LOMBA MOBILE KIHAJAR (LOMBA MOBILE EDUKASI) TAHUN 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 03 April 2017

LOMBA MOBILE KIHAJAR 2017  (LOMBA MOBILE EDUKASI 2017)
Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Lomba Mobile Kihajar 2017 yang dulunya bernama Lomba Mobile EdukasiBalai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas melakukan pengkajian dan pengembangan model multimedia pendidikan. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, BPMPK menyelenggarakan fungsi untuk
·          Pengkajian model multimedia untuk pendidikan,
·          perancangan model multimedia untuk pendidikan,
·          Pembuatan model multimedia untuk pendidikan,
·          Pengelolaan sarana dan peralatan multimedia,
·  Fasilitasi pengembangan model dan pemanfaatan multimedia untuk pendidikan dan
·          Pelaksanaan urusan ketatausahaan Balai.

Berhubungan dengan tugas dan fungsi BPMPK tersebut, serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, maka BPMPK perlu untuk mempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Terlebih agar program-program yang telah dilaksanakan beserta produk-produknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya penguna mobile edukasi. Untuk lebih mempublikasikan keberadaan BPMPK dan program-programnya maka salah satu strateginya yang dilakukan oleh BPMPK adalah melaksanakan Lomba Mobile Ki Hajar. 

Lomba Mobile Kihajar 2017 yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017 ini bertujuan untuk :
·          Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone.
·          Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
·          Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh pelajar, guru dan masyarakat melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
·          Memperkaya konten pendidikan di internet.
·          Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Dasar Hukum pelaksanaan Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
·          Landasan filosofis dan kebijakan yang dijadikan dasar dalam pelaksanaan SDM Yang Terampil Dalam Mengembangkan dan Memanfaatkan TIK untuk Pembelajaran, BPMPK adalah:
·          Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negera Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negera Republik Indonesia Nomor 4287);
·          Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);
·          Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian Negara/ Lembaga (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 75, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4406);
·          Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-Pusat di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional;
·          Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional;
·          Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 22 tahun 2012 tentang tugas pokok dan fungsi BPMP
·          Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional tahun 2015-2019;
·          Rencana Strategis Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2015-2019;
·          Rencana Strategis (Renstra) BPMP 2015 – 2019;

Sasaran pelaksanaan Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
·          Sasaran dalam kegiatan ini adalah pelajar yang sedang mempelajari proses pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.
·          Sasaran selajutnya adalah guru yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan dan pemanfaatan aplikasi mobile untuk pendidikan.
·          Selain itu juga khalayak umum yang tertarik dengan pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.
·          Target yang hendak di raih adalah 90 yang akan dijadikan bahan ajar untuk memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

Tujuan pelaksanaan Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
·          Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
·          Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.
·          Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolahmelalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
·          Membentuk komunitas untuk mengembangkan konten yang memperkaya konten pendidikan di internet.

Tahapan Pelaksanaan Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
Program mobile learing merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMPK mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.

Untuk mempopulerkan program mobile learning yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut bernama “Lomba Mobile Ki hajar 2017” dengan tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.

Lomba Mobile Ki Hajar adalah lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet. 

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah.

Waktu dan Tempat Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
Dilaksanakan pada 1 April 2017 sampai 1 Agustur 2017 secara online

Rincian Kegiatan Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 4 bulan.
Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi di website lomba di  http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba

Langkah Pendaftaran Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
1.    Kunjungi website lomba kemudian mendaftar menjadi peserta lomba
2.    Nama user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
3.    Dengan menjadi peserta bisa :
o      melengkapi biodata
o      Mengupload identitas bukti diri (Kartui dentitas dan fotodiri)
o      mengupload karya yang di ajukan.
o      Mengupload video preview karya lomba
4.    Karya lomba dan video preview bisa diupload ulang jika ada perbaikan sampai batas akhir waktu pendaftaran.
5.    karya Peserta mendapatkan notivikasi e-mail saat selesai pendaftaran dan sukses mengunggah.

Persyaratan Peserta Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017:
1.    Warga Negara Indonesia (WNI)
2.    Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui websaite, email dan media sosial resmi lomba.
3.    Lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu :
o      Kategori Pelajar :
1.        SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.
2.        Wajib melampirkan/mengupload surat tugas dari kepala sekolah untuk mengikuti lomba.
3.        lolos ke grandfinal, wajib membawa surat tugas sebagai peserta/finalis
4.        Panitia memberi fasilitas satu guru pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Grandfinal/Penjurian.
5.        Panitia akan menanggung transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.
o      Kategori Guru :
6.        Adalah guru segala jenjang (SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat)
7.        Adalah pamong belajar, tutor keaksaraan,pendidik paud
8.        Wajib melampirkan/mengupload surat tugas dari atasan langsung untuk mengikuti lomba.
9.        Pada saat grandfinal masih berstatus guru,pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik paud, dengan menunjukkan surat tugas dari atasan langsung.
o      Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum
4.    Karakteristik Peserta
o      Bersifat perorangan
o      Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak Grandfinal)
o      Khusus kategori pelajar, panitia menanggung akomodasi (transportasi, konsumsi dan penginapan) guru pendamping.
5.    Peserta yang pernah menjadi Juara 1 Lomba Mobile Kihajar (sebelumnya bernama : Lomba Mobile Edukasi) tidak akan menjadi finalis lomba.
6.    Peserta hanya boleh mengikuti satu katergori lomba.
7.    Peserta yang tidak bersedia mengikuti grandfinal, akan diturunkan sebagai kontributor

Persyaratan Karya Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017:
1.    Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta.
2.    Karya berupa aplikasi mobile yang bias dipublish dan dimanfaatkan melalui website medukasi.kemdikbud.go.id
3.    Aplikasi Mobile yang dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat mobile.
4.    Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan.
5.    Karya yang dilombakan belum pernah menjadi juara di even lomba yang lain.
6.    Karya yang dilombakan tidak mengandung unsur komersial.
7.    Didalam aplikasi, diwajibkan mencantumkan opening dengan standar yang telah ditentukan panitia (didownload di website lomba).
8.    Materi bebas tetapi tidak boleh sama dengan yang pernah di sajikan dalam http://m-edukasi.kemdikbud.go.id
9.    Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing / daerah / muatan lokal.
10. Peserta yang masuk grandfinal 15 besar per kategori, menyertakan Source Code atau Re Source saat presentasi di Grandfinal.
11. Karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika ditemukan karya yang terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka Panitia Lomba Mobile Kihajar akan melakukan konfirmasi kepada pendaftar untuk memilih. Apabila dalam batas waktu yang telah ditentukan, peserta tidak melakukan konfirmasi, maka panitia berhak menentukan kategori atas hasil karya yang di daftarkan.

Ketentuan umum Lomba Mobile Kihajar 2017 (Lomba Mobile Edukasi) Tahun 2017
Peraturan dan ketentuan umum dalam pelaksanaan lomba ini adalah sebagai berikut:
1.   Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.
2.   Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
3.   Panitia memiliki hak atas 90 karya (30 karya per Kategori untuk mempublish melalui web resmi BPMPK.
4.   Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 22.23.00

0 komentar:

Posting Komentar

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

CB