LOMBA MOBILE EDUKASI 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, August 16, 2015





Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tugas Melakukan pengkajian dan pengembangan model multimedia pendidikan. Berhubungan dengan tugas dan fungsi BPMP untuk mengembangkan model multimedia pendidikan serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, maka BPMP perlu untuk mempublikasikan keberadaannya agar dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Terlebih agar programprogram yang telah dilaksanakan beserta produkproduknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan. Untuk memperbanyak dan mengenalkan model multimedia ke seluruh indonesia BPMP akan melaksanakan Lomba Mobile Edukasi dengan total keseluruhan hadiah yang disediakan untuk semua kategori lebih dari Rp. 400.000.000.

Tujuan Lomba Mobile Edukasi 2015 :
  • Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone.
  • Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
  • Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  • Memperkaya konten pendidikan di internet.
  • Diharapkan dari kegiatan ini BPMP beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Apa itu Mobile Edukasi atau mobile learing. Program mobile learing merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMP. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMP mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.

Untuk mempopulerkan program mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut bernama “Lomba Mobile Edukasi 2015” dengan tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.

Lomba Mobile Edukasi adalah lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum. Selain itu produk hasil lomba dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan dari seluruh jenjang. Adapun target yang hendak di raih adalah 120 konten yang diupload ke http://medukasi.kemdikbud.go.id.

Pelaksanaan Lomba Mobile Edukasi 2015
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu:
  • Tahap Sosialisasi/Publikasi
  • Tahap Pendaftaran/Pengumpulan Karya
  • Tahap Seleksi Karya
  • Tahap Grand Final
  • Tahap Penyerahan hadiah.
  • Waktu dan Tempat Pendaftaran

Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 April 2015 sampai Selasa, 1 September 2015 secara online.

Hadiah untuk Pemenang Kategori Pelajar
  • Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 9.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
  • Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Guru
  • Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Umum
  • Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
Rincian Kegiatan
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 5 bulan. Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi di website lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.

Langkah-langkah Pendaftaran
  • Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
  • Daftar menjadi peserta lomba.
  • Nama user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
  • Dengan menjadi peserta bisa memperbaiki/melengkapi biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.

Persyaratan Peserta :
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
  • Kategori Guru : guru segala jenjang (saat grandfinal masih berstatus guru dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah).
  • Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
  • Karakteristik Peserta
  • Bersifat perorangan
  • Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia hanya menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak final)
Peserta yang pernah menjadi Juara 1 lomba Mobile Edukasi tidak akan menjadi finalis lomba, tetapi dapat menjadi kontributor konten.

Persyaratan Karya :
  • Karya adalah original dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan dalam penjurian.
  • Karya berupa program Aplikasi mobile yang bisa memperkaya konten di website m-edukasi (proses instalasi tidak melibatkan website pihak ketiga/app store).
  • Aplikasi Mobile yang dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat handphone, smartphone atau tablet. boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya).
  • Didalam program mencantumkan splash screen dengan standar yang telah ditentukan panitia (didownload di website lomba).
  • Materi bebas tetapi tidak boleh sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id (lihat daftar).
  • Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
  • Peserta yang masuk final 15 besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi di Grandfinal.
  • Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara.
  • Syarat utama karya adalah "Karya berupa aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
Ketentuan Umum
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui website, email dan media sosial resmi lomba.
  • Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia lomba.
  • Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk diupload di web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan http://m-edukasi.kemdikbud.go.id agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan.
  • Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  • Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.
Sumber: http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/indexweb.php


BACA INFO MENARIK LAINNYA

























Blog, Updated at: 10:34:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB