LANGKAH-LANGKAH PERHITUNGAN ANOVA DUA JALAN 2x2 DENGAN SPSS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, January 22, 2013



Contoh data:

Buku program SPSS                                                            
Masukan data di atas seperti contoh berikut ini


Caranya input data pada lembaran/sheet data view,  Sedangkan nama variabel seperti Nilai, FaktorA dan Faktor B pada lembaran/sheet variabel view pada kolom name, kolom yang lain dibiarkan saja kecuali variabel decimal boleh diganti sesuai dengan data yang kita inginkan, misalnya 2 atau 3 decimal dibelakang koma.
Selnjutnya Klik ANALIS -> GENERAL LINEAR MODEL -> UNIVARIATE
Pada kotak dialog isi
Kolom dependen dengan variabel NILAI
Kolom Fixed Factorial dengan FaktorA dan FaktorB
Lihat contoh:

Klik Oke. Silahkan Analisis Hasilnya
Sumber Varian
SS
Dk
MS
F HITUNG
F TABEL
Faktor A
26.450
1
26.450
21.160
4.493
Faktor B
0.050
1
0.050
0.040
4.493
Faktor AB
0.050
1
0.050
0.040
4.493
Inter
20.000
16
1.250









Contoh Analisis
Ho = Tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi dan media LKS.
Ha = Terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi dan media LKS.
Ketentuan Uji : jika F hitung lebih kecil atau sama dengan F tabel maka H0 diterima
Berdasarkan data tersebut di atas diketahui bahwa Fhitung = 0.040 sedangkan Ftabel=4.493 dengan demikian Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi dan media LKS.
Contoh 2
Ho = Tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.
Ha = Terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.
Berdasarkan data di atas F hitung = 21.160 dengan demikian Ho ditolak atau Ha diterima dengan demikian terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.





Blog, Updated at: 11:08:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB