PANDUAN PENILAIAN UNTUK SMA EDISI TAHUN 2016 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2016

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 18 Maret 2017

Sekedar melangkapi isi blog ini guna memudahkan mencari dokumentasi secara online, kali ini saya posting Panduan Penilaian Untuk SMA Edisi Tahun 2016 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. 

Sebagaimana diketahui, pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang Kurikulum 2013 yang diimplementasikan secara bertahap mulai  tahun  pelajaran  2013/2014.  Kurikulum  2013  menerapkan pembelajaran berbasis aktivitas, yang diharapkan akan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif,   inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap,   pengetahuan,  dan keterampilan yang terintegrasi. Hal ini berimplikasi pada pelaksanaan penilaian   yang   meliputi penilaian   sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang dilakukan  menggunakan berbagai cara.

Berdasarkan   pengamatan dan   hasil  monitoring dan evaluasi  yang dilakukan di  SMA  pelaksana Kurikulum 2013 ,  teridentifikasi  bahwa permasalahan utama dalam implementasi Kurikulum 2013  adalah  pada penilaian  hasil  belajar  peserta  didik.  Berikut  beberapa  pendapat  yang disampaikan sebagian besar  guru  terkait dengan penilaian :
1.   Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam penilaian  sikap  spiritual (KI -1) dan sikap  sosial (KI -2) .
2.   Masih banyak guru   yang belum terbiasa menggunakan beberapa  teknik penilaian ,  seperti portofolio dan proyek  dalam melakukan penilaian keterampilan.
3.   Sekolah mengalami kesulitan dalam menentukan interval nilai untuk predikat pengetahuan dan keterampilan yang merujuk bahwa KKM adalah batas minimal predikat C.
4.   Pemahaman dan implementasi remedial di sekolah masih banyak persepsi yang berbeda-beda. 

Memperhatikan  kondisi   tersebut  di atas dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu implementasi  Kurikulum 2013  secara berkelanjutan,  Direktorat Jenderal  Pendidikan Dasar dan Menengah melalui direktorat teknis terkait menyusun Panduan  Penilaian . Salah satu panduan tersebut adalah Panduan Penilaian   untuk Sekolah  Menengah Atas (SMA).  Panduan dimaksud  disusun oleh Direktorat Pembinaan SMA, bersama  Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk).  Panduan Penilaian untuk SMA edisi   tahun 2015  mengacu  pada  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  (Permendikbud)  Nomor  53 Tahun  2015   tentang  Penilaian  Hasil  Belajar  oleh  Pendidik  dan  Satuan  Pendidikan  serta  peraturan penilaian   yang   terkait . 

Seiring dengan dengan terbitnya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, maka Panduan Penilaian untuk SMA edisi tahun 2015 perlu disesuaikan dan disempurnakan. Oleh karena itu Direktorat Pembinaan SMA telah menerbitkan Panduan Penilaian untuk SMA  edisi tahun 2016. Berikut ini link Download Panduan Penilaian Untuk SMA Edisi Tahun 2016 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016

Download Panduan Penilaian SMA Edisi 2016 (Klik Disini)

Baca Juga Info:
PANDUAN PENILAIAN UNTUK SD EDISI TAHUN 2016 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2016  (KLIK DISINI)

PANDUAN PENILAIAN UNTUK SMP EDISI TAHUN 2016 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2016 (KLIKDISINI)


Terima kasih, mudah-mudah bermanfaat.



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 10.55.00

0 komentar:

Posting Komentar

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

---------------------------------------

CB