JIKA ANDA MENGGANTI KTP, JANGAN SERAH KTP LAMA SEBELUM KTP BARU DITERIMA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, February 5, 2016

Jika anda mengganti KTP, jangan serah KTP lama sebelum KTP baru diterima demikian di tegaskan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh.

Masyarakat jangan menyerahkan KTP yang lama, sebelum memeroleh fisik e-KTP setelah melakukan perekaman data. Karena KTP tersebut merupakan bukti jatidiri, sehingga wajib dipegang oleh setiap warga negara berusia 17 tahun ke atas atau telah menikah. "Jadi KTP lama itu diserahkan bila KTP Elektronik sudah jadi," ujar Zudan, Jumat (5/2).






Begitu pula apabila ada penggantian e-KTP yang rusak atau ada perubahan data juga berlaku hal yang sama. E-KTP lama hanya diserahkan apabila e-KTP baru sudah diterima. Dengan demikian segala kebutuhan yang membutuhkan bukti jati diri warga, tidak tergangu.  "Jadi misalnya ada orang punya KTP Sleman yang pindah ke Surabaya. Nah KTP lamanya itu (saat meminta penggantian,red) diserahkan di Surabaya setelah KTP baru diterima. Dengan catatan surat pindah dilengkapi secara resmi. Kalau tidak, nanti malah datanya ganda lagi," ujarnya.

Sementara itu terkait pemberlakuan e-KTP seumur hidup, Kemendagri kata Zudan, juga telah menyampaikan surat kepada seluruh pemerintah daerah. Isinya, menyatakan e-KTP yang masa berlakunya telah berakhir, tetap berlaku. Dalam surat tersebut Kemendagri juga telah meminta kepala dinas terkait untuk membagikan surat edaran ke kepolisian, notaris dan pihak-pihak lain terkait hal ini. Bahkan di beberapa daerah sosialisasi telah dilakukan lewat media-media lokal," ujarnya. 


Apabila ada penyelenggara pemerintahan atau unit layanan tertentu yang memersulit, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyarankan masyarakat mengunduh surat pemberitahuan Kemendagri dari laman resmi yang ada. "Kalau penyelenggara memersulit, download suratnya, tunjukkan ke mereka. Ada di laman kemendagri. Ini harus menjadi gerakan nasional. Karena dengan pemberlakuan seumur hidup, itu setidaknya dalam lima tahun negara menghemat Rp 4 triliun," ujar Zudan

Link Download Surat Edaran E-KTP berlaku semur hidup (klik disini)


Sumber: jpnn





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 9:13:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB