PERMASALAHAN DAN SOLUSI DAPODIK VERSI 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, August 1, 2016

 A. Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

 1. Apa itu Aplikasi Dapodik?

Sistem Aplikasi Dapodik adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).





2. Mengapa sekolah harus menggunakan Aplikasi Dapodik?
Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar dan menengah. Data dari Aplikasi Dapodik akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar dan menengah seperti: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan program-program lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodik.

3. Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodik?
Data Aplikasi Dapodik digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.

4. Bagaimana tahapan update aplikasi ke versi 2016
Unduh aplikasi versi terbaru (versi 2016) di laman resmi Dapodikdasmen: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ 
Instal aplikasi versi 2016 
Buat folder di direktori C:/ prefill_dapodik 
Generate prefill lalu unduh dan simpan di folder prefill_dapodik 
buka aplikasi 
Registrasi dengan prefill yang baru (online atau offline)
Selesai


5. Apakah Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dapat menggunakan Aplikasi Dapodik?

MI, MTs dan MA berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak dapat menggunakan Aplikasi Dapodik.

6. Jenjang sekolah mana saja yang didata dalam Aplikasi Dapodik versi 2016?
Jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

7. Apakah termasuk sekolah terpencil dan luar negeri?
Ya, tidak terkecuali.

8. Apa perubahan di Dapodik versi 2016?
Selain penggabungan aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen menjadi satu, ada juga perubahan antar-muka (user-interface) yang sangat berbeda dari aplikasi sebelumnya. Kemudian ada beberapa penambahan isian yang bisa dilihat di aplikasi Dapodik versi 2016 ini.

9. Apakah username dan password harus diganti dengan yang baru?
Tidak perlu, tetap menggunakan username dan password yang lama saja, tapi jika menemukan masalah yang mengharuskan, maka bisa mengganti username dan password.

10. Peringatan sebagian data tidak masuk, apa yg harus dilakukan?
Silakan lakukan generate ulang prefill dan registrasi ulang. Bila belum berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat.

11. Perbedaan versi 2016 dengan versi sebelumnya? 
Secara garis besar perubahan yang bisa terlihat adalah penggabungan aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen menjadi satu aplikasi yaitu aplikasi Dapodik, selain itu terdapat perubahan tampilan antarmuka dan penambahan beberapa isian.  Penambahan tabulasi Sekolah Aman.  Membuka periode aktif semester 1 tahun ajaran 2016/2017.  Pengelompokkan validasi.  Pengisian lebih rinci terkait pendataan PIP

12. Apa yang harus dilakukan oleh operator sekolah untuk memulai pendataan semester ganjil dengan menggunakan versi 2016? 

Install aplikasi Dapodik versi 2016
Registrasi dengan cara online/offline. Prefill digunakan pada saat melakukan registrasi offline. 
Mulai update data : anggota rombel, pembelajaran, dan data periodik lainnya (selengkapnya dapat dibaca di buku manual aplikasi)

13. Apakah prefill yang lama bisa digunakan di aplikasi versi 2016?
Tidak, harus lakukan generate ulang prefill sebelum memulai proses pendataan (jika registrasi menggunakan metode offline). Jangan di biasakan mengoleksi prefill, hendaknya melakukan generate ulang prefill ketika akan memulai pendataan.

14. Bagaimana untuk sekolah baru, sekolah merger dan sekolah yang sudah tutup?
Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota setempat untuk di teruskan ke pusat selanjutnya admin pusat yang akan melakukan tindaklanjut permasalahan tersebut.

15. Apakah aplikasi ini masih bersifat mampu bekerja dalam keadaan offline?
Ya, mekanisme tersebut masih tetap berlaku di versi ini untuk meakomodir untuk sekolahsekolah yang memiliki keterbatasan akses internet.

16. Kapan paling lambat pengiriman data dapodik?
Pengiriman dapodik sudah di atur dalam aplikasi per semester.

17. Dimana saya bisa mendapatkan aplikasi dapodik versi 2016?

Lakukan pengunduhan installer aplikasi melalui website resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

18. Kapan masa berlaku aplikasi Dapodik versi 2016?
Masa berlaku aplikasi versi 2016 berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Selanjutnya nanti akan diumumkan updater aplikasi selanjutnya.

19. Ketika data masih invalid ( warna merah ) apakah masih bisa syncron?
Tidak. Pastikan seluruh data yang berwarna merah sudah bersih, hal ini di maksudkan untuk meningkatkan kualitas data yang dikirimkan oleh sekolah.

20. Lalu apa yang harus dilakukan ketika masih ada data yang invalid ( warna merah )?

Perbaiki sesuai dengan data invalidnya, lakukan validasi kembali, lalu sinkronisasi.

21. Jika peringatan warning ( warna kuning ) apakah bisa melakukan sinkronisasi?
Bisa. Untuk yang bertanda warning masih bisa diberikan keringanan untuk pengiriman data masih di ijinkan, namun demikian diharapkan peringatan warna kuning tersebut di perbaiki sampai bersih validasinya.

22. Apa yang dimaksud dengan data periodik, lalu bagaimana cara mengisinya? 
Data periodik adalah data yang harus diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, data semester lalu akan tersimpang sebagai histori dan data semester selanjutkan harus diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.  Cara mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur yang sudah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik PD atau PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.

23. Jika ada siswa mutasi dari sekolah lain apa yang harus di lakukan? 

Bisa menggunakan fitur mutasi online (tarik PD online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.  Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah melakukan mutasi online (tarik PD online).  

24. Jika ada PTK mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yang harus dilakukan?
Bisa menggunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id), agar sekolah baru tidak perlu menambahkan/ inputkan PTK di sekolah baru/ sekolah ke 2 secara manual.

25. Ketika sinkronisasi, berapa lama data masuk ke dalam server?

Data masuk kedalam database dan profil sekolah secara realtime, tapi untuk agregat data muncul dalam waktu 1x24 jam.

26. Apa yang dimaksud dengan dokumen pakta integritas?
Dokumen yang menyatakan keabsahan data dapodik oleh sekolah secara online untuk di bubuhi tanda tangani oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas kabupaten/kota.

27. Apa yang harus sekolah lakukan dengan dokumen pakta integritas tersebut?
Dokumen tersebut dapat di serahkan oleh pihak sekolah kepada dinas pendidikan kab/kota.

28. Kapan dokumen tersebut di kumpulkan?
Dokumen pakta integritas dapat di unduh web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada saat data sekolah sudah merasa data lengkap, benar dan mutakhir, untuk selanjutnya dokumen tersebut di tanda tangani oleh sekolah, pengawas dan dinas pendidikan kab/kota.

29. Apakah pengawas, kepala sekolah, KKDatadik terlibat dalam dokumen pakta integritas?
Ya. Ketiga pihak tadi mengverifikasi data dapodik yang terkirim ke pusat.

30. Penggunaan kurikulum 2013 tidak diizinkan pada aplikasi Dapodik?

Laporkan sekolah kepada dinas pendidikan di daerahnya agar dilaporkan kepada Puskurbuk untuk di daftarkan agar bisa melanjutkan Kurikulum 2013.

31. Bagaimana cara merubah nama operator pada aplikasi dapodik?

Lakukan pengupdatean data pengguna pada Manajemen Pengguna. Ada pada menu Pengaturan >> tabel pengguna >> masukan kode registrasi >> lakukan perubahan penggantian nama pada manajemen pengguna

32. Sekolah kami berstatus Negeri, tapi kenapa menerima BOS = Tidak?

Perbaiki data isian menerima BOS di data rinci sekolah.

33. Peta koordinat sekolah salah posisi?

Lakukan perubahan melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Login menggunakan akun SDM yang sudah di registrasikan kemudian lakukan syncron pada aplikasi dapodik.

34. Bagaimana cara mengupdate versi aplikasi?

Cek koneksi internet harus terhubung ke internet. Lakukan pengupdatean versi melalui menu pengaturan kemudian pilih Cek Pembaruan, jika laptop dalam keadaan online/terhubung internet. Maka akan terunduh secara otomatis.

35. NISN tidak muncul di aplikasi Dapodikmen?
Cek kembali penginputan pada vervalpd apakah sudah melakukan konfirmasi data, jika pada vervalpd belum melakukan konfirmasi data maka data NISN siswa tidak akan muncul pada aplikasi Dapodikmen.

36. Bagaimana cara mengajukan NUPTK melalui dapodik? 

Lakukan pengisian dapodik secara benar.  Kosongkan tabel NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum mempunyai NUPTK), dan yang akan memvalidasi adalah pihak dari PDSP akan di terbitkan sesuai dengan kebutuhan guru di daerahnya masing-masing dan sesuai dengan pengajuan dari Direktorat GTK.

37. Apakah validasi dan sync mengalami perubahan?
Tidak ada perubahan, sama dengan semester 2, baik cara dan metodologinya.

38. Apakah data yg invalid (merah) mencegah pengiriman data (sync)?
Ya. Data invalid akan mencegah pengiriman data (sinkronisasi).

39. Kapan Aplikasi Dapodik versi 2016 (expired)?
Sesuai dengan periode semester I tahun ajaran 2016/2017 yaitu tanggal 31 Desember 2016.

40. Jika ingin berpindah komputer atau laptop untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yang harus dilakukan? 
Di komputer yang baru: generate ulang prefill baru, lalu instal aplikasi dan§ registrasi seperti biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir;  Di komputer yang lama lakukan uninstall aplikasi; Jika tidak dilakukan tahapan seperti di atas, akan terjadi data berganda







B. Perangkat Lunak & Keras

41. Aplikasi Dapodik paling baik diinstall di PC atau di laptop?
Disarankan diinstal pada laptop karena mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi Dapodik, laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

42. Bagaimana spesifikasi hardware minimal agar lancar menggunakan Aplikasi Dapodik Veris 2016? 
Processor minimal Pentium Core Duo
Memory minimal 2 GB
Storage tersisa minimal 400 MB
CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD

43. Sistem Operasi (Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi Dapodik? Disarankan menggunakan Windows 7. Meski demikian, Aplikasi Dapodik juga dapat berjalan di Sistem Operasi berikut ini: 
Windows 7 32 & 64 Bit 
Windows 8 32 & 64 Bit 
Windows 8.1 32 & 64 Bit 
Windows 10 32 & 64 Bit

44. Peramban (Browser) apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodik?
Peramban yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox.

45. Bagaimana cara melakukan setting agar Aplikasi Dapodik dapat dibuka di peramban tersebut?
Aplikasi Dapodik berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer. Jadi untuk dapat membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silakan setting peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di komputer. Aplikasi Dapodik juga dapat diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi peramban.


46. Di mana saya dapat mengunduh aplikasi tersebut ?

Di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh


C. Kode Registrasi
47. Apakah kode registrasi berubah di versi 2016?
Tidak. Secara default, kode registrasi sekolah tidak mengalami perubahan. Namun jika ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal (keamanan data), sekolah dapat melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Meski demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi karena aplikasi kode registrasi lama akan ditolak oleh sistem pada saat sinkronisasi.

48. Apa yang dimaksud dengan kode registrasi?
Sebuah kode unik dan rahasia yang dibuat oleh sistem sebagai kunci aktivasi Aplikasi Dapodik. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah memiliki kode registrasi yang berbeda-beda.

49. Apa fungsi kode registrasi?
Untuk melakukan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya. Kode ini juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

50. Di mana sekolah saya bisa mendapatkan kode registrasi?
Cara mendapatkannya adalah dengan menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

51. Apa syarat mendapatkan kode registrasi?
Syaratnya, sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di dalam referensi Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K) Kemendikbud. Apabila belum terdaftar, segera perbaharui ke PDSP atau menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN bisa dilakukan di referensi.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yang diinginkan

52. Jika tidak memiliki NPSN, apakah sekolah kami bisa mendapatkan kode registrasi?
Tidak. Solusinya adalah dengan mengurus NPSN terlebih dahulu. Setelah memiliki NPSN, otomatis bisa didaftarkan agar mendapatkan kode registrasi. Hal ini dimaksudkan agar keabsahan sekolah tersebut resmi terdaftar di Kemendikbud.

53. Apakah NPSN sementara dengan format NPxxxxx bisa dibuatkan kode registrasinya?
Ya, Karena itu NPSN sementara yang dikeluarkan PDSP.

54. Apa yang harus dilakukan jika lupa dengan kode registrasi sekolah?

Solusinya bisa segera menanyakan kode registrasi sekolahnya kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

55. Apa akibatnya jika kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?
Kode registrasi itu bersifat rahasia. Jadi jangan sampai diberitahukan ke sekolah lainnya karena menyangkut data masing-masing sekolah. Dikhawatirkan kalau sampai diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

56. Apakah kode registrasi tahun ajaran 2016/2017 ini sama dengan tahun sebelumnya?
Ya. Namun jika sekolah ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal, maka dapat diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

57. Apa fungsi lain dari kode registrasi?
Selain untuk kode aktivasi juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill per sekolah melalui dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Di samping itu juga untuk memeriksa data individu sekolah di progres pengiriman untuk memastikan datanya sudah sama dengan di server.

58. Untuk sekolah baru, bagaimana prosedur mendapatkan kode registrasi?
Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke PDSP dengan melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan administrasi perizinan sekolah dan SK izin operasional. Setelah mendapatkan NPSN maka dapat mengajukan kode registrasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

59. Apa akibat bila kode registrasi dipakai oleh dua sekolah atau lebih?

Akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu. Ini sangat tidak dianjurkan. Karena itu, pastikan kode registrasi tersebut benar-benar milik sekolah tersebut dan tidak diketahui oleh orang lain. Bila sudah telanjur, solusinya adalah generate ulang prefill dan lakukan prosedur instalasi seperti semula dengan menggunakan data prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut lalu lakukan sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua minta ke dinas kabupaten/kota untuk dibuatkan kode registrasi baru.

60. Apakah dapat mengubah kode registrasi?
Ya , melalui fasilitas ubah/reset kode registrasi di dinas kabupaten/kota. Fitur ini dimaksudkan ketika kode registrasi diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau pergantian operator, maka perubahan ini dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Reset kode registrasi tidak menghilangkan data. Namun yang perlu diingat, kode registrasi lama yang sudah direset tidak dapat melakukan sinkronisasi.

61. Kode registrasi ini apakah untuk keperluan administrasi kelembagaan?

Tidak. Kode registrasi ini hanya untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan Aplikasi Dapodik saja, bukan sebagai nomor administratif seperti Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

62. Apakah kode registrasi bersifat permanen?
Ya, selama pendataan Dapodik masih berjalan secara berkelanjutan.







D. Data Prefill

63. Apa definisi data prefill?
Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.

64. Apakah fungsi data prefill?
Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.

65. Dimana bisa mendapatkan data prefill?
Data prefill bisa didapat di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill.

66. Apa yang dimaksud dengan generate data prefill?
Updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.

67. Dimana dapat difasilitasi untuk melakukan generate prefill?
Generate prefill bisa dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill adalah: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/prefill. Fasilitas ini semacam simpan lokal secara nasional.

68. Jika komputer bermasalah (hilang, rusak, atau ganti komputer) apa yang harus dilakukan?
Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti prosedur awal instalasi. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah ada.

69. Apakah dapat menggunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya?
Tidak bisa, karena struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Anda menggunakan data prefill terbaru untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.

E. Instalasi Aplikasi

70. Dimana bisa didapatkan master installasi Aplikasi Dapodik?
Master Aplikasi Dapodik bisa diunduh lewat alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduh aplikasi.

71. Apa fungsi Pengaturan Port dalam proses installasi Aplikasi Dapodik?
Fungsinya untuk menentukan letak server lokal yang akan diinstalkan dan bertujuan agar aplikasi bisa berjalan sempurna. Tidak perlu ubah port ketika instalasi. Biarkan sistem mengaturnya.

72. Bagaimana jika instalasi aplikasi berhenti di bagian konfigurasi server?
Bisa jadi port defaultnya sudah terpakai sehingga aplikasi tidak mau terinstal. Solusinya segera hapus aplikasi yang menggunakan port default Aplikasi Dapodik.

73. Bagaimana cara melakukan uninstall Aplikasi Dapodik?
Buka control panel > Program and Features> Dapodik > klik uninstall. Kemudian akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus aplikasi > pilih Ya. Tunggu sampai muncul keterangan Aplikasi Dapodik berhasil dihapus dari komputer Anda.

74. Apa yang terjadi setelah registrasi dengan file prefill ini?
File terebut akan hilang dengan sendirinya setelah registrasi berhasil. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan file ini hanya satu kali saja setelah sekolah melakukan proses input data. Selanjutnya menggunakan mekanisme generate ulang prefill.

F. Registrasi
75. Data apakah yang diinputkan saat registrasi? 
Nama Lengkap
Username (email) 
Password
Konfirmasi Password
Kode Registrasi
Nama : Lakukan input sesuai nama lengkap operator sekolah sebagai PIC (penanggung jawab teknis data sekolah)
Username (email) : usahakan unik, maksudnya 1 sekolah menggunakan 1 email yang berbeda dengan yang lain. - Nomor telepon : ini adalah nomor handphone operator sekolah, diawali 08xxx… ini sebagai narahubung jika ada informasi.
Kode registrasi : pastikan kode registrasi ini adalah milik sekolah Anda.

76. Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”?
Cek pada folder prefill yang ada di C:/ prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan disimpan pada folder tersebut atau belum. Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduhan Download Data Prefill, kemudian masukkan kode registrasi. Setelah itu klik unduh di tulisan sini. Langkah selanjutnya simpan di folder C:/ prefill_dapodik.

77. Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “beberapa data tidak masuk’’
Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik pusat.

G. Beranda
78. Apa yang harus dilakukan jika nama sekolah di aplikasi tidak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk meminta bantuan mengubah nama sekolah. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

 79. Apa yang harus dilakukan jika nama kabupaten/kota di aplikasi tidak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

80. Apa yang harus dilakukan jika nama kecamatan di aplikasi tidak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

81. Apa yang harus dilakukan jika di Beranda terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”?

Silakan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab PTK pilih nama Kepseknya, lalu klik tombol ubah. Lihat pada bagian rincian data PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya. Setelah semua data selesai diinput, kemudian klik simpan.


H. Input Data

82. Bagaimana prosedur input data yang benar?
Penginputan data yang benar sesuai dengan yang ada di lapangan dan teratur, dimulai dari input data sekolah, sarana prasarana, peserta didik, PTK, Rombel, dan sebagainya.

83. Di mana bisa didapatkan formulir pendataan Aplikasi Dapodik?
Formulir bisa didapat melalui website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

84. Apakah di aplikasi terdapat panduan pengisian data?
Di aplikasi ada panduan dalam pengisian data berupa tombol “help” berupa tanda Tanya (?). Tombol tersebut berfungsi untuk memberitahu operator kalau ada inputan yang tidak diketahui bisa dilihat melalui bantuan tersebut.

85. Dapatkah 1 komputer digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?
Bagi lembaga yang menaungi dua sekolah bisa mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop. Cara pengerjaannya: 
Siapkan kode registrasi dan file prefill semua sekolah yang akan dimasukkan; 
File prefill kedua sekolah tersebut dimasukkan ke folder dengan nama prefill_dapodik di drive C; 
Siapkan user/email yg berbeda untuk setiap sekolah, jangan menggunakan user dan password yang sama; 
Lakukan registasi sekolah pertama;
Login menggunakan user dan password sekolah pertama;
Lakukan registrasi peserta didik, dan isi penugasan PTK terlebih dahulu;
Lakukan registrasi sekolah kedua; 
Login menggunakan user dan password sekolah kedua; 
Isi registrasi peserta didik, da nisi penugasan PTK; Dst.

86. Dapatkah entri satu data sekolah dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda?
Untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah bisa dikerjakan oleh beberapa orang operator dengan menggunakan laptop yang berbeda. Caranya dengan menggunakan LAN atau IPCONFIG yang di-share oleh Laptop/PC server. Akan tetapi untuk melakukan sinkronisasi hanya bisa dilakukan oleh komputer utama yang dijadikan server.

87. Bagaimana jika setelah dipindahkan ke tabel utama, data PTK/Peserta Didik hilang?
Bila setelah menambahkan data PTK atau Peserta Didik baru, baik itu pindahan atau baru, datanya tidak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi untuk mengambil data dari server agar SP (Store Prosedure) berjalan dan PTK/Peserta Didik bisa tampil di tabel utama. Atau klik Action Menu lalu pilih PTK “belum penugasan”, atau tampilkan data peserta didik belum registrasi dan lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl+f5,

88. Apa solusinya jika terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir, dan NISN peserta didik?
Bisa diedit atau diperbaiki melalui vervalpd.data. kemdikbud.go.id Setelah melakukan edit data, silakan sinkronisasi agar perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).

89. Kenapa data individu Peserta Didik, PTK, dan rombongan belajar berbeda antara Aplikasi Dapodik dan server?
Kesalahan jumlah biasanya terjadi karena pengisian data di aplikasi double, atau terjadi duplikasi data di server. Cara menormalkannya, silakan lakukan generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya dan lakukan registrasi dengan menggunakan username dan password yang sama. Setelah itu lakukan sinkronisasi.

90. Bagaimana jika sekolah kami ingin melakukan merger dengan sekolah lain?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat dengan menyerahkan SK Penggabungan dari dinas, atau bisa melalui email resmi yang tertera di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, Lampirkan SK dan data pendukung yang diperlukan serta daftar data yang akan digabungkan.

91. Bagaimana cara mendapatkan kembali data yang telah kita isi bila laptop dan PC terkena virus atau hilang?
Data bisa diambil kembali apabila sekolah pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data bisa diambil dengan melakukan generate prefill yang bisa dilakukan sekolah sendiri atau melalui dinas kabupaten/kota. Setelah di generate, silakan instal aplikasinya dan lakukan registrasi dengan username dan password yang sama.

I. Kirim Data
92. Apakah fungsi menu update versi sinkronisasi?
Tombol tersebut fungsinya untuk memperbarui perubahan aplikasi sync yang ada di aplikasi lokal dengan di server.

93. Bagaimana parameter sinkronisasi yang berhasil?
Pada kotak perubahan apa saja yang sebelumnya berisi pemberitahuan data yang sudah ditambah, update, hapus akan tertera di situ. Jika parameter sinkronisasi berhasil maka kota perubahan tersebut hilang.

94. Apa parameter/ciri-ciri data telah berhasil terkirim semua ke server?
Bisa dilihat dari tabel perubahan, datanya menjadi kosong. Kemudian cek laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, data hasil sinkronisasi telah muncul berikut tanggal sinkronisasi terakhir.

J. Cek Progres Pengiriman Data

95. Di mana kita dapat mengecek hasil pengiriman sinkronisasi Aplikasi Dapodik?
Pengecekan data individu sekolah bisa dilakukan di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pilih menu “Progres Pengiriman”. Pilih provinsi lalu kabupaten serta kecamatan tempat sekolah berada. Pilih nama sekolah lalu masukkan kode registrasi jika hendak melihat data individu sekolah hasil pengiriman dari Aplikasi Dapodik.

K. Sekolah

96. Jika ada sekolah merger, apa yang harus dilakukan? 
Dinas Pendidikan setempat menghubungi Pusat untuk dilakukan proses merger. Proses merger di Pusat dapat memindahkan data PD, PTK, dan Prasarana secara otomatis dari sekolah yang dilebur ke sekolah induk tanpa harus menginput ulang.  Setelah proses merger selesai, sekolah induk melakukan generate ulang prefill baru dan diregistrasikan seperti biasa dengan menggunakan kode registrasi sekolah induk. Sekolah yang dilebur akan otomatis terhapus di Pusat.  Akan terlihat PD, PTK, dan Prasarana di sekolah yang dilebur otomatis masuk ke sekolah induk.

97. Jika ada sekolah tutup atau berhenti beroperasi, apa yang harus dilakukan?

Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan melakukan penutupan sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp.

98. Jika ada sekolah berganti nomenklatur, apa yang harus dilakukan?
Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan melakukan perubahan nomenklatur sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp.

99. Jika ada sekolah baru, apa yang harus dilakukan?

Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan menambahkan sekolah baru melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) akan diterbitkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan secara otomatis kode registrasi dapat diterbitkan dan diunduh di manajemen pendataan (akses dinas). Kemudian sekolah melakukan proses instalasi aplikasi versi 4.0.0 generate prefill, dan registrasi seperti biasa.

100. Jika terjadi kesalahan identitas sekolah yang dikunci di Aplikasi Dapodik seperti NPSN, alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa yang harus dilakukan?
Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan mengubah identitas sekolah tersebut melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id dan otomatis akan memperbarui data di Aplikasi Dapodik saat melakukan sinkronisasi.

101. Bagaimana jika ada pertanyaan terkait integrasi Kurikulum 2013 dan Aplikasi Dapodik?
Silakan hubungi laman: pengaduan.kemdikbud.go.id.

102. Jika sekolah atau dinas tetap mempertahankan implementasi Kurikulum 2013 di luar sekolah yang ditentukan, apa yang harus dilakukan?
Hubungi laman: pengaduan.kemdikbud.go.id.

103. Sekolah saya ada di daftar validasi pada laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yang harus dilakukan?
Lakukan perbaikan sesuai dengan informasi data invalid.

104. Jika sekolah saya masuk ke dalam validasi Rombel berganda, apa yang harus dilakukan? 
Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);  Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;  Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus.






L. Peserta Didik

105. Untuk siswa pindah ke sekolah lain bagaimana ?
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut, isi alasan keluar karena…… (sesuaikan dengan pilihan) di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan alasan sesuai pilihan.

106. Untuk siswa masuk atau pindahan dari sekolah lain bagaimana?
Tambahkan peserta didik seperti prosedur awal diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya, bisa melalui tambah peserta didik secara online atau tambah peserta didik secara offline Jangan lupa dimasukkan ke dalam rombongan belajar dengan status siswa pindahan dan jenis pendaftaran pindahan di registrasi peserta didik.

107. Bagaimanakah mekanisme penambahan peserta didik baru atau mutasi?
Prosedur tambah peserta didik baru :
1. mekanisme offline (sama dengan seperti yang sebelumnya)
2. mekanisme online
a. mekanisme online ini dengan menggunakan web
b. dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
c. tujuan PD baru online agar siswa yang pernah terdaftar di server dapodik d. dapat di tarik ke dalam aplikasi tanpa input dari awal lagi
e. prosedur ini hanya untuk siswa yang sudah lulus dari SD atau mutasi dari
f. sekolah lain
g. prosedur ini hanya bisa di eksekusi jika PD yang lama sudah di mutasi / lulus dari sekolah lama h. prosedur ini tidak berlaku bagi siswa kelas 1 SD yang mengeksekusi prosedur ini adalah sekolah baru/tujuan Tahapan :
1) buka web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2) fitur mutasi/PD baru
3) cari siswa yang di maksud (berdasarkan nama/nisn) di sekolah lama
4) pilih siswa yang di maksud dan konfirmasi
5) pastikan siswa yang dipilih sesuai dengan yang dimaksud
6) lakukan sync dari aplikasi dapodik sekolah
7) siswa yang di maksud akan turun ke lokal
8) mapping siswa tsb ke dalam rombel yang sesuai 
9) periksa dan lengkapi atribut yang belum lengkap
10) sync kembali dan periksa hasilnya di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

108. Kenapa “Sts” peserta didik bertanda seru (!) dan berwarna merah?

Karena peserta didik tersebut belum diregistrasikan, maka silakan registrasikan peserta didik tersebut sesuai tanggal masuk ke sekolahnya.

109. Untuk siswa lulus bagaimana?
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut. Isi alasan keluar karena lulus di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan alasan lulus.

110. Untuk siswa tinggal kelas bagaimana?
Tidak boleh dihapus, Masukkan siswa tersebut ke dalam Rombel dengan pendaftaran mengulang.

111. Untuk siswa yang keluar atau putus sekolah bagaimana ?
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut, isi alasan keluar karena putus sekolah di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan putus sekolah.

112. Mengapa data peserta didik pindahan yang telah diinput tidak bisa di-mapping ke Rombel yang seharusnya, justru terbaca sebagai siswa kelas I?
Bila siswa pindahan tidak bisa di-mapping ke Rombel, berarti kesalahan pada proses penambahan siswa. Pada tabel peserta didik SD terdapat dua jenis tambahan, 1 tambah siswa kelas I, dan tambah. Untuk peserta didik pindahan harus dientri di tabel tambahan, sedangkan untuk kelas I dientri di tambah siswa kelas I.

113. Bagaimana jika ada kesalahan pengisian nama dan tanggal lahir siswa di tabel peserta didik ?
Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.

114. Apakah PD harus di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?

Jika menggunakan fasilitas action menu kenaikan kelas maka siswa tidak perlu di mapping ulang dengan catatan peserta didik tidak diacak atau dirandom. Bila menggunakan pilihan buat rombel baru maka peserta didik harus dimapping ulang didalam rombel.

115. Apakah penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) masih menggunakan Aplikasi Dapodik?

Ya. Mekanisme pengumpulan datanya masih tetap dengan Aplikasi Dapodik dan vervalpd.

116. Jika ada siswa yg mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?

Untuk siswa yang mutasi dan lulus dari SD bisa menggunakan fasilitas mutasi online yang terdapat di profil sekolah setelah login sebagai operator sekolah di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, dengan syarat siswa tersebut sudah dimutasikan atau diluluskan dari sekolah asal.

M.Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)

117. Bagaimana jika PTK tersebut keluar atau mutasi dari sekolah induk?

Untuk PTK yang keluar/mutasi dari sekolah induk tidak boleh langsung dihapus, akan tetapi PTK tersebut harus diubah di penugasannya. Di sana terdapat beberapa pilihan di antaranya: PTK keluar karena mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi pula tanggal keluar atau mutasinya.

118. Bagaimana mekanisme jika ada kesalahan penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data PTK?

Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalptk.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.

119. Apakah pengisian data rinci harus per bulan atau per semester?
Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan, baik itu per bulan ataupun per semester, disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Terdapat di tabel Action Menu, bisa dipilih lanjutkan data periodik untuk mempermudah pengerjaan.

120. Mengapa data info GTK saya tidak bisa dicek?
Karena ada perbedaan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), nama PTK, dan tanggal lahir yang dientri di Aplikasi Dapodik dengan database Pusat.

121. Kenapa ketika mengecek data PTK di info GTK data sekolah induk tidak ditemukan?
 Ada dua kemungkinan. Pertama, PTK tersebut terdaftar sebagai PTK induk di dua sekolah. Kedua, PTK tersebut tidak dipilih sekolah induknya.

122. Mengapa masa kerja golongan atau pangkat PTK tidak sesuai dengan yang dientrikan?
Masa kerja golongan atau pangkat diambil dari tabel riwayat pangkat dan golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan atau pangkat. Bila TMT Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja Golongan yang diambil. Akan tetapi bila TMT Pangkat lebih muda, maka Masa Kerja Golongan yang diambil.

123. kenapa pada saat ubah PTK dan Save tidak berhasil muncul keterangan “field masih ada yang merah’’?
ini biasanya terjadi pada sekolah swasta, ganti status pegawaian menjadi PNS dan cek kembali pada isiannya seperti NIP, SK CPNS, SK PNS jika masih ada yang merah dihapus, setelah itu pilih kembali ke status pegawainnya yang asli seperti GTY.

124. Apakah PTK harus di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?
PTK harus dimapping kembali didalam rombel karena dipembelajaran untuk semester yang sekarang kosong kembali

125. Jika ada PTK yg mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?
Silakan diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya.

N. Rombel

126. Bagaimana cara membuat rombongan belajar (Rombel)?
Sama seperti tahun sebelumnya. Namun jika Rombel tersebut berlanjut ke tingkat selanjutnya, gunakan fasilitas kenaikan kelas dengan asumsi siswa tetap, tidak di acak atau random. Namun jika diacak kembali, maka buatlah Rombel baru seperti prosedur awal.

127. Kurikulum apa saja yang dipilih?
Sesuai dengan ketentuan dari puspurdik sekolah yang terdaftar sebagai pengguna kurikulum 2013 bisa tetap menggunakan kurikulum tersebut, tapi bila tidak terdaftar sekolah harus menggunakan kurikulum KTSP. 128. Bagaimana cara pengaturan Jumlah Jam Mengajar (JJM) di dalam Rombel? Ikuti peraturan pada pengaturan jam sesuai dengan peraturan menteri tentang kurikulum dan pelajari modul validasi pengisian data PTK dari Direktorat GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

129. Kenapa isian Rombel di tabel peserta didik tidak bisa diedit?
Untuk mengedit isian Rombel pada tabel peserta didik, lakukan registrasi terlebih dahulu bila peserta didiknya belum diregistrasi. Setelah itu klik tabel rombongan belajar, pilih kelas, lalu klik anggota Rombel. Kemudian pilih nama dan mapping ke Rombel ya. Setelah itu lakukan refresh dengan cara menekan tombol ctrl+f5.

130. Apakah Rombel harus dihapus untuk mengubah KTSP 2006 ke Kurikulum 2013, begitu juga sebaliknya?
Tidak. Cukup dengan mengganti kurikulumnya saja dan mengedit kembali pembagian PTK Mengajar sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan.

131. Bagaimana langkah mengganti kurikulum agar tidak perlu menghapus Rombelnya? 
Silakan pilih Rombelnya, ganti kurikulum yang sesuai dengan mengklik kolom kurikulum. Setelah diganti, klik simpan.  Refresh atau tekan CTRL + F5.
Klik Rombelnya, lalu klik pembelajaran Setelah muncul pembelajarannya, silakan edit sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan baik itu KTSP atau Kurikulum 2013 lalu klik simpan.  Jika Kurikulum 2013 SMP diganti ke KTSP SMP, selain mengganti pembagian jam mengajar juga harus menghapus mata pelajaran prakarya.  Jika KTSP SMP diganti ke Kurikulum 2013 SMP (sekolah terpilih Kurikulum 2013 SMP), hapus mata pelajaran TIK.


O. Program Indonesia Pintar (PIP)

132. Jika siswa mendapatkan kiriman kartu KIP, apa yang harus dilakukan?

Inputkan nomor kartu KIP didalam aplikasi Dapodik lalu sinkronkan ke server. Direktorat Pembinaan SD/SMP/SMA/SMK akan melakukan verifikasi dan menerbitkan SK kepada siswa yang menerima selanjutnya pihak bank yang ditunjuk akan melakukan pencairan dana PIP sesuai dengan SK yang diterbitkan.

133. Di aplikasi Dapodik mendapat kiriman nomor KIP secara otomatis dari server pusat, sedangkan no. KIP tersebut berbeda dengan kertu yang diterima. Apa yg harus dilakukan?

Ganti isian nomor KIP di aplikasi dapodik dari pusat dengan nomor KIP sesuai dengan kartu yang diterima.

134. Jika nama yang tertera di KIP berbeda dengan nama yang sebenarnya, apa yang harus dilakukan?

Isi di kolom isian "nama yang tertera di kartu" di tabel peserta didik, untuk diprogramkan cetak ulang kartu.

135. Semula isian nomor KIP bergabung dengan isian di kolom KPS/PKH/KKS. Apa yang harus dilakukan?

Secara sistem nomor KIP yang bergabung di kolom KPS/PKH/KKS akan dimigrasikan secara otomatis ke kolom nomor KIP, namun jika masih ditemukan belum berpindah maka pindahkan nomor isian tersebut ke kolom nomor KIP.

136. Jika siswa mendapat kiriman kartu KIP namun menolak dengan alasan tertentu, apa yang harus dilakukan?

Isi alasan menolak KIP di aplikasi Dapodik pada tabel peserta didik dengan memilih alasannya (menolak, sudah mampu, dilarang pemda karena mendapat bantuan serupa).

137. Jika ada anak miskin tidak memiliki kartu KIP/PKH/KKS/KPS namun ingin diusulkan mendapat bantuan dana PIP, apa yang harus dilakukan?

Isi kolom layak PIP sesuai dengan kriterianya di aplikasi Dapodik.

138. Untuk memeriksa hasil inputan terkait PIP, apa yang harus dilakukan?

Manfaatkan fasilitas export yang tersedia di tabel peserta didik. Periksa kembali isian nomor KIP dan kelayakan PIP.


Rule Validasi

139. Nama Peserta Didik Kosong atau tanpa hurup vocal
Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data - Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah.

140. Nama Peserta Didik dengan tanda baca atau symbol
- Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
- Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah.

141. Belum pernah sinkron
Sekolah belum pernah melakukan sinkronisasi atau pengiriman data ke server, sehingga data deserver kosong.

142. Belum sinkron 20142
- Login ke aplikasi dapodik pilih periode Genap 2014/2015 cek kembali data-datanya klik validasi dan lakukan sinkronisasi. 143. Sinkron terakhir = 20132
- Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode genap 2013/2014, lakukan updateing aplikasi dapodik, cek datanya dan lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang.

144. Sinkron terakhir < 20132
Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode ganjil 2013/2014, lakukan updateing aplikasi dapodik, cek datanya dan lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang.

145. Rombel tanpa wali kelas
Login ke aplikasi dapodik klik rombongan belajar cek setiap rombel bila ditemukan rombel tanpa wali kelas silahkan edit, setelah selesai sinkronkan datanya.

146. Bukan pelaksana Kurikulum 2013 – pilihan kurikulum salah
Sekolah bukan merupakan pelaksana kurikulum 2013 akan tetap memilih kurikulum 2013, maka sekolah harus mengubah kurikulum yang digunakan pada aplikasi dapodik dengan mengubahnya ke Kurkulum KTSP.

147. Status honor mengisi pangkat dan golongan
- Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK honorer yang terdeteksi memiliki pangkat dan golongan klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatan bila terisi silahkan hapus datanya.
- Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.

148. PNS pangkat dan golongan kosong
Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi pangkat dan golongan kosong klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatannya lengkapi data kepangkatannya sesuai dengan SK Kepangkatan yang dimiliki oleh PTK tersebut. - Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.

149. PNS NIP kosong
Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi NIP kosong klik ubah cek data PTK pada kepegawaian lalu cek NIP nya lengkapi data NIP sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut. - Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.

150. Nama PTK Kosong atau tanpa hurup vocal
- Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data
- Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah.

151. Nama PTK dengan tanda baca atau symbol
- Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
- Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah.

152. Usia PTK tidak wajar
Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK yang terdeteksi memiliki usia tidak wajar, klik ubah cek data PTK pada data tanggal lahirnya ubah tanggal lahirnya diaplikasi dapodik lengkapi datanya sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut. - Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.

153. Kepsek belum dipilih
Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek belum dipilih maka cek ditabel PTK klik nama PTK yang menjabat sebagai kepala sekolah lalu cek tugas tambahan ptk tersebut bila masih kosong silahkan isi sesuai dengan sk kepala sekolahnya. - Bila tugas tambahan sudah terisi tapi masih tervalidasi cek diisi table tugas tambahan pada kolom ‘TST’ bila terisi artinya terhitung selesai tugas berarti sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah maka hapus TST tersebut setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 lalu cek dibranda ya.

154. Kepsek Ganda
Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek terhitung lebih dari 1 berarti terdapat 2 PTK yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah, untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala sekolah, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

155. Jumlah Kepala Lab lebih dari yang telah ditentukan
Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Lab lebih dari yang telah ditentukan berarti terdapat lebih dari 1 PTK yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala Lab, untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Lab, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

156. Jumlah Kepala perpus lebih dari yang telah ditentukan
Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Perpustakaan lebih dari yang telah ditentukan berarti terdapat lebih dari 1 PTK yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala Perpustakaan, untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Perpustakaan, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi

157. Nama sekolah sama disatu kecamatan
Berarti ada lebih dari 1 nama sekolah yang sama maka untuk merubahnya hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

158. Bentuk pendidikan salah
Bila terdeteksi bentuk pendidikan salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

159. NPSN ganda
Bila NPSN terdeteksi ganda berarti dalam 1 kecamatan ada 2 sekolah memakai NPSN yang sama maka segera hubungi dinas kab/kota untuk diperbaiki setelah itu lakukan sync untuk data perubahannya.

160. Status sekolah salah
Bila terdeteksi status sekolah salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

161. Indikasi sekolah tutup atau merger

Bila sekolah terdeteksi tutup atau merger tapi dilapangan masih aktif segera hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah.

162. Nomor rekening BOS kosong
- Login ke Aplikasi dapodik cek ditabel sekolah apakah sudah terisi atau belum nomor rekeningnya, bila sudah diperbaiki dan disinkronkan tapi hasilnya diaplikasi masih belum terisi maka lakukan langkah berikut
- Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
- Lalu cek kembali ditabel sekolahnya dan diisi nomor rekening BOS nya.

163. Rombel ganda (Tingkat dan Nama rombel sama)
Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah); - Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut; - Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus.






= Baca Juga =



Blog, Updated at: 5:41:00 AM

115 komentar:

  1. Matikan musiknya.!!!. tidak semua orang suka dengan musiknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hak yang punya blog !!
      cukup kamu silent kan laptop mu !!

      Delete
    2. Klaw saya suka lagunya..
      boleh minta judulnya apa tu? yang lagu pertama dan kedua.. semuanya juga bolehh

      Delete
    3. JUDUL DAN LAGUNYA BISA DI DOWNLOAD DISINI

      Delete
  2. Admin mau tanya....gimana cara agar satu laptop bisa menggunakan database untuk beberapa sekolah? Multi database, seperti dapodik versi sebelumnya.

    Terima kasih atas tanggapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca penjelasan pada nomor 85 di atas. Biasakan utk membaca ya. Gerakan Literasi tdk hanya utk anak tetapi juga utk kita

      Delete
    2. Terima kasih gan.....kalau untuk pemindahan database dari laptop 1 ke laptop yang laen secara manual bisa nda gan. Saya coba untuk mindahkan database dari laptop 1 ke laptop yang laen di service Database DB tidak bisa di start.

      Delete
  3. admin mau tanya, sy kan kemarin sudah install aplikasi dapodik versi 2016, sudah registrasi dan berhasil log in juga, sudah isi data dll . trus keluar sy tutup, setelah mau log in lagi tiba2 password salah. padahal tadinya bisa sampai skrg ga bisa dibuka gimana yah pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba login dalam posisi terkoneksi atau online

      Delete
    2. mau tanya mulai tadi saya coba sinkronisasi tapi tidak bisa-bisa,trims

      Delete
  4. admin mau tanya,, saya sudah instal aplikasi dan sudah registrasi berhasil, tapi pas login kok cuma loading saja ya gak bisa masuk masuk,,itu gimana ya pak solusinya,,terima kasih

    ReplyDelete
  5. mIn mau tanya ni, kenapa ketika sinkron kok kagak bisa??? ada perintah muncul kode registrasi tidak ditemukan diserver.... gitu Min, ada solusi ngak Min??? mohon pencerahannya. Thanks

    ReplyDelete
  6. Sya mau tanya bila ptk masih warning itu knpa dn bgaimana solusinya?

    ReplyDelete
  7. admin, apakah bisa menyimpan dulu sebelum mengisi kolom KIP dll?

    ReplyDelete
  8. data di data priodik sudah lengkap tapi kenapa saat akan di validasi kenapa keterangan nya masih tidak valid

    ReplyDelete
  9. admin mau tanya bagaimana kalau aplikasi username tidak terdaftar..sedangkan waktu semalam aplikasi masuk tidak ada masalah..setelah pagi saya mencoba masuk lagi tidak terdaftar dan tidak bisa masuk..masalahnya belom snyc dan kerjaan saya sudah mau beres...username password yang sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kasusnya juga sama.....mohon bantuannya min.

      Delete
    2. Coba masuk menggunakan USERNAME alamat email operator. Klu bisa kerjaan selesaikan lalu sinkron setelah itu minta ganti username dan password dapodik ke dinas pendidikan kab/kota masing2

      Delete
  10. min, laptop sekolah hilang (server), udah ikutin langkah no 68 dengan menggunakan laptop lain, TAPI gagal "file prefill tidak ditemukan" padahal udah download filenya. bisa dibantu Min??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan install aplikasi dapodik terlebih dahulu, setelah install selesi baru download prefill dapodik sekolah Anda. Sebelum Registrasi pastikan cara penempatan file hasil prefill dapodik pada drive system aplikasi yang digunakan contoh: C: prefill_dapodik. Kesalahan penempatan file dan kode regostrasi mengakibatkan file prefil dapodik tdk ditemukan

      Delete
  11. Kalau ada siswa yang ganda, trus gak bisa di hapus, bagai mana cara m menghapus salah satunya

    ReplyDelete
  12. min mau nanya... saya udah sinkron mungkin 20 kali selama dua hari ini tapi kenapa data nya tetap tidak terbaca di kemdikbud?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceknya melalui login management.Coba cek Sikronisasinya, lihat jam mulai dan jam selesai. Jika jam selesai kosong berarti gagal sinkron. Jika merasa sdh tapi belum terbaca coba cek beberapa hari kedepan.

      Delete
  13. pak kenapa email dapodik saya tidak terdaftar,,padahal sudah saya registrasi dan pemberitahuannya sudah terdaftar
    mohon infonya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalahnya masih belum terselesaikan, segera hubungi admin dinas pendidikan kab/kota utk penggantian username dan password

      Delete
  14. pak kenapa setiap saya sinkronasi sendat di 8% atau 25% ??padahal koneksi internetnya aman aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sinkron lagi pada waktu yang berbeda satu atau dua hari ke depan

      Delete
  15. yth admin, mohon solusi bagaimana me merger rombel dari 2 menjadi satu, misalkan awalnya kelas2.A dan kelas 2.B menjadi kelas 2 saja, apakah membuat ulang rombel baru tanpa menggunakan menu aksi, dan bagaimana jika sudah terlanjur menggunakan menu aksi, apakah dihapus atau generate ulang. makasih...

    ReplyDelete
  16. min, mohon solusi kenapa semua PTK hilang?

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Klik Salin Penugasan dibagian bawah berwarna Ungu

      Delete
  18. Boss Admin...program keahlian bisa diisi tetapi kurikulum tidak bisa isi karena tidak ada pilihannya...solusinya bagaimana...trims

    ReplyDelete
  19. admin gimana cara hapus peserta didik ganda....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum menemukan penjelasan resmi. Klu yang kami lakukan salah satu peserta didik diregistrasi keluar

      Delete
    2. registrasi keluar keterangan nya apaan pa (apakah lainnya) terus nanti akan bermasalah ngga dengan verval pd nyah

      Delete
  20. aplikasi bos nya di sebelah mananya gan?katanya skr sudah harus singkron dengan dapodik bos nya

    ReplyDelete
  21. Admin gimana cara memperbaiki dapodik username dan pasword tidak ditemukan..
    Padahal sdh dilakukan instal aplikasi,registrasi, dan login. Parahnya lagi sudah selesai penginputan data tinggal melakukan sincron...
    Pada saat login ingin melakukan sinc keterangan username dan pasword tidak ditemukan ...
    Mohon solusinya admin...

    ReplyDelete
  22. aplikasi dapodik 2016 tidak bisa dibuka (password yang anda masukkan salah)... solusinya bagaimana .....????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu berkepanjangan bisa ajukan kode registrasi, Usuernam dan password baru ke Admin Kabupaten

      Delete
  23. Admin kenapa kalo saya singkron hanya sampai 18%
    Padahal udah satu minggu ini tiap hari dan malam saya sinkron selalu sama MENTOK sampai 18%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit utk memprediksi karena di Kami tdk ada gangguan. Klu mau coba silahkan install Browser versi terbaru baik Chrome maupun Mozilla. Saya hanya sarankan pakai Chrome

      Delete
  24. min ada kontak whatsapp atau apa gtu? sya operator baru butuh bimbingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mhn maaf sy mengaktifkan WA. Untuk konsultasi dapodik saya sarankan anda gabung di Info Pendataan Dapdikdasmen Kemdikbud

      Delete
    2. Silah gabung di facebook infopendataan dapodikdasmen kemdikbud

      Delete
  25. STATUS KONEKSI DAPODIK DENGAN INTERNET : DISCONNECTED
    Padahal sudah terhubung dg internet dan bagus speednya
    Bagaimana cara mengatasinya??
    sudah saya reload ndak bisa.

    ReplyDelete
  26. min, kenapa aplikasi saya tidak bisa mengisi pembelajarannya..tambah juga tidak bisa (blank )
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  27. min....knp aplikasi dapodik tdk dpt dibuka padahal sdh berhasil registrasi, tmpilanya hanya memuat aplikasi, mhn bantuanya

    ReplyDelete
  28. sampe skrg gak bisa sinkron, macet di 25%. . pdhal koneksi internetnya cpet bnget. . klo download video sampe 2 mbps. . tpi pas ngirim data dapodik ngak smpe 100%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai browser yang lain, jika menggunakan modem bisa dicoba dengan kartu yg lain. Masalahnya ada kartu tertentu yg kadang tidak bisa akses ke website berdomain kemdikbud.go.id

      Delete
  29. Kenapa gak bisa sinkoronisasi ini...????????????

    ReplyDelete
  30. sama pak kasusnya saya lembur beberapa hari dan sudah selesai tapi belum sinkron, tinggal sinkron kok username tidak terdaftar padahal gak ngerubah apa apa pak ? mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba login pakai Usernam dan password OPS, bukan pakai username dan password sekolah

      Delete
  31. admin gmn cara memperbaiki usia ptk tidak wajar di dapodik yang bukan sekolah induk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbaiki melalui Verval PTK, data PTK baik di sekolah induk maupun non induk akan berubah dng sendirinya setelah siknronisasi

      Delete
  32. Admin, data saya tidak ada yang invalid tapi selalu gagal saat sinkron, "kterangannya gagal memproses tabel peserta didik" padahal data sudah bnar,, mhon solusinya,, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai Browser yang lain. Harap menggunakan browser yg terbaru

      Delete
  33. UC Browser untuk pc/laptop ternyata bisa sinkronisasi dapodik 100 persen tanpa kendala, karna versi ini sangat ringan

    ReplyDelete
  34. Teman2 operator yang budiman seluruh indonesia dikabupaten dogiyai kami mengalami masalah dopodik versi 2016 karena malasahnya tidak bisa Generate prefill belum bisa dilakukan registrasi online maupun ofline ada 3 sekolah sebagai berikut:
    1. SD YPPGI KITAKEBO DISTRIK MAPIA BARAT
    2. SD NEGERI INPRES PAGOUDA DISTRIK MAPIA BARAT
    3. SD YPPK UGAPUGA DISTRIK KAMU TIMUR
    Untuk itu teman2 ops bisa ada yang kasih solusi untuk menyelasaikan persoalan sepertti ini agar kami sendiri tidak bisa ambil solusi namun ada solusi penyelesain persoalan adalah mengalami masalah yang sama tetapi temukan masalahnya merekalah yang membantu masalah seperti ini sehingga saya sebagai operator sekolah ada beban karena tidak bisa selesaikan dapodik sekolahnya dan pihak sekolah juga ada tunggu kapan selesaikn persoalan ini sehingga sekali lagi saya minta tolong membatunya agar masalah ini mudah dihadapi dengan sekolah trims. Sukses Satu Nusa Satu bangsa satu bahasa Satu Data

    ReplyDelete
  35. Mohon pencerahan... saya tidak bisa menyimpan mata pelajaran.. sudah di coba berulang kali.. ketika di simpan, datanya tidak muncul. Apakah bisa dibantu. Sudah coba dengan Online dan Ofline

    ReplyDelete
  36. saya sudah mencoba beberapa kali sinkronisasi, tapi saat sinkronisasi diakhiri..bukannya berhasil tp munculnya server sibuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalau bgitu solusinya apa ya pak. Ne aja juga dri td malam mu syncron ngk bisa2 juga, selalu tidak terkoneksi dabatase server

      Delete
    2. Mungkin server sibuk, coba lagi. Ada kabar gembira batas sinkron utk pengambilan data PIP sampai tgl 15 Sept 2016. Namun saya ingat kalu bisa jangan sinkron diakhir tgl pengambiln data, lebih cepat labih baik

      Delete
  37. Terimakasih bpk @Ainamulyana atas infonya,
    saya mau tanya, kemarin saya coba syinc tp gagal, lalu saya coba lagi tapi ternyata di validasi tertulis ada PTK yg di hapus, pdahal saya tidak ada otak-atik PTK, jikapun saya hapus PTK nya harus ada data yg di hapus terlebih dahulu, mohon bantuannya pak,, karna invalid ini saya belom bisa syincron.. terimakasih..

    ReplyDelete
  38. Saya sudah berhasil registrasi 100% pada dapodik v.3.00 tetapi pada saat login ada bacaan username tidak terdaftar saya melakikan pada kondisi online. Apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  39. Kenapa sampai saat ini belom bisa sikron padahal udah 2 hari

    ReplyDelete
  40. admin saya tinggal di pedalaman papua apakah tanggal 31 agustus 2016 masih bisa sinkron?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai tgl 30 Agst belum siknron, Tanggakl 31 Agst, bahkan di bulan september dan selanjutnya Anda mesti mencoba siknron

      Delete
  41. Sampai saat ini blom bisa sikron apakah yang harus saya lakukan supaya bisa sikron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tahu persis permasalahannya, Biasanya memang telalu banyak yang sinkron di tangggal terakhir dapat mengakibatkan server overload. Klu hari ini belum bisa Anda tetap harus mencobanya hari-hari ke depan

      Delete
    2. memang gak apa2?
      padahal batasnya tanggal 31 Agustus 2016.

      Delete
    3. ya, daripada tidak. Prinsipnya lebih cepat lebih baik. Namun ada kabar gembira, batas siknronisasi PIP diperpanjang hingga 15 September, Utk Cut BOS bisa lihat di Juknis BOS, sedangan utk Cut penentapan SKTP biasanya utk periode 2 nyampe akhir Nopember. thanks

      Delete
  42. Mohon Solusinya Jika Dapodikdasmen dibuka keluar seperti ini :

    Whoops, looks like something went wrong.
    2/2 PropelException in Propel.php line 679: Unable to open PDO connection [wrapped: SQLSTATE[08006] [7] FATAL: invalid page header in block 0 of relation base/16384/11804]

    in Propel.php line 679
    at Propel::initConnection(array('dsn' => 'pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', 'persistent' => true, 'settings' => array('charset' => array('value' => 'utf8'), 'queries' => array('query' => 'set search_path to public, ref, nilai, blob'))), 'pendataan') in Propel.php line 576
    at Propel::getMasterConnection('pendataan') in Propel.php line 602
    at Propel::getSlaveConnection('pendataan') in Propel.php line 552
    at Propel::getConnection('pendataan', 'read') in BaseSyncLogPeer.php line 298
    at BaseSyncLogPeer::doSelectStmt(object(Criteria), null) in BaseSyncLogPeer.php line 280
    at BaseSyncLogPeer::doSelect() in CustomRest.php line 0
    at CustomRest->init(object(Request), object(Application))
    at call_user_func_array(array(object(CustomRest), 'init'), array(object(Request), object(Application))) in HttpKernel.php line 147
    at HttpKernel->handleRaw(object(Request), '1') in HttpKernel.php line 68
    at HttpKernel->handle(object(Request), '1', true) in Application.php line 581
    at Application->handle(object(Request)) in Application.php line 558
    at Application->run() in index.php line 4

    1/2 PDOException in PropelPDO.php line 152: SQLSTATE[08006] [7] FATAL: invalid page header in block 0 of relation base/16384/11804

    in PropelPDO.php line 152
    at PDO->__construct('pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', null, null, array()) in PropelPDO.php line 152
    at PropelPDO->__construct('pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', null, null, array()) in Propel.php line 675
    at Propel::initConnection(array('dsn' => 'pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', 'persistent' => true, 'settings' => array('charset' => array('value' => 'utf8'), 'queries' => array('query' => 'set search_path to public, ref, nilai, blob'))), 'pendataan') in Propel.php line 576
    at Propel::getMasterConnection('pendataan') in Propel.php line 602
    at Propel::getSlaveConnection('pendataan') in Propel.php line 552
    at Propel::getConnection('pendataan', 'read') in BaseSyncLogPeer.php line 298
    at BaseSyncLogPeer::doSelectStmt(object(Criteria), null) in BaseSyncLogPeer.php line 280
    at BaseSyncLogPeer::doSelect() in CustomRest.php line 0
    at CustomRest->init(object(Request), object(Application))
    at call_user_func_array(array(object(CustomRest), 'init'), array(object(Request), object(Application))) in HttpKernel.php line 147
    at HttpKernel->handleRaw(object(Request), '1') in HttpKernel.php line 68
    at HttpKernel->handle(object(Request), '1', true) in Application.php line 581
    at Application->handle(object(Request)) in Application.php line 558
    at Application->run() in index.php line 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data base kemungkinan error, mesti install ulang. Pastikan komputer Anda bebas virus serta menggunakan browser yg terbaru

      Delete
    2. data yang sudah saya input belum pernah di sinkron pak Aina Mulyana, apakah data itu nanti akan hilang setelah saya Instal kembali Patch yang terbaru??
      terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. Klu install ulang belum siknron pasti data hilang, coba dengan cara-cara lain ya...... seperti ganti browser, restore komputer, dll. Mhn maaf saya nggak bisa bantu

      Delete
    4. terimakasih saran dan masukan nya. pak Aina Mulyana

      Delete
  43. mohon bantuan dan soulisnya jika Dapodikdas dibuka keluar seperti ini :

    Whoops, looks like something went wrong.
    2/2 PropelException in Propel.php line 679: Unable to open PDO connection [wrapped: SQLSTATE[08006] [7] FATAL: invalid page header in block 0 of relation base/16384/11804]

    in Propel.php line 679
    at Propel::initConnection(array('dsn' => 'pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', 'persistent' => true, 'settings' => array('charset' => array('value' => 'utf8'), 'queries' => array('query' => 'set search_path to public, ref, nilai, blob'))), 'pendataan') in Propel.php line 576
    at Propel::getMasterConnection('pendataan') in Propel.php line 602
    at Propel::getSlaveConnection('pendataan') in Propel.php line 552
    at Propel::getConnection('pendataan', 'read') in BaseSyncLogPeer.php line 298
    at BaseSyncLogPeer::doSelectStmt(object(Criteria), null) in BaseSyncLogPeer.php line 280
    at BaseSyncLogPeer::doSelect() in CustomRest.php line 0
    at CustomRest->init(object(Request), object(Application))
    at call_user_func_array(array(object(CustomRest), 'init'), array(object(Request), object(Application))) in HttpKernel.php line 147
    at HttpKernel->handleRaw(object(Request), '1') in HttpKernel.php line 68
    at HttpKernel->handle(object(Request), '1', true) in Application.php line 581
    at Application->handle(object(Request)) in Application.php line 558
    at Application->run() in index.php line 4

    1/2 PDOException in PropelPDO.php line 152: SQLSTATE[08006] [7] FATAL: invalid page header in block 0 of relation base/16384/11804

    in PropelPDO.php line 152
    at PDO->__construct('pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', null, null, array()) in PropelPDO.php line 152
    at PropelPDO->__construct('pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', null, null, array()) in Propel.php line 675
    at Propel::initConnection(array('dsn' => 'pgsql:dbname=pendataan;host=localhost;port=54532;user=postgres;password=extjs600-theme-admin-anegan-crisp', 'persistent' => true, 'settings' => array('charset' => array('value' => 'utf8'), 'queries' => array('query' => 'set search_path to public, ref, nilai, blob'))), 'pendataan') in Propel.php line 576
    at Propel::getMasterConnection('pendataan') in Propel.php line 602
    at Propel::getSlaveConnection('pendataan') in Propel.php line 552
    at Propel::getConnection('pendataan', 'read') in BaseSyncLogPeer.php line 298
    at BaseSyncLogPeer::doSelectStmt(object(Criteria), null) in BaseSyncLogPeer.php line 280
    at BaseSyncLogPeer::doSelect() in CustomRest.php line 0
    at CustomRest->init(object(Request), object(Application))
    at call_user_func_array(array(object(CustomRest), 'init'), array(object(Request), object(Application))) in HttpKernel.php line 147
    at HttpKernel->handleRaw(object(Request), '1') in HttpKernel.php line 68
    at HttpKernel->handle(object(Request), '1', true) in Application.php line 581
    at Application->handle(object(Request)) in Application.php line 558
    at Application->run() in index.php line 4

    ReplyDelete
  44. min data ptk saya sdh di daftar melalui dinas kabupaten, dan katanya sudah terdaftar, namun setelah sinkron 3 kali berselang 2 sampe 3 hari tapi datanya tetap tidak masuk di lokal, sudah upgrate prefil 3 kali dalam rentan waktu 2-3 hari tapi tidak juga masuk, kira kira masalahnya dimana? mohon bantuan sobat sekalian...

    ReplyDelete
  45. untuk nomor 86, ada cara-caranya tidak pak?

    ReplyDelete
  46. untuk nomor 86, bagaimana cara-caranya ya pak?
    terima kasih

    ReplyDelete
  47. min data saya sudah valid semua tinggal sincron tapi kok gak bisa sincron yaa ?? apa masih bisa sincron di bulan september min ??
    mohon di jawab, sya operator dapodik baru

    ReplyDelete
  48. mohon infonya dong pak mulyana...
    knp ya jjm di dapodik yg sudah menggunakan k13 tidak sesuai dengan struktur kurikulum k 13 yang kami peroleh di pelatihan,
    contohnya struktur kurikulum untuk mapel fisika itu 4 jam, tapi kenyataannya di dapodik cuma 2 jam..
    saya jadi bingung mau input pembelajaran..
    mohon infonya ya....

    ReplyDelete
  49. mohon solusi pak mulyana...
    sekolah sya satap jdi kepala sekolahnya satu pada saat sy input data kepala sekolah sama jd muncul di beranda depan kepala sekolah > 1 jd mohon solusinya,terima kasih sebelumnya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa, hanya statusnya pada sekolah yang satu Induk, sedangkan sekolah lainnya Non Induk

      Delete
    2. Pak,, apa yang harus dilakukan ketika sinkron gagal karena 'gagal memproses tabel riwayat pendidikan' padahal pengisian sudah benar

      Delete
  50. bagaimana kalau nama peserta didik tidak muncuul saat di cari di dapodik

    ReplyDelete
  51. Pak Mulyana..
    saya mau nanya bagaiman cara menghapus data sarana pada dapodik versi 2016

    ReplyDelete
  52. Pak mulyana,,napa yang harus di perbaiki ketika sinkron gagal di 50%, penyebab: gagal memuat tabel riwayat pendidikan, padahal d tabel validasi sudah bersih, cara pengisian sudah sesuai petunjuk,,

    ReplyDelete
  53. bagaimana cara mengatasi

    Aplikasi dapodik sudah pernah terinstall. Gunakan Updater memperbaruhi aplikasi andaa.(jangan di-instal ulanh sebelum melakukan sinkronisasi, karena dapat menyebabkan data anda sebelumnnya hilang )

    itu pada saat instal dapodik 2016. mohon solusinnya pak !!!

    ReplyDelete
  54. bagaimana cara mengatasi

    Aplikasi dapodik sudah pernah terinstall. Gunakan Updater memperbaruhi aplikasi andaa.(jangan di-instal ulanh sebelum melakukan sinkronisasi, karena dapat menyebabkan data anda sebelumnnya hilang )

    itu pada saat instal dapodik 2016. mohon solusinnya pak !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon Solusi Login PMP malah Jadi Kayak gini tampilannya : ContextErrorException: Warning: pg_connect(): Unable to connect to PostgreSQL server: FATAL: password authentication failed for user "postgres" in D:\Dapodik dan PMP\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Preface.php line 0
      Padahal dapodik bisa dibuka. PMP udah Versi 1.3 dapodikdas udah Versi 2016 b Mohon Solusinya..

      Delete
  55. pak, mohon bantuannya..
    saya sudah antar data ptk baru (ptk yang belum pernah terdata di dapodik) ke dinas pendidikan tempat saya. tapi sampai sekarang data nya belum ada yang masuk ke dapodik, saya juga sudah sinkron. mohon solusinya pak.
    saya bingung juga kalo install ulang prefill itu harus hapus prefill yang sebelumnya atau nggak ya?
    saya udah install prefill tapi malah jadi ada angka (1) dibelakang kode prefillnya..

    ReplyDelete
  56. Yth.
    Koordinator Dapodik Pusat
    Kami operator berharap untuk penambahan data ptk baru janganlah ke operator dinas, karena kami sekolah swasta terkadang dalam 1 semester bisa 3 kali ganti guru, jadi agak report jika selalu kedinas, kami harap seperti biasa, bisa ditambah dan bisa dihapus. Trims

    ReplyDelete
  57. mohon maaf pak, saya ingin menggunakan server client utk pengisian dapodik, kmd jika client dipaksakan synkron apakah pengaruh pada data base di server?

    kemudian kalo pake client dan melakukan perubahan data, apakah secara otomatis tersimpan, dan bisa di baca pada pc server? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA BELUM pernah mempraktekkan menggunakan Client and Server, Jadi tidak bisa memberikan pejenjelasan khawatir SALAH. Mungkin temen-temen yg menggunakan Client and Server dapat membantu (atau bisa konsultasi lewat facebook pendataan dikdasmen kemdikbud

      Delete
  58. Admin, saya bingung mengisikan jam per minggu di tab tugas tambahan pada PTK, karena colom untuk jam per minggu tidak tampil. Bagaimana cara menampilkan jam per minggu ya Pak?

    ReplyDelete
  59. Pak untuk mengganti email yang lama ke yang baru kok munculnya username/password salah ya? padahal sudah install ulang dan waktu registrasi dengan email dan password yg baru kok nggak bisa..? mohon bantuannya pak Aina..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertnya perlu reset atau ganti username dan password melalui admin dapodik kab/kota.

      Delete
  60. pak mohon bantuannya, saya ops baru pak, apa fungsi tombol salin pada data periodik, data peserta didik dan data ptk. apakah ada hubungannya dengan verval? kemudian bagaimana mengatasi nuptk ganda pada ptk?

    ReplyDelete
  61. Pak, sekolah kami 4 rombel, data kami sudah sinkron tetapi setelah kami cek di data pengiriman terbaca jumlah rombel nol(tidak ada rombel). Mohon solusinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  62. slmat pagi pak Aina Milyana mohon solusi aplikasi sy setelah admin kabupaten entri data PTK baru tapi stelah sy sinkron data PTK sy tdk tampil di aplikasi.apa erornya di aplikasi atau gmana......?trimaksh

    ReplyDelete
  63. Sudah dilakukan singkronosasi beberapa ali ,tapi setelah di cek blm ada hasil singkron,yg muncuk masih null padahal singkronisasi berhasil,apa hasil singkron saya sudah masuk di dinas walaupun tidak muncul?

    ReplyDelete
  64. di rombel belajar kurikulum tidak bisa di ganti dari KTSP menjadi K 13....cketika diedit cuma tampil kudenya...?

    ReplyDelete
  65. pak saat singkr0nkan gagal,yg muncul seprti ini :

    Memproses data di server gagal. Penyebab: Gagal memproses tabel Sarana (Unable to execute INSERT statement [INSERT INTO sarana (sarana_id,sekolah_id,jenis_sarana_id,prasarana_id,kepemilikan_sarpras_id,nama,asal_data,Last_update,Soft_delete,last_sync,Updater_ID) VALUES (:p1,:p2,:p3,:p4,:p5,:p6,:p7,:p8,:p9,:p10,:p11)] [wrapped: SQLSTATE[23000]: [Microsoft][ODBC Driver 11 for SQL Server][SQL Server]The INSERT statement conflicted with the FOREIGN KEY constraint "sarana_FK_1". The conflict occurred in database "Dapodik_Paudni", table "ref.jenis_sarana", column 'jenis_sarana_id'.]) lama sync : 00:01:06.

    ini gimana yaaa pak maksudnyaa,...!!!??

    ReplyDelete
  66. sinkron dapidik yg terjadi :
    1.DATA PTK Sebagai Kep.Sek hilang/terhapus...
    2.setelah download ulang prefil keterangan ny:
    a. masih merah pada validasi pembelajaran
    b. mapel yg d ampu KS Terhapus
    c. validasi : "mapel yg di ampu pkt atas nama KS Terhapus"
    ..solusi nya admin..

    ReplyDelete
  67. admin mohon bantuannya saya tida bisa save ketika input pembelajaran di suatu rombel, saya smk input mapel peminatan, terima kasih admin sebelumnya

    ReplyDelete
  68. data siswa mutasi sudah input manual/offline dan sudah sinkron tetapi pada verval pd siswa tersebut masuk dalam siswa belum memiliki nisn padahal sudah input nisn ternyata ada kesalahan penginputan tanggal lahir siswa tersebut sehingga berbeda dgn tgl lahir pada cek nisn siswa bagaimana cara merubah tgl lahir yang salah pada dapodik.

    ReplyDelete
  69. pak, bagaimana jika operator sebelumnya pindah. apakah bisa ganti username dan password dapodiknya? kenapa di dapodik 2016 b tidak ada menu "tambah" pada manajemen pengguna? mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  70. Bagaimana solusinya para master...
    Saat buka dapodik, muncul pernyataan username yang anda gunakan tidak terdaftar, gunakan username yang lain...tlg bantu dong!

    ReplyDelete
  71. Saat sinkronisasi sampai pada 80% muncul tulisan seperti ini : Memproses data dari server gagal. Penyebab : Gagal men-decode data update dari server.
    Bagaimana ini admin?

    ReplyDelete
  72. data PTK dan PDx hilang stelah prefill d download.sblmx dapodiknya tidak bisa d buka karena database di modifikasi secara ilegal.solusonya min?

    ReplyDelete
  73. aplikasi versi 2016.c, erorr /running bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  74. dalam validasi rombel tertulis Warning
    1. Jumlah minimal anggota rombel pada Kelas 2 adalah 20 (anggota rombel saat ini = 20)
    2. Jumlah maksimal anggota rombel pada Kelas 3 adalah 28 (anggota rombel saat ini = 39)
    bagaimana solusinya? mohon pencerahan.terima kasih

    ReplyDelete

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB