DOWNLOAD DOKUMEN 1 KTSP KURIKULUM 2013 VERSI TERBARU (2018)

 Contoh Dokumen 1 KTSP Kurikulum 2013 versi 2018


Bapak / Ibu (khususnya sekolah binaan saya) yang sedang menyusun Dokumen 1 KTSP, berikut ini saya sharrekan contoh dokumen 1 KTSP Kurikulum 2013 terbaru versi 2018. Dokumen hanya sebagai contoh bukan untuk dicopy paste menjadi dokumen 1 KTSP sekolah Bapak/Ibu, melain hanya sebagai contoh atau acuan awal. Contoh Dokumen KTSP Kurikulum 2013 versi terbaru ini bisa Bapak/Ibu sesuaikan, ditambah atau dikurangi bahkan dikembangan sesuai kondisi sekolah masing-masing. 

Sesuai dengan Permendikbud No 81A  Tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 pada lampiran 1 diatur tentang Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Ini berarti bahwa diberlakunya Kurikulum 2013 tidak menghapus pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Oleh karena itu, setiap sekolah tetap berkewajiban menyusun KTSP yang isinya disesuaikan dengan tuntutan implementasi Kurikulum 2013.

Dalam pedoman Penyusunan dan Pengelolaan KTSP yang baru (implementasi Kurikulum 2013) sebenarnya tidak terdapat perbedaan yang mendasar dengan pedoman sebelumnya (KTSP 2006). Menurut pedoman yang baru komponen minimal KTSP, terdiri dari 1) Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan, 2) Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; 3) Pengaturan Beban Belajar; 4) Kalender Pendidikan. 

Letak Perbedaaan Dokumen 1 KTSP versi Kurikulum 2006 dan Dokumen 1 KTSP Versi Kurikulum 2013 antara laian pada Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang harus disesuaikan dengan Permendikbud No 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, dan Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetesi dasar, serta Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi, Permendikbud No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, Permendikbud No 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.

Bagi Anda yang ingin mendownload MODEL DOKUMEN 1 KTSP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 silahkan klik link di bawah ini.




LINK DOWNLOAD MODEL DOKUMEN 1 KTSP  KURIKULUM 2013 VERSI TAHUN 2018 --- DISINI----

Contoh Dokumen 1 KTSP Kurikulum 2013 di atas merupakan Dokumen KTSP Kurikulum 2013 Versi 2018 yang diperoleh saat pelatihan penguatan Kurikulum 2013 tahun 2018. Dalam dokumen KTSP ini telah diintegrasikan terkait Pendidikan Karakter, Pembelajaran Abad 21 dan Literasi. Harapan saya, mudah-mudahan contoh dokumen 1 KTSP Kurikulum 2013 versi terbaru (Tahun 2018) ini dapat membantu sekolah-sekolah (Terutama sekolah binaan saya) yang sedang menyusun Dokumen 1 KTSP untuk tahun pelajaran 2018/2019


Terima kasih mudah-mudahan dapat membantu bagi yang membutuhkan


NB: Sekedar informasi Cek Data Guru semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 di laman Lapor Tunjangan Dikdas sudah dapat dilakukan. Pengecekan data guru ini penting dilakukan untuk mengetahui Mapel dan Jumlah Jam sesuai kondisi real, sehingga apabila diketahui terdapat kekeliruan bisa segera diperbaiki melalui operator dapodik masing-masing.

Bagi Anda yang akan mencoba melakukan cek data guru silahkan klik di di bawah ini.







= Baca Juga =



24 comments:

  1. terima kasih banyak pak,,, ini sangat membantu pekerjaan saya.. semoga artikel yang bapak share. mejadi amal ibdah untuk abapak.. aaminn

    ReplyDelete
  2. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat, sehingga pahalanya tidak terputus buat Bapak. Amien ....!

    ReplyDelete
  3. terima kasih yang tak terhingga, mudah2an contoh draf dokumen I KTSP ini dapat berguna untuk pengembangan KTSP di sekolah khususnya sekolah yang sudah menerapkan K!3

    ReplyDelete
  4. ijin share ya Pak, dan terima kasih contoh draft KTSP , semoga dapat kami manfaatkan.

    ReplyDelete
  5. jazakumullah khairan ktsiran pak.. mksh bgt alhamdulillah .. kami dpt manfaatkn.. smua jdi maslahat pak..

    ReplyDelete
  6. trimakasih pa... alhamdulillah.. sngat maslahat untuk kami..

    ReplyDelete
  7. terima kasih pak, alhamdulillah kami bisa terbantukan.
    salam

    ReplyDelete
  8. mks pak, kami sangat terbantu mohon ijin untuk edit pak

    ReplyDelete
  9. Contoh untuk Sekolah Dasar, ada gak ya ?

    ReplyDelete
  10. Mksh pak dengan adanya contoh ini kami mahasiswa dapat belajar sekali lagi trimakasih dan sangat membantu kamj

    ReplyDelete
  11. Mksh pak dengan adanya contoh ini kami mahasiswa dapat belajar sekali lagi trimakasih dan sangat membantu kamj

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas ilmu yang telah dibagi, seoga ters berkarya!

    ReplyDelete
  13. mksh byk sudah memberi pencerahan cara membuat buku I atau dokumen I kurikulum. parhanpkn.blogspot.com

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter