CARA CEK DATA GURU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, March 31, 2014

Masa pengisian DAPODIK atau DAPODIKDAS tahun plajaran 2013-2014 sudah kita mulai sejak bulan Oktober 2013 yang lalu. Bagi Bapak Ibu yang sudah mengupload data ke server pusat, Insya Allah mulai akhir bulan Januari 2014 sudah dapat  melakukan cek data guru atau validasi / verifikasi data guru. Cek data guru atau validasi/verifikasi data guru bertujuan untuk mengetahui  kesesuaian data guru atau PTK, terutama data jumlah jam mengajar. Kesesuaian hasil cek data guru atau validasi / verifikasi data guru ini sangat penting mengingat Semua Pembayaran Tunjangan Guru Tahun 2014, baik tunjangan sertifikasi maupun tunjangan lainnya seperti Tunjangan Fungsional Non PNS, Tunjang Khusus atau Tunjangan Daerah Terpencil menggunakan data DAPODIKDAS sebagai dasar pembayaran tunjangan. Oleh karena itu dimohon semua guru maupun kepala sekolah untuk melakukan cek data guru atau validasi data guru masing-masing. 




http://223.27.144.195:8082/
CEK DATA GURU



Bila link tersebut tidak dapat dibuka silahkan klik Link Alternatif Cek Data Guru di bawah ini








ALETRNATIF 9 LINK CEK DATA GURU
ALETRNATIF 10 LINK CEK DATA GURU 


Langkah-lanhgkah selanjutnya adalah mengisi form cek data guru atau validasi / verifikasi data guru:
Masukkan NUPTK pada form Cek Data Guru atau validasi/verifikasi data guru sebagai user ID serta tanggal lahir sebagai password dengan format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802
Masukan kode (spam) yang tertulis pada gambar diatas
Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.
Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui ke admin Cek Data guru atau validasi data guru dengan alamat: cekdataguru.dikdas@gmail.com untuk ditelusuri penyebabnya oleh admin atau pengelola Cek Data Guru atau validasi / verifikasi data guru. HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI SINKRONISASI APLIKASI DAPODIK. Pengelola cek data guru atau validasi / verifikasi data guru TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.
Perlud diketahu oleh Guru dan Kepala Sekolah bahwa  cek data guru atau validasi / verifikasi data guru sangat bermanfaat untuk :
1. Mengetahui validasi atau ketepatan data individu peserta didik, seperti Nama, NIP. NUPTK,  Tahun Sertifkasi, Mapel Sertifikasi, dll
2. Mengetahui validasi atau ketepatan data guru berkaitan dengan Jumlah Jam Mengajar yang Linear.
Kedua hal tersebut sangat penting, karena akan dijadikan dasar dalam penerbitan SK Tunjangan Profesi (SKTP), SK Tujangan Fungsional, SK Tunjangan Daerah Khusus dan SK Tunjangan Daerah Terpencil. Oleh kerena itu, kepada OPS atau guru atau kepala sekolah yang belum melakukan Cek data Guru atau Validasi / Verifikasi Data Guru segera lakukan Cek Data Guru atau Verifikasi / Validasi Data Guru melalui sejumlah website atau blog yang menyediakan link ke P2TK Dikdas. 


Bagi guru yang kekurangan jam mengajar pada sekolah induk dapat ditambahkan dengan mengajar di sekolah lain yang sederajat. Apabila kekurangan jam tersebut dapat dipenuhi pada sekolah dilingkungan depdikbud, pembagian tugas atau jam mengajar cukup diupload melalui proses sikronisasi dapodikdas di masing-masing sekolah. Namun, apabila kekurangan jam mengajar tersebut dipenuhi dengan jam mengajar pada sekolah di lingkungan kemenag (MTs) maka guru tersebut wajib menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing untuk mengisi aplikasi yang telah disiapkan. 

Selanjutnya Bagi Anda yang telah melakukan cek data guru atau validasi / verifikasi data guru dan ternyata telah sesuai, Anda dapat melanjutkan mengecek penerbitan SK Aneka Tunjangan. Bagi Anda yang ingin mengecek apakah SK Tunjangan Sertifikasi dan SK Tunjangan lain seperti Tunjangan Daerah Khusus, Tunjangan Fungsional dan lainnya sudah diterbitkan atau belum silahkan klik link di bawah ini.

LINK CEK SK PENCAIRAN SERTIFIKASI GURU (SKTP), CEK ANEKA TUNJANGAN

Terima Kasih, mudah-mudah info cek data guru atau validasi / verifikasi data guru ini bermanfaat.








Blog, Updated at: 8:02:00 PM

18 komentar:

  1. Perlu kami sampaikan bahwa sejak beberapa hari ini server cek data guru P2TKdikdas tidak dapat diakses. Kepada rekan guru di rayon 03 Kab.Pandeglang, silahkan lakukan pengecekan di lain waktu. Hal ini karena pada website atau blog manapun yang merujuk pada alamat http://223.27.144.195/; http://223.27.144.195:8081/; http://223.27.144.195:8082/ atau http://223.27.144.195:8083/ hasilnya akan sama. Mudah-mudahan pada beberapa hari kedepan server pusat p2tkdikdas segera diperbaiki.

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih Infonya. Link Cek Data Guru / Validasi / Verifikasi Data Guru ini telah membantu kami.

    ReplyDelete
  3. Cek data guru atau Verifikasi / Validasi data Guru sejak hari Minggu tanggal 16 Februari 2014 kembali sudah dapat diakses. Namun biasa loodingnya masih berat alias bermasalah sama halnya seperti aplikasi dapodikdas

    ReplyDelete
  4. Yth. pa aina mulyana yg dimulyakan oleh Allah SWT, bgmn nih jmlh siswa tetap aja 0 tdk berubah, tp data yg lainnya sdh berubah, aneh..padahal updatingnya bersamaan dgn data yg lain itu?

    ReplyDelete
  5. Utk Pak Agus Entuh apabila Bpk yakin data Siswa yang diisikan sudah benar, Bpk tinggal bersabar mungkin permasalahan bukan pada aplikasi dapodik Bpk tetapi pada server pusat. Coba Bpk cek Profil sekolah pada saat server tidak dlm keadaan sibuk. Namun utk lebih meyakin Bpk, tidaklah salah jika Bpk melakukan sikronisasi ulang. Ciri Sikronisasi yang berhasil Ada laporan data terkirim pada server dan data masuk ke local. Kalau kalimatnya tidak ada data yang terkirim berarti sikron gagal, sekalipun tulisannya Sikron Berhasil

    ReplyDelete
  6. pd jawaban pertanyaan saya terdahulu,
    yang dimaksud pa Aina cek profil sekolah...itu maksudnya cek profil sekolah pd aplikasi dapodik sklh pd saat terhubung dgn internet pd saat sinkronisasi? atau bgm maksud pa aina?

    ReplyDelete
  7. Yang dimaksud cek Profil Sekolah adalah cek profil sekolah Anda setelah Anda melakukan sinkronisasi. Tentunya pengecekannya dilakukan secara online. Untuk SMP di Kab. Pandeglang cek sekolah bisa langsung dibog saya. Lihat Artikel Cek Sekolah. Untuk Rekan di Kab lain silahkan kunjungi Infopendataan.kemdikbud.go.id Lalu klik Progres Pengiriman sampai pada tab kecamatan dan sekolah Anda. Selanjutnya Anda klik Nama Sekolah Anda dan masukkan kode tregistrasi sekolah. Trims.

    ReplyDelete
  8. untuk tugs tambahan wakil kepala sekolah SMp yang diakui berapa orang ya pak ?

    ReplyDelete
  9. iyah pa, sangat melelahkan kalau membuka cek data guru. terus pa kira2 kapan bisa kebuka cek data guru?

    ReplyDelete
  10. ass. pa, kira-kira kapan bias k buka SKTP ?

    ReplyDelete
  11. Sampai detik ini koq belum bisa dibuka ya...?, (SKTP tunjangan profesi)

    ReplyDelete
  12. cek SKTP 2014 untuk guru SMA gimana? itu hanya buat guru SD dan SMP

    ReplyDelete
  13. Mksih info bpk smg bermanfaat, syangya kami msh offline krn kmi dari level SMA skli lagi blm online.

    ReplyDelete
  14. susah bro mau cek hasil sinkron kemarin, ada alternatif lain ga tuk krocek nih

    ReplyDelete
  15. Sampai saat ini belum cair loo...padahal SKTP dah terbit tertaggal 6 April 2014...

    ReplyDelete
  16. sekarang udah bisa cek verifikasi data guru dengan cara mengkopi no link/ alamat ke tab baru trus enter dech, 100% berhasil. ttrus tuk ngirim juga gak pusing, dengan BSD 207 langsung dech terkirim ke P2TK, yahoooodddd. akhirnya valid dech data

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB