SAKSIKAN PADA BULAN AGUSTUS 2016 LIMA PLANET AKAN BERBARIS DI LANGIT SAAT MALAM HARI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, July 24, 2016

Informasi menarik Admin kutip dari suara.com. Berdasarkan info tersebut pada Agustus 2016 mendatang akan menjadi bulan yang istimewa bagi para penikmat langit, karena lima planet tetangga Bumi akan berbaris rapi di atas horizon. Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang, tanpa perlu teropong atau teleskop.





Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus akan menari dalam barisan rapi pada malam-malam Agustus hingga Oktober mendatang. Menurut para astronom, peristiwa langka ini akan bisa dilihat dari hampir seluruh permukaan Bumi segera setelah Matahari terbenam.

Menurut Alan Duffy, astronom dari Swinburne University of Technology, Australia formasi planet-planet itu akan terlihat lebih jelas oleh para penghuni Khatulistiwa, termasuk dari Indonesia.

Di kawasan ini barisan lima bintang itu akan berbaris tegak dari garis horison. Sementara yang berada lebih dekat ke kutub, akan melihat barisan planet itu lebih rendah, lebih dekat ke cakrawala.

"Planet yang berada lebih dekat dengan Matahari, seperti Merkurius dan Venus, akan lebih sukar dilihat. Jadi sebaiknya tunggu sampai matahari benar-benar terbenam untuk melihat mereka," kata Duffy.


Duffy juga menjelaskan bahwa tahun ini adalah kesempatan terakhir umat manusia untuk melihat kelima planet itu dengan mata telanjang pada malam hari sampai peluang yang sama kembali datang pada 2018 (sumber: suara.com)



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 11:15:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB