===========================================

PELAKSANAAN DAN KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 06 Maret 2015

Informasi dari BPSDMPK - PMP Kemdikbud dan LPMP akan dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015. 

Adapun Surat Edaran resmi perihal kegiatan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas akan segera menyusul diterbitkan. Berkaitan dengan hal tersebut, dihimbau bagi seluruh sekolah negeri/swasta naungan Kemdikbud se-Indonesia untuk memutakhirkan data Kepala Sekolah dan Pengawas di PADAMU NEGERI selambatnya 4 Maret 2015 sebagai dasar penetapan calon peserta Uji Kompetensi dimaksud. 

Adapun kisi-kisi UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH adalah sebagai berikut

Tabel: KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR
Manajerial
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
1)    Merumuskan visi sekolah/ madrasah
2)    Membedakan rumusan visi dan misi
3)    Merumuskan misi sekolah/ madrasah
4)    Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/ madrasah
5)    Merumuskan tujuan sekolah/ madrasah
6)    Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/ madrasah
7)    Menyusun rencana kerja sekolah/ madrasah
8)    Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/  madrasah
9)    Mengarahkan perencanaan evaluasi program

Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
ü  Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
ü  Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program

Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
ü  Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
ü  Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
ü  Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar

Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
ü  Menganalisis kebutuhan guru dan staf
ü  Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
ü  Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
ü  Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf

Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
ü  Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
ü  Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
ü  Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
ü  Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan

Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik
ü  Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
ü  Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
ü  Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
ü  Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat

Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
ü  Menyusun RKAS
ü  Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
ü  Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)

Mengelola ketatausahaan sekolah/ madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah
ü  Membuat daftar urut kepangkatan pegawai menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah

Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
ü  Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
ü  Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah
Usaha Pengembangan Sekolah
Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
ü  Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
ü  Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi
ü  Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi

Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
ü  Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
ü  Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
ü  Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar

Mengelola hubungan sekolah/ madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/ madrasah
ü  Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
ü  Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
ü  Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan

Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
ü  Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
ü  Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
ü  Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
ü  Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
ü  Merumuskan tujuan layanan khusus
ü  Menyusun program unit layanan khusus sekolah
ü  Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
ü  Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah

Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
ü  Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
ü  Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
ü  Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
ü  Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data
ü  Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
ü  Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT
Kepemimpinan Pembelajaran
Mengembangkan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
ü  Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
ü  Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
ü  Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.

Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optima
ü  Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
ü  Mendukung iklim pembelajaran akademis
ü  Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar

Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
ü  Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
ü  Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
ü  Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran

Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
ü  Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
ü  Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran

Meningkatkan hasil belajar warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
ü  Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
ü  Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah
Kewirausahaan
Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah
ü  Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah
ü  Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah

Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
ü  Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
ü  Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras
ü  Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekola

Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah
ü  Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
ü  Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan

Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/ madrasah
ü  Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan
ü  Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah

Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar peserta didik
ü  Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
ü  Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah
Supervisi
Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
ü  Menyusun program supervisi akademik
ü  Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
ü  Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
ü  Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
ü  Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)

Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
ü  Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
ü  Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
ü  Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
ü  Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
ü  Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik

Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
ü  Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
ü  Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
ü  Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
ü  Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
ü  Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

===============================


= Baca Juga =



Blog, Updated at: 02.50.00

0 komentar:

Posting Komentar

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

Pengikut

------------------------------------------


------------------------------------------


CB