LOMBA PENULISAN BAHAN BACAAN GERAKAN LITERASI NASIONAL TAHUN 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 06 Februari 2017

Dalam rangka penerapan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 dan sebagai lanjutan kegiatan Gerakan Literasi Nasional 2016--2019, kami informasikan kepada Saudara bahwa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017 menyelenggarakan kegiatan Sayembara Penulisan Bahan Literasi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun karakter siswa di sekolah dasar dan anak-anak di komunitas baca.

A. Peserta Sayembara / Lomba Penulisan Bahan Bacaan Gerakan Literasi Nasional Tahun 2017
1. Siapa yang boleh mengikuti sayembara ini? Masyarakat umum, staf Badan Bahasa, atau 68 komunitas baca binaan Badan Bahasa tahun 2016
2. Berapakah usia orang yang boleh mengikuti sayembara ini? Peserta sayembara berusia minimal 17 tahun. 3. Saya adalah penulis yang sudah menulis banyak buku, bolehkan saya mengikuti sayembara ini? Anda dikategorikan sebagai masyarakat umum. Silakan mengirimkan naskah tulisan Anda sesuai dengan ketentuan sayembara. 4. Saya adalah staf Badan Bahasa yang bekerja di Balai/Kantor Bahasa, bolehkah saya mengikuti sayembara ini? Lihat butir A.1. 5. Saya adalah anggota komunitas baca yang mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Badan Bahasa tahun 2016. Apakah komunitas kami mengikuti sayembara atas nama komunitas ataukah perseorangan sebagai anggota komunitas? Anda dapat mengikuti sayembara ini dengan menulis naskah sayembara bersama anggota komunitas baca Anda atau Anda menulisnya sendiri. 6. Bolehkah saya dan teman saya menulis satu naskah sayembara secara bersama-sama? Satu naskah yang diikutkan dalam sayembara ini dapat ditulis oleh lebih dari satu orang. 7. Apakah saya boleh mengirimkan lebih dari satu naskah? Silakan. Tidak ada pembatasan jumlah naskah yang dikirim oleh satu orang peserta sayembara.

LOMBA PENULISAN BAHAN BACAAN GERAKAN LITERASI NASIONAL TAHUN 2017


B. Naskah Sayembara / Lomba Penulisan Bahan Bacaan Gerakan Literasi Nasional Tahun 2017
1. Apa tema naskah yang saya tulis? Naskah bertema (1) lanskap dan perubahan sosial masyarakat perdesaan dan perkotaan, (2) kekayaan bahasa daerah, (3) pelajaran penting dari tokoh-tokoh Indonesia, (4) kuliner Indonesia, dan (5) arsitektur tradisional Indonesia.
2. Apa jenis teks naskah dalam sayembara ini? Teks bahan bacaan berjenis narasi, eksposisi, hortatori, prosedural, atau deskripsi.
3. Bolehkah satu naskah yang saya tulis terdiri atas banyak tema? Anda hanya boleh memilih satu dari lima tema yang ditawarkan. Namun, satu tema tersebut dapat ditulis dalam satu jenis teks (misalnya narasi saja) atau dalam berbagai jenis teks (misalnya narasi, eksposisi, hortatori, prosedural, dan deskripsi).
4. Bolehkah satu naskah yang saya tulis terdiri atas bagian-bagian? Untuk keterbacaan, Anda dapat membagi tulisan dalam bagian-bagian dengan judul/subjudul tertentu. Namun, tema tulisan tetap satu.
5. Siapa sasaran pembaca tulisan saya? Bacaan ditujukan kepada anak berusia 7—12 tahun, yaitu anak kelompok usia kelas 1, 2, dan 3 SD (7—9 tahun) serta usia kelas 4, 5, dan 6 SD (usia 10—12 tahun).
6. Apakah naskah yang saya tulis harus sesuai dengan tujuan pendidikan? Tentu saja. Jika terpilih, naskah yang Anda tulis akan diterbitkan untuk menjadi bahan bacaan yang digunakan oleh anak-anak usia sekolah dasar. Untuk tujuan pendidikan, isi naskah Anda harus mempertimbangkan keberagaman Indonesia, ramah lingkungan, tidak mengandung unsur pornografi, tidak bias gender, tidak mengandung unsur kekerasan, dan tidak berunsur SARA.
7. Bolehkah naskah yang saya ikutkan merupakan karya terjemahan atau saduran? Naskah harus merupakan karya asli Anda. Artinya, naskah yang Anda ikut sertakan dalam sayembara bukan merupakan terjemahan atau saduran dari karya orang lain. Karya yang Anda ikut sertakan dalam sayembara juga belum pernah diterbitkan serta tidak pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba/sayembara lainnya.
 8. Bagaimanakah panitia menjamin hal yang disebutkan dalam butir B.6? Anda membuat surat pernyataan bermaterai Rp6.000,00. Surat itu berisi pernyataan bahwa naskah yang Anda ikut sertakan dalam sayembara merupakan naskah karya asli Anda serta belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba/sayembara lainnya. Surat ini Anda kirimkan kepada panitia bersama dengan pengiriman naskah sayembara.
9. Bagaimana dengan jumlah dan ukuran halaman, jenis huruf, dan ketentuan penulisan lainnya? a. Halaman berjumlah 48—50 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman judul dalam [halaman prancis], biodata penulis, dan biodata ilustrator) b. Kertas berukuran A5 (14,8 X 21 cm) c. Batas atau margin kertas kanan 1,5 cm, margin kiri 1 cm, margin atas 2 cm, dan margin bawah 2 cm d. Jenis huruf Andika New Basic ukuran 12 (jika komputer Anda belum memiliki fasilitas huruf ini, silakan mengunduhnya melalui internet). e. Spasi antarbaris 1,5
10. Bolehkah saya menulis kurang dari 48 halaman atau lebih dari 50 halaman? Jumlah halaman sudah ditentukan, yaitu 48—50 halaman. Jadi, naskah sayembara yang kurang atau lebih dari jumlah halaman yang ditentukan, tidak diperkenankan.
11. Apakah naskah dilengkapi dengan ilustrasi? Naskah tersebut dilengkapi dengan ilustrasi (sebagaimana umumnya ilustrasi buku bacaan yang Anda lihat dalam bacaan untuk anak-anak).
12. Bolehkan ilustrasi tersebut berupa foto? Sesuaikan dengan tema yang dipilih. Jika dalam bentuk foto, pastikan Anda tidak melanggar ketentuan mengenai hak cipta.
13. Apakah ilustrasi harus berwarna? Ya karena warna akan lebih menarik perhatian anak-anak.
14. Berapa banyak ilustrasi dalam sebuah naskah? Ukurannya adalah kecukupan untuk keterbacaan. Artinya, jika Anda merasa lima ilustrasi cukup memperjelas isi tulisan Anda, buatlah hanya lima ilustrasi. Namun, jika Anda merasa lima ilustrasi belum mencukupi, ilustrasi dapat Anda tambah hingga memenuhi ukuran kecukupan.
15. Apakah naskah juga dilengkapi dengan biodata? Tentu saja. Biodata Anda sebagai penulis dan biodata ilustrator Anda ditempatkan di dalam naskah sebagai satu kesatuan dengan buku. 16. Apakah ada format khusus untuk biodata ini? Ada beberapa informasi yang wajib Anda cantumkan di dalam biodata, termasuk foto penulis. Kami melampirkan contoh biodata untuk penulis dan untuk ilustrator. Silakan mengikuti contoh tersebut sesuai dengan data Anda.
17. Dalam bentuk apakah naskah yang harus saya kirimkan? Naskah dalam bentuk buku. Ya, buku. Buku tersebut Anda cetak untuk dikirimkan kepada panitia. Salinan lunaknya pun Anda kirimkan kepada panitia.
 18. Berapa jumlah naskah cetak berupa buku yang saya kirimkan kepada panitia? Naskah cetak berupa buku dikirimkan tiga rangkap ke alamat panitia. Naskah dalam bentuk salinan lunak (soft copy) di dalam cakram padat (CD) dikirim ke alamat panitia bersama tiga buku dan kelengkapan sayembara lainnya.

C. Pengiriman Naskah Sayembara / Lomba Penulisan Bahan Bacaan Gerakan Literasi Nasional Tahun 2017
1. Kapan batas akhir atau tenggat penerimaan naskah sayembara? Panitia menerima naskah paling lambat tanggal 31 Maret 2017.
2. Bagaimana jika naskah sayembara diterima oleh panitia melewati tenggat? Naskah tersebut tidak akan diikutsertakan dalam penilaian.
3. Apa dokumen yang harus ada dalam amplop yang saya kirimkan kepada panitia? a. tiga buku yang diikutsertakan dalam sayembara; b. cakram padat berisi salinan lunak buku (tuliskan nama dan judul naskah Anda pada bagian atas cakram padat); c. surat pernyataan bermaterai Rp6.000,00 yang berisi pernyataan bahwa naskah merupakan naskah asli karya Anda serta belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba/sayembara lainnya; dan d. foto kopi KTP penulis
4. Ke mana naskah tersebut harus dikirimkan? Naskah beserta kelengkapan sayembara dikirimkan kepada Panitia Sayembara Penulisan Bahan Bacaan GLN 2017 Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jalan Daksinapati Barat IV Rawamangun, Jakarta Timur 13220

D. Penghargaan Sayembara / Lomba Penulisan Bahan Bacaan Gerakan Literasi Nasional Tahun 2017
1. Berapakah naskah yang akan terpilih? Ada 190 naskah terbaik yang akan dipilih berdasarkan penilaian juri sayembara untuk diikutsertakan dalam proses selanjutnya.
2. Apakah penghargaan yang diterima peserta sayembara jika naskahnya terpilih? Penghargaan yang diterima penulis berupa (1) uang Rp10.000.000,00 dipotong pajak dan (2) naskah akan diikutsertakan dalam proses selanjutnya untuk menjadi bahan bacaan literasi di seluruh wilayah Republik Indonesia.

E. Hal Lain
 1. Apa yang saya lakukan jika ada pertanyaan lain tentang sayembara ini? Jika memang hal yang Anda tanyakan belum Anda temukan jawabannya pada bagian A--D, Anda dapat menghubungi kami melalui alamat pos-el gerakanliterasinasional@gmail.com atau Anda dapat bertanya kepada narahubung kami Ahmad Khoironi Arianto melalui nomor ponsel 085642075909 atau Kity Karenisa melalui nomor ponsel 085282397103 dengan menyebutkan identitas Anda.
2. Apakah boleh saya mengantarkan langsung naskah sayembara saya? Silakan mengantarkannya langsung kepada kami pada jam kerja, yaitu pukul 07.30—16.00 WIB.

Informasi lebih lanjut terdapat pada link Download file Sayembara / Lomba Penulisan Bahan Bacaan Gerakan Literasi Nasional Tahun 2017  di bawah ini.

Link Download :





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 15.13.00

0 komentar:

Posting Komentar

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

---------------------------------------

CB