thumbnail

MENPAN MENEGASKAN AKAN MEMECAT TIDAK DENGAN HORMAT PNS YANG TERLIBAT PENIPUAN CPNS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 31 Juli 2015

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)  Yuddy Chrisnandi meminta pemerintah daerah, khususnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk proaktif mensosialisasikan kebijakan moratorium kepada masyarakat. hal itu diperlukan untuk mencegah terulangnya kasus penipuan terkait dengan pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Blog, Updated at: 23.34.00
thumbnail

INI BUKTI TIDAK ADA PENERIMAAN CPNS JALUR KEBIJAKAN

Guna memberi informasi agar rekan-rekan yang berharap menjadi CPNS atau PNS tidak tertipu, berikut ini saya kutip berita dari website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera tentang adanya penipuan CPNS yang saya labeli dengan Ini Bukti Tidak Ada Penerimaan CPNS 2015 Jalur Kebijakan.
Blog, Updated at: 07.38.00
thumbnail

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 30 Juli 2015

A.     Definisi PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS)  

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS)  adalah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti (umumnya juga praktisi) di sekolah untuk membuat peneliti lebih profesional terhadap pekerjaannya, memperbaiki praktik-praktik kerja, dan melakukan inovasi sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan terapan (professional knowledge).
Blog, Updated at: 00.24.00
thumbnail

UJI NORMALITAS (PENGUJIAN LILLIEFORS) DAN HOMOGENITAS VARIAN DENGAN MS EXCEL DAN SPSS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 29 Juli 2015

Salah satu persyaratan analisis data hasil penelitian  untuk menentukan teknik analisis yang akan digunakan  adalah UJI NORMALITAS. Melalui software SPSS Uji Normalitas dapat dilakukan dengan menggunakan  One Sample Kolmogorov Smirnov Test
Blog, Updated at: 23.03.00
thumbnail

FATWA MUI BPJS KESEHATAN SAAT INI HUKUMNYA HARAM

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 28 Juli 2015

Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia V ini diselenggarakan di Pondok Pesantren AtTauhidiyah, Cikura, Tegal, Jawa Tengah pada 7-10 Juni 2015 menyatakan BPJS Kesehatan Saat Ini Hukumnya Haram. Oleh karena itu MUI mendorong pemerintah untuk membentuk, menyelenggarakan, dan melakukan pelayanan jaminan sosial berdasarkan prinsip syariah dan melakukan pelayanan prima.
Blog, Updated at: 22.14.00
thumbnail

SK DIRJEN DIKDASMEN DAN SK KEPALA BALITBANG TENTANG SEKOLAH PELAKSANA KURIKULUM 2013

Dalam rangka memberikan dasar hukum yang jelas bagi sekolah pelaksana Kurikulum 2013 tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan SK DIRJEN DIKDASMEN tentang Penetapan Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun 2016. Berikut ini salinan SK tersebut.
Blog, Updated at: 20.17.00
thumbnail

SE MENDIKBUD TENTANG PENCEGAHAN PRAKTIK PERPELONCOAN, PELECEHAN, DAN KEKERASAN PADA MOS ATAU MOPDB

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 27 Juli 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengeluarkan surat edaran untuk mencegah praktik perpeloncoan, pelecehan, dan kekerasan pada masa orientasi peserta didik baru di sekolah. Surat edaran dengan nomor 59389/MPK/PD/Tahun 2015 yang dikeluarkan pada 24 Juli 2015 tersebut ditujukan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia.
Blog, Updated at: 21.29.00
thumbnail

BERDASARAKAN SE MENPANRB NOMOR B/2355/M.PANRB/07/2015 PNS/ASN DILARANG MEMBERIKAN DUKUNGAN KEPADA CALON KEPALA DAERAH/ WAKIL KEPALA DAERAH

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 24 Juli 2015

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi telah menerbitkan Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/2355/M.PANRB/07/2015 tanggal 22 Juli 2015 tentang Netralitas ASN dan Larangan Penggunaan Aset Pemerintah dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak. Surat edaran tersebut untuk mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan dilakukan pada bulan Desember 2015 mendatang..
Blog, Updated at: 23.19.00
thumbnail

KEWAJIBAN SEKOLAH DALAM RANGKA GERAKAN PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 23 Juli 2015

Bersamaan dengan dimulainya tahun pelajaran 2015/2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencanangkan “Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti” melalui serangkaian kegiatan non kurikuler. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dalam kegiatan harian dan periodik wajib maupun pilihan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai dan karakter positif. 
Blog, Updated at: 20.03.00
thumbnail

BUKTI KETIDAKADILAN PEMERINTAH TERHADAP GURU SEPERTINYA TERLIHAT DARI PEMBERIAN GAJI KE 13 TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 21 Juli 2015

Bukti ketidakadilan pemerintah terhadap guru terlihat jelas pada pemberian gaji ke-13 tahun 2015, Sesuai peraturan Menteri Keuangan Nomor 117/PMK.05/2015 tanggal 22 Juni 2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji/ Pensiunan/ Tunjangan Bulan Ketigabelas dalam Tahun Anggaran 2015 yang antara lain menyatakan bahwa besaran gaji/tunjangan ketiga belas diberikan sebesar penghasilan bulan Juni yang meliputi:
Blog, Updated at: 23.48.00
thumbnail

HALAL BIHALAL MERUPAKAN BUDAYA KHAS MUSLIM INDONESIA

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Abd. Rahman Mas’ud menyatakan, tradisi halal bihalal khas umat muslim Indonesia dan tidak ditemukan di dunia Islam lainnya. Karena itu, tradisi tersebut diharapkan dapat ditegakkan secara berkesinambungan dan konsisten.
Blog, Updated at: 23.14.00
thumbnail

APA MAKNA MINAL ‘AIDIN WAL FAIZIN ?

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 18 Juli 2015


Minal ‘Aidin Walfaizin. Itulah yang sering diungkapkan oleh orang di Indonesia ketika hari raya Idul Fitri. Lalu apa makna kalimat Minal ‘aidin wal faizin. "Minal Aidin wal Faizin" sebenarnya adalah do'a yang artinya : “Semoga kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”. Jadi, jangan salah mengartikan dengan “Mohon maaf lahir dan batin” lagi.
Blog, Updated at: 14.00.00
thumbnail

BERDASARKAN PERMENDIKBUD 21/2015 ORTU WAJIB MENGANTARKAN ANAKNYA DI HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 15 Juli 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan aturan teknis yang sangat detil terkait hari pertama masuk sekolah pasca Lebaran. Seperti orangtua wajib mengantar anaknya ke sekolah di hari perdana. Tak tanggung – tanggung regulasi tersebut di tuangkan dalam Permendikbud 21/2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Blog, Updated at: 18.41.00
thumbnail

PEMBERIAN KESETARAAN JABATAN DAN PANGKAT BAGI GURU BUKAN / NON PNS SEBENARNYA TIDAK HANYA UNTUK GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKAT PENDIDIK

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 14 Juli 2015

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Permendikbud Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pemberian Kesetaraan Jabatan dan Pangkat Bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil, Pemberian Kesetaraan Jabatan dan Pangkat bagi guru bukan atau non PNS tidak hanya berlaku bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik.
Blog, Updated at: 00.00.00
thumbnail

PEDOMAN PENDIRIAN SD, SMP, SMA DAN SMK BARU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 12 Juli 2015

Pedoman Pendirian SD, SMP, SMA Dan SMK Baru diatur dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pendirian, Perubahan, dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah
Blog, Updated at: 04.07.00
thumbnail

ATURAN BARU KEMDIKBUD SEKOLAH WAJIB MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA SETIAP HARI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 10 Juli 2015

Disadari atau tidak, nilai-nilai dasar kemanusiaan yang berakar dari Pancasila masih sebatas pada pemahaman dalam tataran konseptual. Nilai-nilai dasar kemanusiaan ini belum sepenuhnya terwujud menjadi nilai aktual dengan cara yang menyenangkan di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat. Padahal nilai-nilai tersebut penting agar anak-anak Indonesia memiliki karakter positif.
Blog, Updated at: 18.37.00
thumbnail

BEBERAPA FUNGSI TOMBOL KEYBOARD

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 09 Juli 2015

Bagi rekan-rekan yang sering menggunakan komputer sudah seharusnya mengetahui Beberapa Fungsi Tombol Keyborad yang dapat dipergunakan untuk mempercepat pekerjaan kita. Dengan mengetahui Beberapa Fungsi Tombol Keyborad maka kita akan lebih mudah dan lebih cepat dalam mengerjakan tugas tertentu seperti saat mengedit tulisan, dan lainnya.Terkadang mungkin kita telah sering berhadapan dengan komputer. Namun tahukah Anda kegunaan tombol-tombol yang ada di keyboard tersebut. 
Blog, Updated at: 23.51.00
thumbnail

ATURAN BARU SANKSI KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN ANGGRAN CUKUP DENGAN GANTI RUGI

Para pejabat yang berkutat di bagian keuangan  tidak perlu risau lagi dalam merealisasikan anggaran. Pasalnya, pemerintah tengah menggodok Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Sanksi Administrasi. RPP yang merupakan implementasi dari UU Administrasi Pemerintahan ini diyakini bisa melindungi pejabat dari jeratan pidana.
Blog, Updated at: 03.57.00
thumbnail

ATURAN / KETENTUAN PAKAIAN SERAGAM ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA

Aturan Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka Saat Ini Masih Didasarkan Pada  Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 174 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Namun, aturan ini sengaja saya upload kembali karena masih banyak sekolah yang belum mengetahui aturan penggunaan pakaian seragam pramuka.
Blog, Updated at: 00.09.00
thumbnail

INI CARA PENENTUAN 1 SYAWAL YANG MEMUNGKINKAN TERJADI PERBEDAAN HARI RAYA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 08 Juli 2015

Penentuan awal dan akhir Ramadhan dapat dilakukan melalui salah satu dari tiga cara di bawah ini:
1.   Rukyatul hilal ( melihat bulan sabit )
2.   Menyempurnakan bulan sya`ban manjadi tiga puluh hari
3.   Memperkirakan bulan sabit atau dengan menggunakan ilmu falaq

Blog, Updated at: 19.46.00
thumbnail

TEORI DAN MODEL MENGAJAR

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Selasa, 07 Juli 2015

Mengenai teori mengajar, dapat disebutkan sedikitnya ada tiga teori, yaitu menurut Bruner, Ausabel dan Gagne. Berikut ini akan dikemukakan ketiga teori tersebut. Menurut Bruner, mengajar adalah menyajikan konsep dan masalah secara bertahap, yaitu enaktif (gerak), ekonik (deskripsi visual) dan simbolik (deskripsi verbal). Mengajar adalah upaya menguraikan (a) pengalaman belajar, (b) cara mengorganisasikan, (urutan hal pokok secara sistematis. dan (d) prosedur penggunaan penguatan. Tahap-tahapnya enaktif, ekonik dan simbolik.
Blog, Updated at: 22.48.00
thumbnail

PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA (JHT) BPJS ATAU JAMSOSTEK SEKARANG CUMA 1 BULAN SETELAH DI PHK

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Minggu, 05 Juli 2015

Setelah mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dakhiri mengubah kebijakan soal pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Jika semula JHT hanya bisa dicairkan minimal 10 tahun kepesertaan, kini pekerja yang dikenakan pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mencairkannya.
Blog, Updated at: 14.34.00
thumbnail

DOWNLOAD BUKU PEGANGAN GURU DAN SISWA KURIKULUM 2013

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 04 Juli 2015



Bagi SMP maupun MTS yang melaksanakan Kurikulum 2013, mulai tahun ini penerapannya sudah memasuki kelas 9 (IX). Berkaitan masih banyak sekolah yang belum mendapatkan pasokan Buku Kurikulum 2013 untuk kelas 9 (IX),  bersama ini saya sharrekan link download Buku Kurikulum 2013 untuk kelas 9 (IX) SMP/MTS edisi tahun 2015.
Blog, Updated at: 23.29.00
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM ATAU PAIKEM)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Kamis, 02 Juli 2015

1.   Pengertian Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM)

Secara umum istilah belajar dimaknai sebagai suatu kegiatan yang mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku. Dengan pengertian demikian, maka pembelajaran dapat dimaknai sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku peserta didik berubah ke arah yang lebih baik (Darsono, 2000: 24).
Blog, Updated at: 23.08.00
thumbnail

BEASISWA REGULER UNTUK MAHASISWA S2 DAN S3 DARI LPDP

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 01 Juli 2015

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister (S2) dan Doktoral (S3) adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.
Blog, Updated at: 21.00.00
thumbnail

BEASISWA PENYUSUNAN TESIS DAN DISERTASI


Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) program Tesis/Disertasi ditujukan bagi para mahasiswa Magister atau Doktoral yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan tesis/disertasinya, baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun luar negeri. Tujuan program ini adalah untuk mempercepat tersedianya lulusan Magister atau Doktoral yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Blog, Updated at: 20.50.00
thumbnail

SURAT RESMI DIRJEN GTK TENTANG PENUTUPAN PORTAL PADAMU NEGERI

Surat Resmi Dirjen GTK tentang Penutupan Portal Padamu Negeri akhir diterbitkan. Surat tersebut diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 16587 / B / PTK / 2015 Tanggal 29 Juni 2015 tentang Surat Edaran tentang penggunaan Dapodik dalam pendataan Guru dan tenaga kependidikan.
Blog, Updated at: 00.46.00

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Followers

---------------------------------------

CB