thumbnail

TATA CARA MENGURUS UANG PENSIUNAN PNS DAN UANG DUKA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, April 29, 2015



Pembentukan Program Tabungan Hari Tua Pegawai Negeri ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah No 9 tahun 1963 tentang Pembelanjaan Pegawai Negeri dan Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 1963 tentang Tabungan Asuransi dan Pegawai negeri (TASPEN). Ketika itu PN Taspen memperoleh kantor sendiri di Jl. Merdeka no 64 Bandung.
Blog, Updated at: 9:04:00 PM
thumbnail

KETUA MK: GURU PKN / PPKN PUNYA TANGGUNG JAWAB MEMBANGUN BUDAYA SADAR KONSTITUSI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, April 28, 2015



Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat, menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan Seminar Nasional dan Rapat KerjaAsosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3Kn) bertajuk “Penguatan Komitmen Komunitas Akademik PKn dalam Memperkokoh Jatidiri PKn”, yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Nu’man Somantri, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung (4/4).
Blog, Updated at: 9:02:00 AM
thumbnail

KPK APRESIASI SISWA DAN SEKOLAH YANG JUJUR ASAL YOGYAKARTA, SIAPA MENYUSUL?



Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan apresiasi kepada lima siswa asal SMA 3 Yogyakarta atas keberaniannya melaporkan dugaan terjadinya kebocoran soal Ujian Nasional. Bentuk apresiasi KPK diberikan dalam bentuk penyematan pin “Berani Juju Hebat” oleh Fungsional Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Pauline Arifin pada Rabu (22/4) kepada Zar Bela Hanifa, Khalid Umar, Daffa Abhista, Inria Astari Zahra dan Tsaqif Wismadi.
Blog, Updated at: 8:40:00 AM
thumbnail

LOMBA OSN GURU TAHUN 2015



Olimpiade Sains Nasional Guru merupakan wahana bagi guru untuk menumbuhkembangkan semangat  kompetisi akademik dan memotivasi guru dalam rangka peningkatan kompetensi di bidang MIPA agar mampu meningkatkan mutu pendidikan.
Blog, Updated at: 12:30:00 AM
thumbnail

MULAI TAHUN 2015, SEMUA PNS WAJIB LAPOR HARTA KEKAYAAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, April 27, 2015



Menpan-RB Yuddy Chrisnandi kembali menyampaikan informasi terkait kebijakan baru tentang wajib pelaporan harta kekayaan penyelenggaran negara. Sebelumnya penyampian harta kekayaan hanya sebatas pejabat saja, tetapi kini 4 juta PNS wajib melaporkan harta kekayaannya.
Blog, Updated at: 8:48:00 PM
thumbnail

ALOKASI DANA BOS UNTUK GAJI GURU HONORER AKAN DIHAPUS SECARA BERTAHAP



Pemerintah berencana menghapus alokasi dana BOS untuk gaji guru honorer. Rencana penghapusan tersebut akan dilakukan secara bertahap Kebijakan tersebut akan dilakukan mulai tahun ini dengan cara  mengurangi alokasinya dari 20% menjadi 15%. 
Blog, Updated at: 12:35:00 AM
thumbnail

DOWNLOAD CONTOH SK KEPSEK PENENTUAN KELULUSAN SISWA SMP DARI SATUAN PENDIDIKAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, April 26, 2015



SURAT KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 3 SAKETI
Nomor : …../421/SMP.03/IV/2015
TENTANG
PENETAPAN KRITERIA KELULUSAN UJIAN SEKOLAH
 DAN KRITERIA KELULUSAN DARI SMP NEGERI 3 SAKETI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Menimbang :          Bahwa dalam rangka pelaksanaan  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 5 Tahun 2015 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan Pada SMP/MTs atau yang sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang sederajat, Kepala Sekolah perlu menetapkan kriteria kelulusan ujian sekolah dan kriteria kelulusan dari satuan pendidikan  di SMP Negeri 3 Saketi tahun pelajaran 2014/2015.
Blog, Updated at: 10:42:00 PM
thumbnail

CONTOH CARA MENGHITUNG RELIABILITAS TES URAIAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, April 25, 2015




Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung reliabeilitas tes uraian. Berikut ini saya coba berikan contoh skor  hasil tes uraian. Skor tes uraian ini diikuti oleh 38 orang siswa, dengan menyajikan 5 butir item atau pertanyaan. Berikut ini tabel skor hasil tes uraian.
Blog, Updated at: 8:34:00 PM
thumbnail

JADWAL SELEKSI TES CPNS EKS HONORER K-2 MULAI AGUSTUS 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, April 24, 2015



Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, tes untuk eks Tenaga Honorer Kategori 2 (TH K-2) rencananya Jadwal Seleksi Tes CPNS Eks Honorer K-2 Mulai Agustus 2015 akan dilaksanakan mulai Bulan Agustus 2015 (setelah Hari Raya Idul Fitri), dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Pemerintah memproyeksikan alokasi 30 ribu formasi untuk menggantikan formasi TH K-2 yang tidak terisi
Blog, Updated at: 1:31:00 AM
thumbnail

AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, April 23, 2015



Menurut Anton M. Mulyono (2001 : 26), Aktivitas artinya “kegiatan/keaktivan”. Jadi segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun nonfisik, merupakan suatu aktivitas.  Belajar menurut Oemar Hamalik (2001: 28), adalah “Suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan”. Aspek tingkah laku tersebut adalah: pengetahuan, pengertian, kebiasaan, keterampilan, apresiasi, emosional, hubungan sosial, jasmani, etis atau budi pekerti dan sikap. Jika seseorang telah belajar maka akan terlihat terjadinya perubahan pada salah satu atau beberapa aspek tingkah laku tersebut.
Blog, Updated at: 12:42:00 AM
thumbnail

APLIKASI DAN CONTOH FILE PELAPORAN BOS 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, April 22, 2015

Berikut ini aplikasi Pelaporan Keuangan BOS (APELKA)  sesuai dengan APLEKA BOS online Kemendikbud. Namun pada Aplikasi yang didapat dari TIM Manajemen BOS Kabupaten Pandeglang ini telah disertai contoh Cara pengisian APELKA BOS, serta contoh Output APELKA BOS berupa BOS K1 dan BOS K2 atau RKAS, BOS K3 atau Buku Kas Umum, BOS K4 atau Buku Pembantu Kas, BOS K5 atau Buku Pembantu Bank, BOS K6 atau Buku Pembantu Pajak, dan BOS K7 atau Realissi Pengguanaan Dana. Selain ini pada Aplikasi BOS ini juga disertai file Contoh SK Manajemen BOS, Contoh SK TKS atau GTT.
Blog, Updated at: 8:42:00 PM
thumbnail

INSTRUMEN PENDATAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)

Inilah Instrumen  Pendataan SPM Pendidikan Dikdas yang digunakan dalam pendatan Standar Pelayanan Minimal. Pendataan ini dimaksud untuk peningkatan kualitas baik sarana, maupun Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Bagi Anda yang membutuhkan untuk persiapan pendataan silahkan di download.
Blog, Updated at: 6:51:00 PM
thumbnail

LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN BAGI GURU SMP

PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2017
Guru sebagai  pendidik  dan  pengajar  mengemban tugas  utama  mendidik,  mengajar, membimbing,  mengarahkan,  melatih,  menilai,  dan  mengevaluasi  peserta  didik  termasuk peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Agar guru SMP dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, guru SMP wajib melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka peningkatan  mutu  pendidikan  yang  berdampak  positif  terhadap  peningkatan  mutu pendidikan nasional.
Blog, Updated at: 4:49:00 PM
thumbnail

PEDOMAN PEMBERIAN DANA BANTUAN PENINGKATAN KARIER PTK SMP MELALUI MGMP SMP TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, April 21, 2015



Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud kembali melaksanakan program pemberian bantuan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015. Pemberian bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan frekuensi dan intensitas kegiatan MGMP SMP tahun 2015. Selain itu, pemberian bantuantersebut juga diharapkan dapat mendorong peningkatan partisipasi dan kontribusi MGMP SMP dalam pengembangan karier anggotanya. Pada gilirannya, upaya tersebut diharapkan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan mutu guru secara nasional, serta berimplikasi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan menuju standar nasional pendidikan.
Blog, Updated at: 12:42:00 AM
thumbnail

KINERJA GURU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, April 20, 2015



A.    Pengertian Kinerja
Kinerja guru merupakan proses pembelajaran sebagai upaya mengembangkan kegiatan yang ada menjadi kegiatan yang lebih baik, sehingga tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dicapai dengan baik melalui suatu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sesuai dengan target dan tujuan.
Blog, Updated at: 1:43:00 AM
thumbnail

PENGERTIAN CIRI DAN JENIS KECERDASAN EMOSIONAL

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, April 19, 2015



Emosi berasal dari perkataan emotus atau emovere, yang artinya mencerca “to strip up”, yaitu sesuatu yang mendorong terhadap sesuatu. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, emosi dapat diartikan sebagai: 1) luapan perasaan yang berkembang dan surut diwaktu singkat; 2) keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis, seperti kegembiraan, kesedihan, keharuan, kecintaan, keberanian yang bersifat subyektif.
Blog, Updated at: 11:49:00 PM
thumbnail

CARA MEMBUAT BAHAN AJAR BERUPA MODUL

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, April 18, 2015



1.      Pengertian Modul
Istilah modul dipinjam dari dunia teknologi, yaitu alat ukur yang lengkap dan merupakan satu kesatuan program yang dapat mengukur tujuan. Modul menurut Cece Wijaya (1992:86), dapat dipandang sebagai paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu guna keperluan belajar. Departemen Pendidikan Nasional dalam bukunya “Teknik Belajar dengan Modul, (2002:5), mendefinisikan modul sebagai suatu kesatuan bahan belajar yang disajikan dalam bentuk “self- instruction”, artinya bahan belajar yang disusun di dalam modul dapat dipelajari siswa secara mandiri dengan bantuan yang terbatas dari guru atau orang lain.
Blog, Updated at: 12:55:00 AM
thumbnail

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)



BAGIAN AWAL
·         Halaman judul
·         Halaman Pengesahan
Minimal yang harus mengesahkan karya tulis ilmiah hasil penelitian ini adalah kepala sekolah dan kepala bagian perpustakaan sekolah yang bersangkutan.
Blog, Updated at: 12:06:00 AM
thumbnail

LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL P2TK DIKDAS TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, April 17, 2015



Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar kembali mengadakan Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional P2TK Dikdas Tahun 2015. Lomba  ini diperuntukkan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas Sekolah Dasar.
Blog, Updated at: 8:37:00 AM
thumbnail

METODE TUGAS KERJA KELOMPOK

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, April 16, 2015


a.   Pengertian Metode Tugas Kerja Kelompok
Metode     tugas  atau kerja kelompok  kelompok     dapat   diartikan   sebagai   metode kerja kelompok. Metode tugas kerja kelompok diberikan guru kepada siswa atas dasar perencanaan bersama.   Dalam pengertian   sempit   bahwa   “metode tugas   kelompok   adalah    suatu   kegiatan   pembelajaran    dengan   terlebih  dahulu guru memberikan tugas kepada siswa secara kelompok. Jadi siswa disusun secara  berkelompok  dalam jangka   waktu    tertentu  untuk melakukan kegiatan belajar secara berkelompok” (Karo-karo, 1975: 35).
Blog, Updated at: 4:32:00 AM
thumbnail

BEBERAPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, April 15, 2015



Pendekatan pembelajaran dapat digunakan untuk menetapkan strategi dan langkah-langkah pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Setiap pendekatan yang diterapkan akan melibatkan kemampuan subyek belajar/siswa dan guru, dengan kadarnya masing-masing. Terkait dengan ini maka ada beberapa jenis pendekatan pembelajaran. Menurut Anderson secara garis besar ada dua pendekatan, yakni teacher centered (terpusat pada guru) dan student centered (terpusat pada siswa). Sementara itu, Byron menggunakan istilah ekspositori dan inkuiri (Sudjana, 1989).
Blog, Updated at: 12:04:00 AM
thumbnail

TOLAK UKUR UN 2015: INDEKS INTEGRITAS DAN KEJUJURAN DALAM PELAKSANAANNYA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, April 14, 2015



Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengumumkan secara resmi perihal indeks integritas hari ini. Mereka mengumumkan hal tersebut disela-sela kunjungannya ke beberapa sekolah di Jakarta untuk meninjau pelaksanaan ujian nasional (UN) di hari kedua.
Blog, Updated at: 11:21:00 PM
thumbnail

INOVASI PENDIDIKAN DAPAT DIAWALI DARI INOVASI PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)?

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, April 13, 2015

Pengembangan RPP ini merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan kurikulum, khususnya menjawab pertanyaan “Apa yang akan diajarkan, bagaimana mengajarkannya, serta alat dan cara apa yang digunakan untuk mengukurnya? RPP merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengembangan silabus. RPP bermanfaat sebagai pedoman bagi guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran. Beberapa alasan pentingnya membuat RPP yang baik antara lain:
Blog, Updated at: 11:48:00 PM
thumbnail

METODE TANYA JAWAB DAN PRINSIP PENERAPANNYA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, April 10, 2015




1.     Hakikat atau Pengertian Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa,  tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Hal ini sejalan dengan pendapat Sudirman (1987:120) yang mengartikan  bahwa “metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa,  tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.” 
Blog, Updated at: 10:42:00 PM
thumbnail

SKTP SEMESTER 2 PERIODE JULI – DESEMBER WAJIB ENTRI PKG, INI SURAT EDARANNYA


Surat Edaran Resmi Dirjen Dikdas Kemdikbud RI Nomor 1167/C.C5/MI/2015 tentang PKG ini dikirimkan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah SD/SDLB/SMP/SMPLB/SLB, dan Pengawas SD/SDLB/SMP/SMPLB/SLB di seluruh Indonesia.
Blog, Updated at: 11:34:00 AM
thumbnail

KEMENDIKBUD BUKA PENDAFTARAN TENAGA HONORER UNTUK PENEMPATAN DI MALAYSIA DAN FILIPINA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka rekrutmen calon pendidik untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dan Mindanao, Filipina. Jumlah calon pendidik yang akan direkrut sebanyak 90 orang, terdiri atas 20 orang pendidik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 70 orang pendidik non Pegawai Negeri Sipil (non-PNS). Pemberitahuan tentang rekrutmen tersebut dimuat dalam Surat Edaran Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) Kemendikbud Nomor 1428/C.5.1/LL/2015 tentang Rekrutmen Calon Pendidik ke Malaysia dan Mindanao.
Blog, Updated at: 12:20:00 AM
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED INTRUCTIONAL)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, April 9, 2015



Landasan Teoritik dan Berpikir Model Pembelajaran Problem Based Intructional (PBI)
Problem Based Intructional atau PBI berlandaskan pada psikologi kognitif. Fokus pengajaran tidak begitu menekankan kepada apa yang sedang dilakukan siswa (perilaku siswa) melainkan kepada apa yang mereka pikirkan (kognisi) pada saat mereka melakukan kegiatan itu. Oleh karena itu peran utama guru pada PBI adalah membimbing dan memfasilitasi sehingga siswa dapat belajar berfikir dan memecahkan masalah oleh mereka sendiri.

Blog, Updated at: 11:39:00 PM
thumbnail

JIKA NILAI RAPOR TINGGI SEMENTARA NILAI UN RENDAH SEKOLAH DIINDIKASI OBRAL NILAI KEPADA SISWA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, April 8, 2015



Setiap siswa yang telah mengikuti ujian nasional (UN) berhak mendapatkan sertifikat hasil UN (SHUN). Berapapun nilai yang diperoleh, sekolah wajib menyerahkan SHUN kepada siswa. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, usai rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di kantor DPR RI, Senin (06/04/2015). “Berapapun nilai (UN) nya (SHUN-nya) tetap keluar. Sekolah tidak boleh ada alasan untuk menahan SHUN,” katanya.
Blog, Updated at: 4:38:00 PM
thumbnail

DAFTAR GURU YANG SUDAH SKTP DAN SIAP SKTP PERIODE JANUARI JULI 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, April 7, 2015



Berikut ini daftar guru yang sudah SKTP dan Siap SKTP Periode Januari 2015 – Juli 2015 yang pernah dirilis oleh Admin Dapodik pertanggal 30 Maret 2015. Bagi Anda yang ingin mengetahui DAFTAR GURU SUDAH SKTP dan SIAP SKTP tahun 2015 silahkan klik link download di bawah ini
Blog, Updated at: 10:54:00 AM
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN KONTEKTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, April 6, 2015



HAKIKAT PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka se­hari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Ques­tionin,g), mencmukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Conzmunity), pemodelan (Modeling), dan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment).
Blog, Updated at: 11:20:00 PM
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE NUMBER HEAD TOGETHER

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, April 5, 2015



Salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif  adalah Number Head Together (NHT). Teknik Belajar  Number head together (NHT) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992). Langkah-langkah kegiatan dalam  NHT :

Blog, Updated at: 10:53:00 PM
thumbnail

Contoh-contoh Game/Kuis PKN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, April 4, 2015


Rekan-rekan guru PKn yang berbahagia. Keberhasilan guru tidak hanya diukur dari tingkat kedisiplinan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kedisiplinan dalam melaksanakan KBM memang merupakan tolak ukur utama untuk meraih keberhasilan, tetapi tidak menjadi sempurna apabila indikator tidak terpenuhi.
Blog, Updated at: 10:05:00 PM
thumbnail

PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI GURU TRIWULAN 1 PALING LAMBAT TANGGAL 16 APRIL 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, April 3, 2015



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghimbau pemerintah daerah (pemda) segera menyalurkan tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah (TPG PNS Daerah) triwulan pertama. Himbauan ini disampaikan mengingat tenggat waktu penyaluran TPG PNS Daerah selambat-lambatnya tanggal 16 April 2015. Sebagai pedoman, pemerintah daerah dapat menggunakan Petunjuk Teknis (Juknis) Penyaluran Tunjangan Profesi Guru PNS Daerah Melalui Mekanisme Transfer Daerah, yang telah dikeluarkan 31 Januari 2015.
Blog, Updated at: 11:18:00 PM
thumbnail

GURU TERANCAM DIBEBASTUGASKAN JIKA TIDAK MEMENUHI ANGKA KREDIT YANG TELAH DITENTUKAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, April 2, 2015



Badan Kepegawaian Negara (BKN) tertanggal 2 januari 2015 telah menerbitkan Surat Kepala BKN Nomor : K.26-30N.1-1/99 tentang Pengangkatan, Pemberhentian Sementara, dan Pemberhentian PNS dari Jabatan Fungsional. Surat Kepala BKN tersebut ditujukan kepada Semua Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat, Semua Pejabat Pembina Kepegawaian Provinsi, dan Semua Pejabat Pembina Kepegawaian Kabupaten/Kota.
Blog, Updated at: 12:02:00 AM
thumbnail

APLIKASI PENGOLAHAN NILAI DAN SKHU UNTUK SEKOLAH DASAR

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, April 1, 2015



Untuk membantu kepala sekolah, guru atau oparetor SD yang menjadi panitia Ujian Sekolah berikut ini saya sharrekan contoh Aplikasi Nilai dan SKHU untuk SD. Dibuatnya aplikasi ini, terutama ditujukan untuk member kemudahan dalam membuat SKHU. Sebagaimana di ketahui, Hasil Ujian Sekolah dan Blanko Ijazah biasanya  terlambat datang ke sekolah. Di lain pihak, banyak siswa kita yang membutuhkan surat ketarangan atau SKHU untuk kebutuhan persyaratan melanjutkan studi.


Berikut ini saya sharrekan Aplikasi Pengolahan Nilai Sekolah dan SKHU 2015 untuk Sekolah Dasar yang mudah dan  fleksibel dalam menentukan kriteria kelulusan apakah Sekolah Anda akan menggunakan perbandingan Nilai Raport dengan nilai Ujian Sekolah 70:30; 60:40; 50:50 dan lainnya.

Sebagaimana diketahui berdasarkan Peraturan Kepala Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 009/H/HK/2015, Penentuan Kelulusan dan Kriteria Nilai Sekolah untuk SD dan sederajat sepenuhnya diserahkan kepada sekolah




Bagi yang berminat untuk mempelajari aplikasi tersebut silahkan klik link download APLIKASI NILAI DAN SKHU SD di bawah ini 


LINK2 DOWNLOAD APLIKASI PENGOLAHAN NILAI SEKOLAH DAN SKHU 2015 UNTUK SD (Klik DiSini)

Bagi yang akan mengedit gunakan password aina22  atau mulyana22 (Pilih Salah Satu)


Blog, Updated at: 10:43:00 AM
thumbnail

APLIKASI NILAI SEKOLAH DAN SKHU UNTUK SD



Berikut ini saya sharrekan Aplikasi Pengolahan Nilai Sekolah dan SKHU 2015 Versi Revisi 3.00 berdasarkan masukan dari para pengunjung blog setia. Aplikasi Olah Nilai dan SKHU serta Pengumuman Kelulusan untuk SMP ini sudah mendekati sempurna setelah telah melewati masa uji coba dari beberapa rekan operator sekolah..
Blog, Updated at: 8:21:00 AM

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB