APLIKASI ANALISIS BUTIR SOAL UAS/PAS DAN UKK

Penilaian hasil belajar merupakan  tugas pokok dan fungsi pendidik. Penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, observasi, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.

Salah satu jenis penilaian yang sering kita laksanakan adalah jenis tes melalui kegiatan ulangan umum, ulangan akhir semester atau ulanan kenaikan kelas. Setelah pelaksanaan ulangan, maka hasil ulangan diinformasikan kepada peserta didik sebelum diadakan ulangan harian berikutnya. Peserta didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti pembelajaran remedi. Untuk sampai pada simpulan tersebut diperlukan langkah pengolahan hasil belajar. Salah satu teknik strategis yang cepat dan mudah diterapkan dalam menganalisis hasil belajar siswa adalah melakukan Analisis Butir Soal. dengan program Microsoft Excel.

Ada dua cara untuk melakukan Analisis Butir Soal, yaitu secara kualitatif dan secara kuantitatif. Secara kualitatif Analisis Butir Soal dapat kita lakukan dengan menggunakan format Telaah Butir Soal, sedangkan secara kuantitatif Analisi Butir Soal dilakukan dengan cara menghitung Daya Pembeda (DP), Tingkat Kesukaran (TK), Validitas, dan Realibilitas Soal. Hasil Analisisn Butir Soal secara kuantitatif dikenal juga dengan istilah Bukti Validitas Empirik.

Untuk membantu pendidik dalam melakukan Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester atau Penilaian Akhir Semester, Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau Penilaian Kenaikan Kelas (PKK) secara kuantitatif telah banyak beredar program dan aplikasi yang dapat digunakan. Diantaranya ITEMAN, Anates, dan ANABUTIS. Berikut ini teknis analisis butir soal yang saya sharrekan dari https://rdudiromdiansah.wordpress.com/

Berikut ini akan saya sharekan Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester atau Penilaian Akhir Semester, Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau Penilaian Kenaikan Kelas (PKK) dalam bentuk ANABUTIS ANABUTIS adalah singkatan dari Analisis Butir Soal. . Aplikasi ini dikembangkan oleh pendidik di SMPN 1 Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan program Microsoft Office Excel. Aplikasi ini memberikan out put berupa Analisis Butir Soal Pilihan Jamak, Analisis Butir Soal Isian, dan Rekap Nilai. 


Link Download Analisis Butir Soal Untuk Jumlah Soal PG Maksimum 50 Dan Jumlah Siswa Maksimum 500 orang  AHaP 50-500 v3


Link Download Analisis Butir Soal Untuk Jumlah Soal PG Maksimum 50 Dan Jumlah Siswa Maksimum 500 orang  AHaP 50-500 v3


Sumber: https://rdudiromdiansah.wordpress.com/

===========================================







= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter