CARA MEMPEROLEH NOMOR REGISTRASI PERPUSTAKAAN ATAU NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN (NPP)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, January 25, 2016

NOMOR REGISTRASI PERPUSTAKAAN (NPP)
Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota. Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memberikan profil perpustkaannya kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, yang dapat diakses melalui http://npp.pnri.go.id ataumelalui google dengan menulis Aplikasi NPP Selanjutnya perpustakaan yang sudah mengirimkan profil perpustakaannya akan mendapatkan akreditasi.






Tujuan
Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan.
Menetapkan akreditasi perpustakaan.

Akreditasi diberikan berdasarkan tipologi perpustakaan yang sudah ditetapkan yaitu perpustakaan:
Tipe A
Tipe B
Tipe C

Nomor  Registrasi  perpustakaan  didapat  dari  website resmi NPP Perpustakaan  Nasional Republik Indonesia denga alamat http://npp.pnri.go.id/. Berikut ini Cara Memperoleh Nomor  Registrasi  Perpustakaan, baik bagi sekolah yang sudah terdaftar di website resmi Perpustakaan  Nasional maupun bagi sekolah yang belum terdaftar website resmi Perpustakaan  Nasional.

A. Berikut ini Cara Memperoleh Nomor  Registrasi  Perpustakaan bagi sekolah yang sudah terdaftar di website resmi NPP Perpustakaan  Nasional:

Akses alamat website http://npp.pnri.go.id/ lalu akan muncul halaman utama website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia



Pilih menu Aplikasi NPP 


Pilih Menu Aplikasi NPP
Laman Website NPP Perpustakaan  Nasional 
Pada aplikasi NPP pilih menu Profille Perpustakaan

Pilih Menu Aplikasi NPP
Laman Website NPP Perpustakaan  Nasional 


Cari NPP dengan memasukan nama perpustakaan atau Nama Sekolah



B. Berikut ini Cara Memperoleh Nomor  Registrasi  Perpustakaan bagi sekolah yang belum terdaftar website resmi NPP Perpustakaan  Nasional atau apabila NPP sekolah Anda tidak ditemukan berikut ini caranya Registrasi NPP Baru

  1. Bagi yang pertama kali memasukan data via web, daftarkan terlebih dahulu perpustakaan anda untuk mendapatkan user login dan password, dimana user login anda sekaligus merupakan nomor pokok perpustakaan anda.
  2. Catat baik-baik nomor pokok perpustakaan anda dan passwordnya, ini akan dipergunakan untuk updating data anda dikemudian hari.
  3. Tata cara pendaftaran, klik menu registrasi NPP baru, atau http://npp.pnri.go.id/npp/main/index.php?module=regnpp ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan isian yang wajib anda isi, seperti data provinsi, data kabupaten/kota, data kecamatan, jenis perpustakaan dan status perpustakaan.
  4. Untuk mengisi jenis perpustakaan sebaiknya perhatikan pendefinisian masing-masing jenis perpustakaan pada menu ruang lingkup, supaya isian anda benar.
  5. Selanjutnya isilah data-data perpustakaan anda selengkap-lengkapnya, disarankan setiap selesai mengisi satu halaman tekan tombol simpan untuk menyimpan data isian anda, selanjutnya lanjutkan isian ke halaman berikutnya sampai tuntas seluruhnya.


Berikut ini contoh formulir isian yang harus Anda secara online di http://npp.pnri.go.id/npp/main/index.php?module=regnpp

Formulir Pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan (NPP)


Apabila berhasil Anda akan memperoleh konfirmasi seperti gambar berikut ini


Konfirmasi Pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan (NPP)


Cara Pengisian/Updating Data Bagi Yang Sudah Mempunyai NPP:

  1. Masukan user dan password untuk login.
  2. Setelah login berhasil, isilah atau update data perpustakaan anda dengan memilih menu-menu yang ada di menu Data Perpustakaan.
  3. Disarankan untuk melakukan penyimpanan data segera setelah pengisian data selesai dalam setiap menu isian/halaman.







Sebelum Anda mengakses website resmi Aplikasi Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) Perpustakaan  Nasional Republik Indonesia sebaik Anda download PANDUAN PENDAFTARAN NOMOR  REGISTRASI  PERPUSTAKAAN (NPP) ----Klik Disini

= Baca Juga =



Blog, Updated at: 10:43:00 PM

1 komentar:

  1. tulisan copyright 2012 blablabla muncul terus, jadi tidak bisa konfirmasi password

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB