thumbnail

ARTI RESHUFFLE KABINET DAN DASAR HUKUMNYA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 29 Juni 2015

Belakang ini telah beredar isu terkait Presiden Jokowi akan melalukan Reshuffle Kabinet. Lalu Apa yang dimaksud  Reshuffle Kabinet? Bagaimana konteks Reshuffle Kabinet dengan hak prerogatif Presiden?
Blog, Updated at: 23.24.00
thumbnail

PEMENANG LOMBA PENULISAN CERITA RAKYAT TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 28 Juni 2015

Berikut ini daftar Pemenang Lomba Penulisan Cerita Rakyat, Komik dan Esai Budaya Damai Tahun 2015 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Blog, Updated at: 22.00.00
thumbnail

PETUNJUK RASULULLAH SAW DALAM BERPUASA

Petunjuk puasa dari Nabi shallallahu 'ala ihi wasallam adalah petunjuk yang paling sempurna, paling mengena dalam mencapai maksud, serta paling mudah penerapannya bagi segenap jiwa.  Di antara petunjuk puasa dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada bulan Ramadhan adalah : Memperbanyak melakukan berbagai macam ibadah. Jibril'alaihis salam senantiasa membacakan Al-Qur'anul Karim untuk beliau pada bulan Ramadhan; beliau juga memperbanyak sedekah, kebajikan, membaca Al-Qur'anul Karim, shalat, dzikir, i'tikaf dan bahkan beliau mengkhususkan beberapa macam ibadah pada bulan Ramadhan, hal yang tidak beliau lakukan pada bulan-bulan lain.
Blog, Updated at: 00.04.00
thumbnail

PERMENDIKBUD NOMOR 55 TAHUN 2014 TENTANG MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 27 Juni 2015

Sebentar lagi sekolah akan melaksanakan Masa Orientasi Peserta Didik Baru, oleh karena itu agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku sudah seharusnya pihak sekolah, baik itu kepala sekolah, guru maupun TU memahami Permendikbud Nomor 55 Tahun 2014 Tentang Masa Orientasi Peserta Didik Baru Di Sekolah yang saat ini masih berlaku
Blog, Updated at: 00.19.00
thumbnail

PERMENDIKBUD TENTANG LEGALISIR / PENGESAHAN FOTOKOPI IJAZAH / SURAT TANDA TAMAT BELAJAR

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 26 Juni 2015


Saat ini dibeberapa instansi sedang dilakukan permeriksaan ijazah, oleh karena itu para pegawai diminta melampirkan dokumentasi Ijazah berupa foto copy ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Berikut ini ketentuan resmi tentang legalisir atau pengesahan foto copy ijazah yang diatur dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Permendikbud Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Legalisir Ijazah atau Pengesahan Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar, Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar Dan Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Serta Permendikbud No 11 tahun 2014 Tentang Pengesahan Fotokopi atau Legalisir Ijazah, Fotokopi Sertifikat Profesi, Fotokopi Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Sertifikat Profesi, dan Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Sertifikat Profesi Lulusan Perguruan Tinggi
Blog, Updated at: 23.32.00
thumbnail

CARA DOWNLOAD GAME UNTUK HP ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE IDM ATAU DOWNLOAD MANAGER

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 24 Juni 2015

File game atau aplikasi untuk HP Android ditandai dengan ekstensi .apk. File-file dengan ekstensi .apk ini merupakan file mentah baik berupa game maupun aplikasi yang biasanya secara resmi dapat di download langsung di Google Play Store.
Blog, Updated at: 23.37.00
thumbnail

TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU AKAN DIBERIKAN SESUAI KINERJA DAN PRESTASI GURU

Pemberian tunjangan profesi guru (TPG) atau tunjangan sertfikasi kepada guru yang telah tersertifikasi sesungguhnya merupakan implementasi Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen untuk mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat. Sehingga dengan pemberian tunjangan profesi guru (TPG) atau tunjangan sertfikasi diharapkan guru menjadi lebih profesional.
Blog, Updated at: 20.20.00
thumbnail

CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS: PPKN / PKN SMP

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 22 Juni 2015

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Tugas seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa tidaklah mudah. Guru harus memiliki kompetensi yang dapat menunjang tugasnya agar tujuan pendidikan dapat dicapai. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan pelaksanaan tugas profesinya ialah kemampuan mengembangkan model pembelajaran.
Blog, Updated at: 01.00.00
thumbnail

SURAT EDARAN PENYESUAIAN KENAIKAN GAJI POKOK PNS DAN PENCAIRAN RAPELAN GAJI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 20 Juni 2015

Berikut ini Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan Nomor SE-19/PB/2015 tentang Penyesuaian Besaran Gaji Pokok Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia tahun 2015
Blog, Updated at: 12.30.00
thumbnail

BERPUASA TAPI MENINGGALKAN SHALAT

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 18 Juni 2015

Barangsiapa berpuasa tapi meninggalkan shalat, berarti ia meninggalkan rukun terpenting dari rukun-rukun Islam setelah tauhid. Puasanya sama sekali tidak bermanfaat baginya, selama ia meninggalkan shalat. Sebab shalat adalah tiang agama, di atasnyalah agama tegak. Dan orang yang meninggalkan shalat hukumnya adalah kafir. Orang kafir tidak diterima amalnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :"Perjanjian antara kami dan mereka adalah shalat, barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir." (HR. Ahmad dan Para penulis kitab Sunan dari hadits Buraidah radhiallahu 'anhu)  At-Tirmidzi berkata : Hadits hasan shahih, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi menshahihkannya.
Blog, Updated at: 22.52.00
thumbnail

YANG BOLEH DILAKUKAN SUAMI ATAS ISTERI PADA SAAT BERPUASA

Berikut ini penjelasan tentang Yang Boleh Dilakukan Suami Atas Isteri Pada Saat Berpuasa yang saya kutif dari buku Silsilah Al Hadist Ash Shahihah 1 Karya Syaikh Nashiruddin Al-Albani
Blog, Updated at: 03.56.00
thumbnail

PENILAIAN HASIL BELAJAR

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 17 Juni 2015


1.    Makna Penilaian Kelas dan Berkelanjutan.
Setiap orang akan selalu belajar, artinya aktivitas belajar itu tidak terhenti, akan tetapi terus berlanjut. Begitu juga bagi para siswa yang sedang belajar akan terus belajar sampai mencapai hasil yang diharapkan. Dalam hal ini memang tidak ada istilah gagal, tetapi hanya belum mencapainya. Setiap siswa pada saatnya nanti akan dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Hal ini sesuai dengan konsep belajar tuntas dan berkelanjutan.
Blog, Updated at: 00.13.00
thumbnail

LOMBA KREATIFITAS GURU (LKG) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 13 Juni 2015

Kesempatan untuk berprestasi kembali dibuka untuk guru yang aktif inovatif dan kreatif diseluruh tanah air. Dalam rangka meningkatkan profesional guru, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Pusbangprodik), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali mengadakan "Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional". Dengan total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juta rupiah).
Blog, Updated at: 21.14.00
thumbnail

DOWNLOAD NAWA CITA PRESIDEN JOKO WIDODO (JOKOWI) JUSUF KALLA (JK)

NAWA CITA PRESIDEN JOKO WIDODO (JOKOWI) JUSUF KALLA (JK)  2014 - 2019

1. Kami akan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
Blog, Updated at: 00.20.00
thumbnail

PEMERINTAH TURUNKAN TARIF TOL PADA H+10 DAN H-5 LEBARAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 12 Juni 2015

Guna mengurangi kemacetan di jalan raya, Pemerintah memutuskan untuk menurunkan tarif tol pada masa yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik dan balik Lebaran tahun 2015 ini, yaitu pada H-10 dan H+5.
Blog, Updated at: 23.33.00
thumbnail

DOWNLOAD PP NOMOR 30 TAHUN 2015 TENTANG KENAIKAN GAJI PNS TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 11 Juni 2015

WARNING KHUSUS PNS, MULAI TAHUN 2015, SEMUA PNS WAJIB PENDATAAN ULANG DI SITUS BKN, CARANYA KLIK DISINI

Berita gembira bagi PNS, Kepastian Kenaikan gaji PNS tahun 2015 akhir dapat diketahui setelah pemerintah menerbitkan PP atau Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh  Belas  Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai  Negeri Sipil yang ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015. Berdasarkan pasal 2 PP NO 30 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji PNS tahun 2015 mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015.
Blog, Updated at: 06.32.00
thumbnail

DOWNLOAD NO 31 TAHUN 2015 TENTANG KENAIKAN GAJI TNI TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 10 Juni 2015


Kabar gembira bagi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) karena pemerintah telah memastikan kenaikan gaji TNI pada tahun 2015 dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2015 Tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia. Sebagaimana diketahui pada tanggal 4 Juni 2015 presiden Joko Widodo telah menandatangai PP Nomor 31 tentang Kenaikan Gaji TNI Tahun 2015. Sesuai pasal 2 PP NO 31 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji TNI tahun 2015 terhitung mulai tanggal  1 Januari  2015.
Blog, Updated at: 23.53.00
thumbnail

DOWNLOAD PP NO 32 TAHUN 2015 TENTANG KENAIKAN GAJI POLRI TAHUN 2015

Kabar gembira bagi anggota POLRI karena pemerintah telah memastikan kenaikan gaji POLRI tahun 2015 dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2015 Tentang Peraturan Gaji Anggota Polisi Republik Indonesia. Sebagaimana diketahui pada tanggal 4 Juni 2015 presiden Joko Widodo telah menandatangai PP Nomor 31 tentang Kenaikan Gaji POLRI Tahun 2015. Sesuai pasal 2 PP NO 32 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji POLRI tahun 2015 terhitung mulai tanggal  1 Januari  2015.
Blog, Updated at: 23.50.00
thumbnail

DOWNLOAD PP 38 TAHUN 2015 TENTANG GAJI KE 13 TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 09 Juni 2015

PP 38 TAHUN 2015

Peraturan Pemerintah Tentang Pemberian Gaji Ke 13 tahun 2015 Bagi PNS, TNI, POLIRI dan Pensiunan tahun 2015 akhir diterbitkan  oleh dikeluarkanya PP Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketiga Belas Dalam Tahun Anggaran 2015 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Dan Penerima Pensiun /Tunjangan.
Pasal 2 ayat 1-3 PP Nomor 38 Tahun 2015

Pada pasal 2 ayat 1 PP 38 TAHUN 2015 disebutkan bahwa yang menerima gaji ke 13 adalah PNS, anggota POLRI, anggota TNI, dan penerima pensiunan atau tunjangan.

Pasal 3 ayat  1 dan 2  PP Nomor 38 Tahun 2015 tentang Gaji Ketigas Belas


Pada pasal 3 ayat 1 PP 38 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa besaran gaji/pensiunan/tunjangan bulan ke 13 adalah sebesar penghasilan pada bulan Juni 2015


Pasal 4 ayat 1 dan 2 PP Nomor 38 Tahun 2015 tentang Gaji Ke 13

Pada pasal 4 ayat 1 PP 38 TAHUN 2015 pemberian gaji/pensiunan/tunjangan bulan ke 13 dibayar pada bulan Juli 2015






Blog, Updated at: 22.48.00
thumbnail

INI KETERANGAN NABI SAW TENTANG BATU AKIK

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 07 Juni 2015

Demam batu akik melanda sejumlah daerah di Indonesia. Fenomena ini ternyata sudah terjadi di zaman Rasulullah SAW, 1.400 tahun silam. Salah satu hadist Rasullah yang terkait dengan batu akik terdapat dalam Hadist riwayat Imam Muslim yang menjelaskan bahwa cincin Rasulullah SAW terbuat dari perak dan batu mata cincinya berasal dari negeri Habasyi.
Blog, Updated at: 00.31.00
thumbnail

PP GAJI KE 13 TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 05 Juni 2015

PP 38 TAHUN 2015

Peraturan Pemerintah Tentang Pemberian Gaji Ke 13 tahun 2015 Bagi PNS, TNI, POLIRI dan Pensiunan tahun 2015 akhir diterbitkan  oleh dikeluarkanya PP Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketiga Belas Dalam Tahun Anggaran 2015 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Dan Penerima Pensiun /Tunjangan.

Blog, Updated at: 20.44.00
thumbnail

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 04 Juni 2015

A. Pendahuluan
Konsep kecakapan hidup (life skill education) sudah sejak lama menjadi perhatian para ahli yang menekuni pengembangan kurikulum seperti dinyatakan Tyler (1947) dan Taba (1962). Mereka menyatakan bahwa kecakapan hidup merupakan salah satu fokus analisis dalam pengembangan kurikulum pendidikan yang menekankan pada kecakapan hidup dan bekerja.
Blog, Updated at: 00.15.00
thumbnail

DOWNLOAD APLIKASI DUPAK TERBARU DAN APLIKASI PKG SESUAI PERMENPAN RB NO 16 TAHUN 2009

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 02 Juni 2015

Aplikasi DUPAK Terbaru Sesuai Permenpan Rb No 16 Tahun 2009

Dalam Permenpan & RB No. 16 Tahun 2009 pada poin (7) dijelaskan juga bahwa Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
Blog, Updated at: 01.01.00
thumbnail

TUNJANGAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DENGAN TUGAS TAMBAHAN DI DKI JAKARTA AKAN DINAIKKAN

Kabar gembira buat para kepala sekolah dan kepala TU di DKI Jakarta, sebagaimana diinformasikan  http://megapolitan.kompas.com, bahwa  Tunjangan Kepala Sekolah Dan Kepala TU di DKI Jakarta Akan Dinaikkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyusun revisi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 207 Tahun 2014 tentang tunjangan kinerja daerah (TKD), yang didalamnya mengatur tunjangan untuk jabatan fungsional, salah satunya jabatan kepala sekolah. Sebab dalam waktu dekat Pemprov DKI akan menaikkan tunjangan jabatan pimpinan tertinggi di sekolah itu. 
Blog, Updated at: 00.14.00
thumbnail

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PKN SMP BERDASARKAN KTSP

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 01 Juni 2015

Apa yang dimaksud Pendidikan Multikultural?
Secara sederhana pendidikan multikultural dapat didefenisikan sebagai "pendidikan tentang keragaman kebudayaan dalam meresponi perubahan demografis dan kultural lingkungan masyarakat tertentu atau bahkan dunia secara keseluruhan". Hal ini sejalan dengan pendapat Paulo Freire, pendidikan bukan merupakan "menara gading" yang berusaha menjauhi realitas sosial dan budaya. Pendidikan menurutnya, harus mampu menciptakan tatanan masyarakat yang terdidik dan berpendidikan, bukan sebuah masyarakat yang hanya mengagungkan prestise sosial sebagi akibat kekayaan dan kemakmuran yang dialaminya.
Blog, Updated at: 01.39.00

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Followers

---------------------------------------

CB