KISI-KISI DAN MATERI UN 2016 ATAU TP 2015.2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, October 17, 2015

Badan Standar Nasional Pendidikan telah mengeluarkan Peraturan BSNP Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal UN atau Ujian Nasional tahun 2015/2016/2017.Kisi-kisi Soal UN atau Ujian Nasional yang telah dirilis BSNP terdiri dari Kisi-kisi soal UN 2015/2016atau Ujian Nasional untuk SMP/MTs, Kisi-kisi Ujian Nasional atau UN  2015/2016 untuk SMA/SMK/MA dan Sederajat, Kisi-kisi Ujian Nasional atau UN 2015/2016/2017 untuk Paket B dan C.  Sebagaimana diketahui materi Ujian Nasional (UN) 2015/2016/2017 merupakan irisan Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013.





Bapak/Ibu guru kelas 9 SMP/MTs dan kelas 12 SMA/SMK/MA harap segera mendownload Kisi-kisi UN atau Ujian Nasional tahun 2015/2016/2017, karena Kisi-kisi UN / Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016/2017 ini agar berbeda dengan Kisi-kisi UN/Ujian Nasional tahun sebelumnya.  Apabila kisi-kisi UN sebelumnya hanya mencantumkan materi UN, pada kisi-kisi UN tahun 2015/2016 mencantumkan level kognitif yang diujikan serta penyusunan materi UN yang didasarkan pada level kognitif tersebut.

Bagi Bapak Ibu yang akan mendownload Kisi-kisi UN 2015/2016/2017 terbaru silahkan klik link download di bawah ini






Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan,  sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 (K-13) maupun kurikulum 2006 (KTSP), pelaksanaan serta materi ujian nasional (UN) pada 2016 mendatang akan disamakan.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud Ramon Mohandas mengatakan ujian nasional tahun 2016 tetap dilaksanakan dalam satu konsep, meskipun sejumlah sekolah masih menggunakan kurikulum yang berbeda.

“Kita ambil praktisnya saja. Karena secara teknis pelaksanaan UN dengan dua pendekatan dan kurikulum berbeda sulit dilakukan,” ujar Ramon di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Ramon mengatakan, prinsip dari ujian itu adalah materi yang diujikan harus pernah diajarkan kepada siswa. Meski secara teknis belum dibuat butir soal ujian, Ramon menjamin siswa tidak akan kesulitan mengerjakan UN 2016. Oleh karena itu, Ramon menegaskan cara termudah mencari  titik singgungan antara materi dalam K-6 dan K-13.

Dengan sistem mencari titik singgung itu, Ia berharap siswa yang menempuh pendidikan berbasis K-6 tidak mengalami kesulitan mengerjakan soal UN. Begitu juga dengan siswa yang belajar dengan K-13, tidak boleh merasa kesulitan karena soal ujiannya tidak pernah dipelajari lagi.

“Kemendikbud tidak mau ambil resiko UN berantakan karena membuat UN versi K-6 dan versi K-13. Akhirnya kita gunakan materi yang bersinggungan di K-6 dan di K-13," tuturnya.

Rencananya UN 2016 akan digelar di awal semester genap atau sekitar awal Januari. Selama ini UN  digelar di penghujung semester genap atau sekitar April sampai Mei. Ramon menuturkan pada tahun pelajaran 2015/2016 yang dimulai Juli nanti, implementasi K-13 di sekolah sudah berjalan penuh.

“Maksudnya siswa mulai dari kelas 1-6 SD, 7-9 SMP, hingga 10-12 SMA/SMK sudah menerapkan K-13 semuanya. Jumlah sekolah yang menjadi sasaran implementasi K-13 mulai 2013 lalu mencapai 16.991 unit,” katanya.

Ramon menegaskan tahun ini tidak akan ada penambahan jumlah unit sekolah sasaran implementasi K-13. Artinya jumlah sekolah yang menjalankan kurikulum baru itu masih tetap 16.991 unit atau setara 6% dari total populasi sekolah di Indonesia. "Tahun ini kita fokus pelatihan guru dan merevisi konten kurikulum," ujarnya.

Menurut Ramon penambahan unit sekolah sasaran implementasi K-13 baru dilaksanakan pada awal tahun pelajaran 2016/2017.

“Tahun depan Kemendikbud menargetkan sekolah pelaksana K-13 mencapai 25%  dari total pupulasi sekolah. Kemudian tahun pelajaran 2017/2018 jumlah sekolah implementasi K-13 naik lagi menjadi 60%. Puncaknya pada tahun pelajaran 2018/2019 nanti, seluruh sekolah mengimplementasikan K-13,” pungkasnya.






BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 7:05:00 AM

19 komentar:

  1. Materi Kurikulum 2013 dan KTSP tetap saja berbeda. Jika memang diadakan saling bersinggungan, kenapa tidak segera disebarkan bagaimana kisi-kisi pelaksanaan UN agar siswa dapat mendalami kisi-kisi tersebut. Kami juga perlu persiapa ekstra untuk melaksanakan UN 2016.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya, to Annisa Sapphire Blue, tapi kan diatas udah ada download-an kisi kisinya, kalo kamu Annisa Sapphire Blue perlu persiapan ekstra untuk melaksanakan UN 2016, download aja. Dan untuk masalah yang "kenapa tidak segera disebarkan" di blog ini kan juga salah satu penyebarannya yakni lewat internet, lagi pula pihak guru yang professional pasti tanggap akan hal ini, beliau beliau dpat mendownload print dan diperbanyak, dan disebarkan ke anak didiknya khususnya yang akan melaksanakan UN 2016. Dengan begitu tidak ada alasan lagi, tinggal tergantung pada individu siswa/siswi yang akan melaksanakan UN masing-masingnya. selebihnya terima kasih. ~~Abs.08 ^^, SAILOR~~

      Delete
    2. UN 2016 diikuti siswa SMP dan SMA/SMK, baik yang menggunakan kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013. Meski menggunakan kurikulum yang berbeda, kisi-kisi dan soal ujian yang sama untuk kedua kurikulum

      Bagi yang butuh Aplikasi pembayaran spp, buku, dan semua pembayaran bisa view https://nineglowsoft.com

      Delete
  2. Terima Kasih atas informasi Soal UN Matematika IPA untuk SMA/MAnya, Kalau yang 2015 ada ga ya..
    salam hangat dan jangan lupa ya kunjungi review tentang aplikasi soal ujian sekolah di Soal Ujian Sekolah, Ujian Nasional dan Latihan Ulangan Harian Terlengkap di Indonesia - EduApps.co.id

    ReplyDelete
  3. Seharusnya dari pusat memberikan kisi UN kepada setiap sekolah secara detail bukan secara garis besar. Karena jika tidak, untuk siswa-siswi yang pertama kali menerapkan UN tahun ini, mungkin ini adalah UN terberat bagi mereka.

    ReplyDelete
  4. Klo memang seharusnya ada irisan ktsp dan kurtilas sebaiknya lebih cepat ada bedah soal UN agar kita dapat mendalaminya karna ktsp dan kurtilas lumayan jauh perbedaannya dan secara ktsp itu materinya lebih mendalam dari beberapa materi dan kita juga harus tau irisan ktsp aja yang akan keluar di UN 2016 dan untuk kita yang awal UN di tahun 2016 ini juga keberatan..makasii :):):):):)

    ReplyDelete
  5. maaf sebelumnya.... untuk perbedaan ktsp dan kurtilas itu cukup jauh dan ktsp dari beberapa materiny lebih mendalan daripada di kurtilas dan ada beberapa materi yang tidak ada di ktsp dari kurtilas dan klo nanti UN 2016 adalah irisan dari ktsp dan kurilas berarti kita mendapat tambahan beban lagii untuk kurtilas saja menurut kita sudah lumayan berat apalagi jika kita harus mendalami ktsp jugaa.. dan saya harap jika memang ini tetap berlanjut secepatnya untuk dilakukan prediksi soal Un nanti agar kita juga dapat memahami apa yang kita pelajari dari ktsp yang materi cukup berbeda dengan kurtilas... makasii :):):):)

    ReplyDelete
  6. kalau materi UN merupakan irisan,mengapa tidak segera diluncurkan kisi-kisinya. guru dan siswa sama beratnya lho kalau tidak segera diinformasikan.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih Link Download Kisi-kisi UN sangat mudah dan praktis. Kami tunggu upload soal latihan UN untuk SMP dan SMA

    ReplyDelete
  8. artikelnya sangat bermanfaaat :)
    kami ingin memperkenalkan product kami yaitu ALUN (Aplikasi Latihan Ujian Nasional)
    Sangat cocok untuk membantu kalian yang dalam persiapan menuju ujian nasional.
    Yuk kunjungi http://alun.primaindisoft.com/login

    ReplyDelete
  9. Terimka kasih, gan, Posting agan sangat bermanfaat khusus untuk para guru dan siswa serta bagi institusi sekolah. Selamat dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. UNTUK POS UJIAN SEKOLAH DASAR DAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR DAN MI SILAHKAN BACA POSTING SAYA TENTANG
      TENTANG POS DAN KISI-KISI UJIAN SD DAN MI TAHUN 2015 KLIK DISINI

      Delete
  11. APAKAH MATERI UN 2016 K-13 B.INDONESIA, BERAGAM JENIS TEKS YANG DIAJARKAN SEHARI-HARI AKAN KELUAR JUGA?

    ReplyDelete
  12. banyak yang opini.

    ReplyDelete
  13. Mohon infonya untuk Kelas XII ujian praktek untuk Ujian sekolah IPA dan IPS mata pelajaran apa saja ya...mohon infonya

    ReplyDelete
  14. duh...yang uasmbd SD bahasa indonesia kisi-kisinya beberapa kok naik level ke smp ya seperti iklan, paragraf instruksi, jenis-jenis paragraf. di k13 yang bahasa indonesia kan blur banget materinya :(

    ReplyDelete
  15. Duh...kisi-kisi UASMBD SD Bahasa Indonesia kok beberapa naik level SMP ya, seperti jenis-jenis paragraf, paragraf instruksi, iklan. Sementara cek di kurtilas tidak ada tentang itu karena untuk bahasa kan sangat blur materinya di kurtilas. :(

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB