===========================================

JADWAL DAN PERSYARATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIS 2018/2019 (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, March 21, 2018

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.


Download Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS Tahun 2018 yang diambil dari soal Tes atau Ujian Masuk STIS Tahun 2018 ---disini

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua program studi: Program Studi Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Program Studi Komputasi Statistik. Program Studi Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Program Studi Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.


 Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STISTahun 2018/2019

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STISTahun 2018/2019. Sebagai satu-satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) telah mengalami perubahan bentuk kelembagaan menjadi Politeknik Statistika STIS pada tahun 2017. Politeknik Statistika STIS akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:


a. Prodi Statistika Program Diploma III (150 mahasiswa, termasuk 10 mahasiswa untuk program armasi dengan rincian Provinsi Papua: 3 mahasiswa, Papua Barat: 3 mahasiswa, Maluku : 2 mahasiswa, Maluku Utara: 2 mahasiswa)
b. Prodi Statistika Program Diploma IV (300 mahasiswa)
c. Prodi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa)

Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan ditugaskan sebagai ahli madya statistika di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

I. Sistem Seleksi
Politeknik Statistika STIS menerima mahasiswa baru melalui dua jalur, yaitu Jalur Ikatan Dinas dan Jalur Tugas Belajar.
a. Jalur Ikatan Dinas Jalur Ikatan Dinas (ID) merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Selama masa pendidikan mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai peraturan yang berlaku. Lulusan Politeknik Statistika STIS jalur ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) dan kementerian/lembaga/instansi lain di seluruh Indonesia sesuai penempatannya selama masa ikatan dinas. Program Armasi adalah program yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara untuk mengisi formasi pegawai Badan Pusat Statistik pada unit kerja di wilayah tersebut.

b. Jalur Tugas Belajar Jalur Tugas Belajar (TB) merupakan jalur seleksi bagi mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Anggota TNI/POLRI, yang telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA dan ditugaskan oleh intansi asal untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS. Ketentuan mengenai penerimaan mahasiswa baru Jalur Tugas Belajar akan diumumkan secara terpisah.


II. PERSYARATAN JALUR IKATAN DINAS

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat- syarat berikut:
a. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.

b. Program Diploma IV (450 mahasiswa):
- Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau - Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII;
- Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;

c. Program Diploma III (150 mahasiswa, termasuk 10 mahasiswa untuk program armasi)
- Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
- Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII;
- Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;

Program Diploma III hanya boleh dilamar oleh peserta yang berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, yang dibuktikan dengan salinan Kartu Tanda Penduduk dan ijazah SMA/MA.

Khusus Program Armasi hanya boleh dilamar oleh putra-putri asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara, dibuktikan dengan salinan Kartu Tanda Penduduk; salinan ijazah/rapor SD, SMP/SLTP, dan SMA/MA dari wilayah tersebut; dan garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah tersebut dibuktikan dengan Surat Keterangan Kelurahan/Kepala Desa.

d. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 Oktober 2018.
e. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS; f. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
g. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
h. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
i. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota).


III. PROSEDUR PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:
a. Calon peserta melakukan pendaftaran secara melalui portal SSCN (https://sscndikdin.bkn.go.id ). Dilanjutkan mengisi data pendaftaran secara online di Aplikasi SPMB Politeknik Statistika STIS (http://www.stis.ac.id/spmb ). Calon peserta harus menggunakan NIK dan password yang sama seperti saat mendaftar di portal SSCN. Setelah mengisi data pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Pembayaran.

b. Calon peserta membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut pada poin b melalui Bank BRI, sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.

c. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali membuka Website Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).

d. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

IV. BIAYA SELEKSI
Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), dibayarkan melalui Bank BRI setelah mengisi data pendaftaran secara online. Biaya administrasi bank ditanggung peserta. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

V. JENIS UJIAN
Seleksi PMB dilakukan dalam 4 (empat) tahap sebagai berikut:
a. Tahap I : Tes Potensi Akademik (Matematika)
b. Tahap II : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
c. Tahap III : Psikotes
d. Tahap IV : Tes Kesehatan dan Kebugaran

VI. JADWAL KEGIATAN JADWAL KEGIATAN PMB POLITEKNIK STATISTIKA STIS



Setiap tahapan seleksi dilaksanakan di seluruh Ibukota Provinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak, yang mana berlaku sistem gugur. Tes tahap I (Tes Potensi Akademik) dilakukan sendiri oleh Politeknik Statistika STIS. Tes Tahap II (Seleksi Kompetensi Dasar) dilakukan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tes tahap III (Psikotes) dilaksanakan oleh Politeknik Statistika STIS bekerjasama dengan lembaga psikologi yang kompeten. Tes tahap IV (Kesehatan dan Kebugaran) dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI/Polri di masing-masing provinsi.

VII. LOKASI UJIAN
Lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia.


VIII. WEBSITE RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA
a. Segala informasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS dapat diakses melalui website resmi Politeknik Statistika STIS (http://www.stis.ac.id) dan media sosial twitter: @STISJKT; fanpage facebook: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Ocial).
b. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin - Jumat, Pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB)
c. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi DKI Jakarta di Kampus Politeknik Statistika STIS). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.

IX. LAIN-LAIN
a. Calon peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila diketahui calon peserta mendaftar lebih di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
b. Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
c. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
d. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
e. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB Politeknik Statistika STIS akan diinformasikan melalui Website Politeknik Statistika STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
f. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.
g. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Politeknik Statistika STIS/BPS. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
h. Pengaduan dugaan adanya pelanggaran pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru dapat dilaporkan melalui alamat email: pengaduan@stis.ac.id.


Download Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS Tahun 2018 yang diambil dari soal Tes atau Ujian Masuk STIS Tahun 2018 ---disini


Demikian, atas perhatiannya diucapkan terima kasih

Baca Juga Info Lainnya:
1. Informasi Pendaftaran Politeknik Keuangan Negara PKn STAN Tahun 2018/2019 (disini)
2.  Informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Statistik STIS Tahun Akademik 2018/2019 (disini)
3.  Informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara STSN. Tahun 2018/2019 (disini)
4.  Informasi Pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM) / POLTEKIM Tahun 2018/2019, (disini)
5.  Informasi Pendaftaran Akademi ilmu pemasyarakatan (AKIP) / POLTEKIP Tahun 2018/2019 (disini)
6.  Informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) Tahun 2018/2019 (Disini)
7  Informasi Pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018/2019 (disini)
8. Informasi Pendaftaran Sekolah Kedinasaaan di lingkungan Kementerian Perhubungan  Tahun 2018/2019 (disini)
9. informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Intelejen Negara STIN Tahun 2018/2019 --Disini-- 


Demikian update informasi tentang Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STIS Tahun 2018/2019, semoga bermanfaat. Terima kasih. 


================================


= Baca Juga =



Blog, Updated at: 9:24:00 PM

48 comments:

  1. Kak mau nanya, raport gua mtknya 78 tapi predikat nya c gimana tuh? Sedangkan disitu syaratnya nilai minimal 70 atau b..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan coba daftar saja klu memang nilai mtk sdh di atas 70

      Delete
  2. Ka sya boleh minta id line atau sosmed lainnya nya saya mau tanya langsung saja soal STIS please kak:(,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senat Mahasiswa STIS https://id-id.facebook.com/sema.stis/

      Media Kampus STIS https://web.facebook.com/MKSTIS/?ref=py_c&_rdc=1&_rdr

      Delete
  3. Kak, bagaimana dengan mata minus? Berapa maksimal minusnya?

    ReplyDelete
  4. kak kalau berat badan apakah harus ideal ?

    ReplyDelete
  5. Kak, kalo lulusan smk jurusan TKJ masih ada kesempatan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau utuk STIS hanya utk lulusan SMA/MA. Tapi jangan kecewa di perguruan tertentu lulusan SMK juga bisa kuliah statistik

      Delete
  6. gimana kalau nilai rapor 70 cuma itu masih termasuk C.masih bisa daftar tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran STIS 2018/2019 belum dibuka, mengacu pada ketentuan 2017/2019 yang terpenting nilai rapor Matematika dan Bahasa Inggris kelas XII semester 1 minimal 70 (nggak masalah walau katagorinya C)

      Delete
  7. Kalo September nanti 22thn msh bisa daftar?

    ReplyDelete
  8. Untuk program Diploma IV diperuntukkan untuk IPA saja atau biasa untuk IPS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya stis hanya untuk program ipa

      Delete
    2. setau saya stis hanya untuk ipa

      Delete
  9. Program Diploma IV itu untuk IPA saja, atau IPS juga bisa ?

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kak mau tanya jalur tugas belajar sama jalur ikatan dinas apa bedanya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas belajar untuk Pegawai (PNS) yang sudah bekerja, Ikatan dinas utk yang baru lulus SMA atau belum bekerja

      Delete
  12. kk, jika 1 oktober umurnya udah 22 tahun lebih beberapa bulan gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu lebih dari 22 th kemungkinannya gagal, lebih baik cari Perguruan tinggi lain

      Delete
  13. Kak apakah anak ips bisa daftar stis

    ReplyDelete
  14. Kak apakah anak ips bisa daftar stis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu di STIS nggak bisa, klu berminat di sekolah kedinasan coba yang lain saja.

      Delete
  15. kak, tes kesehatan kebugaran nya itu meliputi apa saja ya?

    ReplyDelete
  16. Kak tamatan 2015 masih bsa daftar?

    ReplyDelete
  17. Kak tamatan 2015 masih bsa daftar?

    ReplyDelete
  18. Kak jadwal stis yang terbaru dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diupdate, silahkan di baca. Terima kasih

      Delete
  19. kak waktu pengerjaan tahap 1 berapa lama?
    sistem penilaiannya gimana?

    ReplyDelete
  20. maaf kak,apakah lulusan 2016/2107 dapat mendaftar?

    ReplyDelete
  21. Kak, tes kesehatan meliputi apa aja ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  22. Kak, tes kesehatan meliputi apa aja ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  23. Kak, tes kesehatan meliputi apa aja ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  24. Kak, mau nanya, kalau lolos, kita kuliah dimana kak? Didaerah mana?

    ReplyDelete
  25. Apabila foto yg tertera hanya foto formal dengan tidak menunjukkan ktp dan kartu akun, apakah tidak apa apa?

    ReplyDelete
  26. Ka mau nanya nih, tes bahasa inggris ny kapan ya? Bukan ny biasa ny tes bhasa inggris sekaligus sama tes matematika?

    ReplyDelete
  27. Ka mau nanya nih, tes bhasa inggris ny kapan yaa ka? Bukan ny biasa ny tes bhasa inggris sekaligus tes matematika?

    ReplyDelete
  28. Ka, biasa ny ada ujian bahasa inggris kan kak? Ujian bahasa inggris ny kapan kak? Soal ny kmren2 ujian bahasa inggris ny barengan ujian matematika.

    ReplyDelete
  29. Kak tpa( matematika) matdas kah ka atau tpa numerikal?

    ReplyDelete
  30. kalau alamat tes di jakarta itu dimana ya??

    ReplyDelete
  31. pak jadwal tes tahap 1 di jakarta tanggal berapa? disitu keteranganya masih tentatif per provinsi

    ReplyDelete
  32. Kak kalau wilayah nya di medan ujian nya berlansung dimana. ..?

    ReplyDelete
  33. Pak untuk mengetahui lokasi ujian di setiap daerah bisa dilihat dimana ya ?
    Jika ada penerbitan pengumuman secara online mohon di bagi linknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu dan Lokasi Ujian akan diumumkan di website www.stis.ac.id H-7 sebelum ujian

      Delete
  34. kak tahapan tes nya kan beda sm yg kmaren, apakah tahun depan jg ada perbedaan?

    ReplyDelete

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

Followers

------------------------------------------


------------------------------------------

CB