thumbnail

TEMPAT PERAYAAN MALAM TAHUN BARU 2017 DI JAKARTA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, December 31, 2016

TEMPAT  PERAYAAN  MALAM TAHUN  BARU 2017 DI JAKARTA
Pihak kepolisian menyarankan masyarakat merayakan malam pergantian tahun di tempat-tempat yang sudah disiapkan di lima wilayah di Jakarta. Berikut ini Tempat  Perayaan  Malam Tahun  Baru 2017 di Jakarta

Di Jakarta Pusat, masyarakat bisa ikut merayakan tahun baru di Lapangan Arcici, di depan Museum Prasasti, di Lenggang Jakarta Kemayoran, di halaman Kantor Kecamatan Sawah Besar, di halaman Kantor Kelurahan Cempaka Putih Barat, dan di halaman Kantor Kelurahan Menteng.
Blog, Updated at: 3:46:00 PM
thumbnail

HATI-HATI, PEMERINTAH AKAN TINDAK TEGAS PENGUNGGAH KEBOHONGAN DI MEDSOS (WEBSITE, BLOG, FACEBOOK, WA , DAN LAINNYA)

HATI-HATI, PEMERINTAH AKAN TINDAK TEGAS PENGUNGGAH KEBOHONGAN DI MEDSOS (WEBSITE, BLOG, FACEBOOK, WA , DAN LAINNYA)


Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang telah direvisi menjadi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016, pemerintah akan melakukan tindakan tegas kepada siapapun yang menggunakan media sosial (medsos) untuk mengunggah informasi yang menjurus kepada provokasi, agitasi, propaganda, menyesatkan, pengelabuan, kebohongan, dan melakukan ujaran-ujaran kebencian kepada pihak lain.
Blog, Updated at: 2:49:00 PM
thumbnail

CARA CEK STATUS AKREDITASI PERGURUAN TINGGI (PTN DAN PTS)

Cara Cek Status Akreditasi PTN/PTS
Mengapa perlu tahu Cara Cek Status Akreditasi Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta (PTN/PTS). Salah satu persyaratan satuan pendidikan untuk dapat mengeluarkan sertifikat atau ijasah adalah terakreditasinya satuan pendidikan baik ditingkat institusi maupun di tingkat program. Untuk itu pemerintah melakukan akreditasi pada setiap jenjang dan satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. Dalam melaksanakan akreditasi pemerintah membentuk badan/lembaga mandiri yang diberi kewenangan oleh pemerintah untuk melakukan akreditasi.
Blog, Updated at: 1:02:00 AM
thumbnail

MAU KULIAH S1 KEGURUAN TANPA BAYAR COBA DAFTAR KE STKIP AL HIKMAH SURABAYA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, December 30, 2016

BEASISWA SAMPAI LULUS KULIAH S1 DI STKIP AL HIKMAH


STKIP Al Hikmah merupakan Sekolah Tinggi yang berfokus pada pencetakan guru-guru berkualitas untuk mengabdi memajukan pendidikan bangsa Indonesia. Demi terwujudnya cita-cita besar tersebut, seluruh mahasiswa STKIP Al Hikmah telah diberikan beasiswa penuh dalam menempuh program studinya selama empat tahun. Serta didukung oleh fasilitas yang mana para mahasiswa diharapkan dapat cepat beradaptasi dengan perubahan global yang cepat.
Blog, Updated at: 10:58:00 PM
thumbnail

BEASISWA AKTIVIS NUSANTARA TAHUN 2017

Beasiswa Aktivis Nusantara Tahun 2017

Beasiswa Aktivis Nusantara Tahun 2017 merupakan program Beasiswa yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa dalam rangka ikut pengembangan kepemimpinan bagi setiap mahasiswa, terutama para aktivis kampus di Indonesia untuk membentuk pemimpin berkarakter, kompeten, dan mampu berkontribusi aktif di  masyarakat demi terwujudnya Indonesia berdaya.
Blog, Updated at: 6:30:00 PM
thumbnail

INFORMASI JADWAL PENERIMAAN CPNS TAHUN 2017

PermenpanRB No 27 Tahun 2016
Sampai saat ini masih banyak beredar Info Formasi CPNS 2017  dan Jadwal Penerimaan CPNS 2017 yang bersumber dari rencana dan Formasi CPNS 2016. Kepada pengunjung setia blog ini admin sampaikan hati-hati terhadap Info Jadwal Penerimaan CPNS dan Formasi CPNS 2017, karena sampai saat ini MenpanRB belum mengeluarkan Formasi CPNS 2017, bahkan Formasi CPNS 2016 yang telah ditetapkan melalui PermenpanRB No 12 Tahun 2016 dinyatakan tidak berlaku karena telah di cabut dengan PermenpanRB No 27 Tahun 2016. Dengan demikian kalau formasinya saja dicabut apa lagi jadwalnya. Jadi dapat dipastikan belum ada Jadwal Seleksi Penerimaan CPNS 2017.
Blog, Updated at: 11:26:00 AM
thumbnail

PNS HARUS SIAP-SIAP, INPASSING NASIONAL DILAKSANAKAN 2 TAHUN

Pemerintah akhirnya menerbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 26/2016 tentang Pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian (Inpassing)  Pelaksanaan kebijakan harus didasarkan pada kebutuhan jabatan fungsional sebagaimana kebutuhan organisasi yang ada dalam e-formasi.

Blog, Updated at: 10:18:00 AM
thumbnail

INFO FORMASI CPNS 2017

PermenpanRB No 27 Tahun 2016
Sampai saat ini masih banyak beredar Info Formasi CPNS 2017  dan Jadwal Penerimaan CPNS 2017 yang bersumber dari Formasi CPNS 2016. Kepada pengunjung setia blog ini admin sampaikan hati-hati terhadap Info Formasi CPNS 2017, karena sampai saat ini MenpanRB belum mengeluarkan Formasi CPNS 2017, bahkan Formasi CPNS 2016 yang telah ditetapkan melalui PermenpanRB No 12 Tahun 2016 dinyatakan tidak berlaku karena telah di cabut dengan PermenpanRB No 27 Tahun 2016. Dengan demikian kalau formasinya saja dicabut apa lagi jadwalnya. Jadi dapat dipastikan belum ada Jadwal Seleksi Penerimaan CPNS 2017.
Blog, Updated at: 10:07:00 AM
thumbnail

INI DAFTAR PTS (PERGURUAN TINGGI SWASTA) YANG TELAH TERAKREDITASI A

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, December 29, 2016

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengungkapkan terdapat sembilan perguruan tinggi swasta yang mendapat akreditasi A oleh BAN-PT pada 2016.

"Perguruan tinggi swasta yang dulu tak pernah dapat, pada 2016 ada sembilan yang masuk akreditasi A," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir di kantor Kemristekdikti, Senayan, Jakarta, Rabu (28/12).
Blog, Updated at: 8:59:00 AM
thumbnail

BAGI LULUSAN PT, MULAI 2017 LEGALISIR IJAZAH TAK DIBUTUHKAN DALAM MENCARI PEKERJAAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, December 28, 2016

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyebut pencari kerja tak perlu melegalisir ijazah untuk melamar pekerjaan mulai 2017. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari pemberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) untuk mencegah ijazah palsu.
Blog, Updated at: 7:42:00 PM
thumbnail

PENGUMUMAN KELULUSAN SERTIFIKASI GURU PLPG UNJ 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, December 27, 2016

PENGUMUMAN KELULUSAN PLPG UNJ 2016
PLPG merupakan salah satu dari program sertifikasi guru. Sertifikasi guru, merupakan amanat dari upaya peningkatan mutu guru, sebagai implementasi Undang-undang Nomor 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2009 tentang Guru.
Blog, Updated at: 8:19:00 PM
thumbnail

PERMENDIKBUD NOMOR 29 TAHUN 2016 TENTANG SERTIFIKASI BAGI GURU YANG DIANGKAT SEBELUM TAHUN 2016

Pasal 1 Permendikbud Nomor 29 Tahun 2016 Tentang Sertifikasi Bagi Guru yang Diangkat Sebelum Tahun 2016 menyatakan  yang dimaksud dengan:
1. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang belum memiliki sertifikat pendidik yang diangkat sebelum tahun 2016.
Blog, Updated at: 7:42:00 PM
thumbnail

PERMENDIKBUD NOMOR 46 TAHUN 2016 TENTANG PENATAAN LINIERITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK

Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016
Berdasarkan Pasal 1 Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik dinyatakan Linieritas  bagi  guru bersertifikat  pendidik  merupakan kesesuaian  antara sertifikat pendidik  dengan  mata  pelajaran yang diampu oleh guru.
Blog, Updated at: 7:29:00 PM
thumbnail

LOWONGAN PEKERJAAN BESAR-BASARAN PT KRAKATAU STEEL UNTUK LULUSAN SMK/SMA/MA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, December 25, 2016

Lowongan Kerja PT Krakatau Steel
Perusahan industri produsen baja terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kota Cilegon, Banten, yaitu PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, sedang membuka lowongan kerja.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., perusahaan baja terpadu yang berlokasi di kota Cilegon, Banten, memberikan kesempatan kepada insan terbaik untuk diangkat menjadi calon tenaga operator lapangan di Pabrik-Pabrik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 31 Desember 2016.
Blog, Updated at: 11:12:00 PM
thumbnail

KISI-KISI USBN SMP SMA SMK SMAK DAN SMTK TAHUN 2017

KISI-KISI USBN SMP SMA SMK SMAK DAN SMTK TAHUN 2017
Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. (2) Kisi-kisi USBN sebagaimana yang disebut pada ayat (1) memuat level kognitif dan lingkup materi pada jenjang dan jenis pendidikan serta mata pelajaran.
Blog, Updated at: 9:41:00 PM
thumbnail

PENERIMAAN CALON KEPALA SEKOLAH INDONESIA DI LUAR NEGERI KEMENDIKBUD TAHUN ANGGARAN 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, December 23, 2016

Dalam rangka mempersiapkan calon pengganti Kepala Sekolah Indonesia di Singapura, Riyadh dan Moskow yang akan berakhir masa tugasnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI membuka kesempatan bagi Kepala Sekolah dari latar belakang PNS yang memenuhi persyaratan, serta berminat untuk ditugaskan sebagai Kepala Sekolah pada Sekolah Indonesia luar negeri selama 3 (tahun) dan dapat diperpanjang sesuai peraturan yang berlaku.
Blog, Updated at: 8:41:00 PM
thumbnail

INI KATA PRESIDEN JOKOWI TENTANG OM TELOLET OM

Telolet 
Saat ini, fenomena om telolet om tengah ramai di masyarakat. Bahkan, hal tersebut menjadi trending topic dunia di Twitter yang kini sudah mencapai lebih dari 700 ribu cicitan.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan soal maraknya fenomena viral ‘Om Telolet Om’ , yaitu fenomena anak-anak muda yang meminta pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) membunyikan klason bernada ‘telolet’ , yang kini menjadi fenomena internasional, dan mendapatkan tanggapan dari sejumlah artis dan tokoh dunia.

PRESIDEN JOKOWI  SAAT MEMBERI PERNYATAAN TENTANG OM TELOLET OM

Menurut Presiden, itu adalah kekuatan dan potensi media sosial yang dapat kita lihat. Ia menilai mendunianya viral ‘Om Telolet Om’ sebagai hal yang sangat bagus sekali. 

“Ya itu sebuah apa ya, menurut saya sebuah kesederhanaan, sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan, dari rakyat untuk memperolah sebuah hiburan atau hobi,” kata Presiden Jokowi saat menjawab wartawan usai menghadiri Deklarasi Pemagangan Nasional, di kawasan Karawang International Industrial City, Karawang, Jawa Barat, Jumat (23/12) siang. 

Soal kemungkinan melarang ‘Om Telolet Om’, Presiden Jokowi mengatakan, pasti ada batas-batasnya yang harus diperhatikan. “Masa bus baru berjalan, dicegat di tengah jalan begini. Hal-hal seperti itu yang dilarang, yang seperti itu,” ujarnya


Sekelumit Tentang Om Telolet Om

Kalimat Om Telolet Om kerap terdengar dan jadi viral di media sosial. Ungkapan Om Telolet Om  itu bermula dari anak-anak di daerah Jepara yang suka bermain di pinggir jalan pada siang atau sore hari usai pulang sekolah. Mereka sengaja meminta bus atau truk yang lewat untuk menyuarakan suara unik klakson 'telolet' untuk direkam, kadang dengan menunjukkan kertas bertuliskan 'Om Telolet Om'.




'Om telolet om' adalah sebuah teriakan yang biasa diucapkan oleh anak-anak di pinggir jalan ketika sebuah bus melintas dengan harapan sopir akan membunyikan klakson yang unik. "Telolet telolet," begitu bunyinya.



'Om telolet om' mendadak jadi populer Selasa (20/12) malam setelah berbagai DJ terkenal mencuitkannya. Tapi sebelum itu, video-video lucu memperlihatkan orang-orang dewasa meminta 'telolet' ke supir bus sudah lebih dulu viral di Facebook.Tampaknya ada tren 'telolet challenge' dan 'demam telolet' yang sudah beberapa pekan menggerilya dari satu akun ke akun lain.

Om Telolet Om


Dalam video-video yang memancing tawa itu, terlihat ekspresi kegembiraan tersendiri ketika Anda berhasil meminta supir membunyikan klakson dengan lambaian tangan dan teriakan, "Om telolet ommmmmm!" beramai-ramai.

Zaenal Arifin dari Bismania Community mengatakan bahwa bunyi klakson telolet sudah mulai terdengar satu dekade lalu. Klakson itu tidak spesifik dimiliki oleh jenis bus tertentu, melainkan hasil modifikasi yang dilakukan perusahan otobus (PO)

"Awalnya tiga corong, kemudian ada yang empat corong (lubang suara angin), bahkan ada yang enam lubang yang kemudian bunyinya dimodifikasi sesuai kreativitas," katanya. "Konsepnya seperti nada dering monophonic ponsel, lagu-lagunya ondel-ondel, lagunya 'Jablay' Titi Kamal."

Dia mengklaim bahwa kebiasaan meminta klakson itu dimulai dari kebiasaan para penggemar bus yang sering memotret bus. "Sebagai balasan, supir bis biasanya kasih dim atau kasih klakson."

Adalah perusahaan otobus Efisiensi yang pertama mempopulerkan klakson telolet tersebut, kata Zaenal.

Manajer Komersil PO Efisiensi Syukron Wahyudi menceritakan bahwa sekitar 10 tahun lalu pemiliknya, Teuku Eri Rubiansah, pergi ke Arab Saudi dan mendengar bunyi klakson yang unik.

"Mendengar suara klakson di sana berbeda, dia memutuskan membeli untuk bisnya. Khususnya di bus reguler dari Cilacap Jogja, Purwokerto - Jogja, dan Purbalingga - Jogja."

klakson Om Telolet Om


Tapi awalnya klakson ini ternyata malah direspons negatif karena suaranya yang dinilai terlalu keras. Sampai-sampai, pihak PO meminta sopir-sopir mereka tidak membunyikan klakson itu di tempat-tempat tertentu karena masyarakat tidak terima dengan bunyi itu, cerita Syukron.


"Mulai disukai tiga empat tahun terakhir karena mulai banyak PO-PO yang juga menggunakan. Di beberapa daerah tertentu malah orang-orang minta klaksonnya dibunyikan. Kita merasa bangga juga, karena bisa dibilang kita yang pertama yang pakai klakson tiga corong."



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 8:37:00 PM
thumbnail

JADWAL UN SMP/MTS SMA/MA DAN SMK/MAK 2017

UN SMP/MTS SMA/SMK/MA TAHUN 2017
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (rakor) Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah tahun 2017 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (22/12/2016). Rakor tersebut diikuti 563 peserta, terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota, para Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK), dan para Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia. Pada kesempatan tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan beberapa pokok kebijakan terkait pelaksanaan UN dan ujian sekolah.  
Blog, Updated at: 10:48:00 AM
thumbnail

JADWAL RESMI UN UNBK DAN USBN SMP SMA SMK TAHUN 2017

UN SMP/MTS SMA/SMK/MA TAHUN 2017
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (rakor) Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah tahun 2017 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (22/12/2016). Rakor tersebut diikuti 563 peserta, terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota, para Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK), dan para Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia. Pada kesempatan tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan beberapa pokok kebijakan terkait pelaksanaan UN dan ujian sekolah.  
Blog, Updated at: 10:14:00 AM
thumbnail

PEMERINTAH: UANG RUPIAH EMISI / EDISI 2016 DICETAK PERURI BUKAN OLEH PIHAK LAIN

uang rupiah baru tahun emisi 2016
Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) membantah kabar yang beredar di masyarakat bahwa uang rupiah baru tahun emisi / edisi 2016 dicetak di Kudus oleh perusahaan swasta.
Blog, Updated at: 8:30:00 AM
thumbnail

MAU IKUT PENDAFTARAN CPNS 2017, BACA JABATAN PEKERJAAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, December 22, 2016

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan Peraturan Menteri PANRB nomor 25 tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Blog, Updated at: 2:09:00 AM
thumbnail

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK (DAPODIKDASMEN) 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, December 20, 2016

Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Operator Sekolah ternyata Tim Dadpodikdasmen dapat merilis Aplikasi Dapodikdasmen 2017 atau Aplikasi Dapodik 2017 tepat sesuai rencana yakni akhir Januari 2017.

Berikut ini Admin kutip salam pembuka Tim Dapodikdasmen dan Link Download Aplikasi Dapodikdasmen 2017 atau Aplikasi Dapodik 2017
Blog, Updated at: 12:12:00 PM
thumbnail

INI GAMBAR DAN CIRI-CIRI UANG RUPIAH EMISI / EDISI TAHUN 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, December 19, 2016

Presiden Republik Indonesia meresmikan pengeluaran dan pengedaran 11 (sebelas) pecahan uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016, hari ini, 19 Desember 2016, di gedung Bank Indonesia, Jakarta. Peresmian sekaligus menandai bahwa sebelas pecahan uang tersebut mulai berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kesebelas uang Rupiah TE 2016 terdiri dari 7 (tujuh) pecahan uang Rupiah kertas dan dan 4 (empat) pecahan uang Rupiah logam. Uang Rupiah kertas terdiri dari pecahan Rp100.000 TE 2016, Rp50.000 TE 2016, Rp20.000 TE 2016, Rp10.000 TE 2016, Rp5.000 TE 2016, Rp2.000 TE 2016 dan Rp1.000 TE 2016. Sementara itu, untuk uang Rupiah logam terdiri dari pecahan Rp1.000 TE 2016, Rp500 TE 2016, Rp200 TE 2016 dan Rp100 TE 2016.
Blog, Updated at: 9:41:00 PM
thumbnail

PRESIDEN JOKOWI PUTUSKAN UN TETAP BERJALAN

Sama seperti yang pernah di sampaikan Wapres JK beberapa minggu yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Ujian Nasional (UN) tetap akan dijalankan dengan berbagai penyempurnaan dan perbaikan.
Blog, Updated at: 8:29:00 PM
thumbnail

DOWNLOAD PANDUAN PENILAIAN OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN UNTUK SMP EDISI OKTOBER 2016

Panduan penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan  Untuk SMP 
Panduan penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan  Untuk SMP edisi Oktober 2016 ini mencakup: konsep penilaian; penilaian oleh pendidik yang meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian aspek keterampilan; dan penilaian oleh satuan pendidikan.
Blog, Updated at: 5:46:00 PM
thumbnail

JAWDAL LIBUR SEKOLAH SEMESTER GANJIL 2016 / 2017 DI BERBAGAI PROVINSI DI INDONESIA

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, December 18, 2016

Libur sekolah akhir semester ganjil bertempat dengan libur natal dan tahun baru. Karena Kalender Pendidikan ditetapkan masing-masing Provinsi alias tidak ada Kalender Pendidikan yang berlaku nasional terkadang libur akhir semester tiap-tiap daerah berbeda-beda.
Blog, Updated at: 8:40:00 PM
thumbnail

METODE UNTUK MENUMBUHKAN NASIONALISME DI SEKOLAH

METODE UNTUK MENUMBUHKAN NASIONALISME


A. Pengertian Nasionalisme

Nasionalisme didefinisikan kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu, yakni semangat kebangsaan. Nasionalisme dapat dirumuskan sebagai satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu identitas yang dimiliki sebagai ikatan barsama dalam satu kelompok.

Pengertian nasionalisme menurut beberapa ahli, yaitu
·          Menurut Ernest Renan: Nasionalisme adalah kehendak untuk bersatu dan bernegara.
·          Menurut Otto Bauar: Nasionalisme adalah suatu persatuan perangai atau karakter yang timbul karena perasaan senasib.
·          Menurut Hans Kohn, Nasionalisme secara fundamental timbul dari adanya National Counciousness. Dengan perkataan lain nasionalisme adalah formalisasi (bentuk) dan rasionalisasi dari kesadaran nasional berbangsa dan bernegara sendiri.
·          Menurut L. Stoddard: Nasionalisme adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sebagian terbesar individu di mana mereka menyatakan rasa kebangsaan sebagai perasaan memiliki secara bersama di dalam suatu bangsa.
·          menurut Louis Sneyder. Nasionalisme adalah hasil dari perpaduan faktor-faktor politik, ekonomi, sosial, dan intelektual.
Blog, Updated at: 10:34:00 AM
thumbnail

RAMBU – RAMBU MENENTUKAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

Kurikulum 2013 menggunakan 4 (empat) model pembelajaran utama yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah: model Pembelajaran Inquiry Learning,  model pembelajaran Discovery Learning, model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), dan model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning).  
Blog, Updated at: 10:03:00 AM
thumbnail

WACANA DIRJEN GTK TERKAIT MEKANISME PENYALURAN TPG TAHUN 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, December 17, 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan perbaikan dalam penyaluran tunjangan profesi guru (TPG). Di 2017 mendatang, pelaporan penyaluran TPG dirancang menggunakan sistem daring untuk memperkecil kemungkinan keterlambatan pembayaran. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata, pada Rakornas Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Surakarta, Jumat (16/12/2016).
Blog, Updated at: 4:28:00 PM
thumbnail

TENTANG JUKNIS TUNJANGAN PROFESI GURU 2017

Juknis atau petunjuk Teknis Tunjangan Profesi Guru Tahun 2017 atau yang dikenal dengan Juknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru Tahun 2017 merupakan salah satu acuan atau pedoman dalam pencairan Tunjangan profesi guru pada Triwulan 1 2 3 dan 4 Tahun 2017. Juknis Tunjangan Guru ini kemungkinan besar akan mengacu pada PMK No: 187/PMK. 07/2016 yang diterbitkan pada tanggal 2 Desember 2016.
Blog, Updated at: 2:06:00 PM
thumbnail

FATWA MUI: MUSLIM HARAM PAKAI ATRIBUT NATAL

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, December 16, 2016

Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa haram menggunakan atribut non-Muslim seiring fenomena saat peringatan hari besar agama non-Islam terdapat umat Islam menggunakan atribut dan/atau simbol keagamaan non-Muslim.
Blog, Updated at: 9:49:00 AM
thumbnail

TEMPAT WISATA FAVORIT UNTUK PERAYAAN MALAM TAHUN BARU 2017

Beberapa minggu lagi akan masuk masa Liburan Sekolah. Anda mau berlibur, terutama menyambut liburan akhir pekan dan Liburan tahun baru 2017. Jangan salah pilih! Cek dulu Tempat Wisata Favorit Untuk Perayaan Malam Tahun Baru 2017. Ada banyak pilihan untuk Liburan dan Perayaan Malam Tahun Baru 2017 seperti wisata pantai, wisata pegunungan atau justru pergi ke pusat kota. So, pasti tergantung selera Anda.











Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2017

WAKTU
Mengapa waktu menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2017. Memilih tanggal dan waktu berangkat bukanlah perkara yang mudah. Usahakan membeli tiket liburan jauh – jauh hari sebelum hari - H karena dapat dipastikan Anda kesulitan mendapatkan tiket karena kebutuhan akan tiket liburan sangatlah tinggi. Jika Anda adalah traveller yang bepergian bersama teman – teman Pilihlah waktu berangkat sepagi mungkin dan pulang semalam mungkin agar Anda dapat lebih puas mengunjungi tempat wisata yang Anda kunjungi. Jika Anda adalah traveller yang bepergian dengan keluarga, pilihlah waktu yang tepat untuk keluarga Anda agar liburan lebih menyenangkan. Dalam memilih tanggal pulang pun harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin karena tiket arus balik juga pasti akan sulit didapatkan.

KEUANGAN
Mengapa keuangan menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2017. Mempersiapkan dan memperhitungkan budget sangat diperlukan pada saat Anda ingin melakukan Liburan Natal dan Tahun Baru di tempat lain. Biasanya harga – harga bisa naik 2x lipat dari harga normal. Mulai dari tiket, akomodasi, hingga makanan dan souvenir akan dinaikkan harganya mengingat periode tersebut adalah kesempatan emas para penjual menaikkan harganya yang disebabkan oleh banyaknya permintaan. Anda juga perlu mempersiapkan budget untuk menghabiskan malam pergantian tahun yang biasanya akan banyak sekali acara – acara diadakan dan pastinya cukup menguras kantong Anda. Jika Anda memiliki budget yang sangat terbatas, jangan paksakan diri Anda untuk liburan pada periode ini. Bersabarlah untuk berlibur setelah Liburan Natal dan Tahun Baru selesai, biasanya harga – harga akan kembali normal.

TEMPAT TUJUAN WISATA
Mengapa tempat tujuan wisata menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2017? Banyaknya destinasi – destinasi yang menarik tentu saja membuat kita bingung dalam memilih tempat yang akan dikunjungi pada libur Natal dan Tahun Baru nanti. Lakukan survey yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis liburan yang Anda harapkan. Jika Anda menyukai Laut, Anda dapat memilih tempat seperti Maldives, Santorini, Bali, Raja Ampat atau tempat – tempat lain yang memiliki pemandangan laut yang indah. Jika Anda menyukai wisata belanja, Anda dapat memilih Jepang, Thailand, Singapura, ataupun negara lain di Eropa dan Amerika. Sesuaikan tempat tujuan Anda dengan kebutuhan dan budget Anda.

AKOMODASI
Mengapa akomodasi menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2017? Jika Anda sudah menentukan waktu dan tempat serta sudah memiliki waktunya, Ini saat yang tepat untuk mulai mempersiapkan akomodasi Anda di tempat tujuan. Hotel, transportasi bahkan biaya – biaya lainnya harus Anda persiapkan. Pilihlah Hotel yang letaknya dekat dengan tujuan – tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi karena biasanya tempat wisata akan dipenuhi dengan banyak orang yang menyebabkan akses transportasi akan sangat padat. Jangan buang waktu Anda terlalu banyak di perjalanan. Pilihlah hotel yang murah tetapi nyaman, Ingat bahwa jika Anda ingin liburan maka hotel hanya akan digunakan untuk beristirahat. Namun Jika Anda memang merencanakan liburan di suatu Hotel / resort mewah dan ingin menikmati fasilitasnya pilihlah Hotel yang memiliki fasilitas yang lengkap.

Bebapa hal yang harus menjadi pertimbangan dalam menentukan tempat perayaan tahun baru 2017 antara lain masalah duit alias keuangan, masalah cuaca alias iklim yang kadang bikin ngeri. Oleh karena itu so pasti pilih tempat wisata yang aman.
Blog, Updated at: 8:05:00 AM
thumbnail

REKRUTMEN PETUGAS KESEHATAN HAJI INDONESIA (PKHI) TAHUN 2017 / 1438 H

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, December 15, 2016

Dalam rangka penyempurnaan penyelenggaraan kesehatan haji, maka pendaftaran sebagai Petugas Kesehatan Haji Indonesia telah dapat dilakukan untuk rentang masa tugas 2 tahun kedepan . Silakan pilih dan rencanakan dengan sebaik-baiknya. Untuk mendaftar, setiap peminat dipersyaratkan memiliki akun. Satu orang hanya dapat memiliki satu akun dan berlaku untuk periode rekrutmen selanjutnya. Pembuatan akun dapat dilakukan sepanjang tahun.
Blog, Updated at: 8:51:00 PM
thumbnail

TATA CARA DAN SYARAT PENGUSULAN PENILAIAN ANGKA KREDIT GURU GOLONGAN IV/B KE ATAS (TERBARU)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, December 14, 2016

Sesuai surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor: 67506/A3.3/KP/2016 tertanggal 13 Desember 2016 tentang Pengusulan Angka Kredit Guru Golongan IVB ke atas dinyatakan bahwa  Usulan Penetapan Angka Kredit Guru golongan IV b ke atas terhitung mulai 1 Januari 2017 tidak lagi diusulkan melalui PO BOX Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, melainkan melalui LPMP yang ditunjuk seperti terlampir di bawah ini dengan Alamat Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan up Kepala LPMP yang ditunjuk selaku Sekretariat Tim Penilai Pusat, misalnya jika Anda orang Tangerang Banten maka alamat yang ditunjuk selaku  adalah Yth, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan up Kepala LPMP Banten.
Blog, Updated at: 8:34:00 PM
thumbnail

MENURUT MENAG: ANTRIAN HAJI INDONESIA PALING CEPAT 9 TAHUN DAN PALING LAMA 42 TAHUN

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, December 12, 2016

Persoalan kuota haji menjadi salah satu tema yang dibahas pada forum Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS). Faktanya, keempat negara ini mempunyai persoalan yang sama, yaitu terkait antrian haji.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa antrian haji di Indonesia paling lama 42 tahun, yaitu pada salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Sementara antrian paling pendek di Indonesia adalah 9 tahun.
Blog, Updated at: 7:26:00 PM
thumbnail

TARGET 3 MEDALI EMAS, INDONESIA RAIH 5 MEDALI EMAS DALAM IJSO 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, December 11, 2016

 INDONESIA RAIH 5 MEDALI EMAS DALAM IJSO 2016
Sebanyak 378 siswa dari 48 negara akan berkompetisi dalam ajang "International Junior Science Olympiad (IJSO) 2016", yang diselenggarakan di Bali pada 3 Desember hingga 11 Desember 2016. Indonesia menargetkan bisa meraih tiga mendali emas dalam IJSO 2016.
Blog, Updated at: 8:51:00 AM
thumbnail

SELAMAT, INDONESIA MENANG DI 12 KATEGORI WORLD HALAL TOURISM AWARD 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, December 10, 2016

The Rhadana (Bali) World Halal Tourism Award 2016
Indonesia menjadi pemenang World Halal Tourism Award 2016. Wisata Halal Indonesia menang di 12 dari 16 kategori yang dipertarungkan dalam World Halal Tourism Award 2016. Penghargaan tersebut digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 24 Oktober-25 November 2016.
Blog, Updated at: 12:50:00 AM
thumbnail

BEASISWA UNTUK GURU: PROGRAM TEACHER TRAINING 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Friday, December 9, 2016

Beasiswa Teacher Training Program
Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2017.
Blog, Updated at: 8:28:00 PM
thumbnail

PANDUAN PENGISIAN LINTAS MINAT PADA APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2016C BAGI SMA YANG MENERAPKAN K13

Berikut ini informasi terbaru terkait Panduan Pengisian Lintas Minat Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2016C Bagi SMA yang Menerapkan Kurikulum 2013

Pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2016C yang telah dirilis, telah dilakukan pembenahan dan pemnbaruan yang cukup signifikan. Beberapa pembaruan yang dilakukan meliputi banyak berhubungan dengan perlakuan dan tata cara pengisian data rombongan belajar dan pembelajaran. Terjadi perubahan perlakuan dan tata cara pengisian data untuk SMA yang telah menerapkan Kurikulum 2013, khususnya untuk perlakuan lintas Minat. Perubahan perlakuan ini dilakukan untuk meningkatkan validasi data pembelajaran kaitannya dengan transaksional PTK yang membutuhkan penghitungan jam mengajar dan juga memvalidasi jumlah jam belajar siswa.
Blog, Updated at: 1:29:00 PM
thumbnail

CUT OFF BOS TRIWULAN KE 1 TAHUN 2017 TANGGAL 15 DESEMBER 2016, DATA SISWA YANG TIDAK LENGKAP TIDAK DIHITUNG UNTUK PENYALURAN DANA BOS

Dalam rangka untuk menyiapkan data sebagai dasar alokasi dana BOS Triwulan 1 (Januari – Maret Tahun 2017) maka akan dilakukan pengambilan data (Cut-off) dari Dapodikdasmen pada tanggal 15 Desember 2016, Pukul 23.59 WIB. Sehubungan dengan hal tersebut, maka beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:
Blog, Updated at: 1:26:00 PM
thumbnail

PENEGASAN TENTANG BANTAHAN BADAN POM ATAS BEREDARNYA PESAN 10 ITEM OBAT YANG TIDAK BOLEH DIKONSUMSI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Thursday, December 8, 2016

Sehubungan dengan maraknya pesan berantai di media sosial maupun aplikasi pesan singkat mengenai beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi, sebagai berikut:
Blog, Updated at: 8:19:00 PM
thumbnail

INI PENJELASAN BPOM TERKAIT PRODUK PERMEN JARI YANG DIDUGA MENGANDUNG NARKOBA

Berkenaan dengan informasi Terkait Hasil Pemeriksaan Produk Permen Jari yang Diduga Mengandung Narkoba di Berikut Ini Penjelasan Badan Pengawasan Obat dam Makanan BPOM
Blog, Updated at: 8:09:00 PM
thumbnail

INI PENJELASAN BPOM TERKAIT BERITA KANTONG TEH CELUP YANG MENGANDUNG RACUN

Berkenaan dengan informasi yang beredar di media sosial tentang bahaya kemasan plastik dan kertas yang digunakan pada produk teh celup, Berikut Ini Penjelasan BPOM Terkait Berita Kantong Teh Celup Yang Mengandung Racun

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memandang perlu menyampaikan penjelasan sebagai berikut:
Blog, Updated at: 7:58:00 PM
thumbnail

SELAMAT TIM SEPAK BOLA INDONESIA MAJU KE BABAK FINAL PIALA AFF

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, December 7, 2016

Setelah melalui babak perpanjangan waktu Tim nasional Indonesia berhasil menahan Vietnam 2-2 laga kedua semifinal Piala AFF di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu.  Hasil ini memastikan timnas lolos ke final dengan skor agregat 4-3.
Blog, Updated at: 11:50:00 PM
thumbnail

TURUT BERDUKA CITA BAGI KORBAN GEMPA BUMI DI PIDIE JAYA ACEH DAN SEKITARNYA

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menunjukan dampak dari Aceh kepada awak media saat menggelar konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (7/12).
Blog, Updated at: 5:13:00 PM
thumbnail

USULAN MORATORIUM UN DITOLAK ALIAS TIDAK DISETUJUI ???

JK: USULAN MORATORIUM UN DITOLAK ALIAS TIDAK DISETUJUI
Betulkan usulan moratorium UN ditolak alias tidak disetujui, Berikut ini informasinya yang dirilis republika. Usulan moratorium Ujian Nasional (UN) akhirnya kandas. Dalam sidang kabinet paripurna yang digelar siang ini di kantor Presiden, pemerintah meminta usulan moratorium tersebut dikaji ulang.

"Ya, hasilnya usulan moratorium itu tidak disetujui, tapi disuruh kaji ulang," kata Wakil Presiden Jufus Kllah di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (7/12).
Blog, Updated at: 5:02:00 PM
thumbnail

INI DATA JUMLAH LULUSAN PERGURUAN TINGGI DENGAN LULUSAN TERBANYAK SEBAGAI REFERENSI BAGI SISWA SMA SEDERAJAT DAN CALON MAHASISWA BARU

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, December 6, 2016

Masih banyaknya program studi (prodi) di perguruan tinggi maupun akademi  di PTN maupun PTS yang tidak sesuai kebutuhan pembangunan, membuat pemerintah terdorong untuk melakukan moratorium. 

Hal ini disampaikan ‎Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti, bahwa moratorium ditujukan untuk menghindari menumpuknya pengangguran terbuka.
Blog, Updated at: 7:39:00 PM
thumbnail

ANGGARAN UASBN TAK AKAN BEBANI PEMERINTAH DAERAH

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memastikan tidak akan membebankan anggaran pada pemerintah daerah dalam menyelenggarakan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) pengganti ujian nasional (UN). "Tidak akan dibebankan ke daerah. Nanti tetap dari pusat semunya," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/12).
Blog, Updated at: 7:14:00 PM
thumbnail

INI CARA CEK KEASLIAN IJAZAH DIPLOMA S1 S2 DAN S3 DILAMAN SIVIL

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, December 5, 2016

Ditjen Belmawa meluncurkan Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL) dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kemristekdikti juga meluncurkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN)

PIN merupakan penomoran khusus yang diberikan oleh Ditjen Belmawa sehinga masyarakat dengan mudah mengetahui apakah suatu ijazah palsu atau tidak.
Blog, Updated at: 3:46:00 PM

---------------------------------

---------------------------------


Tanggal dan Waktu Saat Ini (Online)

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

---------------------------------

Followers

----------------------------------

---------------------------------

CB