PELAJAR INDONESIA RAIH 1 MEDALI EMAS DAN 4 MEDALI PERAK DALAM IPHO (INTERNATIONAL PHYSICS OLYMPIAD) 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, July 18, 2016


Ajang Olimpiade Fisika International (International Physics Olympiad) atau IPhO ke-47 tahun 2016 berlangsung di Zurich, Swiss 10-17 Juli 2016 yang diikuti 87 negara dengan jumlah delegasi lebih dari 650 orang.  Tim Fisika Indonesia berhasil membawa pulang satu medali emas dan 4 medali perak.

Medali emas diraih Michael Gilbert (siswa SMAK BPK Penabur Cirebon) meraih medali emas, sedang peraih medali perak adalah Edwin Aldrian Santoso, siswa SMAN 1 Surakarta, Hudo Herdianto, SMAK Penabur Gading Serpong, Kevin Limanta (SMA Intan Permata Hati surabaya) dan Raymond Ho (SMA Petra 2 Surabaya).




“Alhamdulillah..Ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan,” kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad didampingi Direktur Pembinaan SMA Purwadi saat menjemput tim IPhO di Bandara Soekarno Hatta, Senin (18/7).








Diakui Hamid para peserta IPhO 2016 merupakan hasil seleksi ketat mulai dari sekolah, kabupaten/kota, propinsi dan nasional melalui ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Para peraih medali ditingkat nasional tersebut selanjutnya mendapat pembekalan secara intensif dari Direktorat Pembinaan SMA bekerjasama dengan perguruan tinggi seperti UI, ITB dan UGM. Mereka juga dibekali pendidikan karakter, nasionalisme, dan wawasan kebangsaan.

Adapun bentuk apresiasi bagi para penerima medali tersebut adalah beasiswa hingga S3 untuk peraih medali emas, beasiswa hingga S2 untuk peraih medali perak dan beasiswa S1 untuk peraih medali perunggu.

Diakui Dirjen pesaing terberat adalah China. Tetapi bersyukur tahun ini akhirnya mendapatkan medali emas. “Tingkat kompetisinya sangat berat. Kita akui,” tambahnya.

Dirjen berharap prestasi yang diraih tim IPhO ini akan diikuti oleh tim-tim olimpiade lain seperti tim olimpiade matematika, kimia dan biologi. (poskotanews.com)



BACA INFORMASI PENTING LAINNYA





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 11:51:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB