AGAR APLIKASI DAPODIKDAS DAPAT SEGERA SINKRON

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, December 7, 2013

Untuk Rekan-rekan OPS di Rayon 03 Kabupaten Pandeglang yang sampai saat ini belum bisa sinkron, dalam arti proses sinkronisasi  masih gagal atau belum tercatat pada PROGRESS PENGIRIMAN di website http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ coba gunakan langkah-langkah berikut ini:

Cara Backup:
-      Install  aplikasi dapodikhelper sampai dengan selesai.
-     Kemudian bukan Program File lalu Pilih Dapdokdas lalu klik file DAgent , lalu Klik Backup/Restore,  akan muncul tampilan sbb:


-      Untuk melakukan Backup pilih Tujuan (tempat penyimpanan File misalnya di drive D, E, atau Flashdisk

-      Lalu Klik Backup, tunggu sampai dengan proses selesai

-     Kemudian  Cek  pada  drive penyimanan apakah file Backup telah dibuat atau belum (file back *.dbk) contoh file backup:  dapodikdas16122013075309.dbk. Pada contoh di atas, delapan digit pertama  tertulis 16122013 atau tanggal backup yang dibuat secara otomatis oleh system.


  •       Coba Install Aplikasi Dapodikdas pada Laptop/ komputer lain lalu Restore  (USAHAKAN JANGAN INSTALL ULANG PADA LAPTOP/KOMPUTER YANG SAMA)
Caranya
-   Install Aplikasi Dapodikdas 2.0.3 sampai dengan selesai  (Sampai tampil  layar LOGIN pada Browser Anda), Jika sudah tampil Anda tidak usah LOGIN, Sebaiknya keluar atau Close saja.
-      Lalu Insatll  PACTH DAPODIKDAS 2.0.4 sampai dengan selesai.
-      Setelah selesai  RESTORE, file Backup yang telah Anda buat caranya :

  • Install  aplikasi dapodikhelper sampai dengan selesai.
  • Kemudian bukan Program File lalu Pilih Dapdokdas lalu klik file DAgent , lalu Klik Backup/Restore,  akan muncul tampilan seperti gambar d atas.
  • Untuk melakukan RESTORE pilih tempat penyimpanan File Backup misalnya di drive D, E, atau Flashdisk, pilih file backup yang telah disimpan  misalnya file dapodikdas16122013075309.dbk. kemudian klik RESTORE. Tunggu Sampai Dengan Proses Selesai.

  •      SebelumMembuka File Aplikasi Dapodikdas atau sebelum LOGIN, Pastikan Komputer Anda telah tersambung dengan Internet, yang belum silahkan di CONNECT-kan.  Lalu, cek setting waktu.
Caranya : Double KLIK WAKTU JAM & TANGGAL yang Ada Ujung Bawah Sebelah Kanan, Lalu Klik CHANGE DATE AND TIME SETTINGS.
Pada DATE AND TIME,  klik Change Date and Time lalu sesuaikan waktu sesuai dengan Jam dan tanggal sekarang. Pada Change Time Zone pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
Lalu klik INTERNET TIME kemudian klik Change Setting. Bila belum dipilih, pilih atau beri tanda (v) pada Synchronize With Internet Time Server dan pilih  TIME NIST GOV lalu klik UPTODE NOW, Lihat contoh berikut:



  •       Jika tahapan di atas sudah selesai, silahkan Anda LOGIN, apabila berhasil login klik F5, setelah itu  silahkan periksa dulu Aplikasi Dapodikdas Anda, Jika tidak ada perubahan silahkan klik Validasi dan lakukan Sinkronisasi
  •      NB= Browser yang digunakan yang direkomendasi cuma Mozilla Firefox dan Google Chrome  dan LAKUKAN SINKRONISASI BUKA PADA SAAT WAKTU/JAM SIBUK, waktu yang biasanya Agak Kosong adalah Malam Hari, atau Sebelum dan Setelah SHALAT SUBUH.




Blog, Updated at: 7:47:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB