E-DUPAK JABATAN FUNGSIONAL GURU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, November 25, 2015



Sebagaimana dirlis dalam website BKN, guna mendukung dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas organisasi, Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (Pusbinjak BKN) menyelenggarakan Workshop Sistem Aplikasi Penilaian dan Penetapan Angka Kredit (e-DUPAK) Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian, Selasa (17/11/2015) di Ruang Data Kantor Pusat BKN.

Sekretaris Utama Usman Gumanti berharap aplikasi ini terus diperbaiki agar lebih baik lagi. ”Aplikasi ini harus terus dikembangkan agar penilaian penetapan angka kredit jabatan fungsional kepegawaian lebih efisien,” kata saat pembukaan workshop.

Penerapan sistem Aplikasi Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Kepegawaian (e-DUPAK), berguna sebagai media dalam pengawasan dan pengendalian administrasi analis kepegawaian di BKN. Sistem ini juga dapat menyediakan database jabatan fungsional kepegawaian yang up to date. Dengan demikian, dapat meminimalisasi sistem birokrasi dan terciptanya peningkatan standardisasi proses.

Di samping itu, sistem aplikasi ini dapat meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi PNS yang menduduki jabatan fungsional kepegawaian dalam penyampaian usul penetapan angka kredit dan mempercepat proses usul DUPAK. Kemudahan-kemudahan tersebut membuat mengurangi tindakan menyimpang sehingga tata laksana pemerintahan diterapkan dengan baik (good governancedan good government).

Berita itu hanya berkaitan dengan penerapan Sistem Aplikasi Penilaian dan Penetapan Angka Kredit (e-DUPAK) Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian bukan untuk jabatan fungsional guru. Namun ada guru yang kurang faham sehingga bertanya bahkan mengirim email kepada penulis. Menurut penulis, SISTEM e-DUPAK BKN ini tentu tidak diterapkan untuk jabatan fungsional guru, karena sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor  35  Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Pejabat yang berwenang  menetapkan angka kredit jabatan guru adalah:

1.   Menteri Pendidikan Nasional atau pejabat lain setingkat eselon I   yang ditunjuk untuk  pengangkatan sebagai Guru Madya pangkat Pembina Utama Muda golongan ruang IV/c sampai dengan   Guru Utama, pangkat  Pembina Utama golongan ruang IV/e dan kenaikan jabatan/pangkat bagi Guru Madya pangkat Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b  ke Pembina Utama Muda golongan ruang IV/c  sampai dengan ke Guru Utama pangkat Pembina Utama golongan ruang IV/e. 

2.   Menteri Pendidikan Nasional atau pejabat lain setingkat eselon I yang ditunjuk untuk  pengangkatan pertama kali  sebagai  Guru  Pertama golongan ruang III/a sampai dengan Guru Utama pangkat Pembina Utama golongan ruang IV/e dan kenaikan jabatan/pangkat dari Guru Pertama  pangkat Penata Muda golongan ruang III/a  ke Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b   sampai dengan   ke  Guru Utama pangkat Pembina Utama golongan ruang IV/e yang diperbantukan  pada  sekolah/madrasah   Indonesia di luar negeri .

3.   Direktur  Jenderal Kementerian Agama  yang membidangi pendidikan bagi  pengangkatan    Guru Madya pangkat Pembina  Tingkat I   golongan ruang IV/b dan kenaikan pangkat dari Guru Madya pangkat Pembina   golongan ruang IV/a ke Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b  di lingkungan  Kementerian Agama.    
4.   Kepala  Kantor Wilayah Kementerian Agama  bagi  pengangkatan  pertama kali  sebagai  Guru Muda pangkat Penata  Tingkat I  golongan ruang III/d  sampai dengan Guru  Madya   pangkat  Pembina golongan ruang IV/a dan kenaikan   pangkat/ jabatan dari Guru Muda pangkat Penata golongan ruang III/ c ke Penata Tingkat I golongan ruang III/d  sampai dengan  ke  Guru Madya pangkat Pembina golongan ruang IV/a   di lingkungan kantor wilayah kemen terian agama.

5.   Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota bagi   pengangkatan  pertama kali  sebagai  Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a sampai dengan   Guru Muda pangkat  Penata golongan ruang III/c  dan kenaikan  pangkat   Guru Pertama pangkat  Penata Muda golongan ruang III/a ke Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/ b  sampai dengan  ke  Guru Muda pangkat Penata golongan ruang III/c   di lingkungan Kantor Kementerian Agama.

6.   Gubernur atau  kepala dinas  yang membidangi pendidikan bagi  pengangkatan  pertama kali  sebagai Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a sampai dengan Guru Madya, pangkat Pembina   Tingkat I  golongan ruang IV/ b, dan kenaikan jabatan dari Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a  ke Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b  sampai dengan ke Guru Madya pangkat Pembina   Tingkat I   golongan ruang IV/ b  di lingkungan Provinsi .

7.   Bupati/walikota  atau kepala dinas  yang membidangi pendidikan bagi  pengangkatan  pertama kali  sebagai Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a sampai dengan  Guru Madya, pangkat Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b, dan kenaikan jabatan/pangkat   dari Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a  ke Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b sampai dengan  ke Guru Madya pangkat  Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b  di lingkungan   Kabupaten/Kota.

8.   Pimpinan instansi pusat atau pejabat lain yang ditunjuk  di luar Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama   bagi  pengangkatan pertama kali  sebagai  Guru Pertama pangkat Penata Mud a golongan ruang III/a sampai dengan Guru Madya pangkat Pembina  Tingkat I golongan ruang IV/b dan kenaikan jabatan/pangkat   dari Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a ke Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b sampai dengan  ke  Guru Madya  pangkat Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b    di lingkungan   instansi pusat  masing-masing.  


Sistem e-DUPAK memang sangat baik dapat meringankan waktu maupun biaya, Namun apabila SISTEM e-DUPAK untuk jabatan fungsional guru akan diadakan tentu bukan oleh BKN tetapi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, atau Dinas Pendidikan Provinsi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan kewenangannya.




Blog, Updated at: 12:02:00 AM

2 komentar:

  1. Terimka kasih, gan, Posting agan sangat bermanfaat khusus untuk para guru dan siswa serta bagi institusi sekolah. Selamat dan sukses selalu.

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB