pengeluaran dalam Satu Tahun Terakhir
MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pandeglang
No
Uraian
Volume
Satuan
Jumlah (Rp)
Jumlah
1
ATK

kertas HVS
5
rim
  35,000
 175,000

Kertas Berwarna
2
rim
   24,000
   48,000

Spidol besar (White Board)
1
pak
 58,000
   58,000

Spidol kecil
1
pak
 12,000
   12,000

Bolpoin standard
12
buah
      1,000
    12,000

Buku kecil
2
buah
      2,250
      4,500

Buku besar
1
buah
     15,000
    15,000

Gunting besar
1
buah
       7,500
      7,500

Lem Besar
1
buah
       7,000
      7,000

Hekter
1
buah
     15,000
    15,000

Folio bergaris
1
pak
    25,000
    25,000

Penggandaan/fotokopi materi
10
buah/
makalah
      5,000
    50,000
2
Fasilitator
10
orang
   120,000
1,200,000
3
Sertifikat
20
buah
       5,000
  100,000
4
Tranfortasi Pengurus MGMP
10
kegiatan
     50,000
  500,000
5
Konsumsi
10
kegiatan
 200,000
2,000,000
6
Tranfortasi Kunjungan Kelas
20
orang
 50,000
   1,000,000

Jumlah total
     5,229,000

C. Bukti Hasil Pelaksanaan Program
Foto Kegiatan Terlampir



BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

3.1.    Program Kerja
a)    Latar Belakang
Guru merupakan salah satu faktor yang dominan dalam menentukan keberhasilan pendidikan, oleh karena itu guru harus memiliki kemampuan dasar melaksanakan tugas yaitu mempunyai dasar 3  keilmuan, kepemimpinan, profesional, pengakuan oleh masyarakat, mempunyai kode etik profesi dan  sebagainya. Seorang guru  yang professional adalah guru yang berkompeten dan memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya, yang berfungsi sebagai alat maupun pedoman dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam suasana yang menyenangkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. 
Kinerja guru adalah produk, jasa atau prilaku yang diahasilkan seseorang dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, pengajar dan pelatih siswa ketika mengajar di depan kelas, sesuai dengan kriteria tertentu. Kriteria kerja yang dihasilkan guru meliputi pengembangan diri, membuat perencanaan pengajaran yang sistematis, dan profesional dalam kerja baik individu atau tim akan menjadi persepsi bagi siswa yang dibimbingnya.
Peran guru  dalam  menumbuhkan motivasi  dan kreativitas  dalam  diri  siswa sangat  besar.   Berdasarkan tugasnya guru adalah  sebagai fasilitator dan motivator serta sekaligus inspirator dalam kelas.   Hal ini menunjukkan pentingnya peranan guru dalam menumbuhkan motivasi da kreativitas dalam belajar siswa. Guru sebagai fasilitator, ia harus dapat memberikan berbagai kemudahan petunjuk, bantuan, dorongan kepada siswa, dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Memberikan petunjuk belajar atau mengarahkan bagaimana agar siswa dapat belajar dengan mudah, dan sekaligus memberikan motivasi yang dibutuhkan siswa.
Pernyataan di atas merupakan kompetensi guru, bila teraplikasikan tentu sangat membanggakan. Namun, berbicara kualitas hasil pendidikan belumlah memuaskan. Banyak faktor  yang menyebabkannya mulai dari kompetensi guru yang rendah, sarana dan prasarana yang belum memadai, media pembelajaran yang minim, motivasi belajar siswa yang kurang, serta alokasi dana.yang belum memenuhi kebutuhan.
Sebagai organisasi profesional, MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang memiliki tanggung jawab untuk membantu memecahkan bagian persoalan tersebut. Upaya MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru di antaranya mengadakan Workshop Inovasi Pembelajaran PKn,  Penyusunan Bahan Ajar, Seminar Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa, Penyusunan Perangkat Pembelajaran, workshop Lesson Study dan Simposium Pembelajaran PKn.  Hal itu untuk memotivasi guru supaya semangat kerja dan mempunyai motivasi tinggi untuk mengembangkan karirnya. Kegiatan yang diarahkan kepada siswa berupa lomba cipta puisi dan cerpen, serta bimbingan teknis kepada siswa yang akan mengikuti lomba tingkat provinsi dan nasional.  Adapun Untuk membantu kekurangan bahan ajar, MGMP telah menyusun  panduan  materi  Ujian Sekolah Bersatndar Nasional.

b)   Tujuan
Adapun tujuan kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang adalah sebagai berikut :
1)     Tujuan diadakannya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP, adalah untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) baik dalam merencanakan maupun melaksanakan proses pembelajaran serta mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil kegiatan pembelajaran.
2)     Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terhadap pengembangan karirnya. Sehingga, para guru dapat berkreativitas dan termotivasi untuk mengadakan penelitian,  inovasi dalam pembelajaran, juga membiasakan guru untuk aktif menulis.
3)     Meningkatkan kinerja guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) serta meningkatkan mutu pembelajaran, dan mengembangkan karir guru baik yang di daerah maupun di perkotaan
                                                                                       
c)    Sasaran
Sasaran Kegiatan Musyawarah Guru Mata  Pelajaran (MGMP) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  SMP adalah  guru-guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  yang mengajar di SMP  wilayah Kabupaten Pandeglang.
Mengenai Sasaran  Program Musyawarah Guru Mata  Pelajaran (MGMP) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah peningkatan Profesinalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan memahami konsep dan aplikasinya, pengembangan karir seorang guru bagi masa depan, dan tuntutan peningkatan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Pandeglang.

d)   Hasil yang Diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah sebagai berikut:
1.      Memberikan konsep dasar tentang Pengembangan karir seorang guru,  dan Pengembangan Keprofesian bagi anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP Kabupaten Pandeglang;
2.      Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki kompetensi  professional, sehingga mampu meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas kegiatan pembelajaran, serta dapat pengembangan karis guru anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) ditempat kerjanya masing-masing.
3.      Meningkatnya mutu pendidikan, khususnya mata pelajaran PKn  di Kabupaten Pandeglang

e)    Manfaat
Manfaat kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah sebagai berikut:
1.  Manfaat bagi guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah:
a.    Terciptanya jalinan silaturahim antarpengurus, anggota, dan seluruh guru Mata  Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di wilayah Kabupaten Pandeglang.
b.    Adanya pemahaman terhadap perkembangan dunia pendidikan, khususnya dengan adanya perubahan dan pergantian kurikulum yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006).
c.    Peningkatan Profesionalisme guru, dengan melaksanakan kegiatan persiapan, perencanaan dan implementasinya dalam proses  kegiatan belajar mengajar.
d.    Adanya pemahaman terhadap konsep dan aplikasi Penelitian Tindakan kelas (PTK) / Classroom Action Researc (CAR),  sehingga para guru bisa saling belajar dari realita-realita dan masalah-masalh kesulitan siswa dalam kelas, atau kesulitan guru situasi-situasi tertentu pada pembelajaran yang diamati dan bagaimana sebaiknya guru-guru menanggapi situasi semacam itu.
2.  Manfaat bagi Siswa/Peserta didik adalah :
a)    Mendapatkan pengajaran yang baik dari guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  yang sudah memahami KTSP secara profesional
b)    Dapat menyerap semua materi pelajaran dengan baik, sesuai dengan aturan yang digariskan oleh kurikulum
c)    Dapat melaksanakan dan mempraktikkan materi yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari-hari
3.  Manfaat Bagi Sekolah/Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
a.    Memperoleh tenaga pengajar/guru yang profesinal sesuai dengan bidangnya
b.    Adanya pemahaman yang sama terhadap konsep dan implementasi Pengembangan karir bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).
c.    Membantu para pimpinan sekolah untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan MGMP.
d.    Sekolah dapat merumuskan visi dan misi sekolah sesuai dengan  perkembangan dan perubahan dunia pendidikan
f)      Dampak
            Dampak yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan MGMP pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan
1)    Meningkatkan frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar  pikiran dan pengalaman antara anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) se-Kabupaten Pandeglang;
2)    Meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang dibuktikan   dengan melalui perubahan prilaku, kreativitas, dan inovasi dalam   pengembangan karir;
3)    Meningkatkan keberdayaan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  Kabupaten Pandeglang;
4)    Meningkatnya pengajuan kenaikan pangkat, golongan, ruang, dan jabatan fungsional guru SMP kabupaten Pandeglang;
5)    Meningkatnya karir guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)n Kabupaten Pandeglang;
6)    Meningkatnya kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
7)    Meningkatnya kinerja guru dan kebermaknaan pendidikan;
8)    Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.

3.2.   Rincian Kegiatan
Kegiatan MGMP ini dibagi menjadi dua  kelompok yaitu :
A.  Workshop Materi Umum
-      Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten
-      Strategi desain MGMP
-      Pengembangan Profesionalisme Guru
B.  Materi Khusus
Lesson study terdiri dari tiga bagian utama:
(1)   identifikasi tujuan jangka panjang lesson study (research theme);
(2)   pelaksanaan sejumlah research lesson yang akan mengeks-plorasi implementasi research theme; dan
(3)   refleksi terhadapa proses lesson study, termasuk pembuatan laporan tertulis.

3.3.   Jadwal
:
Jadwal Kegiatan MGMP
Hari
Waktu
Materi Kegiatan
Penyaji
Hari Ke-1
08.00 – 09.00
09.00 – 10.00

10.00 – 10.15
10.15 – 12.15

12.15 – 13.15
13.15 – 14.15

14.15 – 14.30
14.30 – 16.00
16.00 – 16.30
Pembukaan
Kebijakan Umum Dinas Pendidikan Kab.Pandeglang
Istirahat
Pengembangan  Model Pembelajaran PKn
Ishoma
Praktek Pengembangan Model Pembelajaran PKn
Istirahat
ICT dalam Pembelajaran
Review Kegiatan Hari ke-1
Panitia
Unsur Disdik Kab. Pandeglang

Widyaiswara LPMP

Widyaiswara LPMP
Widyaiswara LPMP


Fasilitator
Hari Ke-2
08.00 – 09.00
09.00 – 10.00

10.00 – 10.15
10.15 – 12.15


12.15 – 13.15
13.15 – 14.15

14.15 – 14.30
14.30 – 16.00
16.00 – 16.30
Pembukaan
Kebijakan Umum Dinas Pendidikan Kab.Pandeglang
Istirahat
Pengembangan  Media Pembelajaran PKn Berbasis ICT
Ishoma
Praktek Pengembangan Media Pembelajaran BI Berbasis ICT
Istirahat
Presentasi Hasil Praktek
Review Kegiatan Hari ke-2
Panitia
Unsur Disdik Kab. Pandeglang

Widyaiswara LPMP

Widyaiswara LPMP
Widyaiswara LPMP


Fasilitator
Hari Ke-3
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 12.15

12.15 – 13.15
13.15 – 14.15

14.15 – 14.30
14.30 – 15.30

15.30 – 16.00
Bahan Ajar
Istirahat
Praktek Pembuatan Bahan Ajar
Ishoma
Praktek Pembuatan Silabus Berkarater
Istirahat
Lanjutan Praktek Pembuatan Silabus Berkarater
Review Kegiatan Hari ke-3
Narasumber Kabupaten
Fasilitator


Narasumber Kabupaten

Fasilitator

Fasilitator
Hari Ke-4
08.00 – 10.00

10.00 – 10.15
10.15 – 12.15

12.15 – 13.15
13.15 – 14.15

14.15 – 14.30
14.30 – 15.30

15.30 – 16.00
Pengembangan RPP Plus Karakter Bangsa
Istirahat
Praktek Pengembangan RPP Plus Karakter Bangsa
Ishoma
Lanjutan Pengembangan RPP Plus Karakter Bangsa
Istirahat
Presentasi Hasil Pengembangan RPP
Review Kegiatan Hari ke-4
Narasumber Kabupaten

Narasumber Kabupaten
Unsur Pengawas
Unsur Pengawas


Fasilitator

Fasilitator
Hari Ke-5
08.00 – 10.00


10.00 – 10.15
10.15 – 12.15

12.15 – 13.15
13.1514.15

14.15 – 14.30
14.30 – 15.30

15.30 – 16.00
Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Istirahat
Praktek Pengembangan Kisi-kisi Soal Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Ishoma
Praktek Pengembangan Analisis Butir Soal
Istirahat
Praktek  Pengembangan Analisis Butir Soal
Review Kegiatan Hari ke-5
Narasumber Kabupaten


Fasilitator


Guru Inti/Narasumber


Fasilitator

Fasilitator
Hari Ke 6
08.00 – 10.00

10.00 – 10.15

10.15 – 11.15


11.15 – 12.15



12.15 – 13.15
13.15 – 15.30




15.30 – 16.00
Pemahaman Tentang Lesson Studi
Istirahat
Penentuan Bahan Ajar atau Materi Untuk Kegiatan  Lesson Study (Planning)

Penentuan Model
Pembelajaran Yang akan digunakan (Planning)

Istirahat
Penyusunan secara bersama Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario) sesuai model yang dipilih

Reviu Kegiatan Hari Ke-6
Narasumber Kabupaten

Fasilitator



Fasilitator




Fasilitator




Fasilitator
Hari Ke-7
08.00 – 10.00


10.00 – 10.15
10.15 – 12.15


12.15 – 13.15
13.15 – 15.30


15.30 – 16.00
Penentuan Media yang akan digunakan sebagai model (Tahap Planning)
Istirahat
Pembuatan Media yang akan digunakan sebagai model (Tahap Planning)
Ishoma
Lanjutan Pembuatan Media yang akan digunakan sebagai model
Review Kegiatan Hari ke-7
Fasilitator
Hari Ke-8
08.00 – 10.00


10.00 – 10.15
10.15 – 12.15


12.15 – 13.15
13.15 – 15.30


15.30 – 16.00
Penentuan Alat Evaluasi yang akan digunakan sebagai model (Tahap Planning)
Istirahat
Pembuatan Alat Evaluasi  yang akan digunakan sebagai model (Planning)
Ishoma
Lanjutan Pembuatan Alat Evaluasi  yang akan digunakan sebagai model
Review Kegiatan Hari ke-7
Fasilitator
Hari Ke-9
08.00 – 10.00


10.00 – 10.15
10.15 – 12.15


12.15 – 13.15
13.15 – 14.15

14.15 – 14.30
14.30 – 15.30

15.30 – 16.00
Pembuatan Silabus dan RPP yang akan digunakan (Planning)
Istirahat
Lanjutan Pembuatan Silabus dan RPP yang akan digunakan (Planning)
Ishoma
Penentun Sekolah yang akan dijadikan Model
Istirahat
Finalisasi Persiapan Menunju Tahap Pelaksaan
Review Kegiatan Hari ke-8
Narasumber Kabupaten

Narasumber Kabupaten


Unsur Pengawas


Unsur Pengawas

Fasilitator
Hari Ke-10
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15 – 15.00
15.00 – 15.30
Modeling (Pelaksanaan)
Istirahat
Modeling (Pelaksanaan)
Refleksi
Ishoma
Refleksi
Rencana Tindak Lanjut
Fasilitator

Fasilitator
Fasilitator

Fasilitator
Fasilitator
Hari Ke-11
08.00 – 10.00

10.00 – 10.15
10.15 – 12.30



Perencanaan Ulang (Hasil Refleksi)
Istirahat
Pembuatan Perencaan Ulang
(RPP,  Model Pembelajaran Media, dan Evaluasi)

Nara Sumber + Fasilitator

Nara Sumber +
Fasilitator

Hari Ke-12
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15 – 15.00
15.00 – 15.30
Modeling (Pelaksanaan)
Istirahat
Modeling (Pelaksanaan)
Refleksi
Ishoma
Refleksi
Rencana Tindak Lanjut
Fasilitator

Fasilitator
Fasilitator

Fasilitator
Fasilitator
Hari Ke-13
08.00 – 10.00

10.00 – 10.15
10.15 – 12.30


12.15 – 13.15
13.15 – 15.00

Hasil Refleksi (Perencanaan Baru )
Istirahat
Pembuatan Perencaan Baru (RPP,  Model Pembelajaran Media, dan Evaluasi)
Istirahat
Lanjutan Perencaan Baru (RPP,  Model Pembelajaran Media, dan Evaluasi)
Nara Sumber + Fasilitator

Nara Sumber +
Fasilitator


Fasilitator

Hari Ke-14
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15 – 15.00
15.00 – 15.30
Modeling (Pelaksanaan)
Istirahat
Modeling (Pelaksanaan)
Refleksi
Ishoma
Refleksi
Rencana Tindak Lanjut
Fasilitator

Fasilitator
Fasilitator

Fasilitator
Fasilitator
Hari Ke-15
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 12.30

12.15 – 13.15
13.15 – 15.00

15.00 – 15.30
Refleksi Kegiatan LS
Istirahat
Pembuatan Rencana Desiminasi Hasil Kegiatan
Istirahat
Lanjutan Penyusunan Rencana Desiminasi Hasil Rencana Tindak Lanjut
Nara Sumber + Fasilitator

Nara Sumber +
Fasilitator

Hari
Ke 16
08.00 – 09.00
08.00 – 19.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
Pembukaan Deseminasi
Sambutan Kepala Dinas
Istirahat
Desiminasi Hasil
Tanya Jawab
Panitia
Kepala Dinas Pend

Fasilitator
Fasilitator

3.4.        Rencana Anggaran
A.   Sumber Dana
Seluruh pembiayaan yang berkaitan dengan Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja PTK SMP Tahun 2012 dibebankan kepada Block Grant Pemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP SMP/SALTAKDIK TNI  tahun Anggaran 2012.

B.   Rincian Rencana Anggaran
Kegiatan
Sasaran
Satuan Harga
Jumlah
Total Dana
1.  Persiapan



670.000
a.  Transport Panitia
4 org x 2 keg.
 Rp30.000
240000

b.  Konsumsi Panitia
4 org x 2 keg.
 Rp15.000
120000

c.   Penggandaan
2 set x 2 keg.
 Rp40.000
160000

d.  ATK
1 set x 1 keg.
Rp150.000
150000






2.  Pelaksanaan Program



26.710.000
a.   ATK




a.   ATK Sekretariat




HVS
6 rim
 Rp38.000
228000

Folio Bergaris
4 pak
 Rp15.000
60000]

Stabillo
4 bh
 Rp5.750
23000

Gunting
2 bh
 Rp20000
40000

Heckter
2 bh
 Rp25.000
50000

Isi Heckter
2 pak
 Rp12.000
24000

Tinta Printer
5 set
 Rp27.000
135000

Spanduk
1 bh
Rp250.000
250000

Sertifikat
20 bh
 Rp10.000
200000

b.   ATK Peserta




Pensil
20 bh
 Rp3.000
60000

Penghapus
20 bh
 Rp3.000
60000

Map Kabinet
20 bh
 Rp6.000
120000

Bolpoin
20 bh
 Rp4.500
90000

Pengaris
20 bh
 Rp3.500
70000

Fotokopi panduan dan CD
20 bh
 Rp15.000
300000

b.  Transport




1)  Transport Peserta
20 org x 16 keg.
 Rp27.000
8640000

2)  Transport Narasumber
2 org x 6 keg.
Rp50.000
600000

3)  Transport Fasilitator
2 org x 16 keg.
 Rp30.000
960000

4)  Transport Panitia
4 org x 16 keg.
 Rp30.000
1920000

c.    Konsumsi




1)  Konsumsi Peserta
20 org x 16 keg.
 Rp15.000
4800000

2)  Konsumsi Narasumber
2 org x 6 keg.
 Rp15.000
180000

3)  Konsumsi Fasilitator
2 org x16 keg.
 Rp15.000
480000

4)  Konsumsi Panitia
4 org x 16 keg.
 Rp15.000
960000

d.  Honor




a)  Honor Narasumber
2 org x 6 keg.
Rp250.000
3000000

b)  Honor Fasilitator
2 org x 16 keg.
Rp50.000
1600000

c)  Honor Panitia
4 org x 16 keg.
Rp30.000
1920000











3.  Pelaporan



620.000
a. Transport Panitia
4 org x 2 keg.
 Rp30.000
240000

b. Konsumsi Panitia
4 org x 2 keg.
 Rp15.000
120000

c.  Penggandaan
2 set x 2 keg.
 Rp40.000
160000

d. ATK
1 set x1 keg.
Rp100.000
100000






Jumlah Tolal



28.000.000

BAB IV
P E N U T U P

4.1.     Kesimpulan.
Salah satu komponen yang sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah komponen guru dengan segala kinerjanya, khususnya yang berkaitan dengan proses dan inovasi pembelajaran.  Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan diupayakan melalui peningkatan mutu guru. Perilaku guru yang diharapkan adalah guru proaktif dalam implementasi perkembangan teknologi dalam tataran teknik, metodologi, strategi, dan pendekatan dalam pembelajaran.  Oleh karena itu diperlukan upaya revitalisasi kelompok kerja MGMP agar aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh kelompok kerja  tersebut dapat memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kompetensi guru.

4.2.      Saran.
Pada kenyataannya MGMP yang sudah ada di wilayah sebagian besar belum optimal digunakan sebagai wadah guru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan tugas pokok guru karena pengelolaan dan pandanaannya yang belum memadai. Oleh karena itu kami berharap kelompok MGMP PKn ini terpilih sebagai salah satu penerima Block Grant Dana Bantuan Langsung Pemberdayaan MGMP  Tahun Anggaran 2012.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CONTOH PROPOSAL BLOCK GRANT DANA BANTUAN LANGSUNG PEMBERDAYAAN MGMP
Ditulis oleh Aina Mulyana
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ainamulyana.blogspot.com/2012/10/contoh-proposal-block-grant-dana_710.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Statistik Tayang

Jadwal Shalat Untuk Pandeglang dan Sekitarnya

Pendidikan Kewargegaraan | Copyright of PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

HALAMAN UTAMA ( BERANDA )

DAFTAR ISI BLOG