Dapodik
INI CARA CEK APAKAH SEKOLAH ANDA BERADA DI DAERAH TERTINGGAL
Indeks Desa Membangun (IDM) |
Untuk mengetahui apakah
sekolah atau daerah Anda termasuk daerah tertinggal atau daerah Khusus silahkan
lakukan pengecekan melalui Indeks Desa Membangun (IDM). Dalam IDM terdapat daftar semua daerah di Indonesia yang termasuk
Daerah Sangat Tertinggal, Daearah tertinggal, dan Daerah Berkembang. Indeks Desa
Membangun, atau disebut
IDM, dikembangkan untuk memperkuat upaya pencapaian sasaran pembangunan
Desa dan Kawasan Perdesaan sebagaimana tertuang dalam Buku
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional
2015 – 2019 (RPJMN
2015 – 2019), yakni
mengurangi jumlah Desa Tertinggal
sampai 5000 Desa
dan meningkatkan jumlah
Desa Mandiri sedikitnya 2000
Desa pada tahun
2019. Sasaran pembangunan
tersebut memerlukan kejelasan
lokus (Desa) dan status
perkembangannya. Indeks Desa Membangun tidak
hanya berguna untuk
mengetahui status perkembangan
setiap Desa yang lekat dengan karakteristiknya, tetapi juga dapat dikembangkan sebagai instrumen untuk
melakukan targeting dalam
pencapaian target RPJMN
2015 – 2019 dan koordinasi K/L dalam pembangunan Desa.
Indeks Desa
Membangun mengklasifikasi Desa
dalam lima (5)
status, yakni: (i) Desa
Sangat Tertinggal; (ii)
Desa Tertinggal; (iii)
Desa Berkembang; (iv) Desa
Maju; dan (v)
Desa Mandiri. Klasifikasi
Desa tersebut untuk menunjukkan keragaman
karakter setiap Desa dalam
rentang skor 0,27 – 0,92 Indeks Desa
Membangun. Klasifikasi dalam
5 status Desa
tersebut juga untuk menajamkan penetapan
status perkembangan Desa
dan sekaligus rekomendasi intervensi kebijakan yang
diperlukan. Status Desa Tertinggal, misalnya, dijelaskan dalam dua status Desa
Tertinggal dan Desa Sangat Tertinggal di mana situasi dan kondisi setiap
Desa yang ada di dalamnya
membutuhkan pendekatan dan intervensi kebijakan
yang berbeda. Menangani
Desa Sangat Tertinggal
akan berbeda tingkat afirmasi kebijakannya di banding dengan Desa
Tertinggal.
Dengan nilai rata-rata
nasional Indeks Desa Membangun 0,566
klasifikasi status Desa ditetapkan dengan ambang batas sebagai berikut:
1. Desa Sangat Tertinggal : < 0,491
2. Desa Tertinggal : > 0,491 dan < 0,599
3. Desa Berkembang : > 0,599 dan < 0,707
4. Desa Maju
: > 0,707 dan < 0,815
5. Desa Mandiri : > 0,815
Contoh Hasil Pengecekan IDM salah satu Daerah di Kabupaten Pandeglang |
Mungkin (karena quota) tidak
semua Sekolah yang berada di daerah tertinggal dengan IDM antara > 0,491 dan
< 0,599 akan mendapat tunjangan khusus (DASUS dan DACIL), tetapi jika
Sekolah atau Daerah Anda masuk katagori Desa Sangat Tertinggal dengan IDM <
0,491 sepertinya Sekolah di daerah tersebutlah yang berhak menerima Dasus dan
Dacil
==================================
Mohon petunjuknya bagaimana caranya mengusulkan sekolah sangat terpencil???
ReplyDeletesaat ini daerah tempat sekolah kami sangat tertinggal tapi di info GTK kategori adalah tertinggal, mohon petunjukpenyesuaian kategori desa dengan sekolah dan apakah sekolah yang kategori tertinggal bisa mengusulkan tunjangan daerah khusus?
DeleteSekolah Kami tercatat di daerah Tertinggal, tp gk.pernah dapat dana tunjangan daerah khusus, apa kesalahan kami?
ReplyDeleteSekolah saya di daerah terluar, di Kab Alor Propinsi NTT, kenapa tidak masuk sasis,sedangkan ada sekolah di pinggiran Kota Kabupaten masuk sasis, Kab Alor Propinsi NTT
ReplyDeleteMau tanyak ni. tahun 2017sekolah sy mendapat dasus tingkat 1 jd tahun 2018 disekolah sy mendpat dasus tdk merata lg ada y 1 smt cuman y dapa 4 org.. jd ada guru 4 org lg g dpt sama sekali jd ni bagai mn selusinya
ReplyDeleteSekolah kami berada di daerah sangat tertinggal, tapi sekarang berada di Wilayah Bukan Daerah Tertinggal, Mengapa bisa berubah seperti itu?
ReplyDeleteberdasarkan permen mana ya, kok sekolah saya nggak dapat lagi tunjangan khusus padahal desa masih tertinggal
ReplyDeleteya kami juga sama padahal kampung kami belum aDA listrik masi jalan kaki
Delete