CARA CEK PENETAPAN ANGKA KREDIT (PAK) GURU GOLONGAN IVB KE ATAS MELALUI INFO E-PAK GURU DIKDAS

Sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dinyatakan bahwa  kewenangan proses Penetapan Angka Kredit (PAK) bagi guru dan kepala sekolah golongan IVb yang akan naik ke golongan IVc dan seterusnya berada pada Biro Kepegawaian Kemendikbud, sedangkan bagi golongan IVa yang akan naik tingkat ke IVb menjadi kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota atau pemerintah daearah provinsi.


Untuk Bapak / Ibu guru maupun kepala sekolah yang sedang atau sudah mengajukan kenaikan pangkat golongan dari Golongan IV b Ke  IV c, Guru IV c ke IV d dan Guru Golongan IV d Ke IV e bisa melakukan Cek Hasil secara online melalui laman Info e-PAK Guru

Untuk login cek dan Cetak Hasil Penilaian Angka Kredit Guru Golongan IV b Ke  IV c, Guru IV c ke IV d dan Guru Golongan IV d Ke IV e melalui Info e-PAK Guru (http://epak.gtk.kemdikbud.go.id/), Anda dapat menggunakan NIP Anda sebagai username dan tanggal lahir Anda sebagai password awal. Pastikan format tanggal lahir yang Anda masukkan adalah sebagai berikut: YYYYMMDD. Contoh: 19660129. Untuk BKD dapat login menggunakan username dan password yang telah di berikan, jika belum dapat silahkan hubungi BKN Pusat.

Cara memulai menggunakan Laman Info E-PAK Guru ini melalui langkah-langkah seperti di bawah ini:
1.  Hubungkan komputer dengan internet. Sambungan internet yang digunakan sesuai dengan sambungan yang tersedia di instansi masing-masing. Dapat menggunakan kabel LAN maupun menggunakan Wifi.
2.  Bukalah peramban (browser) yang akan digunakan. Peramban yang disarankan ialah Google Chrome.
3.  Ketikkan alamat URL sebagai berikut ini: http://epak.gtk.kemdikbud.go.id/#/ kemudian tekan Enter melalui keyboard atau klik GO pada browser. 
4.  Apabila sambungan berhasil, maka akan tampil halaman login sebelum masuk kedalam aplikasi, seperti pada gambar di bawah ini:
 
Cara Cek Hasil Usulan Kenaikan Pangkat Guru (Kepala sekolah) melalui Info e-pak guru dikdas   -  https://ainamulyana.blogspot.com



5.  Untuk masuk ke dalam aplikasi, gunakan username dan password anda yang sudah terdaftar. Masukan username pada kolom bagian username dan password pada bagian kolom password. Selanjutnya klik tombol Login.     


3.2    Tampilan Awal
Apabila login berhasil maka muncul halaman utama dari Web Info E-PAK Guru. Seperti gambar dibawah ini:


Web Info E-PAK Guru



3.3    Struktur Menu
Struktur menu ini adalah menu utama yang disediakan dalam aplikasi. Menu utama aplikasi ditampilkan seperti dalam gambar di bawah ini:




3.4    Menu Info PAK
Menu Info PAK menampilkan Hasil Penilaian PAK, yang diambil berdasarkan data dari Aplikasi SIMPAK yang telah divalidasi. seperti gambar di bawah ini:



         
3.4.1 Status Berkas
Menu ini berfungsi untuk melihat status pemberkasan adapun tampilannya, seperti gambar di bawah ini:

Cek Status Berkas pada Web Info E-PAK Guru


A.  Pemilihan Periode Pengusulan DUPAK
Di dalam menu Status berkas terdapat fasilitas untuk Memilih Periode pengusulan DUPAK yang berfungsi untuk melihat Hasil penilaian Sesuai periode pengusulan DUPAK yang diinginkan, tampilannya seperti gambar di bawah ini:




Cara menggunakannya dengan menakan tompol panah seperti pada gambar di atas, kemudian pilih periode pengusulan DUPAK yang diinginkan.


B.  Tombol Info
Tombol   yang berfungsi untuk melihat tahapan status Dokumen, tampilan seperti pada gambar di bawah ini:




Baris yang berwarna biru menunjukan posisi berkas saat ini. Penjelan terdapat pada kolom di sebelahnya.

C.  Cetak HPAK
Tombol   yang berfungsi untuk mencetak/mengunduh Surat HPAK.

3.4.2 Hasil Penilaian PAK
Menu ini berfungsi untuk melihat unsur-unsur/sub unsur yang di usulkan apakah di terima atau ditolak, tampilannya seperti dibawah ini:


Info Hasil Penilaian PAK Guru di Web Info E-PAK Guru


Untuk mengetahui Alasan penolakan atas unsur/sub unsur yang di tolak silahkan tekan tombol Alasan yang berwarna biru, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini:





3.4.3 Identitas Guru
Menu ini berfungsi untuk menampilkan identitas guru bersangkutan, Tampilan seperti pada gambar di bawah ini:



3.4.4 Kelengkapan Berkas Kepegawaian
Menu ini menampilkan rekap berkas yang wajib di lampirkan saat akan melakukan pemberkasan, tampilan seperti gambar dibawah ini:




Bagi yang membutuhkan Buku Panduan Penggunaan Web Info e-PAK Guru, silahkan download ----disini----


Login Ke Laman Web Info e-PAK Guru silahkan akses http://epak.gtk.kemdikbud.go.id/#/ atau DISINI

Demikian informasi tentang Cara  Cek Penetapan Angka Kredit (PAK) Guru Golongan IV b Ke  IV c, Guru IV c ke IV d dan Guru Golongan IV d Ke IV e Melalui Info E-Pak Guru Dikdas.  Semoga ada manfaatnya terima kasih.


======================================




= Baca Juga =



18 comments:

  1. Link pengecekan Penetapan Angka Kredit tidak bisa dibuka

    ReplyDelete
  2. Apa kah ada yg bisa jawab..bagaimana pak guru pns yg hilang

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Sekarang sudah bisa diakses pak.

      Delete
    2. Mas... Saya guru dari NTT, kemaren saya mengirimkan dupak ke lpmp mataram utk periode oktober. Untuk melihat info penilaian dupak di e-pak itu kira2 berapa lama yah prosesnya.

      Delete
    3. Sudah betul untuk guru yang mau naik pangkat ke IV B atau lebih tinggi berkasnya di kirim ke LPMP daerah masing-masing. Biasanya untuk melihat hasilnya bisa dicek enam bulan kemudian.

      Delete
  4. Coba sekarang pak, Laman e-PAK Guru, untuk cek Penetapan PAK Guru sekarang sudah dapat diakses dengan lancar

    ReplyDelete
  5. Terimakasih Pk Infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Saya masukkan nip ada comment
    Kalo nip belum terdaftar
    Mgkn ada solusi?
    Trim

    ReplyDelete
  7. Saya masukkan nip ada comment
    Kalo nip belum terdaftar
    Mgkn ada solusi?
    Trim

    ReplyDelete
  8. Saya guru SMAN 6 Pekanbaru RIAU belum dinilai padahan dalam info GTK saya surah terdaftar bahan masuk tanggal 18 Oktober 2018, bagaimana nilai di itu tanggal terima berkas tidak ada, mohon tanggapan dan batuan buat Bapak/Ibu Penilai ( Dimnana saya dengar kemaren penilaian dibawa ke Medan Melalui pihak LPMP Pekanbaru) Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  9. sementara teman saya yang masuk april 2019 nilai uda keluar walaupun perlu perbaikan, Sungguh saya heran kemana kececernya punya saya, karna dalam info GTK saya LASMA BR HOTANG sudah lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon Penjelasan dari LPMP Surabaya untuk tahun 2020 ini apa sudah ada penilaian ya sebab saya usul PAK bulan desember 2019 kok blm ada penilaian

      Delete
  10. cara cetak klarifikasi PAK gmn bos

    ReplyDelete
  11. cara cetak klarifikasi PAK gmn bos

    ReplyDelete
  12. Saya sudah memenuhi tapi menunggu sampai sekarang belum datang PAK

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter