BURUH MOGOK NASIONAL SELAMA 4 HARI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, November 24, 2015




Serikat buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Upah (KAU) memastikan tetap menggelar aksi mogok nasional yang akan berlangsung selama 4 hari, pada 24-27 November 2015. Rencananya, aksi ini akan berlangsung secara serempak pada 22 provinsi di Indonesia.
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, sekitar 4 hingga 5 juta buruh yang tergabung dalam serikat-serikat pekerja telah menyatakan keikutsertaan dalam aksi mogok nasional menolak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Selama mogok nasional, buruh mengancam akan menutup 7 jalan tol dan pusat sektor pelayanan seperti pelabuhan.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan, aksi mogok kali ini lebih besar dibandingkan aksi serupa pada 2012 lalu, dimana ada sekitar 2 juta buruh yang melakukan aksi mogok kerja saat itu. Said menyatakan, 22 provinsi akan menggelar aksi mogok nasional secara serentak, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Papua. "Jadi ada sekitar 200 kabupaten dan kota. Terutama di wilayah-wilayah industri," lanjut dia.

Menurut Said, selain jumlah buruh buruh yang lebih banyak, efek yang ditimbulkan dari aksi mogok ini juga lebih besar. Said menegaskan akan ada sejumlah ruas tol yang terancam lumpuh akibat aksi mogok buruh.

“Serikat buruh Pelabuhan Tanjung Priok sudah terkonfirmasi ikut itu mogok kerja, begitu juga dengan Pelabuhan Belawan. Untuk tolnya seperti serikat pekerja jalan tol Jakarta-Cikampek, jalan tol Tomang-Tangerang, JORR Barat dan Timur, tol Mojokerto, dan tol Semarang,” ujar Said.

Said memperkirakan, jumlah buruh yang akan melakukan aksi mogok kerja sebanyak 4 juta orang. Mereka berasal dari 6 konfederasi dan 100 federasi serikat pekerja di Indonesia.

“Pokoknya 97 persen konfederasi dan federasi serikat pekerja yang tercatat di Kementerian Ketenagakerjaan telah menyatakan dukungannya,” tambahnya.Said menambahkan, buruh mogok nasional mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Namun, Said menginstruksikan agar buruh bersiap-siap mogok mulai pukul 06.00.“Jika masih ada yang bekerja, maka kita akan kuras pabrik, kuras, bukan sweeping. Untuk mengajak teman-teman lain untuk ikut aksi mogok nasional,” pungkas Said

Khusus di Bekasi, Kepolisan Resor Bekasi Kota meminta masyarakat Kota Bekasi menghindari beberapa ruas jalan hari ini. Sebab, ada buruh yang melakukan aksi mogok nasional denganlongmarch dari dua titik wilayah Bekasi, yaitu Bundaran Harapan Indah, Medan Satria dan Bantargebang.

"Massa dari kedua titik kumpul itu akan bergerak ke Kantor Pemerintah Kota Bekasi," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota Ajun Komisaris Bayu Pratama ketika dihubungi, Selasa (24/11/2015).


Blog, Updated at: 8:30:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB