TINDAK LANJUT SUPERVISI AKADEMIK

Contoh Program Tindak Lanjut Supervisi Akademik. Salah satu prinsip supervisi pembelajaran adalah obyektif, artinya dalam penyusunan program tindak lanjut supervisi akademik harus didasarkan pada kebutuhan nyata pengembangan keprofesian berkelanjutan guru.

Setelah melakukan supervisi akademik, kepala sekolah akan mendapatkangambaran terkait dengan profil kompetensi guru. Gambaran ini diperoleh berdasarkan hasil analisis dari instrumen yang digunakan pada saat melakukan supervisi akademik. Berdasar pada profil kompetensi guru tersebut kepala sekolah melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi akademik.
===================================




==================================
Hasil analisis, catatan kepala sekolah, dimanfaatkan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan guru. Berdasarkan kondisi tersebut kepala sekolah dapat menyusun program pembinaan pengembangan keterampilan mengajar guru atau meningkatkan profesionalisme guru.

Adapun bentuk tindak lanjut supervisi akademik dapat dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut:
1.  Pembinaan
Kegiatan pembinaan dapat berupa pembinaan langsung dan tidak langsung.
a. Pembinaan Langsung
Pembinaan ini dilakukan terhadap hal-hal yang sifatnya khusus, yangperlu perbaikan dengan segera dari hasil analisis supervisi. Menurut Sahertian (2000) pembinaan dengan pendekatan langsung berarti supervisor memberikan arahan langsung. Dengan demikian pengaruh supervisor lebih dominan.
Kegiatan pembinaan langsung yang dilakukan setelah kepala sekolah selesai melakukan observasi pembelajaran adalah pertemuan pasca observasi. Pada pertemuan ini kepala sekolah memberi balikanuntuk membantu mengembangkan perilaku guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Dari umpan balik itu pula dapat tercipta suasana komunikasi yang tidak menimbulkan ketegangan, tidak menonjolkan otoritas, memberi kesempatan untuk mendorong guru memperbaiki penampilan dan kinerjanya.
Pada kegiatan ini kepala sekolah dapat melakukanlima langkah pembinaan kemampuan guru yaitu:
1)   menciptakan hubungan-hubungan yang harmonis,
2)   analisis kebutuhan,
3)   mengembangkan strategi dan media,
4)   menilai, dan
5)   revisi

b. Pembinaan Tidak Langsung
Pembinaan ini dilakukan terhadap hal-hal yang sifatnya umum yangperlu perbaikan dan perhatian setelah memperoleh hasil analisissupervisi. Sahertian (2000) menyatakan bahwa: perilaku supervisor dalam pendekatan tidak langsung adalah mendengarkan, memberi penguatan, menjelaskan, menyajikan, dan memecahkan masalah. Beberapa jenis komponen yang dapat dipilihkepala sekolah dalam membinaguru untuk meningkatkan proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Menggunakan buku pedoman/petunjuk bagi guru dan bahanpembantu guru lainnya secara efektif.
2.  Menggunakan buku teks secara efektif.
3. Menggunakan praktek pembelajaran yang efektif yang dapatmereka pelajari selama bimbingan teknis profesional/inservicetraining.
4.  Mengembangkan teknik pembelajaran yang telah mereka miliki
5.  Menggunakan metodologi yang luwes (fleksibel).
6.  Merespon kebutuhan dan kemampuan individual peserta didik.
7. Menggunakan lingkungan sekitar sebagai alat bantu pembelajaran.
8.  Mengelompokkan peserta didik secara lebih efektif.
9.  Mengevaluasi peserta didik dengan lebih akurat/teliti/seksama.
10. Bekerjasama/berkolaborasi dengan guru lain agar lebih berhasil.
11.Mengikutsertakan masyarakat dalam mengelola kelas.
12. Memperkenalkan teknik pembelajaran modern untuk inovasi dankreatifitas layanan pembelajaran.
13. Membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berpikirkritis, menyelesaikan masalah dan pengambilan keputusan.
14. Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007 mengatur tentang pengawasan proses pembelajaran yang meliputi pemantauan dan supervisi. Berdasarkan peraturan tersebut kegiatan tindak lanjut supervisi akademik dapat dilakukan kepala sekolah dengan pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi. Kepala sekolah dapat memilih alternatif kegiatan tindak lanjut tersebut di atas sesuai dengan analisis hasilsupervisi akademik terhadap komponen-komponen tersebut di atas.

Kepala sekolah menentukan kelompok guru dengan permasalahan yang seperti apa, pada komponen yang mana, dapat diberikan tindak lanjut denganpemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi. Pada setiap kegiatan tindak lanjut yang dipilih kepala sekolah harus merumuskan latar belakangdan tujuan pemilihan kegiatan, serta target yang harus dicapai. Hal-hal tersebut di atas harus dicantumkan pada program tindak lanjut.                 

Program  Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik
Agar pelaksanaan tindak lanjut supervisi akademik dapat berlangsung secara.efektif perlu membuat program rencana tindak lanjut.  Modul ini diharapkan membekali peserta menyusun program tindak lanjut hasil supervisi akademik.

Penyusunan program tindak lanjut diawali dengan melakukan analisis kebutuhan peserta berdasarkan analisis hasil supervisi akademik.Analisis kebutuhan merupakan upaya menentukan perbedaan antara pengetahuan,ketrampilan dan sikap yang dipersyaratkan dan yang secara nyata dimiliki. Analisis kebutuhan ini dapat dilakukan dalam tahapan sebagai berikut:
1) Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan terkait masalah-masalah pembelajaran dan perbedaan (gap) apa saja yang ada antara pengetahuan,ketrampilan dan sikap yang nyata dimiliki guru dan yang seharusnya dimiliki guru?Perbedaan tersebut kemudian dikelompokkan, disintesiskan dan diklasifikasikan untuk menentukan jenis kegiatan tindak lanjut.
2)  Mencatat prosedur-prosedur untuk mengumpulkan informasi tambahan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dimiliki guru.
3)  Mengidentifikasi dan mencatat kebutuhan-kebutuhan khusus pembinaan ketrampilan pembelajaran guru.
4)  Menetapkan jenis  pembinaan ketrampilan pembelajaran guru.
5)  Menetapkan tujuan pemilihan jenis pembinaan.
6)  Mengidentifikasi dukungan lingkungan dan hambatan-hambatannya.
7)  Mengidentifikasi tugas-tugas manajemen yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tindak lanjutseperti keuangan,sumber-sumber belajar, sarana prasarana.


================================================




= Baca Juga =



6 comments:

  1. Thanks sangat membantu, klu ada minta contoh program supervisi akademik bisa kirim ke edo_pintar41@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Thanks sangat membantu, klu ada minta contoh program supervisi akademik bisa kirim ke edo_pintar41@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Pak, di kami baru sebatas pelaksanaan suprevisi akademik. Untuk tindak lanjutnya belum dilaksanakan

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Pak Aina...mantap...

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter