MENDIKBUD: TAK ADA ATURAN SISWI DILARANG PAKAI JILBAB DAN TAK ADA ATURAN PULA DIWAJIBKAN PAKAI JILBAB

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, July 9, 2016

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan tidak pernah ada aturan siswi harus mengenakan jilbab di sekolah, sebaliknya juga tidak ada larangan dalam mengenakan jilbab.

Anies mengatakan pakaian seragam sekolah di seluruh jenjang telah diatur dalam Peraturan Mendikbud (Permendikbud) Nomor 45 Tahun 2014. Dalam Permendikbud tersebut diatur jenis seragam yang seperti apa yang harus digunakan siswa-siswi di sekolah.




"Jadi tidak ada yang namanya pelarangan dan pengharusan. Bila seorang memilih menggunakan jilbab, maka beginilah seragam. Kalau ada siswa memilih tidak mengenakan jilbab, beginilah seragamnya," katanya di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat 10 Juni 2016. (republika.co.id)


BACA DAN DOWNLOAD PERMENDIKBUD No 45 TAHUN 2014 (KLIK DISINI)

Menurutnya tidak ada aturan yang melarang siswi Muslim mengenakan jilbab. Sebab, dia melanjutkan menggunakan jilbab merupakan pilihan pribadi. "Jadi malah menurut saya aturan moderen itu tidak ada pelarangan dan kewajiban, karena ini masalah individu saja," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut hampir seluruh sekolah negeri di Jakarta mewajibkan siswinya memakai jilbab di hari tertentu.

Ahok terus mengingatkan sekolah sebab banyak ditemukan siswi yang langsung mencopot jilbabnya di luar sekolah. "Pakai jilbab ini bagian dari agama, bukan seragam sekolah," ungkap Ahok. 


BACA JUGA : CONTOH PROGRAM KERJA MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) BAGI SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (KLIK DISINI)


Terkait pernyataan Ahok persoalan jilbab tersebut, Anies mengatakan tak perlu reaktif dan menanggapinya dengan bijak. "Tenang santai aja, enggak usah dibawa perasaan," katanya

"Saya rasa itu hak setiap orang dia mau pakai jilbab jam berapa dan kapan. Itu hak setiap orang enggak usah kesal, pakai syukur, enggak pakai saya doakan pakai. Enggak usah kesal," ujar Menteri Anies menanggapi pro kontra penggunaan jilbab untuk siswa sekolah, di kediamannya, Komplek Widya Chandra III nomor 11, Jakarta Selatan, Senin 13 Juni 2016. (viva.co.id)

Sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/16/06/10/o8k5ea354-bantah-pernyataan-ahok-mendikbud-siswi-tak-diwajibkan-kenakan-jilbab

http://nasional.news.viva.co.id/news/read/784665-mendikbud-polemik-siswi-wajib-jilbab-tenang-jangan-kesal






= Baca Juga =



Blog, Updated at: 1:10:00 AM

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain seragam berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB