SEBAIKNYA DAN SEHARUSNYA YANG MENILAI PKG ADALAH KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, November 13, 2014



Agar tidak ada permasalahan antara Penilaian Kinerja Guru (PKG) online yang disediakan pada portal PADAMUNEGERI dengan Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk persyaratan Kenaikan Pangkat atau Penghitungan Angka Kredit sebaiknya dan seharusnya yang menilai PKG adalah kepala sekolah dan pengawas sekolah. Untuk lebih jelas silahkan cermati aturan berikut ini.

Berdasarkan  Pasal  15 ayat 5 PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NOMOR 16 TAHUN 2009 TENTANG  JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN  ANGKA KREDITNYA dinyatakan bahwa “Penilaian kinerja Guru diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional”

Berdasarkan PASAL 22  PERATURAN BERSAMA  MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL DAN KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA NOMOR : 03/V/PB/2010    NOMOR : 14 TAHUN 2010 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL  GURU DAN ANGKA KREDITNYA yang hanya menyatakan bahwa
(1)  Penilaian kinerja Guru dilakukan oleh kepala sekolah.
(2)  Penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan oleh Pengawas Sekolah.

Silahkan lihat pula LAMPIRAN PERATURAN MANTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 35 TAHUN 2010 TENTANG  PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITRNYA  pada Tata Cara Penilaian Kinerja  bukan pada tatacara Penilaian Angka Kredit pada halaman 80 dinyatakan bawa
1.  Penilaian  kinerja  guru  dan  penilaian  kinerja  guru  yang  mendapat  tugas tambahan harus dilakukan secara objektif dan jujur.
2. Kepala sekolah/ madrasah,  sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,  wajib melakukan penilaian kinerja guru setiap tahun yaitu:
a. menilai  kinerja  guru  dalam  aspek  proses  pembelajaran/ pembimbingan  setiap tahun menggunakan Format  1A;
b. menilai  dokumen  tentang  program  kerja  dan  rencana  pelaksanaan pembelajaran (RPP).
3. Pengawas  sekolah/ madrasah  sesuai  dengan  tugas  pokok  dan  fungsinya wajib  melakukan  penilaian  kinerja  kepala  sekolah/madrasah,  baik  dalam bidang  pembelajaran  maupun  dalam  bidang  tugas  pokok  dan  fungsinya sebagai  kepala  sekolah/ madrasah  setiap  tahun  dengan  menggunakan Format 1B.
4. Kepala  sekolah/ madrasah  wajib  melakukan  penilaian  kinerja  guru  yang mendapat tugas tambahan selain sebagai kepala sekolah/ madrasah setiap tahun,  baik  dalam  bidang  proses  belajar  mengajar  maupun  tugas sekolah/madrasah nya dengan menggunakan Format 1C, 1D, 1E, dan 1F .
5. Kepala  sekolah/ madrasah/ pengawas  sekolah/ madrasah   mengumpulkan hasil  penilaiannya  setiap  tahun untuk  disampaikan  kepada  guru  yang bersangkutan sebagai bahan usul penilaian dan penetapan angka kredit.




Jika ada kepala sekolah yang merasa kerepotan untuk melaksanakan tugas ini, perlu diingatkan bahwa pelaksanaan tugas ini tentu merupakan sebuah konsekuensi logis ketika seorang guru berminat mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Oleh karena itu, jika dinas pendidikan kab/kota/sekolah tidak atau belum menetapkan SK PKG.  SK Penilaian Kinerja Guru (PKG) pada form isian PKG online PADAMU NEGERI sebenarnya dapat diisi dengan tanggal pengangkatan Kepala Sekolah tersebut di sekolah yang bersangkutan. Sedangkan tanggal berakhir dapat diisi dengan memperhatikan ketentuan masa kerja sebagai penilai PKG yakni selama 3 tahun. Jadi penghitungan berakhirnya SK (jika tidak ditentukan) dapat dihitung maju 3 tahun ke depan. 

Penjelasan buku II Pedoman Pelaksanaan PKG halaman 28 bahwa penlai PKB dapat dilakukan oleh guru tertentu yang ditunjuk untuk menilai PKB harus dipahami sebagai pengecualian apabila kepala sekolah tidak dapat melaksanakan sendiri PKG karena jumlah guru yang terlalu banyak atau karena latar belakang pendidikan yang berbeda dengan guru yang akan dinilai,


Blog, Updated at: 12:14:00 AM

2 komentar:

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB