UJI NORMALITAS (PENGUJIAN LILLIEFORS) DAN HOMOGENITAS VARIAN DENGAN MS EXCEL DAN SPSS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, July 29, 2015


Salah satu persyaratan analisis data hasil penelitian  untuk menentukan teknik analisis yang akan digunakan  adalah UJI NORMALITAS. Melalui software SPSS Uji Normalitas dapat dilakukan dengan menggunakan  One Sample Kolmogorov Smirnov Test





Adapun langkah-langkahnya adalah isi data hasil penelitian, setelah lengkap dan benar lalu klik Analyze Klik Nonparamteric Test Klik Sampel Ks Isi Kolom dengan variabel yang akan diuji. Dengan menggunakan taraf signifikansi  =5% maka ketentuan mengenai kenormalan data diindikasikan dengan:
a.      Nilai Asymp. Sig. atau probabilitas lebih besar dari 0.05 (Sig.> 0.05) yang artinya data terdistribusi secara normal
b.      Nilai Asymp. Sig. atau probabilitas lebih kecil dari 0.05 (Sig.< 0.05) yang artinya tidak terdistribusi secara normal.

Sekalipun pengujian normalitas menggunakan  One Sample Kolmogorov Smirnov Test merupakan koreksi dari pengujian Lilliefors.  Namun dalam pelaksanaannya banyak peneliti yang harus menggunakan teknik  pengujian Lilliefors, terutama bagi mereka yang akan menguji normalitas galat taksir.

Untuk membantu rekan-rekan mahasiswa Pasca Sarjana yang memerlukan aplikasi pengujian normalitas, terutama pengujian normalitas galat taksir dalam upload kali ini saya berikan contoh aplikasi tersebut yang dapat di DOWNLOAD DI SINI, Salah satu keunggulan aplikasi ini Anda tidak perlu melihat tabel distribusi normal atau Tidak Perlu mengetik angka yang dihasilkan dari tabel distribusi normal, karena dalam aplikasi ini Anda tinggal memasukkan data penelitian.

Selain uji normalitas, dalam aplikasi yang Anda DOWNLOAD DI SINI  juga disediakan cara pengujian Homogenitas varian dengan MS EXCEL dan SPPS.  

Terima Kasih Semoga Bermanfaat. Bagi Anda yang akan mencoba silahkan DOWNLOAD DI SINI.






BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 11:03 PM

7 comments:

  1. kalau nilai signya sama dengan 0.05 apakah data masih normal? boleh minta referensi buku yang mendukung bu? thanks b4..:D

    ReplyDelete
  2. kalau nilai signya = 0.05 apakah data masih normal? boleh minta referensi buku yang mendukung bu? thanks b4..:D

    ReplyDelete
  3. Buku Referensi Pengujian Homogenitas dengan SPSS antara lain:
    Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universita Diponegoro. Semarang.

    Azwar, Saifuddin. 2006. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

    Nater, J., and Wasserman, W. 1974. Aplied Linear Statistical Model Regression, Analysis of Variance and Experimental Design. Illinois: Richard D. Irwin Inc.

    ReplyDelete
  4. Setelah di uji normalitasnya ternya data tidak normal karena Ltabel lbih besar dari Lhitung.
    Berangkat dari masalah diatas kira kira apa yang harus dilakukan??

    ReplyDelete
  5. Saya ucapkan terima kasih, karena sangat terbantu dengan tulisan yang Bapak bagikan. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru serta dapat pula dijadikan referensi dalam penulisan karya ilmiah guru, terutama dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan artikel tentang pembelajaran ini menjadi sarana amal kebajikan.

    ReplyDelete
  6. The article is very interesting and useful . Thank you

    ReplyDelete

Loading...

---------------------------------

---------------------------------

---------------------------------

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

Ads

---------------------------------

Followers

INFO SOSIAL

CB