CONTOH INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK BAGI SEKOLAH PELAKSANA KURIKULUM 2013

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, November 13, 2016


Supervisi Akademik merupakan salah satu tugas Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Berkenaan dengan Impementasi Kurikulum 2013, berikut ini saya upload Contoh Instrumen Supervisi Akademik Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013. Link Download Contoh Instrumen Supervisi Akademik Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 terdapat pada akhir tulisan ini





INSTRUMEN SUPERVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


1.       Nama Guru               :
2.       NIP                      :
3.       Mata Pelajaran      :
4.       Unit Kerja             :
5.       Hari/Tanggal         :

Petunjuk
1.    Berikan Ceklist pada kolom yang tersedia
2.    Beri Skor 1 jika hanya terdapat satu ceklist, 2 jika terdapat 2 Ceklist, 3 jika terdapat 3 ceklis dan 4 Jika terdapat 4 Ceklis
         

No.
Komponen
Indikator Yang Telah Dipenuhi
Cek
Skor 1 - 4
Catatan
1.
Identitas
RPP
Menuliskan satuan pendidikan
v


Menuliskan kelas dan semester
v
Menuliskan mata pelajaran dan materi pokok
v
Menuliskan jumlah pertemuan dan jumlah jam pelajaran
v
2.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Merumuskan indikator sesuai dengan KI-KD



Menggunakan kata kerja opera­sional relevan  dengan KI-KD yang dikembangkan.

Merumuskan indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap

Merumuskan indikator dengan jumlah cukup sebagai penanda ketercapaian KI-KD



3.
Tujuan Pembelajaran
Merumuskan tujuan sesuai indikator



 Merumuskan tujuan pembelajaran dengan paling tidak mengandung unsur audience dan behaviour

Merumuskan tujuan yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap

Merumuskan tujuan sesuai dengan alokasi waktu, kompleksitas KD, dan sarana dan prasarana yang tersedia

4.
Materi  Pembelajaran
Memilih materi Pembelajaran  sesuai dengan kompetensi yang akan dikembangkan



Memilih materi Pembelajaran  sesuai dengan tujuan pembelajaran

Memilih/merumuskan kedalaman materi Pembelajaran  sesuai kemampuan peserta didik.

Memilih materi Pembelajaran  sesuai dengan waktu dan sarana penunjang



5.
Sumber Belajar
Memanfaatkan lingkungan alam dan/atau sosial




Menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah (Buku Siswa dan Buku Guru)

Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan

Menggunakan TIK/merujuk alamat web tertentu sebagai sumber belajar

6.
Media Pembelajaran
Memanfaatkan media sesuai dengan tujuan pembelajaran



Memanfaatkan variasi media sesuai dengan arahan pada buku siswa dan/atau buku guru

Memanfaatkan media untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara optimal

Memilih media, alat, dan bahan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah

7.
Kegiatan  Pembelajaran
Merumuskan kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup







Merumuskan kegiatan pembelajaran yang mencakup komponen-komponen pendekatan saintifik (5M yang dapat diperkaya dengan Mencipta).

Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan)

Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana, dan media pembelajaran.

8.
Penilaian
Mencantumkan teknik, bentuk, dan contoh instrument penilaian SIKAP.(Dalam lampiran)





Mencantumkan teknik, bentuk, dan contoh instrument penilaian Pengetahuan. .(Dalam Lampiran)





Mencantumkan teknik, bentuk, dan contoh instrument penilaian Keterampilan. .(Dalam lampiran)





Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen.(Dalam lampiran)



Jumlah Skor




Hasil Akhir=Jumlah Skor/Skor Maksimum x 100

                                                                                                                ……………….., ………………….
Kepala Sekolah,


 …………………………………………….
Nip.







INSTRUMEN SUPERVISI
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



1.       Nama Guru               :
2.       NIP                      :
3.       Mata Pelajaran      :
4.       Unit Kerja             :
5.       Hari/Tanggal         :

Petunjuk
1.    Berikan Ceklist pada kolom yang tersedia
2.    Beri Skor 1 jika hanya satu ceklist, 2 jika terdapat 2 Ceklist, 3 jika terdapat 3 ceklis dan 4 Jika terdapat 4 Ceklis


No.
Komponen
Indikator Yang Telah Dipenuhi
Cek
Skor 1 - 4
Catatan
A
Kegiatan Pendahuluan
1
Melakukan apersepsi, motivasi, penyampaian tujuan
1.       Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
v
4



2.       Mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikan manfaat materi pembelajaran, dan/atau mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema.
v


3.       Mengecek perilaku awal (entry behaviour)
v


4.       Menyampaikan  tujuan/kompetensi yang akan dicapai peserta didik
v
B
Kegiatan Inti
2
Menguasai  Materi Pelajaran
1.    Menyajikan materi yang secara konsep benar (dalam berbagai cara penyajian, misalnya bertanya, menjelaskan, dll) 





2.    Menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



3.    Mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



4.    Menyajikan materi secara sistematis  (jelas, dari mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)

3
Menerapkan Strategi Pembelajaran yang mendidik
1.     Melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.





2.     Menerapkan stretegi-strategi mengajar yang relevan (bertanya, variasi, menjelaskan, dll)



3.     Melakukan kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (5 M yang dapat diperkaya dengan Mencipta)



4.     Melakukan kegiatan pembelajaran secara kontekstual.


Menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)
1.       Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati untuk menemukan masalah yang ingin diketahui.





2.       Memancing/memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan pertanyaan.



3.       Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba/mengumpulkan data/informasi dan mengolah/menganalisis data/informasi untuk membuat kesimpulan.



4.       Memfasilitasi peserta didik mengomunikasikan pengetahuan (kesimpulan) yang diperolehnya.

4
Memanfaatkan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
1.       Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan sumber belajar  pembelajaran.





2.       Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan  media pembelajaran yang bervariasi.



3.       Menghasilkan pesan yang menarik melalui menggunakan media pembelajaran.



4.       Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran.

5
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
1.       Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik (mental, fisik, dansosial) melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.





2.       Merespon positif partisipasi peserta didik.



3.       Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.



4.       Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme pesertadidi kdalam belajar.

6
MenggunakanBahasa yang Benardan Tepat dalam Pembelajaran
1.       Menggunakan bahasa lisan secara runtut.





2.       Menggunakan bahasa lisan secara jelas, dan lancar.



3.       Menggunakanbahasatulis yang dapat dibacadengan mudah



4.       Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.

C
Penutup pembelajaran 
7
Menerapkan langkah menutup pelajaran
1.       Membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.





2.       Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.



3.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.



4.       Memberi tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan/atau tugas pengayaan dan/atau remedi.

JUMLAH



Hasil Akhir=Jumlah Skor/Skor Maksimum x 100

                                                                                                                ……………….., ………………….
Kepala Sekolah,


 …………………………………………….
Nip.




INSTRUMEN SUPERVISI
PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN


1.       Nama Guru               :
2.       NIP                      :
3.       Mata Pelajaran      :
4.       Unit Kerja             :
5.       Hari/Tanggal         :

Petunjuk
1.    Berikan Ceklist pada kolom yang tersedia
2.    Beri Skor 1 jika hanya terdapat satu ceklist, 2 jika terdapat 2 Ceklist, 3 jika terdapat 3 ceklis dan 4 Jika terdapat 4 Ceklis



No.
Komponen
Indikator
Cek
Skor
1 - 4
Catatan
A
Penilaian oleh guru
1.



Melakukan penilaian kompetens sikap
1.      Mengembangkan instrumen penilaian sikap oleh guru (lembar observasi sikap)

v
2




2.      Melaksanakan penilaian sikap selama proses pembelajaran dengan teknik observasi dan jurnal.



3.      Mendokumentasikan hasil penilaian kompetensi sikap.
v
4.      Menindaklanjuti hasil penilaian sikap oleh guru (laporan dan tindak lanjut lainnya, misalnya penguatan atau perbaikan sikap)

2
Melakukan penilaian kompetensi pengetahuan
1.      Mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan (tes)



2.      Melaksanakan penilaian pengetahuan selama proses pembelajaran (tes lisan/tertulis dan penugasan).

3.      Mendokumentasikan hasilpenilaian pengetahuan.

4.      Menindaklanjuti hasil penilaian pengetahuan oleh guru (laporan dan tindak lanjut lainnya, misalnya remedial atau pengayaan)

3
Melakukan penilaian kompetensi keterampilan
1.      Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan (rubrik untuk: tes kinerja, proyek, protofolio)





2.      Melaksanakan penilaian keterampilan yang relevan selama proses pembelajaran atau situasi tes kinerja.





3.      Mendokumentasikan hasil penilaian keterampilan.





4.      Menindaklanjuti hasil penilaian keterampilan oleh guru (laporan dan tindak lanjut lainnya, misalnya remedial atau pengayaan)



B
Penilaian oleh siswa
4
Memfasilitasi penilaian oleh siswa
1.      Mengembangkan instrumen penilaian diri dan penilaian teman sebagai bagian dari penilaian sikap.





2.      Memfasilitasi pelaksanaan penilaian diri dan penilaian teman selama proses pembelajaran atau pada kesempatan khusus





3.      Mendokumentasikan hasil penilaian diri dan penilaian teman.





4.      Menindaklanjuti hasil penilaian sikap oleh guru (laporan dan tindak lanjut lainnya, misalnya penguatan atau perbaikan sikap)



Jumlah Skor



Hasil Akhir=Jumlah Skor/Skor Maksimum x 100

                                                                                                                ……………….., ………………….
Kepala Sekolah,


 …………………………………………….
Nip.

               


Download Contoh Instrumen Supervisi Akademik Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 (KLIK DISINI)



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 11:09:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB