CARA MEMASTIKAN DATA DI APLIKASI DAPODIKDASMEN TERKIRIM DENGAN BAIK KE SERVER DAPODIKDASMEN

Banyak kasus bahwa sekolah telah berhasil melakukan sikronisasi dapodik atau dapodikdasmen, namun hasilnya tidak berubah sesuai dengan data yang telah diinput oleh sekolah. Peristiwa ini bisa terjadi karena beberapa sebab seperti kondisi sinyal yang tidak stabil, jenis modem dan jaringan seluler yang digunakan dan lainnya. Hasil pemeriksaan saya terhadap beberapa sekolah, khusus bagi sekolah yang menggunakan modem. Ternyata terdapat jaringan seluler tertentu yang dapat digunakan (bahkan tergolong cepat) untuk membuka situs atau website tertentu tetapi tidak bisa mamksimal dalam mengakses website berdomain kemdikbud.go.id


Yth. Para kepala Sekolah dan Operator Sekolah, untuk memastikan apakah saat sinkronisasi dapodik atau dapodikdasmen,  data yang dikirim telah sesuai dengan data yang telah diinput, para Kepala Sekolah atau Operator sekolah (OPS)  harus melakukan cek progress pengiriman pada web Dapodikdasmen atau melalui alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.  Dengan melakukan Cek Progres Data, kita dapat melihat dan membandingkan antara data-data yang telah dientrykan oleh operator sekolah yang telah berhasil dikirimkan (disinkronisasikan) via aplikasi Dapodikdasmen dari operator sekolah dengan data-data yang sudah masuk ke server Dapodik pusat. 


Sekali lagi kegiatan ini penting dilakukan, agar kita dapat melihat data mana yang belum masuk ke dalam server pusat karena kemungkinan masih ada data-data yang belum terkirim atau bahkan gagal dalam melakukan sinkronisasi, sehingga harus dilakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodikdasdasmen kembali.

Untuk mengecek progress pengiriman setiap sekolah / per sekolah, caranya adalah sebagai berikut:

1.   Kunjungi laman  progress Dapodikdasmen atau melalui alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.  

Laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

2.  Pilih Progeres Data
3. Pilih provinsi ==> kabupaten/kota ==> kecamatan ==> nama sekolah.
4.  Apabila sudah ditemukan Pilih nama Sekolah
5.   Selesai.(Silahkan perhatikan tanggal sinkron di bawah nama sekolah dan kolom validasi data yang berada pada tombol paling bawah)
Melalui laman ini, Anda dapat memastikan Data Jumlah Siswa yang akan berimplikasi pada pembayaran Dana BOS.

Laman Hasil Cek Progres Data atau Progress Pengiriman


Selanjutnya untuk lebih memastikan kualitas data yang dikirim silahkan Pilih Login, kemudian Pilih Operator Sekolah. Tombol Login berada di ujung kanan paling atas pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Setelah memilih Operator Sekolah masukan username dan password yang digunakan pada pengisian aplikasi dapodikdasmen atau menggunakan kode registrasi sekolah.


 
Login Operator Sekolah via Dapodikdasmen


Apabila Anda berhasil Login, Pilih Sinkronisasi selanjutnya perhatikan waktu mulai dan waktu selesai, apabila tertulis null berarti Siknronisasi Gagal. Selain mengecek Sikronisasi dalam laman ini Anda dapat mengecek dan mendowload Data Sekolah, Sarana dan Prasarana, PTK Aktif, Rombongan Belajar dan Siswa Aktif. Selain itu melalui laman ini Anda dapat memindahkan (Mutasi) siswa atau guru dari satu sekolah ke sekolah lainnya

Laman Cek Progres pengiriman dan Cek Data Dapodikdasmen

Khusus untuk mengecek Validitas data guru terutama untuk memastikan data guru penerima tunjangan profesi guru atau data lainnya.  Silahkan Bapak/Ibu guru lakukan cek Valiliditas Data Guru melalui Laman Info PTK. 

Kewajiban melakukan cek Valiliditas Data Guru melalui Laman Info PTK merupakan kewajiban setiap guru atau PTK. Laporkan kepada kepala sekolah dan operator sekolah apabila Anda merasa atau melihat perbedaan data antara data riil dengan hasil cek info PTK.



Demikian cara cek hasil pengiriman data / sinkronisasi pada aplikasi Dapodik atau Dapodikdasmen yang terbaru saat ini, semoga bermanfaat dan terima kasih. 





= Baca Juga =



3 comments:

  1. Masukkan komentar Anda...saya ridak bisa membuka info gtk di sim pkb dan operator tidak tahu jawabannya
    lalu apa penyebabnya

    ReplyDelete
  2. kenapa data sekola kami berbeda dengan data yg ada di dinas?
    apa penebabnya?makasi

    ReplyDelete
  3. Terakhir sinkron tgl 12 Oktober.. Pdhal tgl 16 Oktober 2019 saya sinkron.. Knpa itu ya?? Apa ada keterlambatan dri serverx untuk sinkron.. Atw dapodik saya yg bermasalah..??

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter