INI CARA CEK APAKAH SEKOLAH ANDA BERADA DI DAERAH TERTINGGAL

 Indeks Desa Membangun (IDM)

Untuk mengetahui apakah sekolah atau daerah Anda termasuk daerah tertinggal atau daerah Khusus silahkan lakukan pengecekan melalui Indeks Desa Membangun (IDM). Dalam IDM terdapat  daftar semua daerah di Indonesia yang termasuk Daerah Sangat Tertinggal, Daearah tertinggal, dan Daerah Berkembang. Indeks Desa  Membangun,  atau  disebut  IDM,  dikembangkan  untuk memperkuat  upaya pencapaian sasaran pembangunan  Desa  dan  Kawasan Perdesaan  sebagaimana tertuang  dalam  Buku  Rencana  Pembangunan  Jangka Menengah  Nasional  2015 –  2019  (RPJMN  2015 –  2019),  yakni  mengurangi jumlah  Desa  Tertinggal  sampai  5000  Desa  dan  meningkatkan  jumlah  Desa Mandiri  sedikitnya  2000  Desa  pada  tahun  2019.  Sasaran  pembangunan  tersebut memerlukan  kejelasan lokus (Desa)  dan  status  perkembangannya.  Indeks  Desa Membangun  tidak  hanya  berguna  untuk  mengetahui  status  perkembangan  setiap Desa yang lekat dengan karakteristiknya,  tetapi juga dapat dikembangkan sebagai instrumen  untuk  melakukan  targeting  dalam  pencapaian  target  RPJMN  2015 – 2019 dan koordinasi K/L dalam pembangunan Desa.

Indeks  Desa  Membangun  mengklasifikasi  Desa  dalam  lima  (5)  status, yakni:  (i)  Desa  Sangat  Tertinggal;  (ii)  Desa  Tertinggal;  (iii)  Desa  Berkembang; (iv)  Desa  Maju;  dan  (v)  Desa  Mandiri.  Klasifikasi  Desa  tersebut  untuk menunjukkan  keragaman  karakter setiap  Desa  dalam  rentang  skor  0,27 – 0,92 Indeks  Desa  Membangun.  Klasifikasi  dalam  5  status  Desa  tersebut  juga  untuk menajamkan  penetapan  status  perkembangan  Desa  dan  sekaligus  rekomendasi intervensi kebijakan yang diperlukan. Status Desa Tertinggal, misalnya, dijelaskan dalam dua status Desa Tertinggal dan Desa Sangat Tertinggal di mana situasi dan kondisi  setiap  Desa  yang  ada  di  dalamnya  membutuhkan  pendekatan  dan intervensi  kebijakan  yang  berbeda.  Menangani  Desa  Sangat  Tertinggal  akan berbeda tingkat afirmasi kebijakannya di banding dengan Desa Tertinggal. 

Dengan nilai rata-rata nasional Indeks Desa Membangun 0,566  klasifikasi status Desa ditetapkan dengan ambang batas sebagai berikut:
1.  Desa Sangat Tertinggal  : < 0,491
2.  Desa Tertinggal    : > 0,491 dan < 0,599
3.  Desa Berkembang    : > 0,599 dan < 0,707 
4.  Desa Maju      : > 0,707 dan < 0,815
5.  Desa Mandiri      : > 0,815

Contoh Hasil Pengecekan IDM salah satu Daerah di Kabupaten Pandeglang

Mungkin (karena quota) tidak semua Sekolah yang berada di daerah tertinggal dengan IDM antara > 0,491 dan < 0,599 akan mendapat tunjangan khusus (DASUS dan DACIL), tetapi jika Sekolah atau Daerah Anda masuk katagori Desa Sangat Tertinggal dengan IDM < 0,491 sepertinya Sekolah di daerah tersebutlah yang berhak menerima Dasus dan Dacil

==================================


= Baca Juga =



8 comments:

  1. Mohon petunjuknya bagaimana caranya mengusulkan sekolah sangat terpencil???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini daerah tempat sekolah kami sangat tertinggal tapi di info GTK kategori adalah tertinggal, mohon petunjukpenyesuaian kategori desa dengan sekolah dan apakah sekolah yang kategori tertinggal bisa mengusulkan tunjangan daerah khusus?

      Delete
  2. Sekolah Kami tercatat di daerah Tertinggal, tp gk.pernah dapat dana tunjangan daerah khusus, apa kesalahan kami?

    ReplyDelete
  3. Sekolah saya di daerah terluar, di Kab Alor Propinsi NTT, kenapa tidak masuk sasis,sedangkan ada sekolah di pinggiran Kota Kabupaten masuk sasis, Kab Alor Propinsi NTT

    ReplyDelete
  4. Mau tanyak ni. tahun 2017sekolah sy mendapat dasus tingkat 1 jd tahun 2018 disekolah sy mendpat dasus tdk merata lg ada y 1 smt cuman y dapa 4 org.. jd ada guru 4 org lg g dpt sama sekali jd ni bagai mn selusinya

    ReplyDelete
  5. Sekolah kami berada di daerah sangat tertinggal, tapi sekarang berada di Wilayah Bukan Daerah Tertinggal, Mengapa bisa berubah seperti itu?

    ReplyDelete
  6. berdasarkan permen mana ya, kok sekolah saya nggak dapat lagi tunjangan khusus padahal desa masih tertinggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kami juga sama padahal kampung kami belum aDA listrik masi jalan kaki

      Delete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter