CARA DAN JADWAL PENDAFTARAN KULIAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN IKATAN DINAS (LPID) TAHUN 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, March 16, 2016

DOWNLOAD KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN MASUK PKN STAN BAHAN LATIHAN UM PKN STAN 2016 (Klik disini)


Pada Tahun 2016 ini, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  KempanRB membuka kesempatan kepada putra-putri lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) sederajat untuk mengikuti seleksi menjadi siswa/taruna pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID).






Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Dwi Wahyu Atmaji mengungkapkan, ada tujuh LPID yang membuka kesempatan bagi 5.940 kursi calon taruna atau siswa baru (mahasaiswa). Ketujuh LPID dimaksud adalah


No.
KEMENTERIAN/LEMBAGA
1
2
3
4
5
6
7


Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN akan membuka kesempatan untuk 3.650 siswa, sedangkan Istitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan 900 kursi, Sekolah Tinmggi Ilmu Statistik (STIS) yang membuka 500 kursi, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang mencari 300 calon siswa/taruna. Selain itu 260 calon taruna Akademi Imigrasi (AIM) dan Poltekip, 250 orang untuk Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan sebanyak 80 orang untuk Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

Atmaji lebih lanjut menjelaskan, bagi warga masyarakat yang bermaksud melakukan pendaftara dapat melakukan pendaftaran secara online melalui portal panseldikdin.menpan.go.id sesuai dengan jadwal. Informasi lengkap terkait dengan pendaftaran dapat diakses di portal masing-masing Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan yang akan dibuka mulai tanggal 15 Maret sampai 27 Mei 2016.

Berikut Jadwal Pendafataran Kuliah Di Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (Lpid).
NO.
INSTANSI
JADWAL

1
Kementerian Keuangan (PKN STAN)
21 Maret - 3 April 2016 

2
Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
29 Maret - 19 April 2016 

3
Kementerian Perhubungan (STTD)
4 april - 27 Mei 2016 

4
Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP)
21 Maret - 4 Mei 2016 

5
Badan Pusat Statistik (STIS)
1 Maret - 30 April 2016 

6
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
21 Maret - 22 April 2016 

7
Lembaga Sandi Negara (STSN)
15 Maret - 30 maret 2016 


Dengan sistem pendaftaran terpadu ini, maka tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu.

Ditambahkan, peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari tujuh Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan. “Apabila mendaftar di dua atau lebih Lembaga Pendidikan, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur,”  ujarnya di Jakarta, Senin (14/3).

Menurut Atmaji, peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi. 

Untuk pengangkatan menjadi CPNS,  dilakukan setelah dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah (yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB. 

Berikut ini cara pendafataran kuliah ikatan dinas dan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh siswa siwsi SMU yang akan mendapat Kuliah Di Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID).
1.     Seleksi:  Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).
2.    Alamat E-Mail:  Calon peserta seleksi hanya dapat mengikuti proses pendaftaran di Portal ini dan wajibmempunyai alamat surat elektronik (e-mail) yang masih berlaku.
3.  Pengisian Data: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harusberdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak diproses lebih lanjut.   
4.   Pendaftaran Hanya Di Satu Instansi: Calon peserta seleksi hanya diberikan kesempatan untuk mendaftar di salah satu instansi sesuai dengan peminatannya.
5. Bagi calon siswa yang sudah mendaftar salah satu Kementerian/Lembaga termasuk BIN sebelum pengumuman ini dimungkinkan untuk mendaftar lagi di Kementerian/Lembaga lain sesuai peminatannya.
6. Persyaratan Khusus/Tambahan: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Harap calon peserta seleksi membacanya secara cermat dan teliti.
Pendaftaran dilakukan secara online dengan Panitia Seleksi Siswa Ikatan Dinas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  KempanRB dengan alamat http://panseldikdin.menpan.go.id/

Adapun mekansume pendaftaran Kuliah Di Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID)/Seleksi Siswa Ikatan Dinas, KempanRB Tahun 2016.




Terima kasih Anda telah membaca informasi 





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 1:05:00 AM

123 komentar:

  1. saya sudah daftar di STIS pada tanggal 7 maret 2016, apakah saya bisa dan mungkin mendaftar lagi di salah satu dari 7 sekolah itu lagi?

    ReplyDelete
  2. Dear Admin
    Saya registrasi untuk anak saya yang akan melamar menjadi mahasiswa PKN-STAN, tetapi NIK dan KK dinyatakan tidak valid. kenapa ya? dan mohon bantuan bagaimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. NOMOR KARTU KELUARGA SAMA NIK ITU BEDA , NO KK ADA DI ATAS TENGAH

      Delete
    2. Mohon bantuan solusinya, admin, dengan kasus yang sama.

      Delete
    3. kan no kk yg dulu 15 digit sedangkan harus 16 digit

      Delete
    4. tar diudah daftar disini dulu blm sebelumnya? https://regpanselnas.menpan.go.id/ pertama harus daftar disitu dulu baru lanjut mendaftar ke instansinya

      Delete
  3. sama saya juga gak bisa karena NIK dan kk tidak valid, kenapa yah?? ada yang bisa kasih solusi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak kenapa habis registrasi, buat login kok tulisanya belum terdaftar.

      Delete
  4. NIK di e-registrasi itu NIK KTP? kalo blm punya gmn?

    ReplyDelete
  5. Min kenapa kk dan nik saya dinyatakan tidak valid? Padahal itu sudah bener dari dulu dan tidak ada yang salah

    ReplyDelete
  6. Min kenapa kk sama nik tidak bisa dibuka? Padahal sudah benar. Mohon bantuannya min

    ReplyDelete
  7. min,kenapa saya belum dapat email untuk password saya ya min?

    ReplyDelete
  8. min kenapa saya kok nggak dapat email dari panseldikdin ya?

    ReplyDelete
  9. min NIK PANSELDIKDIN itu yang mana? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIK yang ada di KK yg 16 DIGIT, Bila data NIK Anda tidak ditemukan atau telah digunakan oleh orang lain, sebaiknya Anda melakukan verifikasi melalui PORTAL SARANA PENGADUAN DAN ASPIRASI KEMENTERIAN DALAM NEGERI di http://sapa.kemendagri.go.id/home

      Delete
  10. sama min, kenapa saya juga belum e-mail balasan ya?

    ReplyDelete
  11. sama min, kenapa saya juga belum dapat balasan e-mail ya?

    ReplyDelete
  12. Permisi admin
    Kok NIK & KK tidak vailed ya
    Padahal sudah benar saya masukin kodenya
    Tolong bantun nya admin
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila data NIK Anda tidak ditemukan atau telah digunakan oleh orang lain, sebaiknya Anda melakukan verifikasi melalui PORTAL SARANA PENGADUAN DAN ASPIRASI KEMENTERIAN DALAM NEGERI di http://sapa.kemendagri.go.id/home

      Delete
  13. Sama saya juga tidak bisa login. NIK dan KK tidak valid. Tp kata teman saya, harus ke dispenduk untuk konfirmasi nik (mungkin). Sekian trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila data NIK Anda tidak ditemukan atau telah digunakan oleh orang lain, sebaiknya Anda melakukan verifikasi NIK melalui PORTAL SARANA PENGADUAN DAN ASPIRASI KEMENTERIAN DALAM NEGERI di http://sapa.kemendagri.go.id/home

      Delete
    2. Iya sayajuga tdk valid, apa harusbikin ktp dulu biar valid?

      Delete
  14. permisi pak/ibu
    mohon bantuan dan partisipasinya
    saya kan sudah terdaftar di panseldikdin.menpan,
    saya mau melanjutkan mendaftar di catar.kemenkumham kenapa pas sya memasukkan nama dan paswod saya tidak bisa masuk
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  15. permisi min saya jg mau tanya nih sampai saat ini saya belum mendapat email jg ya? bagaimana ya min?
    mohon bantuainnya terimakasih

    ReplyDelete
  16. selamat siang pak saya ,mau tanya
    saya dari SMK ingin mendaftar ke STAN saya sudah masuk ke usm.stan.ac.id sudah melaksanakan REGISTRASI melalui portal panseldikdin.menpan.go.id, akan tetapi masuk di SPMBnya STIS , jika saya mau mengundurkan diri kemudian saya mau mendaftar di STAN langkah saya bagaimana ya pak
    Terima Kasih pak

    ReplyDelete
  17. selamat siang Bapak, maaf kami mau tanya, anak didik kami dari SMK pingin daftar PKN STAN keliru memilih pada SPMBnya STIS padahal STIS hanya untuk SMA IPA, maka bagaimana cara mengundurkan dirinya? terima kasih atas perhatiannya. kami sangat menunggu jawabannya. terima kasih.

    ReplyDelete
  18. Saya kok belum dapat email balasan ya itu kenapa?

    ReplyDelete
  19. saya sudah registrasi di portal panseldikdin.menpan.go.id tapi saya belum dapat email balasan ini kenapa ya?
    saya juga sudah dapat yang bukti pendaftaran yang dalam bentuk pdf dari panseldikdin.menpan.go.id

    ReplyDelete
  20. Pak saya sudah daftar namun pas saya masukkan nik dan password di buat belum terdaftar dan juga saya belum mendapat email
    Mohon bantuan dan pencerahannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mengalami hal yang sama mohon bantuannya pak

      Delete
    2. saya sudah mendapat email,tp saat akan login malah dinyatakan belum terdaftar.ada yg tau cara memperbaikinya?

      Delete
  21. selamat malam ,saya mw bertanya tahap pertama sudah selesai saya dftar namun di pendaftar tahap ke II user name dan pasword nya yg mna yg mana yg login.

    ReplyDelete
  22. permisi min , saya udah daftar di http://panseldikdin.menpan.go.id udh pake NIK & pasword yg benar tapi saya belum dapat email balasan dr situs tersebut , kanapa y min tolong bantuannya min, masalah saya dengan kawan2 yg diatas jadi tolong responnya min?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila data (nama) di data2 pndidikan dengan data di KK beda ,
      Data pnddkn : Muhammad Saifur Rijal
      Data Kk : Muhammad Syaifur Rijal
      Apakah bermasalah untuk daftar ? Mohon bantuannya

      Delete
    2. Bila data (nama) di data2 pndidikan dengan data di KK beda ,
      Data pnddkn : Muhammad Saifur Rijal
      Data Kk : Muhammad Syaifur Rijal
      Apakah bermasalah untuk daftar ? Mohon bantuannya

      Delete
    3. ya min saya juga belum dpt username&password. apa saya gak lulus seleksi pendaftaran?

      Delete
  23. minta bantuannya min,saya sudah mendaftar di pansdikdin.menpan.go.id tapi saya tidak mendapat balasan email yang katanya berisi password untuk mendaftar PKN STAN, mohon bantuannya min

    ReplyDelete
  24. saya sudah mendapat email balasan untuk pw nya dan sudah dinyatakan terdaftar, tapi kenapa saya tidak bisa login di usm.stan.ac.id? saya dinyatakan belum terdaftar. mohon bantuannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  25. saya sudah terdaftar di portal panseldikdin tetapi saat saya login ke usm.stan.ac.id belum terdaftar.
    mohon bantuannya min. terima kasih.

    ReplyDelete
  26. kenapa NIK dan No KK saya tidak valid? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  27. min sy udah registrasi di http://panseldikdin.menpan.go.id tapi kenapa sy blm dpt email nya utk password ny ya?

    ReplyDelete
  28. min saya udah registrasi di http://panseldikdin.menpan.go.id tp knp saya blm dpt email utk password ny ya?tlg bantuannya ya..

    ReplyDelete
  29. selamat sore, sama seperti kebanyakan pendaftar, sampai saat ini saya belum mendapatkan email balasan dari portal panseldikdin.menpan.go.id, padahal saya sudah mendaftar lebih dari dua hari yang lalu. mohon jawabannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  30. mau tanya min, sudah daftar tapi pas mau masuk ke bagian ke 2 username sama paswordnya gak bisa masuk kenapa ya?

    ReplyDelete
  31. min maaf, ini saya sudah daftar di menpan dan sudah dapat bukti pendaftaran, tetapi kenapa belum terdaftar ya ? mohon balasannya ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga , apakah keluhan anda masih sampai sekarang? jika tidak tolong infonya

      Delete
  32. maaf kak mau tanya penting, kalo saya salah mengisi instansi gimana yaa? saya mau daftar stis tapi salah klik. gimna kak?

    ReplyDelete
  33. kak gimana cara ubah instansi, salah klik

    ReplyDelete
  34. min maaf, saya sudah mendaftar di panseldikdin dan saya juga sudah mendapat email balasan, tapi kenapa ketika ingin masuk ke usm terbilang saya belum terdaftar ? mohon balasannya

    ReplyDelete
  35. saya sudah registrasi di panseldikdin menpan dan sudah terdaftar,sudah dapat email konfirmasi. tapi ketika saya mau login untuk melanjutkan pendaftaran saya masukkan nik dan password dgn benar tetapi muncul tulisan belum terdaftar. mohon solusinya segera

    ReplyDelete
  36. saya sudah berhasil e-registrasi dan sudah mendapatkan email. namun, kenapa NIK dan password dibuat login pendaftaran online tidak bisa? tertulis belum terdaftar. mohon pencerahannya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga sudah mendaftar, sudah ada bukti pendaftara dan sudah dapat email, tetapi waktu login di usm.stan.ac.id dikatakan belum terdaftar.

      Delete
  37. Kenapa tidak ada pilihan utk instansi IPDN? Kenapa cuma 5? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  38. maksud dr gunakan NIK dr panseldikdin apa ya ? pdhl saya sdh masukkan NIK saya tp ga bisa buat daftar

    ReplyDelete
  39. gimana ya kalo email yg terlanjur didaftarkan adalah email yg nonaktif? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  40. Saya juga nik & kk saya tdk valid, apa harus bikin ktp agar valid?

    ReplyDelete
  41. Nik & kk saya juga tdk valid, apa harus bikin ktp agar valid?

    ReplyDelete
  42. Min saya sudah dapat password Dan email tapi kok gak bisa log in yaa? Tolong dibantu yaa

    ReplyDelete
  43. Saya sudah daftar dan memenuhi semua persyaratan tapi pdf otomatis yang diberikan panitia tidak bisa dibuka, bagaimana?
    mohon arahannya.

    ReplyDelete
  44. saya sudah memenuhi semua persyaratan pendaftaran tapi pdf yang diberikan panitia tidak bisa dibuka, bagaimana?

    ReplyDelete
  45. Sya belum sempat menyimpan bukti registrasi, lalu tidak sengaja kepencet cancel, bagaimana cara mengunduh ulang bukti tersebut? Dan sampai saat ini saya juga belum mendapatkan balasan email. Mohon solusinya🙏

    ReplyDelete
  46. belum dapet email balasan, gimana min ?

    ReplyDelete
  47. sangat bermanfaat informasinya gan. cukup banyak adik adik yang kebingungan masalah pendaftaran STAN dengan sistem barunya. Salam berkarya

    ReplyDelete
  48. kak kalau no kk cuman 13 digit gmn??? padahal hrs 16 digit..
    tolong bantuannya

    ReplyDelete
  49. min saya udah daftar tetapi ketika masukin NIK dan passnya dibilang belum terdaftar mohon balasannya

    ReplyDelete
  50. pak kan aku udah masuk registrasi dari panseldikdin, dan udah dapet lampiran sama konfirmasi kalo udah terdaftar, tapi kok saat masuk ke usm.stan.ac.id kok malah belom terdaftar? ini gimana pak? kasih pencerahan dong pak :(

    ReplyDelete
  51. NIK dan KK saya masih tidak valid, gimana ya ?

    ReplyDelete
  52. saya salah saat memasukkan email, lalu gimana kak? apakah saya sudah tidak dapat melanjutkan pendaftaran? :(

    ReplyDelete
  53. Assalmu'alaikum kak
    .kak saya mau nanya, kan saya tadi sore sudah daftar STAn, nah gimana caranya saya mencancel dan sya ingin mendaftar di STIs.

    Terimaksih. Tolong jawab kak

    ReplyDelete
  54. Assalmu'alaikum kak
    .kak saya mau nanya, kan saya tadi sore sudah daftar STAn, nah gimana caranya saya mencancel dan sya ingin mendaftar di STIs.

    Terimaksih. Tolong jawab kak

    ReplyDelete
  55. assalamualaikum saya mau nanya, saya udah daftar di paanseldik lalu saya mau melanjutkan ke spcp , kok username dan pssword salah atau tidak terdaftar ya tulisannya

    ReplyDelete
  56. Selamat pagi, Mohon maaf karna mengganggu, saya ada pertanyaan terkait dengan pendaftaran PKN STAN. Saya mau tanya, kenapa ya saya tidak bisa login ke www.usm.stan.ac.id padahal sebelumnya saya sudah melakukan registrasi di panseldikdin.menpan.go.id. Bahkan saya juga sudah mendapatkan file berupa Pdf berupa bukti pendaftaran dan juga kiriman email terkait NIK dan pasworrd. Tapi ketika saya login di www.usm.stan.ac.id dengan NIK dan Pass saya, kenapa ya justru tetulis pernyataan bahwa saya belum terdaftar. Terima kasih.

    ReplyDelete
  57. Min, saya sudah daftar di palseldikdin terus berhasil. Waktu masuk ke E-Registration PKN-STAN kok ga bisa login ya ?

    ReplyDelete
  58. Gimana cara mencancel instansi yang terlanjur di pilij

    ReplyDelete
  59. Mohon bantuannya saya sudah terdaftar sudah dpt email balasan, tapi pas login dinyatakan tdk terdaftar.. Ada yang bisa bantu

    ReplyDelete
  60. Mohon bantuannya!! Saya sudah mendaftar dan sudah mendapat email balasan tapi pas login dinyatakan belum terdaftar ada yg bisa bantu??

    ReplyDelete
  61. Min saya daftar sttd , tapi emailnya salah.terus gimana ini cara gantinya.mohon pencerahannya segera

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu harus pakai email konfirmasi dr sipencatar. km sdh dpt email nya? aku belum padahal lbh dr 1x24 jam

      Delete
  62. Permisi admin. Saya mau bertanya. Saya sudah mendaftar PKN STAN. Tp hari ini saya telat melalukan pembayaran. Apa saya bisa diblng sudah mendaftar? Kalau memang ia, bagaimana cara cancelny admin? Apakah saya masih bisa ikut LPID yang lain min, ?

    ReplyDelete
  63. Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya sudah mendaftar dan menerima file pdf dan email, tapi setelah saya ingin mencoba login dengan mengikuti petunjuk email yang telah dikirim dengan username dan password yang dicantumkan dalam email selalu gagal padahal sudah saya cek dan mencobanya berulangkali, kalau terjadi seperti itu apakah ada kesalahan? dan bagaimana cara mengatasinya? Mohon segera direspon, terimakasih.

    ReplyDelete
  64. Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya sudah mendaftar dan menerima file pdf dan email, tapi setelah saya ingin mencoba login dengan mengikuti petunjuk email yang telah dikirim dengan username dan password yang dicantumkan dalam email selalu gagal padahal sudah saya cek dan mencobanya berulangkali, kalau terjadi seperti itu apakah ada kesalahan? dan bagaimana cara mengatasinya? Mohon segera direspon, terimakasih.

    ReplyDelete
  65. NIK kepala keluarga itu yang mana yah? ditunggu balasannya

    ReplyDelete
  66. maaf, saya mau bertanya mengapa saat melakukan pendaftaran ke web ptb dengan pesan eror "silahkan gunakan NIK panseldikdin" padahal sudah memasukkan NIK panseldikdin tersebut dengan benar. Saya tunggu jawabannya, mohon segera dibalas. Terimakasih

    ReplyDelete
  67. Min mau nannya saya udh daftar di regpanselnas.menpan.go.id udh daftar jg dan dapet blsan via email..dksh username dan pasword..udh ad tanda pendaftaran knp pas saya daftar di ptb mala kluar "gunakan NIk panseldikdin" mhon bantuan nya

    ReplyDelete
  68. solusi smua masalah... baca dsni
    http://panseldikdin.menpan.go.id/index.php/f-a-q

    ReplyDelete
  69. maaf saya mau nanya kenapa saya tidak bisa memasukan paswword di formulir pendaftaran ya

    ReplyDelete
  70. "Bagi calon siswa yang sudah mendaftar salah satu Kementerian/Lembaga termasuk BIN sebelum pengumuman ini dimungkinkan untuk mendaftar lagi di Kementerian/Lembaga lain sesuai peminatannya." itu maksudnya kita bisa mendaftar lagi sebelum pengumuman atau gmn ya min"

    ReplyDelete
  71. Saya berasal dari Depok ingin mendaftar di STTD, seharusnya saya langsung mendaftar di bpsdm.menhub.go.id karena Depok tidak termasuk dalam kota yang menjalin kerja sama untuk pola pembibitan dengan STTD. Tetapi dalam pendaftatan online kemarin ada keteledoran dalam diri saya, saya malah terlebih dahulu mendaftar di web panseldiknas kemudian ke web sipencatar, dimana cara seperti itu khusus dilakukan oleh pendaftar yang berasal dari daerah yang melakukan kerjasama untuk pola pembibitan dengan STTD, sedangkan domisili saya yaitu Depok tidak termasuk di dalamnya.

    Pertanyaan saya, apakah pendaftaran yang saya lakukan itu sah dan boleh dilanjutkan ke tahap berikutnya ataukah sudah pasti gugur ?

    ReplyDelete
  72. saya sudah daftar dari panseldikdin untuk STTD,tetapi belum mendapat balasan dari portal sipencatar dan sudah kirim email ke helpdesk tidak ada balasan. bagaimana ya? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  73. misi pak buk saya mau tanya. umur saya lahir 18 juni 1993 skrg masih 22 tahun dan bulan juni nanti 23 tahun. namun pass mau ngirim formulir pendaftaran kenapa di tolak . karema umur. mohon infonya bapak ibuk...

    ReplyDelete
  74. permisi semua. mohon info nya saya lahir 18 juni 1993 . namun pass mengirim formulir kenaapa di tolak yah. kan batas umur 23 tahun per 30 september. mohon infonya bapak ibuk

    ReplyDelete
  75. maaf kenapa saat saya buka panseldikdin.menpan.go.id kok nggak bisa dibuka/ apa nggak bisa dibuka malam - malam ya?

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB