BEASISWA S2 BAGI GURU PNS DAN NON PNS TAHUN 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, February 12, 2016

BEASISWA S2 GURU SD DAN SMP 2016
Berikut ini informasi tentang tentang Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Kualifikasi Akademik S-2 Bagi Guru Pendidikan SD dan SMP baik negeri maupun swasta Tahun 2016 yang disampaikan Portal Pascasarjana Unesa, Dalam informasi tersebut disebutkan bahwa mendahului informasi resmi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar,  Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud memberikan dana bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 bagi guru pendidikan dasar yang bertugas di sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah dasar luar biasa (SDLB), dan sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB).






A. Persyaratan
a) Guru dikdas yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau  guru tetap yayasan.
b) Berusia maksimal 37 tahun pada saat penutupan pendaftaran yang dibuktikan dengan fotocopy kartu tanda penduduk.
c) Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang relevan dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT).
d) IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip  nilai yang  dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
e) Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
f) Memperoleh izin untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi akademik S2, dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
g) Sanggup dan bersedia mengikuti studi di PTP yang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar,  Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud, yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai.


PERSYARATAN BEASISWA S2 GURU SD DAN SMP TAHUN 2016

B. Pendaftaran Calon Peserta
Pendaftaran calon peserta dilakukan sebagai berikut.
1 Guru dikdas yang berminat mengirimkan berkas pendaftaran ke Direktorat Pembinaan Guru Dikdas dengan melampirkan surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
2) Berkas administrasi yang harus disertakan dalam pendaftaran sebagai berikut.
a) Surat permohonan bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 (diketahui atasan langsung dan dinas pendidikan kabupaten/kota) kepada Direktur Pembinaan Guru Dikdas.
b) Surat pernyataan kesanggupan studi S-2 di Perguruan Tinggi Penyelenggara, yakni: Unesa, UM, UNY, dan UPI.
c) Surat keterangan sehat dari dokter.
d) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
e) Pas poto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
f) Daftar riwayat hidup.
g) Fotocopy ijazah yang telah dilegalisasi (dengan cap basah).
h) Fotocopy KTP.
i) Fotocopy NPWP.
j) Fotocopy SK pengangkatan pertama.
k) Alamat pengiriman berkas
Subdit  PKPKK Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Kompleks Kemdikbud Gedung D Lantai 15, Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta. Telp./Faks (021) 57974130 

Pada pojok kanan atas amplop pengajuan berkas ditulis “BEASISWA S-2”
BERKAS PENDAFTARAN DITERIMA PANITIA PENYELENGGARA PALING LAMBAT 25 MARET 2016 (STEMPEL POS), MELEWATI BATAS WAKTU YANG TELAH DITETAPKAN  TIDAK DIIKUTSERTAKAN DALAM PROSES SELEKSI SELANJUTNYA

Informasi resmi terdapat pada buku Pedoman Bantuan Peningkatan Kualifikasi Akademik S-2 Bagi Guru Pendidikan Dasar Tahun 2016 yang Akan diunggah pada Web Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud (http://gtk.kemdikbud.go.id/) atau Web Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (http://pasca.unesa.ac.id).





Program Studi Pilihan S2 UNESA:

Guru SD: S2 manajemen pendidikan, S2 pendidikan dasar,

Guru SMP: S2 pendidikan matematika, S2 pendidikan sains, S2 pendidikan bahasa dan sastra indonesia , S2 pendidikan bahasa dan sastra Inggris), S2 pendidikan ips,

Guru PLB: S2 pendidikan luar biasa


Sumber: http://pasca.unesa.ac.id/

DOWNLOAD PENGUMUMAN PENDAFTARAN BEASISWA PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK S-2 BAGI GURU PENDIDIKAN SD DAN SMP TAHU 2016 (Klik Disini)


Berita Sebelumnya Tentang Beasiswa S2 Guru Tahun 2015 Sebagai Refenensi

Pada tahun 2015 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar(Dit. P2TK Dikdas), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (Ditjen Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kembali memberikan bantuan beasiswa pendidikan S2 untuk guru SMP tahun 2015


Program beasiswa pendidikan S2 untuk guru SMP tahun 2015 bernama Bantuan Peningkatan Kualifikasi S-2 bagi Guru SMP adalah dana bantuan yang  diberikan  kepada  Guru  untuk  melanjutkan  studi  ke  jenjang pendidikan  strata  dua  (S-2)  pada perguruan tinggi penyelenggara (PTP) yang diberi mandat. Bantuan Peningkatan Kualifikasi  S-2 bagi Guru SMP ini bersifat terbatas, yang diberikan selama  mengikuti pendidikan jenjang S-2 dalam jangka waktu dua tahun atau empat semester.

Beasiswa S2 bagi guru SMP untuk guru SMP tahun 2015 ini diberikan sebagai  Upaya    peningkatan   kualitas   sumberdaya manusia   dan   kesejahteraan masyarakat melalui  pendidikan  tidak  dapat  dilepaskan  dari  peran  dan  fungsi pendidik  dan  tenaga kependidikan  (PTK).  PTK perlu  diberi  kesempatan  yang  seluas-luasnya  untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensinya. Berdasarkan hal itu, pada  tahun  2015,  Direktorat  Pembinaan  Pendidik  dan  Tenaga  Kependidikan Pendidikan Dasar,  Direktorat    Jenderal Pendidikan    Dasar    Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan  memberikan  Bantuan  Peningkatan Kualifikasi (beasiswa) S2 bagi Guru  SMP. Beasiswa S2 P2TK Kemdikbud ini merupakan beasiswa tahun ke empat.

Dana beasiswa pendidikan S2 untuk guru SMP tahun 2015 atau Bantuan Peningkatan  Kualifikasi  S-2  ini    terdiri    atas:    biaya  pendidikan,  biaya    hidup,  dan  biaya  penyelenggaraan program. Dana bantuan peningkatan kualifikasi diberikan langsung ke mahasiswa   melalui   mekanisme      perjanjian     kerjasama    (MoU)     antara Direktorat  P2TK Dikdas  Ditjen  Dikdas  Kemdikbud  dengan  mahasiswa,  sedangkan  biaya pendidikan  dan  penyelenggaraan  program  ditransfer  dari  rekening mahasiswa  ke  rekening  perguruan tinggi  penyelenggara  yang  diberi mandat melalui mekanisme surat perjanjian kerja sama antara Direktorat P2TK  Dikdas  Ditjen  Dikdas  Kemdikbud  dengan  perguruan  tinggi penyelenggara yang diberi mandat.

Dana beasiswa pendidikan S2 untuk guru SMP tahun 2015 atau Bantuan Peningkatan Kualifikasi ini diberikan untuk jangka waktu 2 (dua)  tahun atau  4  (empat)  semester  mulai  dari  terdaftar  sebagai mahasiswa di PTP masing-masing. Selama menerima bantuan peningkatan kualifikasi, peserta program tidak boleh cuti akademik.
Rekrutmen dan seleksi calon peserta penerima beasiswa pendidikan S2 untuk guru SMP tahun 2015 atau  program Peningkatan Kualifikasi S-2 bagi Guru SMP tahun 2015  dilakukan  melalui  kerja sama  Direktorat Pembinaan  PTK  Dikdas,  Ditjen  Dikdas Kemdikbud dengan Perguruan Tinggi Penyelenggara dengan ketentuan sebagai berikut.

Program studi yang dibuka, adalah:
1. Program Studi Pendidikan Matematika
2. Program Studi Pendidikan IPS;
3. Program Studi Pendidikan IPA;
4. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia; dan
5. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Adapun persyaratan pendaftaran untuk mengikuti seleksi beasiswa pendidikan S2 untuk guru SMP tahun 2015 adalah mengajukan surat permohonan mengikuti seleksi masuk program pemberian dana langsung peningkatan kualifikasi S-2 dengan melampirkan:
1.    Bagi Guru SMP berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS);
2.    Bagi guru swasta, berstatus sebagai guru tetap yayasan (GTY);
3.    Bagi Guru Honorer di SMP negeri harus memiliki SK Kepala Dinas Pendidikan sebagai guru honor.
4.    Berusia maksimum 37 tahun per 1 September 2015 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang. Khusus untuk daerah terpencil, tertinggal, dan terluar berusia maksimum 42 tahun per 1 September 2015 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang, serta SK pejabat berwenang tentang penetapan daerah terpencil, tertinggal, dan terluar.
5.    Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang sekarang terakreditasi oleh Badan
6.    Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT) dengan IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
7.    Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun mengajar yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama (ditambah dengan SK Daerah khusus untuk Guru yang bertugas di daerah khusus) yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
8.    Memperoleh izin dari pejabat yang berwenang untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi jenjang strata dua (S-2), dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
9.    Memiliki prestasi akademik yang terkait dengan tugas keguruan/kependidikan (akan lebih diutamakan), dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan yang relevan. 

Untuk  menjaring  calon  mahasiswa/peserta  yang  memiliki  kemampuan terbaik,  maka  Direktorat  P2TK  Dikdas,  Ditjen  Dikdas  akan menetapkan jumlah calon mahasiswa lebih dari kuota yang ditetapkan untuk  setiap  program studi. Kuota untuk guru swasta dan  honorer maksimal 10%.

Pengiriman Berkas Pendaftaran beasiswa pendidikan S2 untuk guru SMP tahun 2015
Berkas  pendaftaran dikirim  mulai  20 Mei  2015  sampai dengan terakhir diterima di Subdit PTK SMP, Dit. P2TK Dikdas tanggal  23 Juni  2015  ke
alamat:
Subdit PTK SMP
Dit. P2TK Dikdas – Ditjen Dikdas – Kemdikbud
Gedung C Lantai 18
Jln. Jend. Sudirman Senayan Jakarta
Telp. 021 57851860

Bagi Anda yang ingin mendownload Juknis atau pedoman beasiswa pendidikan S2 bagi guru SMP tahun 2015 silahkan klik link download di bawah ini







= Baca Juga =



Blog, Updated at: 8:49:00 PM

40 komentar:

  1. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Betul-betul info yang menarik. Trimks

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. kapan pengumuman hasil seleksi administrasi untuk beSISWA NI PAK,,,,

    ReplyDelete
  5. Pengumuman hasil seleksi beasiswa s2 kemdikbud biasanya dilakukan secara tertutup, dalam artian siapa yang mendapat panggilan yang surat biasanya dikirim langsung ke sekolah, merekalah yang diterima. Biasanya (thn sebelumnya) yang tdk mendapat surat panggilan berarti tidak diterima. Trims. Mudah-mudahan ada info dari pembaca lain yang bisa disharringkan di blog ini.

    ReplyDelete
  6. di kalimantan tidak adakah lptp yang di masukkan daftar

    ReplyDelete
  7. KIRA-KIRA KAPAN YA PENGUMUMANNYA????

    ReplyDelete
  8. Pengumuman hasil seleksi program beasiswa S2 tahun 2014 sudah dilakukan melalui email masing-masing. Yang dinyatakan LULUS, dialah yang panggilan lewat email. Yang tdk dapa email berarti Belum Dinyatakan Lulus atau Belum dinyatakan Memenuhi Perrsyaratan Mengikuti Prpgram Beasiswa S2 tahun ini. Mungkin tahun depan masih ada, Coba saja, jangan putus asa

    ReplyDelete
  9. Ada beasiswa untuk guru yang sudah kuliah????????

    ReplyDelete
  10. saya coba telpon panitia katanya kok belum pengumuman ya. Infonya Juli sesuai juknis. maaf bapak info dari mana itu.(sekedar konfirmasi)

    ReplyDelete
  11. kalau saya sempat ngirim email ke panitia,infonya 1 bulan dr pelaksanaan test kmrn pengumumannya, berarti besok. kita tunggu saja

    ReplyDelete
  12. Semoga dalam minggu ini ya pak muhammad afdhal

    ReplyDelete
  13. utk guru sd sdh ada pengumuman, ada teman yang lulus di unesa.
    tgl 30 juni daftar ulang.
    utk guru smp minggu depan MUNGKIN.
    semoga LULUS

    ReplyDelete
  14. bisa di cek disini
    http://pasca.unesa.ac.id/detail/pengumuman/pemberitahuan-hasil-seleksi-peningkatan-kualifikasi-s2-ptk-sd-prodi-s2-pendidikan-dasar

    ReplyDelete
  15. iya pak afdhal, makasih infonya. Menunggu untuk guru SMP...semoga lulus ...amin

    ReplyDelete
  16. Saya lagi nunggu hasil test S2 dirjen dikdas tuk Smp
    dah ad Blm Y?

    ReplyDelete
  17. semoga cepat di umumkan hasilnya, kasian yang buat jadwal pelajaran,
    dan semoga diterima di UNY

    ReplyDelete
  18. Kapan yach pengumuman seleksi beasiswa tuk SMP?

    ReplyDelete
  19. sudah pengumuman
    http://pasca.unesa.ac.id/detail/pengumuman/pemberitahuan-hasil-seleksi-penerima-bantuan-peningkatan-kualifikasi-s2-bagi-guru-smp

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah saya lulus di UNY..
    siang tadi di kirim ke email...
    silahkan cek kawan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengumuman yg Bapak terima apakah tercantum nama peserta lain yg diterima di UNY?

      Delete
  21. utk pengumuman yg lulus di uny bisa di cek di web nya
    http://pps.uny.ac.id/

    ReplyDelete
  22. link pascasarjana UPI kok ndk ada pengumuman ya...

    ReplyDelete
  23. untuk guru SMA gak adakah???
    masak untuk SMP aja ya
    masterwinkom

    ReplyDelete
  24. Apakah masih ada untuk beasiswa tahun 2015 nanti?

    ReplyDelete
  25. Mudah-mudahan masih ada. Ikuti terus perkembangan beritanya di http://ainamulyana.blogspot.com/ Insya Allah beasiswa s2 jika ada di tahun 2015 akan kita posting

    ReplyDelete
  26. Untuk guru MTS ada program tersendiri yang dilaksanakan oleh DEPAG, bahkan untuk tahun-tahun sebelumnya lebih banyak dari program yang dilaksanakan dikbud. Insya Allah jika tahun depan ada akan saya posting

    ReplyDelete
  27. Tahun 2015 ada apa tidak pak . Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  28. untuk info beasiswa P2TK tahun 2015 dapat dilihat di sini http://auliaur-rahman.blogspot.com/2015/05/informasi-beasiswa-p2tk-smp-tahun-2015.html#.VV3CFdK0SBI

    ReplyDelete
  29. Untuk tahun 2015 sekarang, guru MTs bileh gitu pak ?
    makasih sblumnya.

    ReplyDelete
  30. Mksh informasinya mengenai Beasiswa S2 Guru SD ini, semoga bermanfaat bagi kami semua.

    ReplyDelete
  31. bpk yang terhormat. kpn ya pak pengumuman seleksi beasiswa S2 smp tahun 2015? soalnya saya sudah kirim berkas tapi sampai skrg belum dapat balasan email atwpun surat. saya dari medan pak. apa sudah diposting ya pak kepada peserta?
    kalo sudah kpn ya pak?

    ReplyDelete
  32. Makasih atas uptodate info tentang Beasiswa S2 untuk guru SD dan SMP. Uptodate infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  33. asslkm.....bapak Ainamulyana. apakah program s2 ini, hanya ditujukan untuk guru PNS atau guru non PNS ? Mohon konfirmasi secepatnya !

    ReplyDelete
  34. Pak,jika email out of date, apa panitia akan menelpon?

    ReplyDelete
  35. kapan informasi seleksi berkasnya. terima kasih

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB