thumbnail

DOWNLOAD VIDEO PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SD/MI DAN SMP/MTS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, August 29, 2015




AECT (Association of Education and Communication Technology) pada tahun 1977 telah memberi batasan tentang media pembelajaran sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Sejalan dengan pendapat di atas, Arsyad (2011:4) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah alat untuk menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pembelajaran.
Blog, Updated at: 7:20:00 AM
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN IPA SD DAN MI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, August 28, 2015





Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan minat, motivasi  dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru yang baik hendaknya memaksimalkan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Link Download Video Pembelajaran IPA untuk SD dan MI yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 2:43:00 PM
thumbnail

HONORER KATEGORI DUA (K2) DIANGKAT CPNS TAHUN INI ?

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, August 27, 2015




Komisi II DPR meminta pemerintah merealisasikan janjinya untuk mengangkat 30 ribu honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS tahun ini. Pasa‎lnya, kuota 30 ribu itu sudah ada anggarannya dan disimpan negara.
Blog, Updated at: 6:46:00 PM
thumbnail

DOWNLOAD VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP / MTS

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, August 26, 2015


Video pembelajaran merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Untuk keperluan tersebut berikut ini saya sharrekan  Video Pembelajaran IPA untuk SMP yang dapat gunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Blog, Updated at: 2:37:00 PM
thumbnail

INILAH APLIKASI SMARTPHONE DAN HP ANDROID YANG DAPAT DIPERGUNAKAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, August 24, 2015




Smartphone, HP Android dan tablet sering dilarang dalam proses belajar mengajar, karena dianggap dapat merusak konsentrasi melalui game, media sosial dan aplikasi chatting. Padahal, terdapat banyak aplikasi pendidikan yang bisa memudahkan guru dan murid. Setidaknya bisa digunakan oleh guru dalam memberikan tugas belajar di rumah atau belajar kelompok, karena hampir sebagian besar siswa terutama di perkotaan telah memiliki smartphone dan/atau HP berbasis Android. Berikut ini saya kutip lima Aplikasi Smartphone dari http://www.nextren.com dan puluhan aplikasi pembelajaran dari http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/
Blog, Updated at: 10:17:00 PM
thumbnail

LATIHAN TRYOUT UJIAN NASIONAL UN CBT ON LINE

Banyak sekolah yang tahun ini baru akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), oleh karena sekolah dan peserta didiknya harus mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan UNBK agar hasilnya maksimal. Salah satu caranya dengan mengadakan Uji Coba atau Try Out UNBK 2017. Bagi sekolah yang belum memiliki fasilitasUNBK dan memiliki keterbatasan dalam membuat aplikasi try out UNBK saya saranakan gunakan sarana Uji Coba atau Try Out UNBK gratis yang tersedia.
Blog, Updated at: 8:31:00 AM
thumbnail

SURAT EDARAN DIRJEN GTK TENTANG PELAKSANAAN UKG 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, August 21, 2015





Tertanggal 14 Agustus 2015 Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud telah mengeluarkan surat edaran dirjen GTK Nomor 2825/B/PR/2015 tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 yang ditujukan kepada seluruh kepala dinas pendidikan provinsi dan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.
Blog, Updated at: 10:41:00 PM
thumbnail

PENDAFTARAN ONLINE ANGGOTA POLRI CALON BINTARA KHUSUS PENYIDIK PEMBANTU TAHUN 2015





Tahun ini, Polri kembali membuka penerimaan calon bintara khusus penyidik pembantu. Kabid Humas Polda NTT, AKBP Ronalzie Agus, menjelaskan,  secara nasional, kuota yang dibutuhkan sebanyak 450 orang, dengan rincian 400 pria dan 50 wanita.
Blog, Updated at: 8:31:00 PM
thumbnail

LOMBA MOBILE EDUKASI 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, August 16, 2015





Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tugas Melakukan pengkajian dan pengembangan model multimedia pendidikan. Berhubungan dengan tugas dan fungsi BPMP untuk mengembangkan model multimedia pendidikan serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, maka BPMP perlu untuk mempublikasikan keberadaannya agar dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Terlebih agar programprogram yang telah dilaksanakan beserta produkproduknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan. Untuk memperbanyak dan mengenalkan model multimedia ke seluruh indonesia BPMP akan melaksanakan Lomba Mobile Edukasi dengan total keseluruhan hadiah yang disediakan untuk semua kategori lebih dari Rp. 400.000.000.
Blog, Updated at: 10:34:00 AM
thumbnail

PERINGATAN BUAT GURU, TERLALU BANYAK MEMBERIKAN PR BERDAMPAK BURUK BAGI PESERTA DIDIK

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, August 15, 2015




Guru mungkin perlu memikirkan kembali tugas-tugas yang terlalu banyak diberikan kepada siswanya. Berdasarkan pedoman National Education Association dan Natiomal Parent-Teacher Association, ada sebuah aturan yang dinamakan "Aturan 10 Menit". Maksudnya adalah 10 menit waktu untuk mengerjakan PR per tingkat kelas setiap malam. Artinya, siswa kelas 1 memiliki waktu 10 menit setiap malam untuk mengerjakan PR, 20 menit untuk kelas 2, dan seterusnya hingga 120 menit untuk siswa kelas 12. 
Blog, Updated at: 9:05:00 PM
thumbnail

GAJI POKOK PNS / ASN MULAI TAHUN 2018 BISA CAPAI 14,3 JUTA




Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi sudah menyelesaikan draf peraturan pemerintah (PP) tentang sistem gaji dan tunjangan untuk pegawai negeri sipil atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Rencananya, sistem penggajian baru PNS / ASN ini akan efektif berlaku mulai 2018.
Blog, Updated at: 6:57:00 AM
thumbnail

KENAIKAN GAJI PNS 2016, GAJI KE 13 TAHUN 2015, DAN PEMBERIAN THR BAGI PNS TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, August 14, 2015




Kenaikan Gaji PNS / ASN tahun 2016  diganti dengan pemberikan gaji ke-14 bagi pegawai negeri sipil (PNS). Gaji ke-14 tersebut merupakan tunjangan hari raya (THR) dengan besaran satu kali gaji pokok.  Pengganti Kenaikan gaji PNS / ASN tahun 2016 berupa pemberikan gaji ke-14 sudah menganggarkan dana sebesar Rp 6 triliun dalam Rancangan Angggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. "Anggaran tahun depan sekitar Rp 6 triliunan ya, itu untuk pegawai pemerintah pusat ya. Kalau pemerintah daerah masuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) masing-masing," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani di Jakarta, Senin (17/8).
Blog, Updated at: 11:36:00 PM
thumbnail

INI PERCAKAPAN TIGA JENDERAL NATO YANG MENCERMINKAN DUNIA BETUL-BETUL MEMPERHITUNGAKAN KEKUATAN TNI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, August 13, 2015




Inilah percakapan menarik tiga pensiunan jenderal pimpinan NATO dalam sebuah dialog dengan mahasiswa Universitas Dallas, mencerminkan dunia (terutama USA) betul-betul memperhitungakan kekuatan TNI.  Tulisan ini dikutip dari Republika Online (ROL) dengan tajuk Percakapan Tiga Jenderal NATO yang Ketakutan dengan Kekuatan TNI
Blog, Updated at: 10:59:00 PM
thumbnail

BETULKAN BUDAYA PANJAT PINANG DAN BALAP KARUNG MERUPAKAN WARISAN PENJAJAH YANG TIDAK MENDIDIK




Sejumlah sejarawan menyerukan agar kegiatan panjat pinang dan balap karung selama peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus agar dihindari karena merupakan warisan kolonial yang tidak mendidik.
Blog, Updated at: 8:37:00 PM
thumbnail

CARA GURU MENGATASI ANAK NAKAL

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, August 12, 2015




Siswa terutama siswa SMP merupakan sesorang yang berada pada masa perkembangan ke arah kedewasaan. Tahap perkembangan siswa tersebut di sekolah mulai dari aspek psikologis, fisik hingga memiki kemampuan menemukan hal-hal baru yang selama ini tidak bisa ditemukan di rumah. Namun seringkali ada anak-anak bersikap tidak sesuai aturan, baik terhadap aturan di sekolah (tata tertib) maupun terhadap aturan yang berlaku di msyarakat.. Guru, baik itu guru mata pelajaran dan wali kelas serta guru BP memiliki kewajiban meluruskan sikap anak nakal di sekolah maupun di masyarakat untuk memberikan kesempurnaan pendidikan anak.
Blog, Updated at: 11:31:00 PM
thumbnail

INILAH ENAM MENTERI BARU HASIL RESHUFFLE KABINET PERDANA DI ERA KEPEMIMPINAN PRESIDEN JOKOWI




Presiden Joko Widodo (Jokowi) akahirnya melalukan Reshuffle Kabinet dengan melantik enam menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Kerja, Rabu (12/8/2015). Mereka dilantik setelah pelantikan Rano Karno sebagai Gubernur Banten di Istana Negara, Jakarta.
Blog, Updated at: 8:15:00 PM
thumbnail

DOWNLOAD SK PENETAPAN SISWA PENERIMA BSM/PIP/KIP ANGKATAN 1-3 TAHUN 2015 UNTUK TINGKAT SMK




Berikut SK Penetapan Siswa Penerima BSM/PIP Angkatan 1 Tahun 2015 bagi tingkat SMK .
Download SK Penetapan Siswa Penerima BSM/PIP/KIP Angkatan 1 Tahun 2015  Dapat Di Download Disini
Blog, Updated at: 7:58:00 AM
thumbnail

DOWNLOAD SK DARI KEMDIKBUD PENETAPAN SISWA PENERIMA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM)/ PROGRAM INDONESIA PINTAR (KIP-PIP) TAHAP I TAHUN ANGGARAN 2015




Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan  Telah mengeluarkan Keputusan bernomor : 1081/C3/KP/2015 tentang Penetapan Siswa Penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) / Program Indonesia Pintar (KIP-PIP)  Tahap I Tahun Anggaran 2015. SK Dirjen Dikdas Nomor : 1081/C3/KP/2015 ini menjadi salah satu dasar Pencairan Bantuan Siswa Miskin (BSM) / Program Indonesia Pintar (PIP)  Tahap I Tahun Anggaran 2015
Blog, Updated at: 7:11:00 AM
thumbnail

KIAT MENGAJAR DENGAN EFEKTIF

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, August 11, 2015




Salah satu ciri Guru yang baik adalah guru yang efektif. Guru yang efektif selain harus menguasai materi pelajaran juga harus memiliki keahlian atau keterampilan (kompetensi) mengajar yang baik. Lalu bagaimana cara mengajar yang efektif? Setidaknya menurut Gordon Dryden & Dr. Jeannette Vos dalam Buku Revolusi Cara Belajar ada enam kiat mengajar dengan efektif,  yakni:
Blog, Updated at: 11:33:00 PM
thumbnail

DOWNLOAD APLIKASI RKAS SESUAI FORMAT DAN PANDUAN BOS 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, August 10, 2015




Sebagai salah satu yarat untuk memperoleh Dana BOS,  sekolah harus memiliki Rencana Kerja Sekolah atau Rencana  Jangka  Menengah  yang  disusun 4 tahunan dan Rencana Kerja Tahunan yang didalam terdapat RKAS atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Baik RKS atau Rencana  Jangka  Menengah  dan  RKTS  ayang di dalamnya  terdapat RKAS atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah harus  didasarkan  hasil evaluasi diri sekolah;
Blog, Updated at: 1:03:00 AM
thumbnail

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 9 (IX), 8 (VIII) dan 7 (VII) SMP/MTS KURIKULUM 2013

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, August 8, 2015




Bagi SMP maupun MTS yang melaksanakan Kurikulum 2013, mulai tahun ini penerapannya sudah memasuki kelas 9 (IX). Berkaitan masih banyak sekolah yang belum mendapatkan pasokan Buku Kurikulum 2013 untuk kelas 9 (IX),  bersama ini saya sharrekan link download Buku Kurikulum 2013 untuk kelas 9 (IX) SMP/MTS edisi tahun 2015.
Blog, Updated at: 7:38:00 PM
thumbnail

TUGAS TAMBAHAN YANG DAPAT DIHITUNG SEBAGAI JAM MENGAJAR DAN CARA INPUT DI APLIKASI DAPODIKDAS 4.0.0




Berikut ini tugas tambahan dapat dihitung sebagai jam mengajar dan cara penghitungannya. Sebelumnya supaya tidak terjadi permasalahan dalam penerbitan SKTP, perlu saya ingatkan bahwa ada tugas tambahan yang dapat dihitung sebagai jam mengajar yang berlaku umum, namun ada juga tugas tambahan yang dapat dihitung sebagai jam mengajar yang tidak berlaku untuk semua mata pelajaran (ekuivalensi)
Blog, Updated at: 9:26:00 AM
thumbnail

JOKOWI DIJADWALKAN BUKA MUKTAMAR MATHLA'UL ANWAR DI PANDEGLANG




Hari ini, Sabtu 8 Agustus 2015 Presiden Joko Widodo (Jokowi) didamping Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan membuka Muktamar ke XIX Ormas Islam Mathla'ul Anwar di Alun-Alun Kabupaten Pandeglang, Banten.
Blog, Updated at: 7:07:00 AM
thumbnail

ATURAN BARU BERKENDARAAN: NGEBUT DI TOL MAKSIMAL 100 KM/JAM, DI JALAN BIASA MAKSIMAL 80 KM/JAM, MELEBIH ATURAN DITILANG MAKSIMAL RP. 500 RIBU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, August 7, 2015




Tercatat, 14 persen kecelakaan yang terjadi pada 2014 disebabkan oleh pelanggaran batas kecepatan berkendara. Menyadari hal ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun akhirnya mengeluarkan aturan batasan kecepatan berkendara.
Blog, Updated at: 11:16:00 PM
thumbnail

DIRJEN GTK KEMDIKBUD AKAN MENGUBAH MEKANISME PENILAIAN KINERJA GURU




Mulai  tahun 2015 ini ada dua skema yang akan dilakukan Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan KEMDIKBUD untuk mengukur profesionalisme guru, yaitu secara akademis dan non-akademis. Pengukuran akademis dilakukan dengan rutin menyelenggarakan uji kompetensi guru (UKG) setiap tahun, dan pengukuran non-akademis dengan melakukan penilaian terhadap kinerja guru.
Blog, Updated at: 5:59:00 PM
thumbnail

PORTAL ATAU ALAMAT BARU VERIFIKASI INDONESIA PINTAR (VIP)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, August 6, 2015





Sesuai surat edaran kemdikbud, mekanisme pengusulan calon penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) 2015 dilakukan menguptodate data DAPDODIKDAS SERTA melakukan VERIFIKASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP). Mulai minggu ini aplikasi Verifikasi Data Calon Penerima BSM atau Kartu Indonesia Pintar sudah bisa diakses baik oleh operator Sekolah maupun operator Kabupaten/Kota
Blog, Updated at: 10:26:00 PM
thumbnail

JUKNIS BEASISWA S2 UNTUK GURU MADRASAH DI LINGKUNGAN KEMENAG TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, August 5, 2015




Beasiswa studi S2 untuk Guru Madrasah adalah program pemberian beasiswa yang diperuntukan 1)  Guru PNS Kementerian Agama yang mengajar pada MTs dan/atau MA; 2)Guru PNS yang diperbantukan atau dipekerjakan pada MTS/MA; 3) Guru tetap yayasan yang mengajar pada madrasah swasta (MTs Swasta atau MA Swasta) dan: 4) Guru Bukan PNS yang mengajar pada madrasah negeri (MTsN dan/atau MAN). Formulir Pendaftaran diterima oleh Perguruan Tinggi Mitra penyelenggara paling lambat tanggal 15 Agustus 2015
Blog, Updated at: 11:31:00 PM
thumbnail

BEASISWA S2 KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2015 UNTUK GURU MTS DAN MA



Diberitahukan pada para guru MTs dan MA, Dalam upaya peningkatan mutu pendidik pada Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama R.I mengalokasikan anggaran penyelenggaraan program Beasiswa S-2 Guru Madrasah Tahun 2015 melalui Direktorat Pendidikan Madrasah.
Blog, Updated at: 10:49:00 PM
thumbnail

LARANGAN PRAKTIK KEKERASAN PADA MOPDB YANG DIKELUARKAN MENDIKBUD TERNYATA BELUM EFEKTIF



Praktik perpeloncoan yang mengarah pada kekerasan dan pelecehan pada masa orientasi peserta didik baru (MOPDB), ternyata diduga masih terjadi di beberapa daerah.
Blog, Updated at: 10:46:00 PM
thumbnail

KEMENTERIAN DESA RESMI MEMBUKA PENDAFTARAN ONLINE CALON PENDAMPING DESA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, August 4, 2015


Kementerian Desa sejak beberapa hari yang lalu secara resmi membuka Pendaftaran Pendamping Desa. Pelaksanaan pendaptaran pendamping desa tersebut mengacu pada Direktur Jendral Pembangunan dan Perbedayaan Msyarakat atau Dirjen BPMD No 284/BPMD.1/dit.V/VII/2015 yang dikeluarkan pada tanggal  tanggal 15 Juli 2015 kepada seluruh Kepala BPMD Provinsi diseluruh Indonesia tentang Rekrutmen Tenaga Pendamping Proffesional dalam rangka Pelaksanaan Undang – Undang Desa. Dalam surat tersebut dijelaskan tentang mekanisme, kebutuhan tenaga pendamping serta petunjuk pelaksanaan perekrutan pendamping desa yang ditanda tangani langsung oleh Dirjen BPMD Kemendes.
Blog, Updated at: 5:59:00 PM
thumbnail

MEKANISME PENERBITAN SKTP DAN PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI GURU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, August 3, 2015



Berikut ini Mekanisme Penerbitan SKTP tahun 2015 dan Mekanisme  penyaluran  tunjangan  sertifikasi atau profesi  tahun 2015. Adapun Mekanisme Penerbitan SKTP tahun 2015 dilakukan dengan 2 (dua) cara:
Blog, Updated at: 11:11:00 PM
thumbnail

PEMERINTAH JOKOWI USULKAN MENGHIDUPKAN KEMBALI PASAL PENGHINAAN PRESIDEN



Pasal Penghinaan Presiden sudah dihapus Mahkamah Konstitusi (MK) pada tahun 2006 silam. Setelah 9 tahun berlalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan kembali pasal itu ke DPR untuk dihidupkan kembali. Sebagaimana diketahui pada tanggal 5 Juni 2015 Pemerintah Joko Widodo menyodorkan 786 Pasal dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) ke DPR RI untuk disetujui menjadi KUHP 
Blog, Updated at: 9:40:00 PM
thumbnail

PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN DATA PADA APLIKASI DAPODIKDAS 4.0.0

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, August 1, 2015



Sekedar memudahkan para OPS serta para kepala sekolah untuk memahami cara pengisian data pada aplikasi dapodikdas 4.0.0. Berikut ini saya rangkum juknis pengisian data pada aplikasi dapodikdas 4.0.0. Bagi Anda yang akan mendownload silahkan klik link download yang ada pada bagian akhir tulisan ini
Blog, Updated at: 11:30:00 AM

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB