BETULKAN BUDAYA PANJAT PINANG DAN BALAP KARUNG MERUPAKAN WARISAN PENJAJAH YANG TIDAK MENDIDIK

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, August 13, 2015




Sejumlah sejarawan menyerukan agar kegiatan panjat pinang dan balap karung selama peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus agar dihindari karena merupakan warisan kolonial yang tidak mendidik.

Sejarawan Asep Kambali dari Komunitas Historia Indonesia mengatakan rangkaian perlombaan yang sering diadakan pada peringatan hari Kemerdekaan Indonesia, termasuk panjat pinang dan balap karung, "tak punya efek positif dalam momen kemerdekaan."

"Sejatinya peringatan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus diperingati sebagai upaya untuk mengenal sejarah dan budaya bangsa dengan mengenali para pejuang karena mereka yang melahirkan bangsa ini, dan memberikan kesempatan untuk menikmati kemerdekaan dengan mengorbankan keringat, darah dan air mata," kata Asep kepadaBBC Indonesia.

Asep mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperingati 17 Agustus, seperti napak tilas, lomba pembacaan proklamasi, lomba mirip pahlawan.

Ia mengatakan kegiatan panjat pinang, yang disinyalir diperkenalkan oleh kaum Tionghoa yang sudah ada di Indonesia sejak abad ke-5, adalah "peninggalan kolonial karena memang itu mewabah dan penetrasinya hebat di zaman Belanda."

Sejarawan lain, Dharma dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, berpandangan senada. "Panjat pinang adalah warisan kolonial yang kurang mendidik. Apa sih bangganya kalau menang panjat pinang misalnya di kelurahan?" kata Dharma.

Dalam peringatan hari Kemerdekaan Indonesia ke-70 mendatang, Dharma mengatakan sejarawan dan akademisi di daerah itu mengusulkan acara bedah buku sejarah dengan mengundang para kepala daerah setempat.


Sumber : http://makassar.tribunnews.com/


BACA INFO MENARIK LAINNYA


























Blog, Updated at: 8:37:00 PM

1 komentar:

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB