PRINSIP PERSATUAN INDONESIA: REFLEKSI BUAT GURU PPKN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, August 31, 2016

Salah satu kompetensi dasar pembelajaran PPKn SMP adalah dapat menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Dalam kegiatan ulangan ada satu contoh pertanyaan menarik yang perlu kita diskusikan bersama? Misalnya: Tuliskan prinsip persatuan Indonesia? Mari kita analisis, Tepatkah pertanyaan tersebut? Untuk mengetahui tepat atau tidaknya pertanyaan tersebut, mari kita lihat jawaban siswa.




Ada satu kelompok siswa yang menjawab prinsip persatuan Indonesia sesuai dengan sumber materi yang mereka ambil saat diskusi  adalah sebagai berikut:

Prinsip  Persatuan Indonesia menurut Pitoyo dalam Prosiding Kongres Pancasila Ke IV Penguatan, Sinkronisasi, Harmonisasi Integrasi Pelembagaan dan Pembudayaan Pancasila dalam Rangka Memperkokoh Kedualatan Bangsa yang disusun oleh Tim Pusat Studi Pancasila UGM dan Tim Universitas Patimura Ambon, menyatakan Prinsip  Persatuan Indonesia adalah
1) Bangga atas kondisi yang terdapat Negara – bangsa serta prestasi yang dihasilkan oleh warga Negara

2) Cinta pada Negara bangsa serta rela berkorban demi bangsa dan tanah airnya;

3) Berkembangannya patriotisme dalam menjaga keutuhan, kebesaran dan kesejahteraan serta bela Negara.

Sang guru yang mengkoreksi jawaban menilai jawaban siswa salah.

Ada pula satu kelompok siswa yang memberikan jawaban prinsip persatuan Indonesia sesuai dengan sumber materi yang mereka ambil saat diskusi  seperti ini:

Prinsip  Persatuan Indonesia menurut Soeprapto (2010) dalam Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang diterbitkan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara, Prinsip  Persatuan Indonesia adalah

1) Bangga pada negara-bangsanya atas kondisi yang terdapat pada negara-bangsanya serta prestasi-prestasi yang dihasilkan oleh warganegaranya;

2) Cinta pada negara-bangsanya serta rela berkorban demi negara-bangsanya.

Sang guru yang mengkoreksi jawaban menilai jawaban siswa salah.

Contoh kedua jawaban itu dinyatakan salah oleh guru karena dalam mindset guru, prinsip persatuan Indonesia adalah sebagaimana yang terdapat dalam buku teks PPKN yang menyatakan bahwa prinsip persatuan Indonesia, adalah:
1. Prinsip Bhineka Tunggal Ika
Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama dan adat kebiasaan yang majemuk. Hal ini mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia.

2. Prinsip Nasionalisme Indonesia
Kita mencintai bangsa kita, tidak berarti bahwa kita mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. Nasionalisme Indonesia tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain. Kita tidak ingin memaksakan kehendak kita kepada bangsa lain, sebab pandangan semacam ini hanya mencelakakan kita. Selain tidak realistis, sikap seperti itu juga bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3.Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab
Manusia Indonesia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, terhadap sesamanya dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang maha Esa.

4. Prinsip Wawasan Nusantara
Dengan wawasan itu, kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan itu manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

5. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita   Reformasi
Dengan semangat persatuan Indonesia kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur

Kembali kepada contoh soal “Tuliskan prinsip persatuan Indonesia?” Jika sessungguhnya jawaban pertama dan kedua benar, sampai akhirat di hadapan Tuhan nanti guru PPKn harus mempertanggungjawaban hasil penilaian tersebut.

Admin sebagai guru PPKn hanya ingin mengingatkan kepada rekan guru beberapa hal
1. Agar guru PPKn berwawasan luas. Sebagai contoh jawaban essay dalam pelajaran PPKn  tidak memerlukan Kunci Jawaban yang dibutuhkan hanya panduan jawaban.

2. Untuk materi yang belum terdapat dalam naskah resmi sebaiknya pertanyaan di buat lebih spesifik seperti tuliskan prinsip persatuan Indonesia menurut A ? Walaupun cukup disayangkan dalam buku teks siswa yang dikatagorikan buku resmi tidak mencantum dari mana sumber kelima prinsip persatuan Indonesia tersebut. 



Bahan Bacaan

Soeprapto. 2010. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara ( LPPKB).


Tim Pusat Studi Pancasila UGM dan Tim Universitas Patimura (2014). Prosiding Kongres Pancasila Ke IV Penguatan, Sinkronisasi, Harmonisasi Integrasi Pelembagaan dan Pembudayaan Pancasila dalam Rangka Memperkokoh Kedualatan Bangsa. Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila UGM 


= Baca Juga =



Blog, Updated at: 9:03:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB