PENGERTIAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

Kepemimpinan Sekolah
Sekolah sebagai pendidikan formal bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian, dalam mengembangkan intelektual peserta didik dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan perannya sangat penting untuk membantu guru, murid dan seluruh komponen sekolah. Didalam kepemimpinnya kepala harus dapat memahami, mengatasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di lingkunagn sekolah.

Sebelum membahas lebih jauh tentang kepemimpinan sekolah, berikut referensi tentang pengertian pemimin atau kepemimpinan menurut para ahli,
  • William G. Scott (1962) Kepemimpinan ialah proses mempengaruhi aktifitas yang diorganisir dalam suatu kelompok dalam usahanya untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
  • F. A. Nigro (1965) Inti dari kepemimpinan ialah mempengaruhi aktifitas orang lain.
  • F. I. Munson “The Management of Man”.Kepemimpinan sebagai kesanggupan atau kemampuan untuk mengatasi orang-orang yang sedemikian rupa agar mencapai hasil yang sebesar-besarnya dengan kemungkinan pergesekan yang sekecil-kecilnya dan sebesar mungkin terjalinnya kerja sama.
  • Ordway Tead (1929) Kepemimpinan sebagai penggabungan perangai yang membuat seseorang mungkin dapat mendorong beberapa pihak lain untuk menyelesaikan pekerjaannya.
  • Hemhill dan Coon (1995) Kepemimpinan merupakan sikap dari seorang individu yang memimpin berbagai kegiatan dari suatu kelompok menuju suatu tujuan yang ingin dicapai bersama-sama.
  • Rauch dan Behling (1984) Kepemimpinan merupakan suatu proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan suatu kelompok yang diorganisasi menuju arah pencapaian sebuah tujuan.
  • Kartini Kartono (1994 : 48) Kepemimpinan itu karakternya khas, spesifik, dibutuhkan pada satu situasi tertentu. Sebab didalam sebuah kelompok yang melakukan kegiatan-kegiatan tertentu & memiliki sebuah tujuan serta berbagai macam peralatan yang khusus. Pemimpin sebuah kelompok dengan ciri-ciri yang karakteristik adalah fungsi dari situasi tertentu.
  • Tannenbaum, Weschler dan Massarik (1961) Kepemimpinan ialah sebuah pengaruh antar pribadi, yang dijalankan pada keadaan tertentu, serta diarahkan lewat proses komunikasi, menuju arah pencapaian satu tujuan tertentu atau lebih.
  • P. Pigors (1935) Kepemimpinan ialah proses dorong mendorong lewat keberhasilan sebuah interaksi dari berbagai perbedaan individu, mengontrol daya seseorang dalam mengejar tujuan bersama.
  • George R. Terry Kepemimpinan merupakan suatu hubungan yang ada didalam diri seseorang atau pemimpin dan mempengaruhi orang lain agar mau bekerja dengan sadar dalam hubungan tugas agar tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan.
  • Stephen J. Carrol dan Henry L. Tosj (1977) Kepemimpinan ialah seuatu proses mempengaruhi orang lain untuk mengerjakan apa yang kamu kehendaki dari mereka untuk mengerjakannya.
  • Theo Haiman dan William G.Scott Kepemimpinan merupakan suatu proses beberapa orang diarahkan ,dipimpin, & dipengaruhi didalam sebuah pemilihan & pencapaian sebuah tujuan.
  • Duben (1954) Kepemimpinan ialah kegiatan para pemegang kekuasaan & pembuat suatu keputusan.
  • Reed (1976) Kepimpinan ialah suatu cara mempengaruhi perilaku seseorang agar perjuangan dapat dilakukan mengikuti kehendak dari seorang pemimpin.
  • G. L. Feman dan E. K. Taylor (1950) Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan aktifitas suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektifitas yang maksimal & kerjasama dari tiap individu.
  • James M. Black (1961) Kepemimpinan ialah kemampuan yang mampu meyakinkan orang lain agar mau bekerjasama dibawah pimpinannya menjadi kesatuan dari tim untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • P. Pigors “Ledearship and Domination” Kepemimpinan merupakan suatu proses dorong-mendorong yang mengontrol daya manusia guna mengejar tujuan bersama, lewat interaksi yang berhasil dari bermacam-macam perbedaan individual.
  • C. Schenk “Leadership” : Infantry Journal. 1928. Kepemimpinan ialah manajemen mengenal seseorang dengan jalan persuasi & inspirasi bukan melalui pengarahan dan semacamnya, atau bahkan paksaan, ancaman yang terselubung.
  • H. Kootz & O’ Donnel “Principles of Management” Kepemimpinan merupakan aktifitas mempersuasi orang agar mau bekerjasama dalam suatu pencapaian tujuan bersama.




Terkait pengertian kepemimpinan sekolah, ada baik kita juga melihat macam pengertian kepemimpinan kepala sekolah menurut para ahli, diantaranya.
  • Menurut Soetopo dan Soemanto (1984:1) Kepemimpinan adalah suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian rupa sehingga tercapai tujuan dari kelompok itu yaitu tujuan bersama.
  • Kartini Kartono (1992:49) dalam bukunya “Pemimpin dan Kepemimpinan” mengemukakan definisi kepemimpinan dari berbagai tokoh antara lain:
  • George R. Terry menyatakan kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mereka suka berusaha mencapai tujuan kelompok.
  • Ordway Tead mengemukakan kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • T. Hani Handoko (1995:294) mendefinisikan kepemimpinan merupakan kemampuan yang dipunyai seorang untuk mempengaruhi orang lain supaya mencapai sasaran.
Pemimpin pada hakekatnya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengarahkan bawahan sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakannya.  Menurut Stoner (1986:88) semakin banyak jumlah sumber kekuasaan yang tersedia bagi pemimpin, akan makin besar potensi kepemimpinan yang efektif.


Jenis pemimpin ini bermacam-macam, ada pemimpin formal, yaitu yang terjadi karena pemimpin bersandar pada wewenang formal. Ada pula pemimpin informal, yaitu terjadi karena pemimpin tanpa wewenang formal berhasil mempengaruhi perilaku orang lain. Sebagaimana telah diungkap oleh Mulyasa “ kekuasaan itu bersumber pada imbalan, paksaan, keahlian, acuan, hukum, kharisma/kekuatan pribadi yang berdasarkan pada bawahan atau orang menerima atau tidak menerima atas segala sesuatu yang harus dilakukan.

Dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari usaha kerja sama dalam mencapai tujuan hidupnya.  Kerja sama ini dilakukan oleh beberapa orang dalam berbagai kegiatan untuk memudahkan dalam pencapaian tujuan daripada bekerja sendiri.  Keseluruhan proses kerja sama itu disebut organisasi.

Dalam suatu organisasi apa pun bentuknya pasti ada seseorang sebagai pemimpin atau pimpinan yang diberi kepercayaan untuk memimpin. Wirawan (2002:65) mengemukakan “ Pemimpin adalah orang yang dikenal oleh dan berusaha mempengaruhi para pengikutnya untuk merealisir visinya”.

Kepemimpinan terjadi jika ada pemimpin mempengaruhi pengikutnya. Pemimpin merupakan unsur esensial dari kepemimpinan, tanpa pemimpin tidak ada kepemimpinan. Pemimpin dapat berupa seorang individu atau dalam kepemimpinan kolektif pemimpin berupa kelompok individu.

Pemimpin juga dapat dikelompokkan menjadi pemimpin formal dan pemimpin informal. Pemimpin Formal adalah pemimpin yang menduduki posisi atau jabatan formal dalam suatu organisasi karena  dipilih dan diangkat oleh mereka yang mempunyai hak untuk itu. Sedangkan Pemimpin Informal adalah pemimpin suatu masyarakat yang tidak menduduki jabatan formal dalam organisasi masyarakat tapi mempunyai pengaruh terhadap anggota dan organisasi masyarakat.

Sejalan dengan pendapat di atas Siagian (1995:20) mengemukakan bahwa pemimpin atau pimpinan adalah “seorang kepala sekaligus seorang atasan dari sekelompok orang”.

Sekolah adalah suatu organisasi yang terdiri dari kumpulan orang yang tentunya mempunyai pimpinan, yang lazim disebut kepala sekolah.  Jadi yang dimaksud dengan pimpinan sekolah atau kepala sekolah adalah seorang kepala sekaligus seorang atasan dari suatu sekolah.

Pengertian lain pimpinan, dapat diartikan sederhana sebagai pembimbing, penuntun atau pembina (yang dituakan), yang memperlihatkan hubungan antara orang yang memimpin dengan orang yang dipimpin demikian eratnya seolah-olah menyatu.  Mereka bukan saja menyatu antar mereka akan tetapi juga menyatu dengan tugas dan seluruh asset organisasi.

Kepala Sekolah sebagai pemimpin pendidikan, di lihat dari status dan cara pengangkatan tergolong pemimpin resmi, formal leader, atau status leader. Status leader bisa meningkat menjadi functional leader. Tergantung dari prestasi dan kemampuan didalam memainkan peranannya sebagai pemimpin pendidikan sebagai sekolah yang telah diserahkan pertanggungjawaban kepadanya.

Pimpinan sekolah yang efektif mampu memberikan pengarahan terhadap usaha semua pekerjaan guru dalam pencapaian tujuan.  Tanpa pimpinan atau bimbingan, hubungan antar individu dengan tujuan organisasi suatu situasi dimana para individu bekerja untuk mencapai tujuannya sendiri, sementara keseluruhan organisasi berada dalam keadaan tidak efisien dalam pencapaian tujuan.

Kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Perilaku kepala sekolah arus mendapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat, dan penuh pertimbangan terhadap para guru, baik sebagai individu dan sebagai kelompok.  Perilaku instrumental merupakan tugas-tugas yang diorientasikan dan secara langsung diklarifikasi dalam peranan dan tugas-tugas para guru, sebagai individu dan sebagai kelompok. Perilaku pemimpin yang positif dapat mendorong kelompok dalam mengarahkan dan memotivasi individu untuk bekerja sama dalam kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi.

Mulyasa (2002:10) mengemukakan bawa kepemimpinan dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang yang diarahkan terhadap pencapaian tujuan organisasi.  Sejalan dengan pendapat di atas Sutisna (1993:25) merumuskan kepemimpinan sebagai proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha ke arah pencapaian tujuan dalam situasi tertentu.

Sementara Soepardi (1988:56) mendefinisikan kepemimpinan sebagai kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbing, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum (kalau perlu) serta membina dengan maksud agar mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan administrasi secara efektif.  Hal tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan sedikitnya mencakup tiga hal yang saling berhubungan, yaitu adanya pemimpin dan karakteristiknya; adanya pengikut; serta adanya situasi kelompok tempat pemimpin dan pengikut berinteraksi.

Davis dalam Hicks dan G. Ray (1995:492) mengatakan bahwa : … tanpa pimpinan, suatu organisasi akan merupakan campur aduknya manusia dan peralatan. Kepemimpinan merupakan kecakapan untuk meyakinkan orang-orang agar mengusahakan secara tegas tujuan-tujuannya dengan penuh semangat.  Hal ini merupakan faktor manusia yang mengikat suatu kelompok untuk bersama-sama dan mendorongnya terhadap tujuan.  Aktivitas manajemen seperti halnya perencanaan, pengaturan dan pengambilan keputusan merupakan kepompong yang tidak aktif sampai pimpinan menyelenggarakan daya pendorong dan membimbingnya terhadap berbagai tujuan.  Pimpinan mengimplementasikan ke dalam kenyataan.  Ini merupakan suatu perbuatan yang pokok yang membawa kepada keberhasilan seluruh potensi yang terdapat dalam suatu organisasi dan orang-orangnya.

Jadi pimpinan atau kepala sekolah sangat diperlukan jika suatu sekolah diharapkan mencapai keberhasilan penuh.  Bahkan para guru yang baik perlu mengetahui bagaimana mereka dapat memberi sumbangan untuk tujuan sekolah/organisasi, dan para guru yang kurang antusias memerlukan pimpinan yang memberikan motivasi kerja.  Biasanya motivasi dari pimpinan dikenal sebagai motivasi eksternal, untuk mempertahankan tujuan-tujuan yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan organisasi/sekolah.

 “Seorang pemimpin dituntut untuk mampu menggerakkan para karyawannya dalam bekerja, terutama dalam cara bekerja yang efektif, efisien, ekonomis dan produktif”.  Seorang pimpinan juga diharapkan mampu mengarahkan orang lain dan yang bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.  Dengan kata lain, seorang pimpinan diharapkan mampu mengarahkan bawahannya untuk bersikap disiplin 

William (1972:6) menyatakan bahwa atasan hendaknya mengetahui kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh bawahannya dan dapat memanfaatkannya seoptimal mungkin.  Sebaliknya bawahan hendaknya sadar akan berbagai keberhasilan dan kegagalan dalam bekerja, dan berupaya untuk menganalisis sebab-sebab keberhasilan dan kegagalan, dan belajar dari keduanya untuk meningkatkan kinerja supaya menjadi lebih baik.  Atasan hendaknya memberi petunjuk tentang bagian-bagian mana dari kinerja yang harus dikembangkan.  Atasan hendaknya menegaskan kembali perannya dalam melaksanakan bimbingan kepada bawahan sehingga dapat menghasilkan kinerja tinggi.


Lee (1990:30) menegaskan tugas pemimpin adalah menjelaskan dan menterjemahkan visi organisasi untuk masa yang akan datang.  Memimpin sekolah pada hakikatnya adalah menciptakan lingkungan sekolah yang kreatif, memberdayakan guru, dan merekayasa mereka menjadi tenaga yang berkualitas.  Pimpinan hendaknya dapat menyadari bahwa keberhasilan pimpinan turut ditentukan oleh tingkat kinerja yang ditunjukkan oleh seluruh guru yang ada di bawah wewenang dan tanggung jawabnya.  Kerja sama yang didasarkan pada kemitraan akan membawa kinerja sekolah menjadi lebih baik.

Dapat disimpulkan bahwa dalam tubuh sekolah, kepemimpinan hendaknya dikembangkan diantara semua guru, di semua tingkatan.  Semua guru hendaknya berpartisipasi dalam mengembangkan visi dan misi sekolah menghadapi era masa depan.  Semua anggota kelompok organisasi hendaknya rela menerima tanggung jawab baru, mengambil resiko, membina konsensus, dan saling percaya mempercayai diantara kolega.  Pemimpin harus yakin bahwa semua orang memiliki keterampilan memimpin yang ada di dalam diri masing-masing, dan keterampilan tersebut dapat dikembangkan.  Kepemimpinan bukan sesuatu yang mistik, akan tetapi terdiri atas sejumlah keterampilan yang dapat dilatih dan dikembangkan, walaupun disadari bahwa ada faktor bakat alami tertentu yang melekat pada setiap orang.

Robin (1986:263) berpendapat bahwa keberhasilan dan kegagalan organisasi banyak ditentukan oleh keberhasilan dan kegagalan pemimpin dalam memainkan perannya.  Peranan pemimpin dalam menggerakkan anggota memiliki peranan yang strategik.  Secara umum dapat dikatakan bahwa seorang pemimpin pada tingkat apapun hendaknya memiliki wawasan yang luas dan menjangkau ke masa depan, mampu membuat keseimbangan, keserasian, dan keserasian dalam membuat keputusan untuk menggerakkan anggotanya dalam mewujudkan sasaran dan mencapai tujuan organisasi.  Pemimpin harus berperan sebagai individu teladan (to do the right things), sebagai komandan, sebagai guru yang bertugas menyiapkan kader, sebagai seorang bapak yang bijak, seorang sahabat yang penuh pengertian dan berjiwa karsa.

Dalam kehidupan berorganisasi, pemimpin memegang peranan yang sangat penting, bahkan sangat menentukan dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Seorang pemimpin dalam melakukan aktivitasnya memerlukan sekelompok orang lain yang disebut bawahan.  Selain bawahan, pemimpin juga membutuhkan sarana dan prasarana dalam rangka memperlancar tugasnya sebagai pemimpin. Pemimpin Juga dituntut untuk membina hubungan baik dan menyenangkan dengan bawahan dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

Pemimpin dalam organisasi mempunyai fungsi memperdayakan para bawahannya. Keberhasilan kepemimpinannya tergantung pada kemampuan kerja.

Seorang pemimpin yang berhasil adalah seorang pemimpin yang memiliki kemampuan pribadi tertentu, mampu membaca keadaan bawahannya dan lingkungannya. Faktor yang harus diketahui dari bawahannya adalah kematangan mereka, sebab ada kaitannya dengan gaya kepemimpinan. Hal ini dimaksudkan agar pemimpin dapat bekerja dengan tepat menerapkan pengaruhnya pada bawahan sehingga pemimpin memperoleh ketaatan memadai.

Keberadaan pemimpin yang efektif dan dinamis dalam struktur organisasi sangat strategis. Karena dengan adanya komitmen yang tinggi seorang pemimpin untuk meningkatkan kualitas para bawahannya, maka diharapkan akan meningkat pula kualitas bawahannya. Pemimpin yang efektif dan dinamis akan mampu mengendalikan, mengarahkan dan memotivasi bawahannya ke arah tercapainya produktivitas kerja pegawai, seperti yang diharapkan oleh pemimpin dalam suatu organisasi.

Agar organisasi dapat berjalan dengan baik, salah satunya unsur yang berperan adalah kepemimpinan. Kepemimpinan sebagai proses mempengaruhi interprestasi para pengikut terhadap suatu peristiwa, memilih tujuan kelompok atau organisasi, pengorganisian dan aktivitas-aktivitas kerja, memotivasi para pengikut untuk mencapai sasaran, pemeliharaan hubungan kerja sama dan kerja kelompok, serta perolehan dukungan dan kerja sama dari orang-orang yang berada di luar kelompok atau organisasi. Definisi ini memberikan pengertian yang sangat jelas, bahwa pihak atasan (pemimpin) yang mempengaruhi kegiatan para pengikut melalui proses komunikasi ke arah tindakan mencapai tujuan. Kepemimpinan adalah pengaruh dan tindakan tingkah laku kepercayaan dan perasaan dari seseorang dalam sebuah sistem sosial dengan orang lain, dengan harapan adanya kerja sama dari orang yang sedang dipengaruhi.  Kepemimpinan merupakan tingkah laku seorang individu untuk mengarahkan aktivitas-aktivitas kelompok ke arah pencapaian tujuan organisasi.  Pendapat tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan mengacu kepada tingkah laku seorang pemimpin dalam memberikan bimbingan, arahan kepada para bawahannya dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Jadi, keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh perilaku dari pemimpin tersebut.

Kepemimpinan manajerial sebagai proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari para anggota kelompok. Ada tiga implikasi penting dari batasan tersebut :

Kepemimpinan harus melibatkan orang lain, bawahan atau pengikut. Karena kesediaan mereka menerima  pengarahan dari pimpinan, anggota kelompok membantu menegaskan status pemimpin dan memungkinkan proses kepemimpinan. Tanpa bawahan, semua sifat-sifat kepemimpinan seorang manajer akan menjadi tidak relevan.

Kepemimpinan mencakup distribusi kekuasaan yang tidak sama diantara pemimpin dan anggota kelompok, yang tidak dapat dengan cara yang sama mengarahkan aktivitas pemimpin. Meskipun demikian anggota kelompok jelas akan mempengaruhi aktivitas tersebut dengan sejumlah cara.

Di samping secara sah mampu memberikan bawahan atau pengikutnya. Perintah atau pengarahan, pemimpin juga dapat mempengaruhi bawahan dengan berbagai cara lain.  Shermerhorn, Hunt dan Obson menyatakan kepemimpinan adalah suatu proses penggunaan kekuatan untuk memperoleh pengaruh manusia.

Mengacu kepada pendapat tersebut bahwa kepemimpinan dinyatakan sebagai proses, artinya kepemimpinan itu berlangsung dalam kurun waktu cukup lama yang dimulai dari membuat perencanaan (Planning) pengorganisasian (Organizing),   pembimbingan  (Directing),   Pengawasan (Controlling) dan kembali lagi kepada pembuatan perencanaan untuk kegiatan selanjutnya. Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi aktivitas seseorang atau kelompok orang untuk mencapai suatu tujuan dalam situasi tertentu. (Blanchard, 1995:99)

Definisi di atas menunjukkan bahwa situasi apapun jika seseorang berusaha mempengaruhi perilaku orang lain atau kelompok, maka pada saat itu sedang berlangsung proses kepemimpinan.  Setiap saat seorang berusaha mempengaruhi perilaku orang lain, maka orang itu adalah pemimpin potensial dan orang yang dipengaruhi adalah pengikut potensial. Oleh karena itu posisi seseorang tidak menjadi penghalang orang itu adalah atasan, rekan sejawat, bawahan, kawan atau sanak keluarga.  Menurut teori seorang pemimpin tidak harus menjadi manajer dalam suatu organisasi atau perusahaan tertentu.

Kepemimpinan merupakan kecakapan untuk meyakinkan orang-orang agar mengusahakan secara tegas tujuan-tujuannya dengan penuh semangat.  Hicks, and  Gullet. (1996: 492) Dalam pernyataan tersebut nampak adanya faktor manusia yang mengikat suatu kelompok secara bersama-sama dan mendorongnya ke arah tujuan.

Secara umum dapat dikatakan, bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan dan keterampilan mempengaruhi perilaku orang lain, dalam hal ini para anggota kelompok, sedemikian rupa sehingga perilaku tersebut diwujudkan dalam pola tindak orang yang bersangkutan yang memungkinkannya memberikan yang terbaik pada dirinya dalam menyelesaikan tugas bersama. Definisi tersebut menjelaskan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan dan keterampilan yang dapat dipelajari dan ditumbuh kembangkan, misalnya melalui pendidikan dan latihan. Artinya kepemimpinan seseorang bukan hanya bisa tumbuh dan berkembang lantaran adanya bakat dari seseorang yang dibawa sejak lahir, tetapi bisa dididik dan dilatih.

Ada teori yang mengatakan bahwa kepemimpinan didefinisikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok ke arah tercapainya tujuan. Definisi ini menggambarkan bahwa kepemimpinan mencakup suatu proses pengaruh. Banyak sifat-sifat dan gaya-gaya yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi bawahannya. Hal ini memerlukan kesiapan dan kemampuan seorang pemimpin dalam mempengaruhi, mendorong, mengajak, menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan.

Dalam pengertian yang paling mendasar, kepemimpinan berarti berada di barisan paling depan, menggunakan badan, gerakan mau dan keterampilan komunikasi anda untuk memberi arahan kepada orang lain, jalan mana yang harus ditempuh. Selanjutnya dijelaskan bahwa kepemimpinan yang berhasil menurut  Hicks, and  Gullet. (1996: 492) paling sedikit memiliki delapan sifat, yaitu :
  • Kemampuan untuk memusatkan perhatian.
  • Penekanan pada nilai yang sederhana.
  • Selalu bergaul dengan orang.
  • Menghindari profesionalisme tiruan.
  • Mengelola perubahan.
  • Memilih orang.
  • Hindari mengerjakan semua sendiri.
  • Menghadapi kegagalan.
Pemimpin yang baik idealnya adalah memiliki kombinasi dari sifat-sifat tersebut di atas.

Kepemimpinan sebagaimana dikatakan oleh Hadari Nawawi juga diartikan kemampuan menggerakkan, memberikan motivasi dan mempengaruhi orang-orang agar tersedia melakukan tindakan-tindakan yang terarah pada pencapaian tujuan melalui keberanian mengambil keputusan tentang kegiatan yang harus dilakukan. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan mengacu pada perilaku seorang pemimpin. Ia memberi pengarahan, bimbingan, tuntunan kepada para bawahan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Dalam hal ini, keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh perilaku si pemimpin tersebut.
Merujuk kepada teori-teori tersebut, maka secara sederhana dapat disimpulkan bahwa pemimpin adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang (pemimpin) untuk mempengaruhi orang lain (bawahan) dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.

Tead (1935:31-34) menyatakan bahwa syarat kepemimpinan pendidikan adalah:
a.  Memiliki kesehatan jasmaniah dan rohaniah yang baik.
b. Berpegang teguh pada tujuan yang hendak dicapai.
c. Bersemangat
d. Jujur
e. Cakap dalam memberi bimbingan
f.  Cepat serta bijaksana dalam mengambil keputusan
g. Cerdas
h. Cakap dalam hal mengajar dan menaruh kepercayaan kepada yang baik dan berusaha mencapainya

Komaruddin. (1993:35) menyatakan bahwa kepemimpinan harus mengandung unsur-unsur :

  • Orang yang mempengaruhi,
  • Orang yang dipengaruhi,
  • Adanya tindakan untuk mempengaruhi,
  • Adanya maksud dan tujuan.
  • Setelah memahami hakikat kepemimpinan, maka selanjutnya dibahas mengenai gaya kepemimpinan. Istilah “ Gaya “ dapat diartikan sebagai:
  • Kekuatan, kesanggupan berbuat,
  • Kuat,
  • Sikap,  gerakan,
  • Irama dan lagu,
  • Ragam ( Cara, Rupa, bentuk ),
  • Cara melakukan gerakan dalam olah raga,
  • Lagak, lagu tingkah laku,
  • Sikap yang elok, gerak-gerik yang bagus.

Gaya seorang pemimpin dapat digambarkan dalam berbagai cara, misalnya pemimpin tersebut murah hati, keras kepala dan terus terang, meyakinkan.  Menurut Hersey. (1994:29), Gaya Kepemimpinan adalah pola tingkah laku (kata-kata dan tindakan) dari seorang pemimpin yang dirasakan oleh orang lain. Kepemimpinan bukan hanya sekedar penampilan lahiriah saja, tetapi juga bagaimana cara mereka mendekati orang yang ingin dipengaruhi.

Corak atau gaya seorang pemimpin akan sangat berpengaruh terhadap efektivitas pemimpin. Pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat akan memberikan motivasi kerja kepada bawahan, sehingga bawahan akan merasa puas. Sebaliknya tidak arang kesalahan dalam pemilihan gaya kepemimpinan berakibat kegagalan kepemimpinan seseorang dalam organisasi tersebut.

Adapun gaya atau tipe kepemimpinan yang pokok atau juga disebut ekstrem ada tiga tipe atau bentuk kepemimpinan yaitu:

a.    Kepemimpinan Otoriter
Kepemimpinan otoriter adalah kepemimpinan yang bertindak sebagai diktor terhadap anggota-anggota kelompoknya. Baginya memimpin adalah menggerakkan dan memaksa kelompok. Apa yang diperintahnya harus dilaksanakan secara utuh, ia bertindak sebagai penguasa dan tidak dapat dibantah sehingga orang lain harus tunduk kepada kekuasaanya. Ia menggunakan ancaman dan hukuman untuk menegakkan kepemimpinannya. Kepemimpian otoriter hanya akan menyebabkan ketidakpuasan dikalangan guru.

b.    Kepemimpinan Laissez Faire
Bentuk kepemimpinan ini merupakan kebalikan dari kepemimpinan otoriter. Yang mana kepemimpinan laissez faire menitik beratkan kepada kebebasan bawahan untuk melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Pemimpin lasses faire banyak memberikan kebebasan kepada personil untuk menentukan sendiri kebijaksanaan dalam melaksanakan tugas, tidak ada pengawasan dan sedikit sekali memberikan pengarahan kepada personilnya.

Kepemimpinan Laissez Faire tidak dapat diterapkan secara resmi di lembaga pendidikan, kepemimpinan laissez faire dapat mengakibatkan kegiatan yang dilakuakn tidak terarah, perwujudan kerja simpang siur, wewenang dan tanggungjawab tidak jelas, yang akhirnya apa yang menjadi tujuan pendidikan tidak tercapai.

c.     Kepemimpinan Demokratis
Bentuk kepemimpinan demokratis menempatkan manusia atau personilnya sebagai factor utama dan terpenting. Hubungan antara pemimpin dan orang-orang yang dipimpin atau bawahannya diwujudkan dalam bentuk human relationship atas dasar prinsip saling harga-menghargai dan hormat-menghormati.

Dalam melaksanakan tugasnya, pemimpin demokratis mau menerima dan bahkan mengharapkan pendapat dan saran-saran dari bawahannya, juga kritik-kritik yang membangun dari anggota diterimanya sebagai umpan balik atau dijadikan bahan pertimbangan kesanggupan dan kemampuan kelompoknya. Kepemimpinan demokratis adalah kepemimpinan yang aktif, dinamis, terarah yang berusaha memanfaatkan setiap personil untuk kemajuan dan perkembangan organisasi pendidikan.

Menurut Handoko.(1987:293) Gaya kepemimpinan adalah suatu cara pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya. Jika kepemimpinan terjadi dalam suatu organisasi dan seorang pemimpin perlu mengembangkan staf dan membangun iklim motivasi yang menghasilkan gaya kepemimpinannya. Dalam hal ini usaha menyelaraskan persepsi diantara orang yang akan mempengaruhi perilaku dengan orang yang perilakunya akan dipengaruhi menjadi amat penting kedudukannya. Kepemimpinan dapat akan menjadi efektif jika gaya kepemimpinan yang dilakukan sesuai dengan lingkungan yang ada dalam organisasi, baik karyawan, sarana prasarana, lingkungan sosial dan sebagainya. Hines (1993:122) menggolongkan gaya kepemimpinan ke dalam tiga golongan yaitu otokratis, demokratis dan kembali bebas.  Secara relative menurut Ronald Lipiit. (1987:294) ada tiga macam gaya kepemimpinan yang berbeda, yaitu: otokratis, demokratis atau partisipatif, dan laisser faire. Selanjutnya ketiga gaya tersebut dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 2.1
Gaya Kepemimpinan

Otokratis
Demokratis
Laissez faire
Semua penentuan kebijakan dilakukan oleh pemimpin.


Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pemimpin
Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pemimpin.
 Teknik-teknik dan langkah-langkah kegiatan didikte oleh atasan setiap waktu, sehingga langkah-langkah yang akan datang selalu tidak pasti untuk tingkat yang luas

Kegiatan-kegiatan didiskusikan, langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan petunjuk-petunjuk teknis, pemimpin menyarankan dua atau lebih alternatif prosedur yang dapat dipilih
Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pemimpin yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya. Dia tidak mengambil bagian dalam diskusi kerja
Pemimpin biasanya mendikte tugas kerja bagian dan kerja bersama tiap anggota

Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih, dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok.
Sama sekali tidak ada partisipasi dari pemimpin dalam penentuan tugas.


Pemimpin cenderung menjadi “pribadi” dalam pujian dan kecamannya terhadap kerja setiap anggota, mengambil jarak dari partisipasi kelompok aktif kecuali bila menunjukkan keahliannya
Pemimpin adalah obyektif atau fact mended dalam puiian dan kecamannya, dan mencoba menjadi seorang anggota kelompok biasa dalam jiwa dan semangat tanpa melakukan banyak pekerjaan
4. Kadang-kadang memberi komentar spontan spontan terhadap kegiatan anggota, atau pertanyaan dan tidak bermaksud menilai atau mengatur suatu kejadian


Sumber : Ralph White dan Ronald Lipiit. 1987. Autocracy and Democracy. Dalam Sukanto Reksohadiprojo, T. Hani Handoko. Organisasi Perusahaan.  Yogyakarta : BPFE, h. 294.

Hersey dan Blanchard (1993:289) mengemukakan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku konsisten yang mereka terapkan dalam bekerja dengan dan melalui orang lain, seperti yang dipersepsikan orang-orang itu. Menurut Hadari. (1995:83-84) Gaya kepemimpinan memiliki tiga pola dasar, yaitu :
Gaya kepemimpinan yang berpola mementingkan pelaksanaan tugas secara efektif dan efisien,
Gaya kepemimpinan yang berpola mementingkan pelaksanaan hubungan kerja sama, dan
Gaya kepemimpinan yang berpola mementingkan hasil yang dapat dicapai


Teori Gaya Kepemimpinan
Teori Path Goal
Menurut Hani Handoko.(1997:290)Teori Path Goal ini menganalisis pengaruh (dampak ) kepemimpinan terutama perilaku terhadap motivasi bawahan, kepuasan dan pelaksanaan kerja. Teori ini memasukkan empat tipe atau gaya pokok perilaku pemimpin, yakni :

1Kepemimpinan direktif (Directive leadership)
Pemimpin memberikan perintah-perintah khusus kepada bawahan dan tidak ada peran serta bawahan dalam pembuatan keputusan.

2Kepemimpinan Suportif (Supportive Leadership)
Pemimpin selalu bersedia menjelaskan, sebagai teman, mudah didekati dan menunjukkan diri sebagai orang sejati bagi bawahan. Pemimpin bersahabat dan tertarik pada bawahan sebagai manusia.

3Kepemimpinan partisipatif (Participative leadership)
Pemimpin meminta dan menggunakan saran-saran bawahan untuk membuat keputusan. Kebanyakan studi dalam organisasi industri manufaktur menyimpulkan bahwa dalam tugas-tugas yang tidak rutin karyawan lebih luas di bawah pemimpin yang partisipatif dari pada pemimpin yang non partisipatif.

4Kepemimpinan orientasi prestasi (Achievement oriented leadership)
Pemimpin  mengajukan tantangan-tantangan dengan tujuan yang menarik bagi bawahan dan merangsang bawahan untuk mencapai tujuan tersebut serta melaksanakannya dengan baik. Kunci penting teori ini adalah cara pemimpin mempengaruhi jalur antara perilaku bawahan dan sasaran.

Likert dengan melibatkan kelompok Michigan (Thoha, 1995:34) dalam melakukan penelitian selama bertahun-tahun, mengemukakan empat sistem atau gaya dasar kepemimpinan organisasional

Secara ringkas keempat gaya tersebut dapat diuraikan, sebagai berikut :

  • Gaya kepemimpinan Otokratis eksplosif
Manajer mengambil semua keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan, memerintahkan dan biasanya mengeksploitasi bawahan untuk  melaksanakannya.

  • Gaya otokratis penuh kebajikan
Manajer menentukan perintah-perintah kerja, tetapi bawahan diberi keleluasan (fleksibilitas) dalam melaksanakannya dengan suatu cara paternalistik.

  • Gaya Partisipatif
Pimpinan menggunakan gaya konsultatif. Pimpinan ini meminta masukan dan menerima partisipasi dari bawahan, tetapi tetap menahan hak untuk membuat keputusan final.

  • Gaya demokratik
Pimpinan memberikan berbagai pengarah kepada bawahan, tetapi memberikan kesempatan partisipasi total dan keputusan dibuat atas dasar konsensus dan prinsip mayoritas.

Gaya kepemimpinan adalah cara yang dipergunakan pemimpin dalam mempengaruhi para pengikutnya.

Menurut Thoha (1995) gaya kepemimpinan menurut norma perilaku yang digunakan seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain seperti yang ia lihat. Dalam hal ini usaha menselaraskan persepsi di antara orang yang akan mempengaruhi perilaku dengan yang akan dipengaruhi menjadi amat penting kedudukannya.

Gaya kepemimpinan merupakan suatu pola perilaku seseorang pemimpin yang khas pada saat mempengaruhi anak buahnya,  apa yang dipilih oleh pemimpin untuk dikerjakan, cara pemimpin bertindak dalam mempengaruhi anggota kelompok membentuk gaya kepemimpinan, namun gaya mana yang terbaik tidak mudah untuk ditentukan. Untuk memahami gaya kepemimpinan, sedikitnya dapat dikaji dari tiga pendekatan utama, yaitu pendekatan sifat, perilaku dan situasional.

Pendekatan sifat
Pendekatan sifat mencoba menerangkan sifat-sifat yang membuat seseorang berhasil. Pendekatan ini bertolak dari asumsi bahwa individu merupakan pusat kepemimpinan. Kepemimpinan dipandang sebagai suatu yang mengandung lebih banyak unsur individu, terutama pada sifat-sifat individu. Penganut pendekatan ini berusaha mengidentifikasikan sifat-sifat kepribadian yang dimiliki oleh pemimpin yang berhasil dan yang tidak berhasil.

Pendekatan perilaku
Setelah pendekatan sifat kepribadian tidak mampu memberikan jawaban yang memuaskan, perhatian para pakar berbalik dan mengarahkan studi mereka kepada perilaku pemimpin. Studi ini memfokuskan dan mengindentifikasi perilaku yang khas dari pemimpin dalam kegiatannya mempengaruhi orang lain (pengikut). Pendekatan perilaku kepemimpinan banyak membahas keefektifan gaya kepemimpinan yang dijalankan oleh pemimpin.

Pendekatan Situasional
Pendekatan situasional hampir sama dengan pendekatan perilaku, keduanya menyoroti perilaku kepemimpinan dalam situasi tertentu. Dalam hal ini kepemimpinan lebih merupakan fungsi situasi dari pada sebagai kualitas pribadi, dan merupakan suatu kualitas yang timbul karena interaksi orang-orang dalam situasi tertentu.

Nanang Fatah (1996 ) Pendekatan situasional berpandangan bahwa keefektifan kepemimpinan bergantung pada kecocokan antara pribadi, tugas, kekuasaan, sikap dan persepsi.

Keberhasilan Suatu organisasi atau lembaga dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor yang datang dari dalam maupun yang datang dari lingkungan.  Dari berbagai faktor tersebut, motivasi merupakan suatu faktor yang cukup dominan dan dapat menggerakkan faktor-faktor lain ke arah efektivitas kerja.  Dalam hal tertentu motivasi sering disamakan dengan mesin dan kemudi mobil, yang berfungsi sebagai penggerak dan pengarah.

Setiap bawahan memiliki karakteristik khusus, yang satu sama lain berbeda.  Hal tersebut memerlukan perhatian dan pelayanan khusus pula dari pemimpinnya, agar mereka dapat memanfaatkan waktu untuk meningkatkan kinerjanya. Perbedaan pegawai tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga dalam psikisnya, perlu diupayakan untuk membangkitkan motivasi bawahan dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pemimpin.
Menurut H. Jodeph Reitz (1981) faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pemimpin meliputi : 1) Kepribadian (personality) pengalaman masa lalu dan harapan pemimpin, 2) harapan dan perilaku atasan, 3) karakteristik harapan dan perilaku bawahan, dan 4) Harapan dan perilaku rekan.

Usaha menciptakan disiplin kerja dapat dilakukan melalui perhatian dan kerja sama dari pemimpin, yaitu perilaku kepemimpinan yang menciptakan hubungan kerja dengan karyawan yang didasari rasa saling menghormati dan menghargai.  Sondang P. Siagian (1979:26) menyatakan, “Setiap orang dalam organisasi bagaimana pun rendahnya pendidikan dan kedudukannya ingin dihargai oleh atasan, rekan setingkat dan organisasi lainnya.

Pendapat tersebut di atas didukung oleh James J. Cribbin (1990:136) yang menyatakan bahwa jika para pemimpin bersikap egoistis, tidak mau bersikap kooperatif, tidak mau berkorban, cuma ingin mencari untung melulu maka organisasi akan menjadi kacau berantakan dan tujuan tidak akan tercapai.  Pemimpin demikian akan banyak menebarkan ketakutan, keresahan, kecemasan, kesedihan, kesengsaraan di tengah anak buahnya.

Dari kedua pendapat di atas jelas bahwa pemimpin hendaknya memperlakukan bawahan sebaik-baiknya sebagai rekan kerja, dalam hal pekerjaan maupun secara moral seperti kejujuran, kesederhanaan, tidak egois akan tetapi segala tindakannya untuk kepentingan anggota.  Dengan menciptakan suasana yang sehat dan menyenangkan akan membentuk moral yang tinggi.  Dengan moral staff yang tinggi akan dapat dikembangkan potensi-potensi sehingga disiplin diri akan tumbuh serta karyawan akan memberikan segala kemampuannya untuk bekerja seoptimal mungkin.  Untuk menjaga konsistensi disiplin kerja perlu adanya keteladanan yakni pimpinan harus dijadikan panutan atau contoh.  “Untuk lebih mengefektifkan peraturan yang dikeluarkan dalam menegakkan kedisiplinan perlu adanya teladan pimpinan.”

Pendapat ini didukung oleh Paul Hersey yang menyatakan bahwa jalan baik untuk mendisiplinkan bawahan atau rakyat banyak ialah pemimpin-pemimpin harus memberikan kecintaan, pengorbanan dan teladan, kejujuran dan kesederhanaan sesuai ucapan dan tingkah lakunya, mau bekerja keras untuk kesejahteraan anggota dan bukan untuk kemakmuran dirinya sendiri.

Senada dengan pendapat di atas Bill Greech (1996:346) dalam terjemahan Alexander Sudiro mengatakan, “Pimpinlah dengan memberi contoh-contoh yang positif bukan menetapkan peraturan lewat teror, ancaman, omong besar dan intimidasi.”  Dengan keteladanan dari pihak pimpinan, disiplin karyawan dapat dibina sehingga kedisiplinan yang muncul tidak sekedar karena takut akan tetapi muncul dari kesadaran.

Adapun fungsi kepemimpinan pendidikan menurut Soekarto Indrafachrudi (1993:33) adalah pada dasarnya dapat dibagai menjadi dua yaitu:
a)    Fungsi yang bertalian dengan tujuan yang hendak dicapai

  • Pemimpin berfungsi memikirkan dan merumuskan dengan teliti tujuan kelompok serta menjelaskan supaya anggota dapat berkerjasama mencapai tujuan itu.
  • Pemimpin berfungsi memberi dorongan kepada anggota-anggota kelompok untuk menganalisis situasi supaya dapat dirumuskan rencana kegiatan kepemimpinan yang dapat memberi harapan baik.
  • Pemimpin berfungsi membantu anggota kelompok dalam memberikan keterangan yang perlu supaya dapat mengadakan pertimbangan yang sehat.
  • Pemimpin berfungsi menggunakan kesempatan dan minat khusus anggota kelompok.
b)   Fungsi yang bertalian dengan suasana pekerjaan yang sehat dan menyenangkan

  • Pemimpin berfungsi memupuk dan memelihara kebersamaan di dalam kelompok.
  • Pemimpin berfungsi mengusahakan suatu tempat bekerja yang menyenangkan, sehingga dapat dipupuk kegembiraan dan semangat bekerja dalam pelaksanaan tugas.
  • Pemimpin dapat menanamkan dan memupuk perasaan para anggota bahwa mereka termasuk dalam kelompok dan merupakan bagian dari kelompok.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka yang dimaksud kepemimpinan kepala sekolah yaitu proses pemahaman seorang guru dalam memberikan arti mengenai kepemimpinan yang dijalankan oleh kepala sekolah berdasarkan pengamatan, pengalaman, perhatian dan kepercayaan yang terseleksi selama menjadi guru.


DAFTAR PUSTAKA

Alex S. Nitisamito. 1982.  Manajemen Personalia.  Jakarta: Ghalia Indonesia

Bill Greech & Alexander Sudiro. 1996.  Manajemen Mutu Terpadu.  Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Camilia, Gladys and Margery. 1974. Educational Organization and Administration: Concepts, Practices and Issues.  USA : Prentice Hall, Inc,

Chriss Lee. 1990. “Beyond Team Work”, Training: The Magazine of Human Resource Development, edition June.

Daniel C. Fieldman and Hugh J. Arnold. 1983.  Managing Individual and Group Behaviors in organization.  New York : McGraw-Hill Book Company.

Hadari Nawawi, Martini Hadari. 1985. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hadari Nawawi. 1996. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.

Herbert G. Hicks, G. Ray Gullet. 1996. Organisasi : Teori dan Tingkah Laku. Terjemahan G. Kartasapoetra dan A.G. Kartasapoetra.  Jakarta: Bumi Aksara.

Herbert G. Hicks dan G. Ray Gullet. 1995. Organisasi, Teori dan Tingkah Laku. Jakarta: Bumi Aksara.

Gary K. Hines. 1993. Kepemimpinan. Terjemahan Susanto Budidharmo. Jakarta: PT. Gramedia.

Gary Yukl. 1944. Leadership in Organization. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall,

Jusuf Suit dan Almasdi. 1996. Aspek Sikap Mental dalam sumber Daya manusia.  Jakarta: Ghalia Indonesia.

James A.F Stoner. 1986. Manajemen. Terjemahan Nanang Fatah. Jakarta; Intermedia.

James J. Cribbin. 1990.  Kepemimpinan: Mengefektifkan Strategi Organisasi.  Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.

Jonh R, Schermerhorn, Jr, James G. Hunt, and Richard N Osborn. 1985. Management Organizational Behaviors.  USA: Jonh Willey and Sons, Inc.


Komaruddin. 1993. Ensiklopedi Manajemen. Bandung: Alumni.

M.R. William.1972. Performance Appraisal in Management. London: Heineman

Mulyasa.  2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung:; Rosdakarya.

Paul Hersey and Ken Blanchard. 1993.  Management of Organization Behavior.  New Jersey: Prentice-Hall International, Inc

Paul Hersey. 1994. Kunci Sukses Pemimpin Situasional. Terjemahan Dwi Astuty. Jakarta: Delaratase.

Paul Hersey, Ken Blanchard. 1995. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Manusia. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.


Ralph White & Ronald Lipiit. 1987.  Autocracy and Democracy. Dalam Sukanto Reksohadiprodjo, T. Hani Handoko, Organisasi Perusahaan . Yogyakarta: BPPE.

Rodman L, Drake. 1993.  Seri Ilmu dan seni Manajemen Bisnis, Kepemimpinan. Terjemahan Susanto Budidharmo.   Jakarta : PT. Gramedia.


Sondang P. Siagian. 1979.  Bunga Rampai Manajemen Modern.  Jakarta: Gunung Agung.

Sondang P. Siagian. 1997. Teori dan Praktek Pengambilan keputusan.  Jakarta: PT. Gunung Agung.


Sondang P. Siagian. 1995.  Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Haji Masagung.

Sukanto Reksohadiprodjo dan T. Hani Handoko. 1997.  Organisasi Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sutisna. 1993. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis dan Praktek. Bandung; Aksara

Soepardi. 1988. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta; P2LPTK

Stephen P. Robbins. 1996. Perilaku Organisasi. Terjemahan Hadyana Pujaatmaka. Jakarta: PT Prenhallindo.

Stephen P. Robbins. 1986. Organizational Behavior; Concepts Controversies, and Applications, 3rd edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hill

Thoha. 1995.  Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali. 

Wirawan. 2002.  Kapita selekta Teori Kepemimpinan. Jakarta: Uhamka Press.




= Baca Juga =



1 comment:

  1. Postingnya sangat bermanfaat terima kasih. http://arenamodel.blogspot.com/

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter