PANDUAN ATAU JUKNIS O2SN SMP TAHUN 2016 (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, February 18, 2016

Kegiatan O2SN dapat dijadikan suatu wahana untuk pembinaan jasmani, kesehatan dan prestasi di bidang olahraga sekaligus dapat menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa di bidang olahraga. Di sisi lain kegiatan O2SN dapat berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP, khususnya dalam bidang olahraga.





Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP merupakan kelanjutan dari kegiatan pertandingan yang sudah dikenal dan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani, dan daya kreativitas. Untuk itu dipandang perlu Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memprogramkan kegiatan O2SN yang diselenggarakan secara berjenjang dari sekolah hingga tingkat nasional.

Jadwal pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2016 direncanakan sebagai berikut :
1 O2SN Tingkat Sekolah April 2016 Ditentukan sekolah
 2 O2SN Tingkat Kecamatan April 2016 Ditentukan kecamatan
3 O2SN Tingkat Kab/kota Mei 2016 Ditentukan kabupaten/kota
4 O2SN Tingkat Provinsi Juni 2016 Ditentukan provinsi
5 O2SN Tingkat Nasional Agustus 2016 Tk Nasional – Jakarta
Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP tahun 2016 meliputi 9 (sembilan) cabang yaitu :
1. Atletik a. Trilomba perorangan putra dan putri., b. Trilomba beregu putra dan beregu Putri ( tiap regu terdiri dari dua orang Trilomba (lari 60 m, lompat jauh dan lempar/tolak peluru). Setiap peserta wajib mengikuti seluruh nomor trilomba yang dilombakan.
 2. Renang Perorangan putra dan putri. Nomor : 50 m dan 100 m gaya bebas, 50 m gaya punggung, 50 m dan 100 m gaya dada, 50 m gaya kupu-kupu. Setiap peserta diwajibkan mengikuti minimal 1 (satu) nomor, maksimal 3 (tiga) nomor.
3. Bola Voli Nomor: beregu putra dan beregu putri (tiap regu 6 inti + 1 cadangan)
4. Bulutangkis Nomor : tunggal putra dan tunggal putri, serta ganda campuran
5. Karate Perorangan putra dan putri Nomor : kata perorangan putra dan putri Nomor : kumite perorangan bebas putra dan putri Kumite Putri : - 40 Kg + 40 Kg Kumite Putra : - 50 Kg + 50 Kg
6. Pencak Silat Ada 8 nomor yang dipertanding dalam pencak silat terdiri dari: 1. Jurus Tunggal Putra dan Putri 2. Tanding Putra dan Putri : Kelas D Putra dan Putri : 39 – 42 Kg Kelas E Putra dan Putri : 42 – 45 Kg Kelas F Putra dan Putri : 45 – 48 Kg.
7. Catur Perorangan putra dan putri Nomor : catur standar putra dan putri
8. Tenis Meja Nomor yang dipertandingkan Tunggal Putra dan Tunggal Putri
9. Sepakbola Cabang yang dipertandingkan adalah Sepakbola Putra
Peserta pertandingan olahraga yang dikirim wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a. Juara terbaik tingkat provinsi dalam tingkat pertandingan sesuai cabang olahraga yang diikuti;
b. Peserta O2SN tahun 2015 masih bisa ikut serta dalam O2SN tahun 2016 apabila bukan peraih juara 1, 2 dan 3 serta masih aktif sebagai siswa SMP atau yang sederajat pada tahun ajaran 2015/2016;
c. Peserta berstatus dan masih aktif sebagai siswa SMP atau yang sederajat pada tahun ajaran 2015/2016 pada saat mengikuti lomba tingkat kab/ kota, provinsi dan tingkat nasional;
 d. Peserta bukan juara 1, 2 dan 3 POPNAS atau Kejurnas dan juara internasional untuk semua cabang olahraga dan nomor cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP);
e. Peserta O2SN bukan binaan dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).
f. Juara terbaik dari tingkat lomba sesuai dengan cabang olahraga yang diikuti, dibuktikan dengan hasil seleksi dan surat keputusan (SK) dari pejabat yang berwenang pada tiap tingkatan lomba. a. Membawa STTB SD asli, raport asli dan akte kelahiran asli atau surat keterangan lahir asli beserta foto kopinya yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan. b. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah. c. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan kepala sekolah d. Peserta hanya mengikuti satu cabang lomba.


Download Panduan atau Juknis 02SN SMP Tahun 2016 (Klik Disini)





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 3:36:00 PM

4 komentar:

  1. saya mau tanya,biskah siswa madrasah ikut o2sn ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. terbuka untuk swasta dan negeri

      Delete
  2. saya mau tanya,biskah siswa madrasah ikut o2sn ini ?

    ReplyDelete
  3. saya mau tanya,bisakah siswa madrasah ikut o2sn ini ?

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB