LOMBA KREATIVITAS GURU (LKG) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2013

Posted by Aina Mulyana Selasa, 20 Agustus 2013 15 komentar
Apakah Anda berminat mengikuti Lomba Kreativitas  Guru  (LKG)  Tingkat Nasional Tahun 2013 dengan Total  hadiah  untuk pemenang dan finalis  sebesar  Rp. 497.000.000,-  (Empat ratus  embilan puluh  tujuh juta rupiah).  ika Ya, Anda harus segera besiap diri, karena Penerimaan  karya ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas, dan sejenisnya) untuk  lomba ini paling lambat  tanggal  30  September 2013 (cap pos).
1.  Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta di bawah pembinaan Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun sebagai guru (PNS, Guru Tetap Yayasan, dan Guru Honorer di sekolah negeri yang diangkat oleh Bupati/Walikota).
3.  Belum  pernah  atau baru satu kali  menjadi pemenang Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional baik Pemenang I,
1.  Lomba bersifat perorangan.
2.  Hasil karya kreatif guru dalam pembelajaran sesuai dengan ruang lingkup lomba.
3.  Peserta hanya dibolehkan mengirimkan satu  karya  lomba sesuai dengan bidang tugas  pokoknya sebagai  guru kelas, guru mata pelajaran, atau guru bimbingan konseling.
4.  Persyaratan administrasi: 
a. pernyataan penulis, bahwa karya tersebut asli hasil karya  sendiri, bukan jiplakan,  dan  belum pernah diikutsertakan  pada lomba sejenis, baik di dalam maupun di luar Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan, dengan diketahui  oleh kepala sekolah (lihat lampiran 3);
b. biodata peserta (lihat lampiran 2);
c. SK pengangkatan pertama menjadi guru PNS, guru tetap yayasan,  atau  guru honorer  pada sekolah negeri  yang diangkat oleh Bupati/Walikota;
d. lembar  pengesahan  naskah  lomba  dari kepala sekolah; dan
e. deskripsi/evaluasi diri (lihat lampiran 4).
5.  Karya lomba dijilid dan diberi sampul dengan ketentuan:
a.  warna hijau untuk guru TK,
b.  warna merah untuk guru SD,
c.  warna biru untuk guru SMP,
d.  warna kuning untuk guru SMA,
e.  warna merah muda untuk guru SMK, dan
f.  warna  putih  untuk guru SLB  (TKLB, SDLB, SMPLB dan SMLB).
6.  Pada pojok kiri atas sampul ditulis  “Lomba  Kreativitas Guru Tahun 2013”.
7.  Naskah diketik  menggunakan kertas ukuran A4 dengan ketikan 2 spasi, huruf ukuran 12, jenis huruf  Times New Roman.
8.  Naskah lomba  yang disertai dengan rekaman audio visual karya pembelajaran kreatif dan inovatif  menggambarkan isi karya lomba memiliki nilai lebih.
9.  Isi karya lomba berupa:
a.  Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran  yang  menggambarkan  kreativitas  dan inovasi  guru mulai dari  perencanaan, pelaksanaan dan   proses  pembelajaran di kelas.
b.  Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan guru sesuai dengan bidang tugasnya dan terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran.
10.  Untuk peserta yang ditetapkan sebagai finalis lomba:
a.  Wajib  mengirimkan  softcopy  naskah lomba  melalui email  ke alamat lkg2013@pusbangprodik.org 
b.  Mengikuti seleksi penentuan pemenang lomba tingkat nasional pada bulan November 2013 dengan membawa bahan  presentasi    berupa  file dalam CD,  film, atau bentuk lain  untuk dipresentasikan, dan rekaman audio visual karya lomba.
c.  Naskah  dan rekaman audio visual  finalis menjadi milik Panitia dan hak penerbitannya  berada pada Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Waktu Pelaksanaan  Penerimaan  karya  lomba paling lambat  tanggal  30 September 2013 (cap pos),   Penilaian naskah pada bulan Oktober 2013, sedangkan Pemanggilan  finalis  dan penetapan pemenang pada  bulan November 2013.
Bagi ANDA yang mambutuhkan PEDOMAN LKG 2013 dapat di download DI SINI

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: LOMBA KREATIVITAS GURU (LKG) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2013
Ditulis oleh Aina Mulyana
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ainamulyana.blogspot.com/2013/08/lomba-kreativitas-guru-lkg-tingkat_20.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

pengumuman finalisnya dapat dilihat dimana yah ?

Anonim mengatakan...

kapan pengumuman finalis?

Aina Mulyana mengatakan...

Tampaknya belum ada pengumuman. Berdasarkan pengalaman saya yang pernah menjadi finalis pada tahun 2008. Nama-nama finalis biasanya selain diupload melalui internet akan dihubungi secara langsung via telpon dan kita akan diminta no tlpn untuk pengiriman surat undangannya via fax. Mudah-mudahan klu diuplod di internet, akan saya sharringkan ke rekan-rekan guru yg lain.

Bahar Sungkowo mengatakan...

Assalamualaikum pak Aina, masih ingat saya tidak?. pernah ketemu di Final LKG 2008?. Untuk tahun ini apa bapak ikutan lagi?. wassalamualaikum wr wb.

Bahar Sungkowo S.Pd
SMP Internat Al-Kausar Sukabumi

Aina Mulyana mengatakan...

Waalaikum salam Wr. wbr. Tentu Kang, saya masih ingat. Untuk tahun ini saya nggak ikut. Saya hanya ingin berbagi informasi kepada rekan-rekan guru. Salam buat rekan guru di SMP Internat Al-Kausar Sukabumi. Jangan lupa kunjungi terus blog ini.

evi sulistyaningsih mengatakan...

asswrwb.. Pak, apakah bisa diceritakan kegiatan apa saja yg dilakukan finalis lkg? kemudian untuk masing2 jenjang, berapa finalis Pak? terima kasih

Aina Mulyana mengatakan...

Kegiatan dalam Final LKG intinya 1) Pemaparan makalah atau Laporan PTK 2) Pemaparan dokumentasi pendukung (media yg dibuat, Video, dll) 3) Tanya Jawab seperti sidang skripsi atau tesis oleh Pengujian dan peserta finalis lainnya. Klu dulu finalis dikelompok dalam rumpun mata pelajaran. PKN, IPS SMP masuk rumpun IPS SMP, Bahasa Ind, Bhs Inggris SMP masuk rumpun Bahasa SMP. Satu kelompok rumpun untuk satu jenjang klu tidak salah 10 - 20 peserta

achmad kasmal mengatakan...

Ikut nimbrung pak! Saya kasmal beri info klo daftar finalis udah keluar namun via telpon ke yg bersangkutan? Ntuk publikasi umum belum

evi sulistyaningsih mengatakan...

Terima kasih Pak, Alhamdulillah saya masuk finalis kelompok SMA. Apa saja yang perlu dibawa selain bahan2 presentasi Pak?

Aina Mulyana mengatakan...

Yang terpenting siapkan mental, persiapakan alat presentasi semenarik mungkin berbasis ICT, dan bawa semua bukti fisik (asli) hasil penelitian atau makalah yang telah ibu buat, seperti absensi siswa, daftar nilai, . foto, dll

Aina Mulyana mengatakan...

Terima, Pak. Memang tahun-tahun sebelumnya juga pengumuman finalis di sampaikan via Telpon.

Jaka Afriana mengatakan...

Sudah ada ya bu evi, berarti saya belum lolos,,,he,he.

Aina Mulyana mengatakan...

BELUM BERHASIL, SABAR DAN BERUSAHA LAGI. MUDAH-MUDAHAN TAHUN DEPAN BERHASIL

Jaka Afriana mengatakan...

Susah Pak Aina Mulyana,,,,he. Tingkat Nasional memang susah ditembus,,,,

achmad kasmal mengatakan...

jangan patah arang pak, terus berkarya untuk generasi penerus bangsa, tahun depan coba lagi, beberapa teman2 guru pernah kirim sampai 6 kali (berarti 6 tahun), kali ke 7 baru lolos itupun tidak sampe juara hanya finalis namun semangatnya luar biasa

Poskan Komentar

Statistik Tayang

Jadwal Shalat Untuk Pandeglang dan Sekitarnya

Pendidikan Kewargegaraan | Copyright of PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

HALAMAN UTAMA ( BERANDA )

DAFTAR ISI BLOG