PROGRAM ALIH FUNGSI GURU TAHAP II TAHUN 2017 AKAN DIBUKA JULI 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 27 Mei 2017

Program Alih Fungsi Guru Tahap II Tahun 2017 atau Program Keahlian Ganda tahap II untuk guru SMK akan dibuka pada Juli 2017. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka rekrutmen Program Keahlian Ganda bagi 15.000 guru normatif yang akan dilatih menjadi guru produktif untuk bidang keahlian prioritas nasional dalam pendidikan vokasi. Rekrutmen ini bisa diikuti guru SMK negeri maupun swasta.


“Ada empat bidang keahlian yang menjadi prioritas sesuai arahan presiden, yaitu bidang maritim atau kelautan, bidang pertanian atau ketahanan pangan, bidang industri kreatif, dan bidang pariwisata,” ujar Dirjen GTK Sumarna Surapranata, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Pada Program Keahlian Ganda tahap pertama, yaitu tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyeleksi 12.741 guru SMK normatif (guru pengampu mata pelajaran wajib, seperti pendidikan kewarganegaraan atau bahasa Indonesia). Saat ini mereka sedang menjalani pelatihan sebagai guru SMK produktif, yaitu guru pengampu mata pelajaran bidang keahlian. Program Keahlian Ganda merupakan langkah strategis Kemendikbud untuk mengatasi masalah kekurangan guru produktif di SMK.

Dirjen GTK Sumarna Surapranata menuturkan, Kemendikbud sudah melakukan pemetaan mengenai kekurangan jumlah guru produktif, termasuk bidang keahlian yang dibutuhkan. Berdasarkan data per tahun 2016, Indonesia memiliki kekurangan guru SMK produktif sebanyak 91.861 guru. Program Alih Fungsi Guru  atau Program Keahlian Ganda tahap pertama lalu berhasil menyeleksi 12.741 guru, dan akan bertambah 15.000 di tahap kedua pada tahun ini. Untuk Program Keahlian Ganda tahap II, ada 53 bidang keahlian yang bisa dipilih calon peserta Program Keahlian Ganda.

“Jadi 53 bidang keahlian tersebut adalah bidang keahlian yang termasuk di dalam empat bidang prioritas tadi,” kata pria yang akrab disapa dengan panggilan Pranata itu.

Pranata mengatakan, melalui Program Alih Fungsi Guru  atau Program Keahlian Ganda, guru normatif bisa mendapatkan sertifikat keahlian sebagai guru produktif. Mereka akan mengikuti pelatihan yang dibagi menjadi lima tahap, sebelum mendapatkan sertifikat keahlian. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ada lima tahap yang akan dijalani peserta Program Keahlian Ganda, yaitu ON-1, IN-1, ON-2, IN-2, dan magang kerja industri. Di tahap ON-1, selama 12 minggu peserta akan diberikan materi pengenalan dasar kompetensi kejuruan, dan belajar mandiri dengan modul. Pada tahap IN-1, selama delapan minggu peserta akan diberi materi penyusunan perangkat pembelajaran dan penguatan materi melalui modul. Lalu pada tahap ON-2, selama 12 minggu peserta akan magang mengajar sebagai guru produktif di kelas (SMK), dan di bengkel atau laboratorium, sekaligus belajar mandiri melalui modul. Kemudian selama dua minggu di tahap IN-2, peserta akan menerima penguatan materi, penajaman kompetensi keahlian dan uji kompetensi oleh LSP. Terakhir, peserta akan menjalani magang kerja di industri selama dua bulan.

Pranata pun menegaskan, dengan mengikuti Program Keahlian Ganda, guru yang telah tersertifikasi sebagai guru normatif tidak akan kehilangan tunjangan profesinya. “Orang yang mengikuti Program Keahlian Ganda, tunjangannya tidak akan dicabut, tetap dapat. Banyak yang masih salah paham soal ini,” ujarnya. Selain itu, ia menambahkan, ada beberapa manfaat yang bisa diambil guru yang mengikuti Program Keahlian Ganda, antara lain bisa membantu guru tersebut memenuhi jam mengajar karena telah memiliki keahlian. Bagi guru sekolah swasta bahkan bisa menjadi peluang untuk membuka program keahlian baru di SMK tempat asalnya mengajar. (sumber: kemdikbud.go.id)

Info Sebelumnya:
A. Program Sertifikasi Pendidik Dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK/SMA (Alih Fungsi)
Salah satu arah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja.
Untuk mendukung kebijakan tersebut, Presiden telah mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Melalui Inpres ini, Mendikbud diinstruksikan untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di SMK.


Menindaklanjuti Inpres tersebut dan dalam rangka penataan dan pemenuhan guru produktif di SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan perlu melakukan cara strategis pada tahun 2016, yaitu akan melaksanakan Program Sertifikasi Pendidik Dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK/SMA atau yang dikenal dengan program Alih Fungsi. Dengan program alih fungsi guru tersebut, diharapkan dapat memenuhi kekurangan guru produktif di sekolah menengah kejuruan (SMK).

B. Tujuan
Program Alih Fungsi bertujuan untuk
1.    Meningkatkan kompetensi guru SMK dan SMA yang mengampu mata pelajaran adaptif untuk memperoleh kompetensi keahlian tambahan dan mampu menjadi guru mata pelajaran produktif di SMK.
2.    Memenuhi kebutuhan guru produktif di SMK khususnya untuk 4 bidang prioritas yaitu maritim/kelautan, pertanian, ekonomi kreatif, pariwisata, serta teknologi dan rekayasa.

C. Manfaat
1.    Guru memperoleh sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian sesuai dengan kompetensi keahlian.
2.    Proses pembelajaran di SMK lebih optimal sesuai dengan prinsip profesionalisme dan kewirausahaan.
3.    Lulusan SMK mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidang keahlian sehingga mampu bersaing di dunia kerja terutama menghadapi MEA.

D. Sasaran
Program sertifikasi pendidik dan sertifikasi keahlian bagi guru SMK/SMA (alih fungsi) pada tahun 2016-2017 diperuntukkan bagi 15.000 guru yang berasal dari guru SMK dan SMA.

E.  Persyaratan Peserta
1.    Usia maksimal antara 45 s.d 55 tahun sesuai dengan karakteristik kompetensi keahlian.
2.    Guru mata pelajaran yang diidentifikasi kelebihan guru, yaitu: guru SMK adaptif (PKn, Matematika, Seni Budaya, IPA, IPS, Kewirausahaan, dan KKPI); dan guru SMA (PPKn, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Bhs Asing Lain, Antropologi, TIK).
3.    Mengikuti tes minat dan bakat (khusus bidang seni/ekonomi kreatif).
4.    Mempunyai minat terhadap salah satu kompetensi pada program keahlian tertentu pada kelompok bidang keahlian
a) Maritim/Kelautan
b) Pertanian
c) Pariwisata
d) Ekonomi Kreatif
e) Teknologi dan Rekayasa

F. Strategi
Program ini dilaksanakan selama 12 bulan melalui belajar mandiri terbimbing yang dilaksanakan di SMK sekolah tempat guru mengajar, pendidikan dan pelatihan kompetensi, magang di dunia usaha dan dunia industri (DUDI), diakhiri dengan sertifikasi guru dalam jabatan melalui PLPG dan sertifikasi keahlian.


ALIH FUNGSI GURU SMA DAN SMK


G. Pendaftaran
1.    Guru melakukan pendaftaran melalui laman http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id.
2.    Klik menu daftar pada kanan atas dari laman tersebut
3.    Masukkan kode registrasi pada kotak isian, tandai pada kotak “saya bukan robot”, kemudian klik tombol daftar
4.    Pada laman registrasi, masukkan alamat email dan password, kemudian klik tombol daftar
5.    Baca petunjuk pendaftaran pada laman registrasi, untuk melakukan langkah berikutnya

E. Hak dan Kewajiban Peserta
Kewajiban:
1.   Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan program alih fungsi.
2.   Peserta wajib memenuhi standar minimal kompetensi yang ditentukan pada setiap tahapan program alih fungsi.
Hak:
1.    Selama mengikuti program alih fungsi, guru berhak tetap mendapatkan tunjangan profesi pendidik (bagi yang memiliki sertifikat pendidik).
2.    Peserta berhak mendapatkan diklat dan pengalaman praktek kerja dari instruktur yang kompeten di bidangnya.
3.    Setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan memenuhi standar minimal kompetensi, peserta berhak mendapatkan sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian sesuai kompetensi keahlian yang diikuti.

G. Kompetensi Keahlian Sasaran Alih Fungsi


Selengkapnya silahkan kunjungi laman http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id.





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 02.42.00

27 komentar:

  1. Terima kasih Pak atas infonya. Saya sebenarnya sangat mencintai sebagai guru PPKn, tetapi karena di SMK jumlah jam sngat terbatas saya akan mencoba mengikuti program alih fungsi guru SMA SMK menjadi guru SMK produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pada saat mengikuti guru alih fungsi, sy tidak melanjutkan program tersebut apakah ada sangsi dari pemerintah?

      Hapus
    2. pada saat mengikuri guru alih saya berhenti, apakah ada sangsi dari pemerintah?

      Hapus
  2. klo ada tanda batal mendaftar...pingin daftar gmn caranya pak

    BalasHapus
  3. klo batal mendaftar,,pingin daftar lg gmn pak

    BalasHapus
  4. kalau tidak dapat kode registrasi di GPO dan ingin mendapatkan gimana ya caranya?

    BalasHapus
  5. klo satusnya batal mendaftar terus ingin daftar lagi gimana caranya pak ????

    BalasHapus
  6. Saya sudah guru produktif teknik instalasi tenaga listrik, tetapi menjadi prioritas calon guru alih fungsi, bagaimana ini ?

    BalasHapus
  7. sudah daftar, mau login lupa pasword dan email, gimana solusinya

    BalasHapus
  8. saya lupa paword dan nama email dan udah daftar, gimana solosinya

    BalasHapus
  9. gimana pak kalo batal daftar pengen daftar lagi

    BalasHapus
  10. assssss embuuhhhhhh.............. madasng sik ben ra kalut

    BalasHapus
  11. Saya sangat sayang dengan ilmu sy Fisika (IPA) SMK Teknologi dan Rekayasa namun jumlah jam kedepan terus berkurang sy nanti alih fungsi ke guru produktif. smg lancar

    BalasHapus
  12. saya terlanjur klik batal mendaftar, kalau mau mendaftar lagi gmn caranya dan menghubungi siapa ya...... Tolong bapak/ibu yang bisa jawab tolong diberi infox. Trims

    BalasHapus
  13. SAYA SUDAH MENDAFTAR NAMUN DISANA ADA KETENTUAN UMUR JADI SAYA DAFTAR AJA JIKA BISA SAYA IKUTI NAMUN JIKA TIDAK YA SAYA PASRAH SAJA

    BalasHapus
  14. SAYA MENDAFTAR SAJA KARNA DIDLM DAFTAR GURU -GURU YG HARUS ALIHFUNGSI ADA, NAMUN SETELAH MENDAFTAR ADA KETERBATASAN UMUR, JD SAYA COBA SAJA JIKA BISA MASUK BAGUSLAH



    BalasHapus
  15. Saya guru sertifikasi di SMA Mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); sementara ijazah S1 adalah pendidikan Fisika; Apakah saya perlu untuk alih fungsi ? Tq

    BalasHapus
  16. Jurusan PAI boleh ikut program alih fungsi gak?

    Tante saya guru sertifikasi di SMA mapel PAI, tetapi blom prnh menerima tunjangan sertifikasi kr kurang jam

    BalasHapus
  17. Saya belum sempat mendaftar kemarin, sekarang mau daftar lagi bisa gak? kapan buka pendaftaran lagi?? saya guru kimia SMK.

    BalasHapus
  18. saya udah mendaftar, pilihan paketnya teknik kendaraan ringan, tapi kenapa didaftar peserta nya jadi mapel multi media?padahal di sekolah saya gak ada jurusan tkj mapel multimedia. gimana nih solusinya? pas mau recheck lagi keburu lupa usernamenya.

    BalasHapus
  19. sy sdh daftar tp mau batal, gimana caranya????

    BalasHapus
  20. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  21. Mohon maaf saya mau tanya, saya mahasiswa s2 pendidikan fisika semester akhir.saya ingin ikut program alih fungsi dgn minat teknologi dan rekayasa.saya ada pengalaman mengajar di smp selama 2 tahun.apakah saya bisa mengikuti program alih fungsi ini setelah lulus?sementara saya belum ada basic mengajar di smk.mohon pencerhannya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya program alih fungsi untuk saat ini dikhususkan bagi guru SMA dan SMK yang masih aktif. Utk guru SMP belum ada

      Hapus
  22. assalamualaikum....mohon informasinya program alih fungsi kapan ya dibuka lagi./terimaksih

    BalasHapus
  23. assalamualaikum....mohon informasinya program alih fungsi kapan ya dibuka lagi./terimaksih

    BalasHapus

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

CB