KURIKULUM 2013 DAN UN AKAN DIEVALUASI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, November 11, 2014



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melakukan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, pihaknya akan mengundang para pakar dan praktisi pendidikan dari berbagai lapisan masyarakat lain yang selama ini memantau implementasi Kurikulum 2013. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menerima beragam keluhan terkait implementasi Kurikulum 2013, terutama dari para guru yang merasa beban administratif yang harus mereka ditanggung semakin bertambah karena pelaksanaan Kurikulum 2013.

Mendikbud menyatakan bahwa kelangsungan  implementasi Kurikulum 2013 harus diputuskan secara berhati-hati dan memakai langkah yang benar untuk kepentingan peserta didik. Anies Baswedan mengatakan tidak ingin mengulangi pola kebijakan implementasi Kurikulum 2013 yang diterapkan saat ini, dimana segala sesuatu harus segera atau terburu-buru dilakukan. Akibatnya, guru dan orangtua menjadi korban.

Selain implementasi Kurikulum 2013, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan juga akan mengkaji Ujian Nasional atau UN, karena masalah UN banyak mendapat perhatian masyarakat. Oleh karena itu sebagaimana persoalan Kurikulum 2013, persoalan UN juga akan dibahas khusus oleh Kemdikbud juga dengan mengundang praktisi dan pengamat pendidikan.

Jika mengkaji latar belakang Mendikbud yang pada Bulan September 2013 mendorong adanya moratorium UN agar ada jeda untuk mereview dan mengevaluasi dengan benar. Bahkan, pada bulan Maret 2014 pernah menyatakan agar UN jangan dijadikan sebagai tolok ukur kelulusan. Kemungkinan besar UN 2015 ini akan tetap dilaksanakan namun tidak akan jadi tolak ukur kelulusan.


Blog, Updated at: 11:53:00 PM

1 komentar:

  1. Mestinya Kurikulum 2013 dihentikan dan dikembalikan ke KTSP

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB