LOMBA INOVASI MODEL PEMBELAJARAN ANTI KORUPSI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, August 25, 2014


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan kegiatan “Lomba Inovasi Model Pembelajaran Antikorupsi” dengan sasaran utama para pendidik (guru) pada jenjang pendidikan (PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK) dengan tema: “Meningkatkan Integritas Melalui Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Antikorupsi yang Efektif dan Menyenangkan”. Kegiatan Lomba ini berhadiah Total Rp 90..000.000,- Adapun  Batas akhir pengiriman Karya (Materi Lomba) tanggal 15 Oktober 2014  (cap pos).

KETENTUAN UMUM
  • Peserta lomba adalah perorangan yang merupakan tenaga pendidik (guru) pada jenjang pendidikan (PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK).
  • Materi yang dilombakan adalah implementasi model pembelajaran antikorupsi yang berupa Insersi (sisipan) pada semua jenis Mata Pelajaran, Kegiatan Ekskul, Muatan Lokal maupun Pembiasaan yang dilakukan di sekolah.
  • Setiap peserta boleh mendaftar lebih dari 1 (satu) kategori lomba, namun hanya dapat mengirimkan maks. 1 (satu) karya untuk masing-masing kategori lomba .
  • Karya yang diikutsertakan pada lomba harus dilengkapi dengan pernyataan bahwa karya tersebut merupakan karya asli (tidak plagiat), mencantumkan referensi dan menyebutkan pihak-pihak yang membantu pada proses pembuatan karya.
  • Materi yang dilombakan harus disertai dokumen pendukung berupa  penjelasan umum dan dokumen pembelajaran yang telah diisi berupa Silabus, RPP dan Format Penilaian .
  • Materi atau Model Pembelajaran yang diikutsertakan dalam lomba sudah diimplementasikan atau diuji coba di sekolah masing-masing peserta, dengan mengirimkan bukti rekam kegiatan pembelajaran berupa video dan/atau foto.
  • Peserta  dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang tidak terbatas, baik berupa Film, Animasi, Tulisan, Gambar, Lagu, Permainan, Senam, Dongeng, Modul, Buku dan Lainnya. Media tersebut baik yang telah diproduksi oleh KPK, Kemendikbud, dan pihak lainnya maupun media pembelajaran yang dibuat sendiri (tidak melanggar hak cipta), download media pembelajaran antikorupsi di sini
  • Calon peserta dapat mengikuti workshop pembekalan yang diselenggarakan di kota-kota tertentu (peserta terbatas) dan dapat mengikuti workshop offline dengan mendownload materi di sini
  • Karya yang telah dikirimkan tidak dapat diminta kembali dan menjadi hak milik KPK yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran dan pendidikan antikorupsi di Indonesia.
  • Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  • Batas akhir pengiriman Karya (Materi Lomba) : 15 Oktober 2014  (cap pos).

KETENTUAN KHUSUS
1. Karya yang dikirimkan berupa:
Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap
Salinan Identitas Diri
Naskah Model Pembelajaran Antikorupsi yang berisi Penjelasan Umum, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Format     Penilaian (disesuaikan dengan topik materi pelajaran antikorupsi).
Video rekaman kegiatan pembelajaran (Format MP3/ FLV/ AVI/3gp) maksimal 8 MB 
2.  Peserta dapat mengirimkan karya dalam bentuk softcopy (online) atau hardcopy (offline). Pilih salah satu.
Pengiriman dalam bentuk softcopy dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir registrasi secara online (klik di sini)  
Pengiriman dalam bentuk hardcopy dapat dilakukan melalui pos yang ditujukan kepada:
SEKRETARIAT LOMBA INOVASI MODEL PEMBELAJARAN ANTI KORUPSI
(Jl. Tebet Utara I No. 3C, Jakarta Selatan 12820)
Formulir pendaftaran dapat diunduh di sini
Video rekaman kegiatan dikemas dalam bentuk VCD/DVD
3.  Jika peserta melakukan pelanggaran terhadap ketentuan dan persyaratan lomba, Dewan Juri berhak melakukan diskualifikasi.

Informasi selengkapnya dan Unduh Formulir serta Jadwal Kegiatan silahkan klik link di bawah ini


Blog, Updated at: 11:02:00 PM

3 komentar:

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB