LOMBA KREATIFITAS GURU (LKG) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, June 13, 2015



WARNING KHUSUS PNS, MULAI TAHUN 2015, SEMUA PNS WAJIB PENDATAAN ULANG DI SITUS BKN, CARANYA KLIK DISINI

Kesempatan untuk berprestasi kembali dibuka untuk guru yang aktif inovatif dan kreatif diseluruh tanah air. Dalam rangka meningkatkan profesional guru, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Pusbangprodik), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali mengadakan "Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional". Dengan total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juta rupiah).





Adapun tema Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional tahun 2015 adalah "Guru Kreatif dan Inovatif Mewujudkan Pembelajaran Berkualitas".

Tujuan lomba LKG 2015
  • Memfasilitasi, memotivasi, dan menginspirasi guru untuk mengkreasikan atau menciptakan mode[modeL pembelajaran terbaik,
  • Meningkatkan dan mengembangkan minat, bakat, kebiasaan, dan budaya guru dalam melakukan karya ilmiah / karya cipta yang inovatif secara baik dan benar.
  • Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta media lainnya yang berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran.
  • Mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran (best practices) sebagai rujukan bagi guru lainnya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
  • Meningkatkan dan mengembangkan proses pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi, terampil, serta berkarakter dan berbudaya.


Ketentuan Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional Tahun 2015
  • Lomba bersifat perorangan.
  • Peserta hanya dibolehkan mengirimkan satu karya lomba sesuai dengan bidang tugas pokoknya sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, atau guru bimbrngan konseling.
  • Hasil karya kreatif atau inovatif guru datam pembelajaran sesuai dengan ruang Lingkup lomba.


Persyaratan admrnistrasi Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional Tahun 2015, antara lain:
  • Pernyataan penulis, bahwa karya tersebut seluruhnya asli hasil karya sendiri, bukan plagiat, dan belum pernah diikutsertakan pada lomba lain dengan diketahui oleh kepala sekolah/atasan langsung (Lihat Lampiran)
  • biodata peserta (Lihat lampiran);
  • SK pengangkatan pertama menjadi guru PNS atau guru bukan PNS (guru tetap yayasan dan guru honorer pada sekolah negeri yang diangkat oLeh pejabat yang berwenang); dan Lembar pengesahan naskah homba dan kepala sekolah/atasan langsung.
  • Naskah lomba dkirim kepada panitia dengan ketentuan:

a. diketik menggunakan kertas ukuran A4 dengan ketikan 1,5 spasi, huruf  ukuran 12, jenis huruf Times New Roman;
b    dijilid dan diberi sampul:
1) warna hijau untuk guru TK,
2) warna merah untuk guru SD,
3) warna biru untuk guru SMP,
4) warna kuning untuk guru SMA,
5) warna merah muda untuk guru SMK, dan
6) warna putih untuk guru Sekolah Luar Biasa/Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB);
c.  kerangka umum penulisan naskah lomba karya inovatif/produk kreatif  (karya, karya seni dan olahraga) terdapat pada lampiran
d. kerangka umum penulisan laporan hasil penelitian pembelajaran terdapat pada Lampiran
e wajib disertai dengan soft copy naskah lomba dan rekaman audio visuaL (VCD) karya pembelajaran kreatif dan inovatif menggambarkan isi karya Lomba.
f. untuk produk kreatif/inovatif berbentuk fisik yang digunakan dalam proses pembelajaran (misalnya karya dan hasil scan lain) wajib disertai foto dan deskripsinya.
g. pada pojok kin atas sampul dituLis “Lomba Kreativitas Guru Tahun 2015” dan Lingkup Lomba yang diikuti (hasil penetitian/best practices/karya inovatif)
h, bagi peserta yang ditetapkan sebagai finatis Lomba wajib membawa bahanpresentasi berupa fiLe dan rekaman audio visual (bendunasi maksimum 20 menit) disimpan daLam tlashdtsc, CD atau DVD, serta bahan pendukung Lainnya.

Total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juts rupiah).

Naskah Lomba, soft copy naskah, rekaman audio visual, dan foto produk kreatif dan finalis menjadi mlttk Pusat Pengembangan Profest Pendidik, BPSDMPK dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadiah Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional Tahun 2015
  1. Total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juts rupiah).
  2. Pajak hadiah ditanggung oleh finalis
  3. Pemenang I, II, dan Ill Tingkat Nasionat menerima piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan.


Naskah lomba dikirim sejak tanggal 2 Mel 2015 d tujukan kepada

Panitia Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional Tahun 2015
Pusat Pengembangan Profesi Pendidik
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat : Komplek Kemdikbud Gedung D Lantai 14
Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Senayan, Jakarta Pusat
Telp. 021 - 57974124

Penerimaan naskah lomba paling lambat tangga 30 September 2015 (cap pos).

Info selengkapnya download pedoman Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional Tahun 2015








BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 9:14:00 PM

24 komentar:

  1. apa guru MTs Boleh ikut lomba ini

    ReplyDelete
  2. Untuk guru Mts sepertinya tidak bisa karena Depag sendiri mengadakan lomba khusus untuk guru MTS. Tetapi kalau mau coba silahkan, mudah-mudahan bisa dan berhasil

    ReplyDelete
  3. Biasanya dikirim lewat pos karena selain softcopy dibutuhkan pula hardcopy (print outnya),

    ReplyDelete
  4. Trimahkasih atas Informasinnya...Informasi yang ada sangat penting untuk Guru - Guru di Wilayah Pelosok yang jauh dari Jakarta, tetapi memiliki Kretivitas yang Unggul...

    ReplyDelete
  5. Untuk guru yang tidak ada SK, apa boleh?

    ReplyDelete
  6. Bagi yang menginginkan contoh karya pemenang LKG bisa buka link inihttp://indonesiateachersclub.com/index.php?u=/topic/5/ggcontoh-karya-tulis-pemenang-i-lomba-kreatifitas-guru-tingkat-nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaA, saya gabung pak, smg bs sampai Jakarta, pingin cari ilmu dar teman2 guru

      Delete
  7. Replies
    1. BERDASARKAN PENGALAMAN PENGUMUMAN FINAL DISAMPAIKAN VIA TELP ATAU EMAIL HANYA KEPADA YANG MASUK FINALIS. JIKA ANDA TIDAK MENERIMA TELP SAMPAI HARI GURU KEMUNGKINAN TIDAK/BELUM MENJADI FINALIS

      Delete
  8. Iya pengumuman finalis kapan?, yang sudah berpartisipasi juga dihargai walau hanya sekedar selembar ucapan trimalasih. Srnagai bukti bahwa naskah sudah sampai ke panitia., trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BERDASARKAN PENGALAMAN PENGUMUMAN FINAL DISAMPAIKAN VIA TELP ATAU EMAIL HANYA KEPADA YANG MASUK FINALIS. JIKA ANDA TIDAK MENERIMA TELP SAMPAI HARI GURU KEMUNGKINAN TIDAK/BELUM MENJADI FINALIS

      Delete
  9. Pengumuman LKG SMA sekarang terpisah dengan SD dan SMP ini kepengurusannya terpisah antara Dikdas (SD dan SMP) dan Dikmen (SMA/SMK). Apakah LKG SMA Sudah ada?. SD dan SMPnya sudah ada.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. teman saya sempat telpon pihak dikmen, katanya tahun ini masih masa transisi dan tahun ini belum dianggarkan. Saya juga yg termasuk menunggu pengumuman finalis, karena untuk membuatnya saja sudah penuh dengan perjuangan.

      Delete
  11. adakah yang uda dapt telpon.......kala uda .....berarti uda ndak ada harapan lagi.tahun ini..

    ReplyDelete
  12. Saya tidak mencantumkan karya ilmiah saya hp dan email.

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB