MULAI TAHUN 2016 SESUAI PMK 72/PMK.05/2016 GURU PNS DAPAT UANG MAKAN ?

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, May 12, 2016

Mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 72 /PMK.05/2016 Tentang Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara. Berdasarkan Pasal 2 (1) PMK Nomor 72 /PMK.05/2016  dinyatakan bahwa Uang Makan diberikan kepada Pegawai ASN berdasarkan daftar hadir Pegawai ASN pada hari kerja dalam 1 (satu) bulan.
Adapun yang dimaksud pegawai ASN menurut pasal 1 PMK Nomor 72 /PMK.05/2016 adalah PNS dan PPPK. Yang dimaksud Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS menurut ketentuan ini adalah adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (pasal 1 ayat 2). Sedangkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjiaan kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerin tahan (pasal 1 ayat 3)






Menurut Pasal 3 (1) PMK Nomor 72 /PMK.05/2016   Uang Makan tidak diberikan kepada Pegawai ASN dengan ketentuan sebagai berikut: a. tidak hadir kerja; b. sedang melaksanakan perjalanan dinas; c. sedang melaksanakan cuti; d. sedang melaksanakan tugas belajar; dan/ atau e. diperbantukan atau dipekerjakan di luar instansi pemerintah. Selain itu Pegawai ASN yang melaksanakan perjalanan dinas jabatan yang dilaksanakan di dalam kota sampai dengan 8 (delapan) jam sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat diberikan Uang Makan sepanjang Pegawai ASN yang bersangkutan mengisi daftar hadir kerja pada hari kerja berkenaan.

Tentang tata cara Pembayaran Uang Makan diatur dalam Pasal 5 (1) ) PMK Nomor 72 /Pmk.05/2016.  Menurut Peraturan Menteri Keuangan ini, Uang Makan dibayarkan setiap 1 (satu) bulan yang pembayarannya dilaksanakan pada awal bulan berikutnya. Dalam hal Uang Makan tidak dapat dibayarkan setiap 1 (satu) bulan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Uang Makan dapat dibayarkan untuk beberapa bulan sekaligus. Khusus untuk Uang Makan bulan Desember, dapat dibayarkan pada bulan berkenaan mengikuti ketentuan mengenai pedoman pelaksanaan penenmaan dan pengeluaran negara pada akhir tahun anggaran.

Kapan berlakunya PMK Nomor 72 /Pmk.05/2016 ini? Menurut pasal 19 PMK Nomor 72 /Pmk.05/2016 Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Adapun tanggal ditetapkan peraturan Menteri Keuangan ini adalah pada tanggal 26 April 2016, sedangkan tanggal diundangkan tanggal 27 April 2016. LALU APA BETUL GURU PNS AKAN MENDAPAT UANG MAKAN,  NAMUN KITA TUNGGU REALISASINYA. MUDAH-MUDAHAN Oke.

LINK DOWNLOAD Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia PMK Nomor 72 /Pmk.05/2016 Tentang Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (Klik Di Sini)


Ayo, sharrekan info ini mudah-mudahan bermanfaat. 





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 10:11:00 AM

7 komentar:

  1. Mudah-mudahan terealisasikan

    ReplyDelete
  2. kalau dibaca lagi, uang makan hanya untuk ASN instansi pusat. sama sekali tidak disebut kalau ASN instansi daerah/pemda. mohon maaf jika salah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam PMK ini sama sekali tidak ada istilah PUSAT maupun DAERAH. jadi seharusnya berlaku umum

      Delete
    2. Apakah perlu aturan turunan misal perbub/SK sbg Junknis di Pemda ??

      Delete
  3. Aku yg udah lama dapat uang makan,,, denagn munculnya PMK ini malah uang makan saya hilang lantaran saya PNS yg diperbantukan (DPK) di MTs...
    Tpi ndak apalah, toh rizki datangnya dari berbagai lorong dan waktu, uang makan nggak dapat, kadang dapt uang jajan ato uang2 yg lain baik dri pemerintah maupun dri yg lainnya,,, sama aja.... hhh
    Intinya semua kita syukuri aja...

    ReplyDelete
  4. kasihan guru yg DPK..tak dpt uang makan..di instansi swasta kadang sering jadi tumpuan segala urusan.krena PNS sendiri jadi target dengki.iri hati..malah jadi sasaran empuk bila sekolah kadang minta iuran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB