CEK DATA GURU DAN PTK

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, December 1, 2013



Masa pengisian DAPODIK atau DAPODIKDAS tahun plajaran 2013-2014 sudah kita mulai sejak bulan Oktober 2013 yang lalu. Bagi Bapak Ibu yang sudah mengupload data ke server pusat, Insya Allah mulai akhir bulan Januari 2014 sudah dapat  melakukan cek data guru atau validasi / verifikasi data guru. Cek data guru atau validasi/verifikasi data guru bertujuan untuk mengetahui  kesesuaian data guru atau PTK, terutama data jumlah jam mengajar. Kesesuaian hasil cek data guru atau validasi / verifikasi data guru ini sangat penting mengingat Semua Pembayaran Tunjangan Guru Tahun 2014, baik tunjangan sertifikasi maupun tunjangan lainnya seperti Tunjangan Fungsional Non PNS, Tunjang Khusus atau Tunjangan Daerah Terpencil menggunakan data DAPODIKDAS sebagai dasar pembayaran tunjangan. Oleh karena itu dimohon semua guru maupun kepala sekolah untuk melakukan cek data guru atau validasi data guru masing-masing. 






Pengecekan atau cek data guru maupun validasi / verifikasi data guru dilakukan pada alamat http://223.27.144.195:8081/ atau http://223.27.144.195:8082/ atau http://223.27.144.195:8083/ atau  dengan mengklik gambar Cek Data Guru di bawah ini.


http://223.27.144.195:8082

Bila link tersebut tidak dapat dibuka silahkan klik Link Alternatif Cek Data Guru di bawah ini

ALTERNATIF 1  LINK CEK DATA GURU

ALTERNATIF 2 LINK CEK DATA GURU

ALETRNATIF 3 LINK CEK DATA GURU

ALETRNATIF4 LINK CEK DATA GURU



Langkah-lanhgkah selanjutnya adalah mengisi form cek data guru atau validasi data guru:
  • · Masukkan NUPTK pada form Cek Data Guru atau validasi/verifikasi data guru sebagai user ID serta tanggal lahir sebagai password dengan format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802
  • Masukan kode (spam) yang tertulis pada gambar diatas
  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.
  • Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui ke admin Cek Data guru atau validasi data guru dengan alamat: cekdataguru.dikdas@gmail.com untuk ditelusuri penyebabnya oleh admin atau pengelola Cek Data Guru atau validasi data guru. HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI SINKRONISASI APLIKASI DAPODIK. Pengelola cek data guru atau validasi / verifikasi data guru TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.
Perlud diketahu oleh Guru dan Kepala Sekolah bahwa  cek data guru atau validasi / verifikasi data guru sangat bermanfaat untuk :
1. Mengetahui validasi atau ketepatan data individu peserta didik, seperti Nama, NIP. NUPTK,  Tahun Sertifkasi, Mapel Sertifikasi, dll
2. Mengetahui validasi atau ketepatan data guru berkaitan dengan Jumlah Jam Mengajar yang Linear.
Kedua hal tersebut sangat penting, karena akan dijadikan dasar dalam penerbitan SK Tunjangan Profesi (SKTP), SK Tujangan Fungsional, SK Tunjangan Daerah Khusus dan SK Tunjangan Daerah Terpencil. Oleh kerena itu, kepada OPS atau guru atau kepala sekolah yang belum melakukan Cek data Guru atau Validasi / Verifikasi Data Guru segera lakukan Cek Data Guru atau Verifikasi / Validasi Data Guru melalui sejumlah website atau blog yang menyediakan link ke P2TK Dikdas.

Selanjutnya Bagi Anda yang telah melakukan cek data guru atau validasi / verifikasi data guru dan ternyata telah sesuai, Anda dapat melanjutkan mengecek penerbitan SK Aneka Tunjangan. Bagi Anda yang ingin mengecek apakah SK Tunjangan Sertifikasi dan SK Tunjangan lain seperti Tunjangan Daerah Khusus, Tunjangan Fungsional dan lainnya sudah diterbitkan atau belum silahkan klik link di bawah ini.

LINK CEK SK PENCAIRAN SERTIFIKASI GURU (SKTP), CEK ANEKA TUNJANGAN

Terima Kasih, mudah-mudah info cek data guru atau validasi / verifikasi data guru ini bermanfaat.





BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 4:00:00 AM

33 komentar:

  1. saya punya masalah. Sampai tgl 26-04-2013 ini, atas nama EROH HERAYANTI, S. Pd. asal SD NEGERI CISEWU 5 Jabatan Kepala Sekolah Tahun sertifikasi 2007 NUPTK 0334731633300013, masih bermasalah. Dari hasil Cek Data Guru "Kode Sertifikasi Tidak Ditemukan Dalam Database". Rombel sudah 24. Sebenarnya ada apa? Di mana masalahnya? Kasihan, saya sudah berusaha.

    ReplyDelete
  2. Saat dilihat diaplikasi di PMPTK bagian data dan NUPTK Kabupaten Garut, ternyata nama EROH HERAYANTI, S. Pd. belum terupdate. Saat dilacak berdasarkan nama Eroh Herayanti di aplikasi, nama Eroh Herayanti, NIP, No Sertifikasi, NRG, dan No Rek Bank yang milik Eroh Herayanti, ternyata NUPTK-nya bukan milik Eroh Herayanti, tetapi NUPTK-nya 0358730632300013. Kenapa, ya? Mohon jawabannya!

    ReplyDelete
  3. Sdh dari tadi saye coba login tp ga bisa jg ..... bgmn lagi cara nye.....

    ReplyDelete
  4. Dalam beberapa hari ini memang LINK CEK DATA GURU atau VERIFIKASI DATA GURU tidak dapat dibuka atau tidak tersambungkan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan adanya perbaikan data pada server pusat (Kemdikbud) atau kemungkiinan server pusat OFF untuk Sementara. Bapak/Ibu dapat mencoba pada waktu yang lain. Khusus untuk ibu EROH yang NUPTKnya ternyata atas nama orang lain, sebaiknya Ibu segera menghubungi Bagian Kepegawaian Kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing.

    ReplyDelete
  5. SAYA OPERATOR SMP PERINTIS BUNGAMAYANG.... SAYA SUDAH UPDATE KAN DATA SAMPAI BERULANG KALI.... TAPI MASIH TETAP TIDAK ADA TANGGAPAN TERUS UNTUK MELIHAT HASIL VERIFIKASI PENDATAAN DAPODIK DATA ATAU SITUD SELALU ERRROOOOR..... SAMPAIKAPAN KAMI HARUS MENUNGGU NYA......?

    ReplyDelete
  6. saya dari SDN paccinang dengn NUPTK 5439740642300032 atas nama Hasniati.S..
    sadh dri tdi login tpi bermasalah teruss....

    ReplyDelete
  7. sampai kapn kami harus menunggu??

    ReplyDelete
  8. Data PTK sudah Valid semua tapi kenapa SKTP nya blm juga muncul pak,pdhl udah 1 minggu ditunggu tolong dong pak,, NUPTK nya: 9543 7386 4020 0053, trima ksih seblumnya dan ditunggu balasannya.

    ReplyDelete
  9. ass...saya dari operator SDN NO. 52 PUDE KEC.Sinjai selatan,kendala saya hampir sama dengan teman-teman yang lain kenapa klu saya cek data dapodik guru kami yang sdh sy kirim selalux error..apakah ada link baru yang bisa kita pake krn sy sdh berkali-kali mencoba membuka tapi selaluna err

    ReplyDelete
  10. mngisi sesuai petunjuk dapodik yg ada spy g slah mlu2,otreee?

    ReplyDelete
  11. sangat bermanfaat bagi saya untuk membacanya.,semoga bisa menjadi ilmu bagi kita semua.
    Ditunggu kunjungan balik blog .,

    ReplyDelete
  12. Pak, Link Cek data guru mungkin baru bisa dibuka kembali Bulan Februari 2014. Karena batas akhir pengiriman Dapodikdas untuk Penetapan SK Aneka Tunjangan Guru adalah tanggal 28 Februari 2014

    ReplyDelete
  13. wah.. kalau ngecek tanggal 28 February bisa repot ....

    ReplyDelete
  14. Betul, sampai saat ini (akhir Januari 2014) link cek data guru belum dapat diakses karena server masih dalam taraf perbaikan.

    ReplyDelete
  15. Link Cek Data Guru sepertinya baru dapat diakses sekitar minggu ke-3 bulan Pebruari atau Awal Maret 2014. Mengingat batas akhir pengiriman atau sinkronisasi data dapodikdas menurut server aplikasi dapodik adalah tanggal 16 Februari 2014. Sedangkan batas terakhir uptode data menurut P2TK untuk aneka tunjangan adalah tanggal 28 Februari 2014

    ReplyDelete
  16. Untuk semua, terima kasih infonya. Mudah-mudahan pencaiaran tunjangan sertifikasi guru, tunjangan khusus dan daerah terpencil serta pencairan tunjangan fungsional guru tahun 2014 tidak mengalami masalah.

    ReplyDelete
  17. Kalau memang SK Tunjangan Profesi (SKTP) 2014, SK Tunjangan Daerah Khusus atau DASUS 2014, SK Tunjangan Daerah Terpencil atau DACIL 2014, dan SK Tunjangan Fungsional untuk Guru Tahun 2014 akan dibuat pada bulan Maret 2014 sudah seharusnya pengecekan data guru dapat dilakukan mulai bulan Februari ini, sehingga apabila ada kesalahan pihak Operator Sekolah dapat segera memperbaikinya.

    ReplyDelete
  18. Trimks, masukannya di Cek Data Guru 2014. Kita berharap seperti itu. Insya Allah kalau ada informasi baru yang berkaitan dengan Cek Data Guru 2014 atau Verifikasi Data Guru tahun 2014 akan secepatnya saya uptodate.

    ReplyDelete
  19. Weleh-weleh Cek Data Guru & Verifikasi data Guru kok sampai saat ini belum dapat dikunjungi.

    ReplyDelete
  20. Cek data guru untuk tahun 2014 ini agar terlambat, karena persoalan sinkronisasi dapodik yang sempat mengalami gangguan. Akahir bulan Februari mungkin para guru baru dapat melakukan verifikasi data guru. Namun demikian kita berharap mudah-mudahan pencairan tunjangan sertifikasi triwulan 1 tahun 2014 ini tidak mengalami hambatan.

    ReplyDelete
  21. Ya pak Cek Data Guru atau Validasi / Verifikasi Data Guru memang sampai saat ini belum dapat dilakukan. Saya juga berharap mudah-mudahan hal ini tidak menghambat pada pencairan sertifikasi di tahun 2014 ini.

    ReplyDelete
  22. Trimks Pak Aina, Cek Data Guru atau Validasi / Verifikasi Data Guru sudah dapat diaakses dengan baik.

    ReplyDelete
  23. Trimks, Cek data Guru, Validasi dan Verifikasi Data Guru telah membantu kami sebagai Operator Sekolah untuk memperbaiki kekiluran dalam pengisian data dapodik

    ReplyDelete
  24. Terimakasih informasinya mengenai DAPOKDIK pa. sy heran, mengenai guru yang tidak linear itu gmana pa? trus ada PTK yang belum punya NUPTK cara membuka/login ke Cek Data Guru Gmana pa?

    ReplyDelete
  25. Untuk semua Kepala Sekolah dan Guru SMP di Rayon 03 Kabupaten Pandeglang yang mencoba mengakses Cek Data Guru atau Validasi / Verifikasi Data Guru, karena server dalam masa perbaikan silahkan coba beberapa link alternatif yang disediakan. Apabila semua link alternatif Cek Data Guru yang disediakan tidak dapat diakses silahkan kunjungi atau buka di lain waktu. Untuk Guru yang belum memiliki NUPTK, tidak ada jalan lain kecuali memastikan data pada aplikasi dapodik benar sesuai data yang ada di sekolah. Untuk masalah linear, Guru yang sudah terserifikasi wajib memiliki jam mengajar yang linear. Apabila tidak memenuhi harus mendapat tugas tambahan yang ekuivalen dengan jam mengajar atau mencari jam tambahan di sekolah lain yang sederajat dan berada dalam naungan Kementerian Pendidikan Nasional.

    ReplyDelete
  26. Ass. Pak mengapa Server Cek Data Guru atau Validasi / Verifikasi Data guru sangat lamban dan menyebalkan

    ReplyDelete
  27. Iya Pak, Server Cek Data Guru atau Validasi / Verifikasi Data Guru memang sangat lambat, bahkan sulit dibuka.

    ReplyDelete
  28. Cek Data Guru atau Validasi / Verifikasi Data Guru di tahun 2014 ini ruwet banget mesti pakai kode spam segala

    ReplyDelete
  29. Pak, Operator kami sudah uptodate tetapi kenapa waktu dilakukan Cek Data Guru atau Verifikasi / Validasi data Guru melalui INFO GURU P2TK ternyata datanya tidak berubah.

    ReplyDelete
  30. Ya, memang perubahan data pada server Cek Data Guru atau Verifikasi / Validasi Data guru membutuhkan waktu lebih dari satu minggu setelah operator melakukan optodate atau sinkronisasi dapodikdas. Oleh karena itu, kepada rekan-rekan OPS yang belum sikronisasi semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 segera lakukan sinktronisasi. Jangan menunggu batas terakhir untuk menghindari terjadinya OVERLOAD. Apabila Saudara telah melakukan sinkronisasi satu atau dua minggu kedepan silahkan coba lakukan Cek Data Guru atau Verifikasi / Validasi Data Guru. Trimks, mudah-mudahan penjelasan ini bermanfaat.

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB