GAJI POKOK PNS / ASN MULAI TAHUN 2018 BISA CAPAI 14,3 JUTA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, August 15, 2015




Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi sudah menyelesaikan draf peraturan pemerintah (PP) tentang sistem gaji dan tunjangan untuk pegawai negeri sipil atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Rencananya, sistem penggajian baru PNS / ASN ini akan efektif berlaku mulai 2018.
Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, saat ini draf rancangan PP sistem penggajian baru PNS / ASN tersebut dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.

"Kami harapkan September depan sudah selesai dan berlaku mulai tahun anggaran 2018," kata dia kepada Kontan sebagaimana dirilis kompas.com.

Sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri dari tiga komponen, yakni gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. Untuk gaji pokok, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran gaji terendah PNS dan gaji tertinggi PNS.

Gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya. Saat ini, rasio gaji pokok yang berlaku mencapai 1:3,7. Contohnya, jika gaji pokok terendah PNS sekitar Rp 1,2 juta, gaji pokok tertinggi sebesar Rp 4,44 juta.

Ke depan, rasionya naik menjadi 1:11,9 sehingga gaji pokok tertinggi bisa melonjak Rp 14,3 juta. Penerapan sistem gaji baru akan dilakukan pada 2018 lantaran pemerintah membutuhkan persiapan untuk sosialiasi ke seluruh daerah sekaligus persiapan anggarannya di daerah.

Setiawan menjamin sistem baru ini tidak akan menaikkan porsi belanja pegawai yang jumlahnya kini sudah mencapai sekitar Rp 270 triliun per tahun.
Terkait pemberian manfaat bagi para pensiunan PNS, "calon beleid" ini belum memiliki ketentuan yang jelas agar tidak merugikan PNS dan negara. "Kontribusi yang dibayar negara masih perlu dihitung dan diharmonisasi lagi," kata Setiawan.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/08/13/101200826/Mulai.2018.Gaji.Pokok.Tertinggi.PNS.Rp.14.3.Juta





BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 6:57:00 AM

7 komentar:

  1. terlalu banyak janji masalah kenaikan gaji .......................

    ReplyDelete
  2. itulah hasil dari pendidikan yang bnyak teori ,jdi hasilnya tdk teraplikasi banyak janji tpi tidak terealisasi.itulah manusiawi.

    ReplyDelete
  3. Ya..... itulah kalau banyak orang pinter.....!. jasa pengabdian tidak lagi dianggap...loyalitas.... dan masa kerja...diabaikan...!. yang perlu dipertanyakan penempatan orang-orangnya kalau saja masih seperti ini politisasi sejak era reformasi...justru menjauhkan kita dari profesional...KKN yang selama itu digembar-gemborkan ternyata justru tumbuh subur bagai diberi pupuk...!, semestinya perlu adanya re organisasi, seleksi ulang jabatan-jabatan berdasarkan kompetensi. Sekarang yang duduk di eselon II kebanyakan hasil era reformasi=KKN, sehingga mana mungkin menguntungkan yg profesional yang saat ini dia tersingkir dan berada eselon-eselon terendah bahkan dia tidak lagi berambisi menjadi yg lebih tinggi karena melihat situasi sekarang ini. Perbaikan Gaji bagus tapi perbiki dulu pegawai atau seleksi ulang pegawai yang ada....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SANGAT SETUJU SEKALI.....RASANYA SEKARANG INI DARI PUSAT SAMPAI DAERAH, "SIAPA YANG MENDUKUNG SAYA DIALAH YANG AKAN SAYA BERI JABATAN", DENGAN TERJADI HAL SEPERTI ITU BAGAIMANA MUNGKIN BISA MELAKSANAKAN PASAL 9 (2) DAN PASAL 12 DARI UU NO. 5 TAHUN 2014 ITU, PESIMIS SEPERTINYA....MASIH JAUH PANGGANG DARI API!!!!!

      Delete
  4. ORANG SEKARANG SUDAH BANYAK YANG SUDAH PINTER-PINTER MENGUASAI TEORI-TEORI DARI KULIAH BANGKU SEKOLAH YANG PENTING SIH BUAT ORANG KECIL PEGAWAI RENDAH APLIKASINYA BUKTINYATA...JANGAN HARAPAN-HARAPAN MULUK TAPI BIKIN PUSING KEPALA

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB