thumbnail

DOWNLOAD PROGRAM PROGRAM SEKOLAH

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 31 Mei 2015

Berikut ini beberapa program sekolah yang mungkin dapat membantu Bapak/Ibu kepala sekolah maupun guru  dalam membuat persiapan menghadapi tahun pelajaran baru. Saat ini program kerja merupakan bukti fisik awal sebagai dokumen yang menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan suatu program. Program kerja memang tidak memiliki fungsi ketika kita tidak melaksanakannya. Namun demikian keberadaan dokumen seperti program kerja tak kalah penting, karena evaluasi terhadap sekolah, baik berupa penilaian tata kelola, akreditasi sekolah, penilaian ketercapaian SPM dan bentuk penilaian lainnya berbasis pada dokumen. Sebaik apapun kegiatan yang kita laksanakan dalam kaca mata penilai tidak memiliki arti apapun tanpa disertai dokumen pendukung.
Blog, Updated at: 23.34.00
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD DAN MI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 30 Mei 2015

Salah satu jenis media yang di sukai peserta didik adalah video. Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang memang diyakini dapat meningkatkan minat, motivasi  dan hasil belajar siswa. l Oleh karena itu, guru yang baik hendaknya memaksimalkan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Link Download Video Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD dan MI yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 17.55.00
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN IPS SD DAN MI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 29 Mei 2015

Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran diminati peserta didik. Penggunaan Video dalam kegiatan pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru yang baik hendaknya memaksimalkan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Link Download Video Pembelajaran IPS untuk SD dan MI yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 18.00.00
thumbnail

BERDASARKAN PERPRES NOMOR 64 TAHUN 2015 TENTANG BIAYA IBADAH HAJI, ONH 2015 LEBIH MURAH 502 DOLLAR

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 28 Mei 2015

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (27/5) sore, di Istana Merdeka, Jakarta  mengumumkan telah menadatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2015 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1436 H/2015 M, yang di dalamnya terdapat penurunan signifikan rata-rata sebesar 502 dollar AS dari 3,219 dollar AS menjadi 2,717 dollar AS.
Blog, Updated at: 23.49.00
thumbnail

APLIKASI ANALISIS BUTIR SOAL UAS/PAS DAN UKK

Penilaian hasil belajar merupakan  tugas pokok dan fungsi pendidik. Penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, observasi, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.
Blog, Updated at: 19.11.00
thumbnail

DOWNLOAD RPP UNTUK SMP/MTS DAN SD/MI SESUAI KURIKULUM 2006 / KTSP

Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP masih diberlakukan secara nasional yang rencananya berlaku hingga tahun pelajaran 2019/2020. Untuk membantu Bapak/Ibu guru SMP yang sekolahnya masih menggunakan Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP menghadapi tahun pelajaran baru, berikut ini saya sharekan kembali link download RPP untuk kelas 1,2,3,4,5 SD dan MI serta RPP kelas 7,8,9 semua mata pelajaran untuk SMP/MTs berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau Kurikulum 2006.
Blog, Updated at: 14.16.00
thumbnail

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MELALUI PELATIHAN LESSON STUDI DI SMPN 2 CIKEUSIK KABUPATEN PANDEGLANG

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 27 Mei 2015

BAB I PENDAHULUAN
1.  Latar Belakang
Adanya kebijakan peningkatan jaminan kualitas lulusan pendidikan dasar membawa konsekuensi di bidang pendidikan, antara lain perubahan dari model pembelajaran yang tradisional (model atau metode pembelajaran yang lebih berpusat guru) ke pengembangan  model atau metode yang lebih berpusat pada siswa.
Blog, Updated at: 10.58.00
thumbnail

APA DAN BAGAIMANA PENILAIAN KINERJA GURU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 26 Mei 2015

Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Penilain Kinerja Guru (PK GURU) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
Blog, Updated at: 01.37.00
thumbnail

IJAZAH PNS SE-INDONESIA AKAN DICEK GUNA MEMASTIKAN ASLI ATAU PALSU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 25 Mei 2015

Menristek Dikti M Nasir terus mendalami praktik jual beli ijazah yang dilakukan sejumlah kampus swasta. Untuk memastikan bahwa PNS Indonesia terjaga, Menteri Nasir akan menerbitkan Surat Edaran (SE) yang menginstruksikan kepala daerah mengecek ijazah anak buahnya.
Blog, Updated at: 23.07.00
thumbnail

CARA MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 24 Mei 2015

Sehubungan banyaknya permintaan tentang cara membuat media pembelajaran dengan Powerpoint. Pada upload kali ini saya sharingkan langkah-langkah cara membuat media pembelajaran Interaktif dengan Powerpoint yang saya peroleh dari teman. Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut: (Untuk Anda yang ingin mendapatkan langkah-langkah secara detail berikut gambar silahkan DOWNLOAD DISINI.)
Blog, Updated at: 23.27.00
thumbnail

TERNYATA, SINYAL PONSEL DI SEKOLAH BERPENGARUH TERHADAP KEHADIRAN GURU

ANTARA - Kalau ditanya, apa saja kira-kira yang menyumbang alias mempengaruhi tingkat kehadiran guru di sekolah, maka Program Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan (ACDP) punya jawabannya. Itu adalah sinyal telefon seluler.
Blog, Updated at: 01.53.00
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP / MTS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 23 Mei 2015


Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Video Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD dan SMP yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 19.20.00
thumbnail

DOWNLOAD BUKU BSE KURIKULUM 2006 ATAU KTSP

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 22 Mei 2015


Berkaitan dengan diberlakunya Kurikulum 2006, berikut ini kami sharre Buku Pelajaran atau Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sesuai Kuriukulum 2006 atau KTSP. Berikut ini daftar Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sesuai Kuriukulum 2006 atau KTSP untuk SMP/MTs kelas 7, 8  dan 9. Bagi Anda yang ingin mendownload silahkan klik link download di bawah ini.
Blog, Updated at: 12.37.00
thumbnail

KEBIJAKAN KEMDIKBUD TERKAIT PELAKSANAAN SERTIFIKASI GURU 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 21 Mei 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui kepala BPSDMPK PMP telah mengeluarkan surat edaran kepala kepada kepala LPMP diseluruh Indonesia terkait Kebijakan pelaksanaan sertifikasi guru 2015. Berikut ini  informasi-penting tentang kebijakan sertifikasi guru tahun 2015.
Blog, Updated at: 20.43.00
thumbnail

PROSEDUR KENAIKAN PANGKAT OTOMATIS BAGI GURU PNS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 20 Mei 2015

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai tahun ini berencana untuk mengubah mekanisme kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan mekanisme kenaikan pangkat yang baru semua PNS akan mendapat kenaikan pangkat otomatis setiap 4 tahun sekali tanpa menkanisme pengusulan sebagaimana biasanya.
Blog, Updated at: 23.08.00
thumbnail

PENGERTIAN DAN TUJUAN SUPERVISI KLINIS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 19 Mei 2015

Supervisi  Klinis
Supervisi berasal dari kata "super dan vision ". Super artinya tinggi, atas dan vision artinya melihat, memandang. Suprvision artinya "melihat dari atas". Pengertian tersebut dimaksudkan : orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi/ atas melihat-mengamati – mengawasi orang yang berada di bawahnya.
Blog, Updated at: 20.48.00
thumbnail

DOWNLOAD RATA-RATA INDEKS INTEGRITAS UN SMA/SMK TAHUN 2015 KABUPATEN KOTA SE INDONESIA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Indeks Integritas dan Rata-Rata Nilai Ujian Nasional SLTA Tahun 2015. DI Yogyakarta memiliki Indeks Integritas UN  tertinggi se Indonesia. Berdasarkan Laporan Indeks Integritas Dan Rata-Rata Nilai Ujian Nasional Tahun 2015 Per Kabupaten/Kota Provinsi DIY, Kota Yogyakarta memiliki Indeks Integritas tertinggi yakni 82,37, sedangkan terendah yang tidak berbeda jauh nilainya dengan yang tertinggi diperoleh Kab Kulon Progo dengan IIUN 78,03
Blog, Updated at: 07.47.00
thumbnail

LAPORAN OECD: KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA NOMOR 69 DARI 76 NEGARA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 18 Mei 2015

Daftar kualitas pendidikan negara anggota Organisasi Kerja Sama Ekonomi Pembangunan (OECD) dirilis hari ini, Rabu 13 Mei 2015 oleh BBC dan Financial Times. Hasilnya Peringkat tertinggi sekolah-sekolah global telah diterbitkan, dan negara-negara Asia menempati lima posisi teratas sementara negara-negara Afrika dengan peringkat terendah dan Indonesia ke delapan dari bawah.
Blog, Updated at: 22.04.00
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING)TIFE STAD

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 17 Mei 2015

1.      Pembelajaran Kooperatif (cooperative Learning)
a.      Pengertian
Model pembelajaran kooperatif merupakan teknik-teknik kelas praktis yang dapat digunakan guru setiap hari untuk membantu siswanya belajar setiap mata pelajaran, mulai dari keterampilan-keterampilan dasar sampai pemecahan masalah yang kompleks.
Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) merupakan strategi pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama, yakni kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran (Johnson & Johnson, 1987). Siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil saling membantu belajar satu sama lainnya. Kelompok-kelompok tersebut beranggotakan siswa dengan hasil belajar tinggi, rata-rata dan rendah; laki-laki dan perempuan; siswa dengan latar belakang suku berbeda yang ada di kelas; dan siswa penyandang cacat bila ada.
Model pembelajaran kooperatif menciptakan sebuah revolusi pembelajaran di kelas. Tidak ada lagi sebuah kelas yang sunyi selama proses pembelajaran, karena pembelajaran terbaik akan tercapai di tengah-tengah percakapan di antara siswa. Sedang terjadi kecenderungan di mana-mana, bahwa para guru di seluruh duni mengubah deretan tempat duduk siswa yang telah mereka duduki sekian lama dengan menciptakan suatu lingkungan kelas baru tempat siswa secara rutin dapat saling membantu satu sama lain guna menuntaskan bahan ajar akademiknya.

b.      Tujuan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, palign tidak ada tiga tujuan yang hendak dicapai, yaitu :
1)      Hasil belajar akademik
Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik. Banyak ahli yang berpendapat bahwa model kooperatif unggul dalam membantu siswa untuk memahami konsep-konsep yang sulit.
Pembelajaran kooperatif dapat memberi keuntungan baik pada siswa kelompok bawah maupun kelompok atas yang bekerja bersama menyelesaikan tugas-tugas akademik. Siswa kelompok atas akan menjadi tutor bagi siswa kelompok bawah, jadi memperoleh bantuan khusus dari teman sebaya yang memiliki orentasi dan bahasa yang sama. Dalam proses tutorial ini, siswa kelompok atas akan meningkat kemampuan akademiknya karena memberi pelayanan sebagai tutor membutuhkan pemikiran lebih mendalam tentang hubungan ide-ide yang terdapat di dalam materi tertentu.
2)      Pengakuan adanya keragaman
Model kooperatif bertujuan agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam perbedaan latar belakang. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademkik, dan tingkat social.
3)      Pengembangan keterampilan sosial
Tujuan penting lain dari pembelajaran kooperatif adalah untuk mengajarkan kepada siswa keterampilan social dan kolaborasi dalam hal berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, mengemukakan ide dan pendapat, dan bekerja dalam kelompok. Keterampkilan ini amat penting untuk memiliki nantinya di dalam masyarakat di mana banyak kerja orang dewasa sebagian besar dilakukan dalam organisasi yang paling bergantung satu sama lain dan di mana masyarakat secara budaya semakin beragama.

c.       Tahapan Pembelajaran Kooperatif
Terdapat enam tahapan di dalam pelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif. Pelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pelajaran dan memotivasi siswa belajar. Fase ini diikuti oleh Penyajian informasi; seringkali dengan bahan bacaan daripada secara verbal. Selanjutnya siswa dikelompokkan ke dalam tim-tim belajar. Tahap ini diikuti bimbingan guru pada saat siswa bekerja bersama untuk menyelesaikan tugas mereka. Fase terakhir pembelajaran kooperatif meliputi presentasi hasil akhir kerja kelompok, atau evaluasi tentang apa yang mereka pelajari dan memberi penghargaan terhadap usaha-usaha kelompok maupun individu. Enam tahap pembelajaran kooperatif tersebut dirangkum dalam tabel sebagai berikut :


Tabel 1
Tahapan Pembelajaran Kooperatif

Fase-fase
Tingkah Laku Guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
Fase 2
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demontrasi atau lewat bacaan.
Fase 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
Fase 5
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Fase 6
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

d.      Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Kelas
Dalam pembelajaran kooperatif juga diperlukan tugas perencanaan. Misalnya; menentukan pendekatan yang tepat, memilih topik yang sesuai dengan model ini, pembentukan kelompok siswa, menyiapkan LKS atau panduan belajar siswa, mengenalkan siswa kepada tugas dan perannya dalam kelompok, merencanakan waktu dan tempat duduk yang akan digunakan.
Sebelum pembelajaran kooperatif dimulai, siswa perlu diperkenalkan terlebih dahulu apa itu pembelajaran kooperatif dan bagaimana aturan-aturan yang harus diperhatikan. Agar pembelajaran dapat berjalan lancar, sebaiknya kepada siswa diberitahukan petunjuk-petunjuk tentang yang akan dilakukan. Petunjuk-petunjuk tersebut antara lain sebagai berikut :
-          Tujuan pembelajaran
-          Apa saja yang akan dikerjakan siswa dalam kelompok
-          Batas waktu untuk menyelesaikan tugas
-          Jadwal pelaksanaan kuis
-          Jadwal presentasi kelas untuk kelompok penyelidikan
-          Prosedur pemberian nilai penghargaan individu dan kelompok
-          Format presentasi laporan.

2.      Pengertian Metode STAD (Student Teams-Achievement Division)
STAD atau Tim Siswa-Kelompok Prestasi merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, STAD terdiri dari lima komponen utama :
a.      Presentasi Kelas
Pada kegiatan ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan, memotivasi siswa agar siap dengan pelajaran yang akan diajarkan, kemudian diikuti dengan penyajian informasi. Presentasi ini sering menggunakan ceramah-diskusi atau pengajaran langsung. Pada fase ini siswa harus benar-benar memperhatikan guru karena dengan begitu akan membantu mereka mengerjakan kuis dengan baik.
b.      Kerja Tim
Setelah presentasi kelas, siswa dikelompokkan ke dalam tim-tim belajar. Tim disusun dari empat atau lima siswa. Tim ini mewakili heterogenitas kelas ditinjau dari kinerja yang lalu, suku, dan jenis kelamin. Tim empat-lima orang dalam yang terdiri dari dua orang laki-laki, dua/tiga orang perempuan atau sebalinya, yang memiliki seorang anggota berkinerja tinggi, seorang berkinerja rendah, dan 3 orang berkinerja rata-rata. Bila dimungkinkan perhatikan suku mayoritas dan minoritas. Siswa ditempatkan ke dalam tim oleh guru, bukan oleh siswa yang memiliki anggotanya sendiri.
Fungsi utama tim ini adalah menyiapkan anggotanya agar berhasil menghadapi kuis. Setelah guru mempresentasikan materi, tim tersebut berkumpul untuk mempelajari LKS atau bahan lain. Mereka saling berdiskusi dan membantu setiap anggota tim agar semua anggota dapat memahami materi yang dipelajari atau LKS yang mereka kerjakan. Kerja tim merupakan ciri terpenting dari STAD. Pada setiap saat diberikan penekanan pada anggota tim agar melakukan yang terbaik untuk timnya.
Peran guru pada tahap ini adalah pada saat validasi hasil presentasi kegiatan kelompok di depan kelas. Guru mengarahkan pada jawaban yang dianggap benar sehingga seluruh kelompok dapat memperbaiki hasil kinerja mereka dan pada akhirnya diharapkan semua siswa memperoleh satu konsep baru yang benar.
c.       Kuis
Pada akhir materi, para siswa tersebut dikenai kuis individual. Pada saat ini siswa tidak diperbolehkan bekerja satu sama lain. Hal ini menjamin agar siswa secara individual bertanggung jawab untuk memahami bahan ajar tersebut.
d.      Poin Perbaikan Individu
Setiap siswa dapat menyumbang poin maksimum kepada timnya dalam system penskoran, namun tidak seorang siswapun dapat melakukan seperti itu tanpa menunjukkan perbaikan atas kinerja masa lalu. Setiap siswa diberikan skor dasar, yang dihitung dari kinerja rata-rata siswa pada kuis serupa sebelumnya.
1)      Penentuan Skor Dasar Awal
Skor dasar mewakili skor rata-rata siswa pada kuis yang lalu. Apabila anda memulai STAD setelah anda memberikan tiga kuis atau lebih, gunakan skor kuis rata-rata sebagai skor dasar. Apabila tidak memiliki skor kuis seperti itu, gunakan nilai final siswa dari tahun yang lalu, ataupun dapat dilakukan pre test terlebih dahulu.


2)      Skor Individu
Dari hasil kuis, siswa memperoleh poin untuk timnya didasarkan pada berapa skor kuis mereka melampui skor dasar mereka., seperti contoh pada tabel berikut :
Tabel 2
Kriteria Poin Perbaikan

Skor Kuis
IP
Nilai sempurna tidak memandang berapa pun skor dasar
30 poin
Lebih dari 10 poin di atas skor dasar
30 poin
1-10 poin di atas skor dasar
20 poin
1-10 poin di bawah skor dasar
10 poin
Lebih dari 10 poin di bawah skor dasar
5 poin

3)      Skor Tim
Untuk menghitung skor tim, masukan setiap poin perbaikan siswa pada lembar ihtirar tim yang sesuai, jumlahkan poin tersebut dan bagi dengan jumlah anggota tim, bulatkan untuk menghilangkan pecahan. Perhatikan bahwa skor tim lebih ditentukan oleh skor perbaikan daripada skor kuis rendah.

e.       Penghargaan Tim
Segera mungkin setelah setiap kuis terlaksana, guru seharusnya mengumumkan skor perbaikan individual dan skor tim dan menghadiahkan sertifikat atau penghargaan lain kepada tim yang memperoleh skor tinggi. Apabila mungkin, pengumuman skor tim tersebut dilakukan pada jam pelajaran pertama berikutnya setelah kuis tersebut bagi siswa ini akan memperjelas hubungan antara bekerja dengan baik dan menerima penghargaa dan hal ini akan meningkatkan motivasi mereka untuk berbuat yang terbaik.
Berikan kriteria penghargaan, ada tiga tingkat penghargaan yang diberikan berdasarkan skor tim rata-rata. Perhatikan bahwa seluruh tim dapat memperoleh penghargaan tersebut. Di dalam sebuah kelas dapat terjadi lebih dari satu tim mendapat penghargaan TIM SUPER atau TIM HEBAT ataupun TIM BAIK asal kriterianya terpenuhi. Artinya tim-tim tersebut tidak saling berkompetisi, sebagai contoh dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Kriteria Penghargaan

Kriteria (Rata-rata Tim)
Penghargaan
15-19
TIM BAIK
20-24
TIM HEBAT
25-30
TIM SUPER






= Baca Juga =



Blog, Updated at: 00.10.00
thumbnail

DANA BANTUAN KIP ATAU BSM TAHUN 2015 DIRENCANAKAN CAIR BULAN JUNI 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 16 Mei 2015


Berikut ini informasi terkait Dana Bantuan KIP atau BSM Tahun 2015 direncanakan Cair Bulan Juni 2015. Dana bantuan pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar hingga saat ini belum dapat dinikmati peserta didik. Padahal anggaran itu diharapkan dapat mengurangi beban orang tua siswa yang akan menghadapi tahun ajaran baru pada Bulan Juli mendatang.
Blog, Updated at: 12.51.00
thumbnail

MULAI 2015 DIBERLAKUKAN KENAIKAN PANGKAT PNS SECARA OTOMATIS SETIAP 4 TAHUN

Sebelum Anda Membaca informasi PEMBERLAKUAN KENAIKAN PANGKAT OTOMATIS BAGI PNS, khusus bagi guru SMP saya informasikan bahwa kemdikbud telah membuka kesempatan seleksi penerima beasiswa S2 untuk guru SMP PNS dan Non PNS  tahun 2015. 



Sebagaimana dilansir dalam http://setkab.go.id/ 14 Mei 2015, Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI telah merubah mekanisme pelayanan proses kenaikan pangkat pegawai negeri sipil (PNS). Mulai tahun ini BKN menerapkan sistem kenaikan pangkat secara otomatis setiap empat tahun tanpa harus melalui mekanisme pengusulan seperti yang diterapkan selama ini.
Blog, Updated at: 05.56.00
thumbnail

DOWNLOAD APLIKASI DUPAK SESUAI PERMENPAN RB NO 16 TAHUN 2009

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 15 Mei 2015

Berikut isi saya sharre-kan aplikasi DUPAK Sesuai Permenpan RB No 16 Tahun 2009. Aplikasi ini bukan buatan saya tetapi produk Sekretariat Tim Penilaian  dalam rangka pengelelolaan Sistem Insformasi Penetapan Angka Kredit melaui website http://dupakguru.net/
Blog, Updated at: 01.38.00
thumbnail

KENAIKAN GAJI PNS 2015 DAN REALISASI GAJI KE 13

Uptodate informasi Kenaikan Gaji PNS atau ASN tahun 2015, diperoleh dari jpnn.com bahwa para pegawai negeri sipil bakal banji duit pada Juni mendatang. Pasalnya, mereka akan menerima rapelan kenaikan gaji tahun 2015 sebesar enam persen sejak Januari ditambah gaji ke-13. "Rencananya Juni rapelan kenaikan gaji direalisasikan Juni seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Kabag Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Suwardi kepada media ini, Selasa (12/5).
Blog, Updated at: 00.01.00
thumbnail

METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 14 Mei 2015

1.      Pengertian Bermain Peran
Metode bermain peran adalah berperan atau memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial atau psikologis. Bermain peran adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang di gunakan unutk menjelaskan perasaan, sikap, tingkah laku dan nilai, dengan tujuan untuk menghayati perasaan, sudut pandangan dan cara berfikir orang lain (Depdikbud, 1964:171).
Blog, Updated at: 00.22.00
thumbnail

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 13 Mei 2015

Konsep Dasar MBS
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada hakikatnya adalah penyerasian sumber daya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan melibatkan semua kelompok kepentingan (stakeholder) yang terkait dengan sekolah secara langsung dalam proses pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan mutu sekolah atau untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Blog, Updated at: 22.26.00
thumbnail

METODE LATIHAN (DRIIL)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 12 Mei 2015

1. Pengertian Metode Latihan (Driil)

Metoda adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan. Dewasa ini aktivitas guru yang bertindak sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran (2002: 22) juga sesuai dengan petunjuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar kelas. Tentang pengertian metoda latihan ialah latihan siap sangat sesuai untuk melatih keterampilan, baik keterampilan fisik maupun mental dan menurut pendapat Syaiful Sagala dan Subana (217: 202).
Blog, Updated at: 01.37.00
thumbnail

DOWNLOAD PERATURAN TENTANG PENGADAAN BARANG JASA PEMERINTAH TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 11 Mei 2015

Berbeda dengan pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintahan lebih rumit karena berhubungan dengan perhitungan APBN/APBD yang digunakan untuk membayar barang atau jasa tersebut.  Dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk saat ini harus didasarkan pada Perpres Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah dan  Inpres Nomor 1 Tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah
Blog, Updated at: 20.21.00
thumbnail

KALENDER PENDIDIKAN 2015 2016

Sebelum Anda Membaca informasi KALENDER PENDIDIKAN 2015/2016 khusus bagi guru SMP saya informasikan bahwa kemdikbud telah membuka kesempatan seleksi penerima beasiswa S2 untuk guru SMP baik PNS maupun Non PNS tahun 2015. 
Blog, Updated at: 01.54.00
thumbnail

SURAT EDARAN PERIHAL KEBIJAKAN PERSYARATAN PENERBITAN NUPTK TERBARU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 10 Mei 2015

Pada tanggal 30 April 2015, Kepala BPSDMPK Kemdibud telah menerbitkan Surat Edaran perihal Kebijakan Persyaratan Penerbitan NUPTK terbaru. Isi Surat Edaran perihal Kebijakan Persyaratan Penerbitan NUPTK terbaru tersebut adalah sebagai berikut:
Blog, Updated at: 21.59.00
thumbnail

PERATURAN MENDIKBUD DAN MENTERI AGAMA TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 09 Mei 2015

Peraturan Mendikbud dan Menteri Agama Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2015/2016 sepertinya masih menggunakaan Peraturan Bersama  antara Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama  Nomor 2/VII/PB/2014 Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal Dan Sekolah/Madrasah
Blog, Updated at: 01.54.00
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP / MTS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 07 Mei 2015


Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Video Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 19.14.00
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN IPS SMP / MTS

Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Video Pembelajaran IPS untuk SMP yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 08.00.00
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP / MTS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 06 Mei 2015

Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Video Pembelajaran Matematika untuk SMP yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 19.25.00
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD DAN MI

Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan minat, motivasi  dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru yang baik hendaknya memaksimalkan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Link Download Video Pembelajaran Matematika untuk SD dan MI yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 08.05.00
thumbnail

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 05 Mei 2015

1.      Pengertian Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning)
Keberhasilan dari pembelajaran sangat ditentukan oleh pemilihan metode belajar yang ditentukan oleh guru. Sebab dengan penyajian pembelajaran secara menarik akan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, sebaliknya jika pembelajaran itu disajikan dengan cara yang kurang menarik, membuat motivasi siswa rendah. Untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, upaya yang harus dilakukan guru adalah memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran. Dengan model pembelajaran yang tepat diharapkan akan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sehingga hasil belajar pun dapat ditingkatkan.
Blog, Updated at: 01.34.00
thumbnail

BLANKO IJAZAH SMA DAN SMK TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 04 Mei 2015

Untuk membantu rekan guru atau sekolah dalam mempersiapkan draf penulisan IJAZAH SMA DAN SMK TAHUN 2015, sambil menunggu Juknis penulisan IJAZAH SMA DAN SMK TAHUN 2015. Berikut ini saya sharrekan Blanko IJAZAH SMA DAN SMK TAHUN 2015 sesuai Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 028/H/Ep/2015  Tentang  Bentuk, Spesifikasi, dan Pencetakan Blangko Ijazah Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Blog, Updated at: 23.51.00
thumbnail

BLANKO IJAZAH SD SMP SMA DAN SMK TAHUN 2015

Untuk membantu rekan guru atau sekolah dalam mempersiapkan draf penulisan IJAZAH SD SMP SMA DAN SMK TAHUN 2015, sambil menunggu Juknis penulisan IJAZAH SD SMP SMA DAN SMK TAHUN 2015. Berikut ini saya sharrekan Blanko IJAZAH SD SMP SMA DAN SMK TAHUN 2015 sesuai Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 028/H/Ep/2015  Tentang  Bentuk, Spesifikasi, dan Pencetakan Blangko Ijazah Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Blog, Updated at: 23.20.00
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

A.  Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Tipe Jigsaw adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif di mana pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa yang bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal, baik pengalaman individu maupun pengalaman kelompok. Pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini setiap siswa menjadi anggota dari 2 kelompok, yaitu anggota kelompok asal dan anggota kelompok ahli. Anggota kelompok asal terdiri dari 3-5 siswa yang setiap anggotanya diberi nomor kepala 1-5. Nomor kepala yang sama pada kelompok asal berkumpul pada suatu kelompok yang disebut kelompok ahli.

Blog, Updated at: 00.50.00
thumbnail

INSTRUMEN MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 01 Mei 2015

Bagaimana mengetahui kecendrungan gaya belajar siswa? kita dapat menggunakan instrumen untuk mengetahui gaya belajar Siswa. Berikut ini salah satu instrumen dalam bentuk angket yang dapat digunakan untuk mengetahui gaya belajar Siswa.
Blog, Updated at: 00.00.00

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

CB