LOMBA PENELITIAN ILMIAH REMAJA (LPIR) SMP TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, June 28, 2015




Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat SMP yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMP ,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian para Remaja SMP yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan LPIR ini merupakan salah satu upaya memperkuat implementasi kurikulum 2013 yang telah dicanangkan Pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan Nasional.
Di samping itu juga untuk memberikan ruang para Siswa dalam KIR, Guru dan Sekolah berperan serta terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS). Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan luaran dan hasil LPIR dari tahun ke tahun maka perlu diperkuat KIR Sekolah dan KIR antar Sekolah (Sekretariat Bersama KIR) yang melibatkan Guru Pembimbing dan para pakar di bidang masing-masing. Referensi kegiatan LPIR ini akan selalu mengacu kepada kegiatan kompetisi ilmiah Remaja internasional (International Youth Science Competition) sebagai barometer potensi Remaja Indonesia dalam bidang sains. Agar pelaksanaan LPIR tahun 2015 sebagaimana yang dimaksudkan di atas terselenggara secara baik, maka disusun buku panduan pelaksanaan yang menjad pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya.
Ruang lingkup LPIR 2015 mencakup tiga bidang keilmuan, yaitu; 1. Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Seni. 2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan 3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa C.

Tema Lomba
Tema Lomba Penelitian Ilmiah Remaja 2015 adalah “Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Remaja melalui Penelitian Ilmiah”. Sub Tema : ”Memanfaatkan Sumber Daya yang tersedia di lingkungan sekitar Guna Menumbuhkembangkan Inovasi, Invensi , dan Daya Cipta Remaja di Sekolah”. 
Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta LPIR 2015 adalah sebagai berikut;
1. Berkewarganegaraan Indonesia.
2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP negeri dan swasta.
3. Berkelompok maksimal 3 siswa setiap Topik Penelitian yang dipilih.
4. Hasil Penelitian belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional.
5. Peserta baik perorangan maupun kelompok belum pernah menjadi juara satu pada bidang yang dilombakan di LPIR tingkat SMP yang diselenggarakan Kemendikbud.

Judul dan Materi karya ilmiah/topik
Judul karya ilmiah/topik penelitian ditentukan oleh peneliti utama dan atau bersama anggota kelompoknya yang mengacu pada tema dan sub tema LPIR 2015. F. Materi Data yang dianalisis dan dibahas harus aktual dan merupakan hasil penelitian ilmiah yang dilakukan. Hasil penelitian ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah.
Ketentuan Lomba
1. LPIR 2015 dibuka sejak diumumkan. Semua karya tulis dan karya cipta telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya akhir September 2015, (kecuali ada pemberitahuan yang menentukan lain).
2. Peserta Lomba adalah siswa KIR yang masih terdaftar di SMP negeri atau swasta di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
3. Khusus bagi peserta kelompok yang terpilih sebagai finalis, hanya seorang (Team Leader) yang berhak mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil penelitian yang diperlombakan. Nama urutan pertama dalam kelompok adalah sebagai penulis utama yang mewakili kelompok. Peneliti Utama boleh diwakili oleh anggota kelompoknya saat tes/wawancara di depan dewan juri dengan syarat harus menunjukkan surat kuasa dari peneliti utama yang disetujui kepala sekolah dan orang tua peneliti utama
4. Peserta lomba diwajibkan melampirkan riwayat hidup, ditulis tangan atau diketik dan diketahui oleh kepala sekolah. Dalam daftar riwayat hidup agar dicantumkan alamat sekolah (kab/kota dan provinsi), beserta no. telp/fax/email yang mudah dihubungi.
5. Karya Ilmiah yang dikirimkan harus asli, ditambah tiga rangkap salinan/fotocopy.
6. Karya ilmiah yang dilombakan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penelitinya sebagai sumber data.
7. Karya ilmiah yang dilombakan dikirimkan kepada alamat: Panitia Pusat Panitia LPIR SMP Tahun 2015 Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar, Kemendikbud Gedung E Kemdikbud Lantai 17 Jln. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 Telepon (021) - 5725683 Fax. – 57900459 Naskah diterima panitia paling lambat akhir September 2015
8. Peneliti yang terpilih sebagai finalis akan diundang pada bulan Oktober 2015 untuk mengikuti tes wawancara/presentasi di depan dewan juri.
9. Para finalis diwajibkan membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar, fotocopy kartu pelajar, dan surat keterangan dari kepala sekolah.
10. Para finalis diwajibkan membawa materi sebagai bahan presentasi (soft copy) atau prototipe/alat peraga hasil ciptaan, untuk dipresentasikan dihadapan dewan juri. Pada saat presentasi, alat tersebut harus dapat dioperasikan sesuai dengan fungsinya.
11. Para finalis yang tidak hadir dalam tes wawancara/ presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis.
12. Para finalis wajib mengenakan seragam sekolah pada saat tes/wawancara dihadapan dewan juri.


DOWNLOAD LOMBA PENELITIAN ILMIAH REMAJA (LPIR) SMP TAHUN 2015

BACA INFO MENARIK LAINNYA





Blog, Updated at: 9:27:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB